Halaman Depan / Peluang Usaha / Cara Penggemukan Sapi Secara Cepat, Baca 4 Prinsip Berikut Ini

Cara Penggemukan Sapi Secara Cepat, Baca 4 Prinsip Berikut Ini

Mengupas tips persiapan cara penggemukan sapi secara cepat – Memang benar bisnis penggemukan sapi mempunyai prospek yang cukup apik untuk dikembangkan. Mengingat kebutuhan daging, terutama daging sapi di masyarakat terus meningkat dari waktu ke waktu. Terlebih lagi peningkatan jumlah penduduk yang terjadi terus menerus, serta adanya kesadaran masyarakat akan konsumsi protein hewani yang membuat permintaan daging kian melonjak.

Bisnis dengan cara penggemukan sapi image
Bisnis dengan cara penggemukan sapi

Untuk dapat memproduksi daging sapi secara cepat, maka  bisnis dengan sistem cara penggemukan sapi inilah usaha yang paling tepat untuk Anda jalankan. Dari bisnis ini, bukan hanya daging sapi yang dihasilkan. Melainkan dengan cara penggemukan sapi ini juga bisa menghasilkan  nilai tambah lainya, yang meliputi pejualan kulit, jeroan, tulang serta pupuk kandang. Dalam menjalankan bisnis ternak sapi tentu Anda ingin mendapatkan profit atau keuntungan. Untuk mengetahui bagaimana keberhasilan bisnis dengan cara penggemukan sapi, berikut ini adalah indikator pencapaian yang harus Anda ketahui. 

Indikator Keberhasilan Bisnis Dengan Cara Penggemukan Sapi

Pada dasarnya bisnis dengan cara penggemukan sapi  merupakan usaha beternak sapi yang memliki umur dewasa yang dilakukan secara intensif, dengan fokus pada peningkatan berat atau bobot sapi. Bisnis dengan cara penggemukan sapi ini idealnya dijalankan selama 3 sampai 5 bulan.

Sehingga dibutuhkan waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan cara beternak sapi dengan metode lainya. Untuk itu bisa dinyatakan bahwa “Indikator utama keberhasilan dalam bisnis dengan cara penggemukan sapi adalah tercapainya kenaikan bobot atau penambahan berat badan sapi per ekor per hari”. Semakin tinggi penambahan berat badan sapi tersebut, maka semakin besar performa keberhasilan bisnis usaha ternak sapi yang Anda jalankan.

Baca lebih lengkap: Metode Cara Beternak Sapi dengan Metode Pranakan atau Pembibitan

Dalam mejalankan binis cara penggemukan sapi ada beberapa hal penting yang harus Anda persiapkan. Tahapan ini meliputi : Persiapan kandang ternak sapi khusus untuk sistem penggemukan, persiapan bakalan yang tepat, membuat ransum pakan ternak dan pengendalian penyakit ternak yang menghambat proses penggemukan sapi.

4 Prinsip Persiapan Cara Penggemukan Sapi

1. Kandang untuk penggemukan sapi

Kandang ternak yang digunakan untuk cara penggemukan sapi  bisa Anda buat secara individu maupun kelompok. Dalam memepersiapakan sarana kandang tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Membuat kandang tidak harus mahal, sesuaikan saja dengan baget yang Anda miliki.

Hal yang menjadi patokan dasar dalam pembuatan kandang untuk bisnis dengan cara penggemukan sapi adalah kandang harus dibuat senyaman mungkin dan mudah untuk dibersihkan. Menurut seorang praktisi ternak sapi,  kandang ideal dibuat dengan ukuran 2,5 x 1,2 m untuk 1 ekor sapi.

Kondisi kandang ternak sapi penggemukan image
Kondisi kandang ternak sapi penggemukan
Cara penggemukan sapi dengan penataan kandang image
Cara penggemukan sapi dengan penataan kandang –  Foto: Beefcentral.com

Untuk masalah bentuk kandang bisa Anda buat sedemikan rupa dan usahakan kandang tidak terpapar sinar matahari secara penuh, karena hal itu dapat membuat ternak kepanasan. Buat sistem drainase pembuangan urine dan kotoran dengan baik, sehingga pembersihan bisa dilakukan secara intensif setiap hari. Kandang yang bersih akan menjauhkan ternak dari serangan penyakit.

2. Pemilihan bakalan untuk penggemukan

Cara penggemukan sapi sangat dipengaruhi oleh penggunaan bakalan yang tepat. Ada beberapa jenis bakalan sapi yang bisa digunakan dalam sistem ini. Seperti jenis sapi Madura, angole, sapi bali, sapi limosine dan sapi brahma. Jenis-jenis sapi tersebut memiliki susunan tulang yang besar dan memiliki daging yang padat, sehingga jika digunakan pada sistem dengan cara penggemukan sangat tepat sekali. Dengan maksimalkan pembentukan susunan daging pada sapi tersebut.

bakalan sapi untuk bisnis penggemukan image
Bakalan sapi untuk bisnis penggemukanfoto:beefcentral.com

Bakalan sapi yang baik untuk bisnis dengan cara penggemukan yaitu memiliki rentang usia 2-2,5 tahun, memiliki jenis kelamin jantan. Hal yang harus Anda benar-benar cermati secara fisik dalam pemilihan bakalan adalah jangan memilih sapi yang sudah gemuk (gemuk maksimal) pilihlah sapi yang kurus namun sehat dengan napsu makan yang besar, memiliki tulang besar menonjol, bulu terlihat halus tidak kusam, pada bagian mata terlihat bersinar (menandakan sapi dalam keadaan fit atau sehat) dan kotoran normal tidak mencret.

3. Rasum pakan ternak khusus cara penggemukan sapi

Pemberian menu pakan ternak yang berkualitas akan berpengaruh positif terhadap kualitas peningkatan bobot daging sapi yang dihasilkan. Hal yang perlu Anda ingat bahwa pakan ternak merupakan sarana produksi paling penting dalam menunjang keberhasilan bisnis dengan cara penggemukan sapi.

Untuk jenis pakan sapi yang bisa Anda gunakan meliputi hijauan dan konsentrat. Pakan hijauan tergolong paling murah, namun jika Anda hanya mengandalakan hijauan saja pada bisnis penggemukan sapi hasil yang didapat kurang makasimal.

Pakan dengan kombinasi kontrat dan hijauan image
Pakan dengan kombinasi kontrat dan hijauan

Cara pengemukan sapi yang paling efektif dan cepat adalah dengan cara memberikan pakan kombinasi hijaun dan konsentrat. Untuk jenis konsetrat yang bisa Anda berikan seperti bekatul ampas tahu, ampas kedelai, ampas tebu, singkong dan polar.

Baca : Tips Pembuatan Rasum Pakan Penggemukan Sapi

Hal yang harus Anda perhatikan  dalam pemberian konsetrat sebaiknya dilakukan pertama kali sebelum hijauan diberikan. Hal ini ditujukan untuk mengaktifkan mikroba rumen, sehingga saat ternak diberikan pakan hijauan, mikrobia tersebut telah aktif untuk mengurai melalui organ pencernaan sapi. Sehingga nutrisi pakan tersebut dapat dicerna dengan baik dan dapat mendorong pembentukan daging secara cepat.

4. Penggulangan penyakit dalam penggemukan sapi

Upaya untuk mencegah dan menjaga kesehatan ternak sapi adalah hal yang penting pula untuk Anda lakukan. Salahsatunya dengan cara menjaga sanitasi serta kebersihan kandang. Perlu Anda sadari bisnis dengan cara penggemukan sapi sangat berhubungan erat dengan konsumen, maka jangan sampai  kondisi kesehatan ternak membuat Anda kehilangan pasar penjualan sapi.

Perawatan kandang agar selalu bersih image
Perawatan kandang agar selalu bersih & kering

Hal yang harus Anda lakukan adalah memberikan vaksinsi pertama kali ternak datang di peternakan Anda. Tahapan yang harus dilakukan yaitu masukan sapi kekandang karantina terlebih dahulu, jauh dari ternak sapi yang lain. Mandikan sapi hingga bersih, kemudian jemur hingga kering. Dalam proses ini sebaiknya ternak dipuasakan (tidak makan), kemudian berikan vaksinasi anthraks dan obat cacing.  Selama karatina amati perkembangan sapi jika telihat sapi sehat, barulah masukan kekandang khusus penggemukan yang telah Anda siapkan.

Demikanlah 4 prinsip penting persiapan cara penggemukan sapi yang wajib Anda ketahui, sebelum bisnis ternak sapi dengan cara penggemukan dijalankan.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

usaha budidaya jamur

Pemasaran Usaha Budidaya Jamur Dengan Media Online

Kehadiran internet di dalam kehidupan manusia saat ini telah banyak membantu masyarakat yang berprofesi sebagai …

Cara Penggemukan Sapi Cepat, Baca 4 Prinsip Berikut Ini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Penggemukan Sapi Cepat, Baca 4 Prinsip Berikut Ini