Halaman Depan / Perkebunan / Inilah Cara Merawat Bunga Melati dan Tips Panen Pada Tanaman Melati

Inilah Cara Merawat Bunga Melati dan Tips Panen Pada Tanaman Melati

Artikel ini adalah lanjutan dari budidaya melati dan tips cara merawat bunga melati: Budidaya Melati Lengkap. Klik Di Sini…

Pemeliharaan dan Perawatan

Cara merawat bunga melati dan pemeliharaan melati meliputi: 

Penyulaman dan penjarangan

Cara merawat bungan melati yang pertama adalah penyulaman. Penyulaman adalah penggantian bibit yang mati atau tumbuh abnormal dengan bibit melati yang baru. Teknik penyulaman pada prinsipnya sama dengan teknik penanaman. Hanya saja penyulaman dilakukan langsung di lokasi atau di lubang tanam untuk mengganti bibit yang mati atau abnormal.

Waktu penyulaman sebaiknya jangan lebih dari sebulan setelah penanaman. Lakukan penyulaman sedini mungkin supaya tanaman tetap seragam dan tidak merepotkan Anda dalam pemeliharaan selanjutnya. Penyulaman dilakukan pada pagi atau sore hari, ketika terik matahari tidak terlalu menyengat dan temperatur tidak terlalu panas.

Penyiangan

Setelah melati berumur satu bulan, umumnya lahan akan di tumbuhi gulma atau rumput liar. Gulma ini akan menjadi pesaing bagi melati dalam memenuhi kebutuhan unsur hara, air dan sinar matahari.

cara merawat bunga melati
Penyiangan Kebun Melati

Pemupukan

Waktu pemupukan adalah 3 bulan sekali. Pupuk yang digunakan antara lain :

  • Urea dosis 300-700 kg/ha/tahun
  • STP dosis 300-500 kg/ha/tahun
  • KCl dosis 100-300 kg/ha/tahun.

Pemupukan dilakukan dengan menyebarkan pupuk di dalam parit antar tanaman secara merata, atau menyebarkan disekeliling tajuk tanaman dengan kedalaman 10-15 cm. Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan memasukan pupuk ke dalam lubang tugal yang berada di sekeliling tajuk melati. Waktu Pemupukan dilakukan sebelum pemangkasan, saat melati berbunga, sesuai panen bunga dan ketika pertumbuhan kurang prima.

Pemupukan juga berfungsi untuk meningkatkan produksi melati, kususnya pupuk yang banyak mengandung fosfor (P). Misal Hyponex biru (10-40-15) / Gandasil B (6-20-30). Penyemprotan pupuk daun sebaiknya dilakukan pada waktu pagi hari (09.00) atau pada saat sore hari (15.30-16.30), yang penting jangan pada saat matahari sedang terik menyengat. Pemupukan adalah langkah penting cara merawat bunga melati.

Artikel terkai pupuk : Analisis Lengkap Bisnis Pupuk Organik

Pengairan dan penyiraman

Pada fase awal pertumbuhan tanaman melati membutuhkan  pasokan air yang memadai. Pengairan dilakukan secara kontinyu tiap hari hingga tanaman berumur 1 bulan. Sebaiknya pengairan di lakukan pada saat pagi dan sore hari (2x sehari) dengan cara disiram menggunakan air bersih pada setiap tanaman sampai tanah disekitar perakaran melati cukup basah.

Penyemprotan ZPT

Cara merawat bunga melati selanjutnya adalah Zat pengatur tumbuh (ZPT) atau zat perangsang berguna untuk meningkatkan dan mempertahankan produksi bunga. Zat perangsang untuk bunga melati yang baik salah satunya adalah Ethrel dan Cycocel (chloromiguat). Tanaman melati jika di semprot menggunakan Cycocel dengan konsentrasi 5.000 ppm dapat menghasilkan bunga terbanyak yaitu 1,45 kg/tanaman.

Cara Penggunaan: Semprotkan zat perangsang bunga ke seluruh bagian tubuh tanaman melati, terutama ujung  dan tunas-tunas pembungaannya. Untuk Cycocel konsentrasi yang di anjurkan adalah 3.000-5.000 ppm, sedangkan untuk Ethrel 500-1.500 ppm.

Lain-lain

Pada umumnya tanaman melati tumbuh menjalar. Namun ada beberapa jenis melati yang tidak menjalar, seperti varietas grand duke of tuscany dengan tipe pertumbuhannya tegak. Tingginya pemangkasan tergantung dari jenis melati, misal : melati putih (J.sambac), melati jenis ini biasanya dipangkas pada ketinggian 75 cm dari permukaan tanah. Sedangkan untuk melati yang berjenis spanish jasmine (J. Officinale var grandiflorum) dipangkas pada ketinggian 90 cm diatas dari permukaan tanah.

Panen Melati

Ciri dan umur panen

Bunga melati yang sudah siap panen ciri-cirinya adalah ukuran kuntum bunga yang besar (maksimal), masih dalam bentuk kuncup atau baru setengah mekar. Tingkat produksi bunga melati di Indonesia masih tergolong rendah yaitu antara 20-25 kg/hektar/hari. Melati mulai berbunga sekitar umur 7-12 bulan setelah ditanam. Bunga melati bisa di panen berkali-kali sepanjang tahun hingga berumur 5-10 tahun. Selain berbunga sepanjang tahun, periode berbunga pada tanaman melati ini hanyalah 12 minggu atau 3 bulan sekali.

cara merawat bunga melati
Perkebunan Melati

Cara pemanenan

Disarankan dalam pemetikan bunga melati dilakukan pada waktu pagi atau sore hari. Fungsinya adalah untuk menghindari terik sinar matahari dan suhu yang terlalu panas.

Periode panen

Pemanenan terbanyak yang dihasilkan tanaman ini berkisar antara 1-2 minggu awal. Untuk selanjutnya produksi akan menurun dan kemudian kembali meningkat setelah 2 bulan.

Perkiraan produksi

Pada musim hujan tingkat produksi bunga melati tergolong tinggi. Di Jawa Tengah, pada musim kemarau hasil panen melati hanya berkisar antara 5-10 kg /ha. Sedangkan pada musim penghujan hasil panen meningkat hingga mencapai 300-1.000 kg/ha. Pada data produksi bunga melati di Indonesia menyatakan bahwa pada musim penghujan hasil produksi bunga melati berkisar antara 1,5-2 ton/ha/th, sedangkan pada musim kemarau produksi bunga melati hanya berkisar antara 0,7-1 ton /ha/tahun.

Pasca Panen Melati

Pengumpulan

Bunga melati yang telah di panen jika diletakkan pada tempat terbuka maka akan mengalami proses layu. Untuk mempertahankan kesegarannya, Anda dapat menggunakan tampah dengan didasari lembaran plastik kemudian disimpan dalam ruangan yang ber suhu dingin 0-50C.

Lain-lain

Salah satu produk dari hasil pengolahan pasca panen bunga melati adalah Jasmine Oil. Ada beberapa hasli dari melati, antara lain: 

  • Minyak melati istimewa, merupakan hasil ekstraksi dari bunga melati dengan menggunakan pelarut ether minyak bumi. sebagai bahan utama minyak wangi yang bermutu tinggi.
  • Minyak melati biasa, minyak dari hasil ekstrak bunga melati yang dilarutkan menggunakan benzole, sebagai bahan pembuatan minyak wangi yang bermutu sedang atau menengah.
  • Minyak pomade istimewa, minyak ini diperoleh dari teknik enfleurage bunga melati yang berguna sebagai bahan pembuatan minyak rambut.
  • Minyak pomade biasa, minyak ini merupakan hasil ektraksi dari bunga melati bekas enfleurage, yang berguna sebagai pewangi teknis.Teknik enfleurage biasanya disebut dengan teknik olesan.
cara merawat bunga melati
Penyortiran Hasil Panen

Demikian artikel cara merawat bunga melati dari kami. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai bisnis tanaman melati. Pada artikel selanjutnya akan kami bahas tentang hama dan panyakit tanaman melati.

Dapatkan Ebook: Cara Membuat Organik Dalam Waktu 30 Hari. Dapatkan Dengan Harga Istimewa Sekarang Juga.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara menanam sawit

Panduan Cara Menanam Sawit Ini Membuat Panen Jadi Melimpah

Jika Anda memiliki perkebunan kelapa sawit namun tingkat produktivitasnya dirasa kurang maksimal, mungkin ada beberapa …

Inilah Cara Merawat Bunga Melati dan Tips Panen Pada Tanaman Melati


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inilah Cara Merawat Bunga Melati dan Tips Panen Pada Tanaman Melati