Halaman Depan / Peternakan / Tips Kandang Ternak Kenari Yang Baik Untuk Ternak Kenari

Tips Kandang Ternak Kenari Yang Baik Untuk Ternak Kenari

Untuk melakukan bisnis dalam ternak kenari banyak hal yang harus Anda perhatikan. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah kandang ternak kenari. Kandang sangat penting dalam mempengaruhi kesuksesan dalam budidaya kenari. Kandang dapat dibuat dari bahan kayu, triplek, ataupun bambu. Pada sisi kandang Anda bisa memberikan kawat.

kandang ternak kenari
Kandang Kenari

Di sini kami akan memberikan gambaran kandang yang layak untuk dijadikan kandang ternak kenari.

Artikel terkait kenari : 10 Hal Penting Cara Merawat Burung Kenari Yang Wajib Anda Ketahui

Jenis Kandang Dan Ukuran Kandang

Walaupun tidak ada aturan baku dalam pembuatan kandan ternak kenari, tetapi rata – rata para peternak membuat model kandang berbentuk segi empat. Ukuran kandang tidak perlu terlalu besar tidak juga terlalu sempit. Ini dimaksudkan agar burung mempunyai ruang gerak yang memadai dan burung merasa senang dan terlidungi di dalamnya.

Kandang tunggal kotak

Bahan kandang ini bisa Anda buat dengan menggunakan kayu, triplek ataupun bambu. Letakkan kandang pada tempat yang Anda mudah jangkau atau letakkan pada tempat yang sesuai dengan keinginan Anda. Bisa juga Anda letakkan pad arak khusus. Bahkan jika ruangan terbatas Anda bisa meletakkan di atas lemari. Kandang tunggal kotak ini bisa Anda buat dengan ukuran minimal. Misal dengan ukuran panjang 55 cm, lebar 40 cm, dan tinggi 40 cm. Kerangka bisa Anda buat dari reng. Sisi kanan dan kiri dibuat dengan triplek. Begitu juga dengan sisi atas dan sisi belakang. Khusus untuk sisi depan, dasar sangkar terbuat dari kawat strimin atau kawat ayam. Bagian dalam kandang bisa Anda beri cat berwarna putih agar kandang tampak terang, sehingga burung kenari dapat leluasa menemukan makan dan minumnya. Kandang tunggal kotak ini bisa Anda letakkan secara berjajar ataupun ditumpuk jika terpaksa harus menghemat ruangan.

Kandang sistem baterai

Kandang ternak kenari selanjutnya adalah kandang sistem baterai. Kandang ini biasanya digunakan  untuk ternak kenari dengan skala yang besar. Kandang sistem baterai mampu menghemat tempat, biaya relative murah dan mampu menampung kenari dengan jumlah yang banyak. Jika Anda menggunakan kandang ternak kenari dengan model sistem baterai maka pengawasan harus dilakukan secara intensif karena banyaknya jumlah kenari. Kandang sistem baterai juga bisa dijadikan kandang kenari yang telah berjodoh atau kenari yang siap kawin.

kandang ternak kenari
Kandang Sistem Baterai

Tenggeran

Tenggeran kenari sebaiknya terbuat dari ranting kayu yang agak lunak. Tenggeran bisa menggunakan kayu randu, petai china, akasia dan cabang jambu air. Sebelum Anda menggunakan tenggeran tersebut bersihkan dulu kulit luar dari ranting. Setelah itu jemur ranting sampai kering.  Untuk ukuran ranting idealnya sekitar 1 – 1,5 cm. Jangan terlalu banyak menggunakan tenggeran dalam kandang ternai kenari. Karena akan membatasi ruang gerak kenari.

Tempat Bertelur

Untuk sarang bertelur Anda bisa menggunakan bahan apa saja yang ada. Jika ingin praktis maka Anda bisa membelinya di toko – toko burung. Jika Anda ingin berhemat maka bisa menggunakan batok kelapa yang telah dibelah menjadi dua. Anda bisa juga menggunakan dari anyaman rotan.

Artikel kenari lainnya: 6 Tahapan Penting Cara Ternak Kenari, Sukses Breeding…

Bahan Sarang

Bahan sarang yang bagus adalah serabut dari karung goni. Kalau Anda ingin praktis, bahan sarang bisa Anda dapatka pada toko – toko burung. Harganya sangat murah. Keunggulan dari karung goni adalah bahannya lembut dan hangat.

Lampu / Penerangan

Kandang ternak kenari sebaiknya diberi lampu atau penerangan.  Cukup gunakan lampu dengan ukurang 5 watt. Penempatan lampu jangan terlalu dekat dengan sarang ataupun tenggeran. Penerangan dinyalakan pada malam hari atau pada saat keadaan gelap / mendung  / hujan. Fungsi penerangan listrik pada malam hari dapat menghangatkan badang kenari. Selain itu penerangan lampu dapat memberikan rasa aman pada kenari, karena kenari tidak akan langsung melompat kaget saat ada gangguan yang membuatnya terkejut.  Penerangan di malam hari juga bermanfaat pada waktu anakan sudah menetas. Dengan adanya penerangan, resiko induk menginjak anakan dapat dikurangi.

kandang ternak kenari
Penerangan Kandang

Penempatan Kandang

Penempatan kandang bisa diletakkan dimana saja. Sesuai dengan keinginan Anda. Perhatikan daya jangkau untuk peletakan kandang ternak kenari.  Jika Anda menempatkan kandang  pada dinding atau digantung maka Anda perlu mensiasatinya agar kandang tidak bergerak atau bergeser. Kandang ternak kenari sebaiknya terhindar dari asap rokok, asap dapur, asap obat nyamuk, bahan kimia, ataupun gangguan dari hewan – hewan predator disekitar kandang. Lingkungan kandang jangan terlalu lembab, sirkulasi udara lancar dan hembusan angin tidak terlalu kencang. Berilah semprotan desinfektan secara berkala untuk mencegah penyakit.

Artikel ternak kenari: Cara Beternak Kenari Lengkap !!!

Sumber gambar: kandangkenari, kenaribandung,omedwin,kenariindonesia

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kandang ternak murai batu

Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Membuat Kandang Ternak Murai Batu

Kandang ternak murai batu – Dalam berbisnis murai batu, langkah pertama yang harus Anda lakukan …

Tips Kandang Ternak Kenari Yang Baik Untuk Ternak Kenari


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tips Kandang Ternak Kenari Yang Baik Untuk Ternak Kenari