Halaman Depan / Peternakan / 7 Tips Sederhana Cara Merawat Kucing Persia Yang Patut Anda Ketahui

7 Tips Sederhana Cara Merawat Kucing Persia Yang Patut Anda Ketahui

Cara merawat kucing Persia – Kucing Persia merupakan salah satu kucing favorit yang paling banyak dipelihara. Tidak jarang para pecinta kucing Persia mengeluarkan biaya yang besar untuk memperoleh kucing incarannya. Tak jarang pula banyak yang terjun langsung untuk menjadikan kucing Persia ini sebagai bisnis dengan keuntungan yang menggiurkan.

Ketika Anda sudah memutuskan untuk memelihara kucing Persia. Maka Anda tentu harus mempunyai komitmen yang kuat untuk merawat kucing tersebut dengan baik. Cara merawat kucing Persia ini tidaklah terlalu sulit. Hanya saja perlu perhatian yang lebih. Dengan perawatan yang baik maka kucing Persia akan tampak cantik dan bersih.

Selain kucing, kami berikan tips merawat kenari: 10 Hal Penting Yang Wajib Diperhatikan Dalam Merawat Kenari.. Klik Di Sini…

Tips Cara Merawat Kucing Persia Bagi Pemula

Berikut ini adalah tips dari kami, tentang bagaimana cara merawat kucing Persia

Menjaga Kebersihan Kandang dan Bak Pasir

Tips pertama cara merawat kucing Persia adalah Anda harus memperhatikan kebersihan kandang secara rutin. Dalam membersihkan kandang kucing Persia, Anda bisa menggunakan cairan pembersih atau menggunakan desinfektan dengan campuran air. Setelah itu semprotkan campuran keseluruh bagian kandang agar kuman dan kotoran yang menempel hilang. Jangan Anda lupakan untuk membersihkan litter box yang biasa digunakan kucing persia untuk buang air besar. Secara alamiah kucing pasti mengubur kotorannya ke dalam bak pasir dan kucing yang sehat setiap harinya pasti buang air dengan intensitas normal. Jangan lupa untuk selalu mengisi bak basir secukupnya saja.

Perhatikan Makan dan Minum Kucing Persia Anda

Cara merawat kucing Persia selanjutnya adalah dengan memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Penyakit yang sering menyerang kucing Persia adalah diare. Untuk menghindari penyakit diare pada kucing persia, Anda harus rajin – rajin mengganti dan membersihkan tempat minum dan makan kucing. Gunakanlah air matang atau air yang telah dimasak. Hal ini dimaksudkan agar kucing tetap dalam kondisi sehat.

Kurang kontrolnya pemberian makanan pada kucing Persia Anda, tentu akan menyebabkan obesitas. Obesitas tidak hanya terjadi pada manusia. Kucing Anda pun bisa mengalami obesitas. Untuk mencegah obesitas pada kucing maka berikanlah takaran pakan yang tepat untuk setiap konsumsinya. Pola makan kucing Persia biasanya sedikit tetapi sering. Hindari pemberian porsi yang besar. Gunakanlah pakan kering, dimana kucing Persia lebih menyukainya.

Menjaga Kebersihan Gigi, Telinga, Mata dan Kuku Kucing

cara merawat kucing persia
Memandikan Kucing

Kucing Persia sering mengeluarkan air mata yang berlebihan. Iritasi mata bisa terjadi pada kucing jika Anda tidak rajin membersihkannya. Air mata yang keluar berlebihan juga bisa membuat warna kecoklatan pada bulu kucing Anda. Rutinlah untuk membersihkan gigi, telinga dan kuku kucing. Kuku kucing harus dipotong secara berkala. Pemotongan kuku dimaksudkan agar kuku tidak kotor dan menghindarkan Anda dari cakaran kucing yang mungkin bisa terjadi. Pemberian makanan basah pada kucing Persia akan menimbulkan karang gigi jika jarang dibersihkan. Maka jika kucing Anda sering mengkonsumsi pakan basah maka sering – seringlah untuk membersihkan giginya.

Rutin Cek Ke Dokter dan Lakukan Vaksinasi

Mengajak kucing Anda ke dokter hewan secara rutin adalah cara untuk memantau kondisinya apakah ada gangguan kesehatan atau tidak. Pemberian vaksin jika diperlukan dapat menghindarkan kucing dari virus yang berbahaya. Vaksinasi pertama bisa dilakukan saat kucing berumur lebih dari 2 bulan. Dan untuk vaksinasi selanjutnya dilakukan untuk menguatkan vaksinasi pertama. 

Untuk mencegah penyakit cacing pada kucing, Anda bisa memberikan obat cacing per 3 bulan sekali. Jika kucing Anda sudah mulai menunjukkan sikap yang terkena tanda – tanda penyakit segeralah bawa ke dokter hewan Anda. Cara merawat kucing persia diatas memungkinkan Anda untuk mengeluarkan biaya yang banyak. Akan tetapi demi kesehatan hewan kesayang Anda, mengapa tidak.

Merawat Bulu Kucing

Cara merawat kucing Persia agar mendapatkan bulu yang bersih dan indah sangatlah gampang. Anda cukup memandikan rutin seminggu sekali. Pakaikan shampoo secukupnya agar bulu bersih dan harum. Segera keringkan bulu kucing Anda setelah dimandikan. Setelah dimandikan, sisir bulu kucing. Jika Anda tidak menyisir maka bulu yang mati tidak akan hilang atau terangkat. Menyisir bulu kucing adalah salah satu cara merawat kucing persia yang bisa mendekatkan secara emosional antara kucing dengan Anda.

Sesuaikan Suhu Ruangan

Tips cara merawat kucing persia selanjutnya adalah atur suhu ruangan Anda, pada suhu sekitar 20 – 24 derajat celcius. Suhu sekitar itu mampu membantu pertumbuhan bulu kucing secara maksimal.

Rawatlah Dengan Sepenuh Hati

Jika semua tahapan cara merawat kucing persia diatas sudah dilakukan maka tahapan yang terakhir ini  adalah yang paling penting. Dibutuhkan kasih sayang yang tulus untuk merawat kucing Persia. Kucing Persia mempunyai naluri kepada majikannya. Jika Anda merawat dengan penuh kasih sayang maka kucing kesayangan akan lebih sayang kepada Anda. Mereka akan tau siapa majikannya dan akan selalu menunjukkan sikap manjanya. Cara merawat kucing persia ini tidak membutuhkan biaya sama sekali. Hanya membutuhkan ketelatenan Anda.

cara merawat kucing persia
Menyisir Kucing Persia

Demikian beberapa tips cara merawat kucing persia, ajarkan kucing Anda perilaku yang benar dan bermanfaat. Sehingga tingkah laku kucing tidak menjadi liar. Semoga tips diatas bisa membuat Anda lebih sayang kepada kucing peliharaan Anda dan tidak menelantarkan mereka. Terima kasih.

Ingin budidaya hamster? baca dulu : Tips Budidaya Hamster Sederhana.. Baca Di Sini…

Sumber gambar : Google,ternakkucing,poskota

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

jenis itik

3 Jenis Itik Yang Baik Untuk Anda Budidayakan – Baca Di sini

Ada beberapa jenis itik yang sangat bagus untuk Anda budidayakan. Untuk itik petelur lokalan yang …

2 komentar

  1. Saya juga punya kucing persia, tapi bulunya rontok. Cara mengatasi bulu rontok pada kucing Persia?

    • admin-infoagribisnis

      Baik Pak. Kucing yang kadang bulunya kerap rontok jika kondosi normal hal itu wajar saja karena memang sudah bulu tua dan saatnya ganti. Namun faktor penyebab kerontokan lainya bisa disebabkan karena cara merawat kucing persia yang salah akibat kekurangan vitamin pada pakan, pemberian sampo mandi yang tidak cocok yang berdampak panas pada kulit sehingga bulu menjadi rotok, bisa juga karena faktor pemberian pakan yang gizinya terlalu tinggi. Untuk faktor lainya penyembab kerontokan bulu kucing persia adalah adanya berubahan cuaca atau suhu secara drastis, kutu, jamur, akibat sakit dan karena faktor stres. Jadi sebelum bapak melakukan pengobatan pastikan dulu apa pnyebabnya sehingga penanagannya bisa tepat. terima kasih jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan berikan komentar kembali. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *