Halaman Depan / Peternakan / Cara Menjinakkan Kacer Dengan 3 langkah Akurat Ada Di Sini !!!

Cara Menjinakkan Kacer Dengan 3 langkah Akurat Ada Di Sini !!!

Ini dia tips cara menjinakkan kacer – Nah, Bagi Anda penggemar burung kicau kacer tentunya pernah mengalami susahnya menjinakkan burung yang giras. Burung kacer biasanya hidup dalam lingkungan alam bebas. Seperti di hutan. Di alam bebas kacer tidak pernah berinteraksi dengan manusia, maka jika dipelihara kacer akan giras.

Ingin menjodohkan kacer Anda? Baca dulu : Cara Menjodohkan Kacer Bagi Peternak Pemula..

Burung kacer yang giras jika Anda pelihara di dalam kandang , kadang  akan memberontak sampai menabrak dinding – dinding jeruji sangkar. Sehingga akan menyebabkan luka pada bagian tubuh burung. Kacer yang giras bisa menjadi stres, tidak mau makan dan akhirnya bisa menyebabkan kematian. Tanpa pernah Anda mendengar kicauan dari sang burung kacer.

cara menjinakkan kacer
Kacer Jinak

Dalam tahap perawatan awal hendaknya Anda harus bisa memahami cara menjinakkan kacer yang baik. Apabila Anda salah dalam melakukan perawatan maka kacer akan semakin giras. Ketahuilah kondisi burung sebelum melakukan perawatan. Karena dalam menjinakkan kacer perlu variasi yang disesuaikan dengan kondisi burung kacer tersebut.

Ada beberapa cara menjinakkan kacer yang sering digunakan oleh para penggemar kacer. Atau paling tidak cara menenangkan burung kacer yang baru saja didapatkan dari alam liar ataupun pedagang burung. Memang tidak semua cara menjinakkan kacer dapat berjalan dengan mulus. Kesabaran adalah kunci utama bagi Anda untuk menjinakkan kacer. Jika dipaksakan maka akan membuat kacer stress berat dan dapat menyebabkan kematian.

Tips Cara Menjinakkan Kacer

Ada beberapa cara menjinakkan kacer yang bisa Anda coba. Berikut kami bagikan tipsnya kepada Anda:

Cara Pertama

Jika Anda baru saja mendapatkan kacer dari alam bebas dan kacer masih giras, maka tutup sekeliling sangkar dengan menggunakan koran. Buat lubang berbentuk segi empat persis di depan pintu sangkar. Hal ini dimaksudkan agar Anda mudah untuk mengganti makanan dan minuman. Ajari juga kacer Anda untuk belajar makan voer. Kenapa Anda harus menutup semua sangkar dengan koran? Cara menjinakkan kacer dengan model seperti ini dimaksudkan untuk menenangkan kacer dan membuat kacer merasa aman. Serta tidak takut lagi dengan lingkungan asing dan tidak takut akan kehadiran manusia.

Artikel terkait kacer : 6 Tips Handal Cara Ternak Burung Kacer…

Setelah itu letakkan sangkar pada tempat yang terang dan jangan gantung sangkar Anda terlalu tinggi. Kira – kira sebatas kepala Anda saja. Letakkan sangkar pada tempat yang sering dilalui manusia. Biarkan seminggu dan burung jangan dimandikan dahulu. Setelah satu minggu dibiasakan dengan lingkungan barunya maka hal selanjutnya yang Anda lakukan adalah letakkan cepuk di dalam sangkar. Fungsi cepuk adalah untuk berjaga – jaga jika kacer merasah gerah maka akan mandi dengan sendirinya di dalam cepuk. Lakukan kegiatan ini selama seminggu.

cara menjinakkan kacer
Kacer Belajar Mandi

Seminggu kemudian Anda bisa mencoba untuk membuka penutup sangkar bagian kiri. Ini dimaksudkan agar kacer belajar melihat lingkungan yang berada disebelah kiri. Setelah seminggu maka pelindung bagian sangkar sebelah kanan yang Anda lepas. Sehingga kacer belajar mengenal lingkungan sebelah kanannya. Seminggu kemudian lepaskan koran bagian depan dan belakang. Kemungkinan kacer sudah agak tenang akan tetapi masih tetap liar. Rasa takut kepada manusia akan berkurang. Biarkan dalam kondisi seperti ini selama 2 minggu.

Setelah 2 minggu maka ajarkan burung untuk mandi, caranya adalah dengan memasukkan burung ke keranda mandi burung. Biarkan beberapa menit sampai kacer ingin mandi. Jika kacer menceburkan dirinya kedalam cepuk, itu tandanya bahwa kacer Anda siap dimandikan. Lakukan cara ini 2 kali sehari. Pagi hari pada jam 07.00 dan sore hari pada jam 16.00. Pada malam hari keluarkan burung dari sangkar dan semprot menggunakan air hangat kuku. Lalu angin – anginkan selama setengah jam. Setelah itu masukkan kacer ke dalam rumah dan tidak perlu dikerodong. Lakukan kegiatan tersebut secara terus menerus. Apabila burung mempunyai mental yang bagus dan tidak ada pasca trauma sewaktu penangkapan maka dalam waktu sekitar 1 – 2 bulan kacer akan lebih tenang dan sudah terbiasa melihat kehadiran manusia. Demikian tips cara menjinakkan kacer yang pertama. 

Cara Kedua

Cara menjinakkan kacer  yang kedua ini memakan waktu yang lebih lama, akan tetapi lebih praktis. Masukkan burung ke dalam sangkar yang mempunyai jeruji rapat. Lalu tempelkan sangkar pada paku yang telah menempel di dinding rumah Anda. Ketinggian paku kira – kira sejengkal di atas kepala Anda. Berikan makan dan minum pada kacer tanpa menurunkan sangkar. Mandikan kacer sekali seminggu di dalam sangkar. Kemudian jemur sebentar dan tepelkan kembali sangkar ke dinding rumah Anda.

Sama dengan cara yang pertama, jika kacer Anda memiliki mental yang bagus maka dalam waktu 2 – 3 bulan kacer akan terbiasa dengan lingkungan sekitarnya dan kehadiran manusia.

Cara Ketiga

Cara menjinakkan kacer yang ketiga adalah dengan mengajari kacer Anda untuk memakan voer. Ajari selama seminggu kacer untuk memakan voer. Diharapkan selama seminggu tersebut kacer akan terbiasa mengkonsumsi voer. Setelah kacer terbiasa dengan pakan voer maka setiap pagi keluarkan voer dari sangkar. Jangan beri makan kacer sampai siang. Kira – kira sampai jam 1 siang. Setelah jam 1 siang maka berikan 2 ekor jangkrik. Setelah jangkrik habis dimakan maka masukkan kembali voer ke dalam sangkar. Gantunglah sangkar burung kacer Anda di teras rumah dan kondisi jangan terlalu ramai. Lakukan hal tersebut untuk keesokan harinya. Secara terus menerus sampai kacer jinak. Cara menjinakkan kacer di atas kadang berhasil dalam waktu yang singkat. Kadang pula memakan waktu yang lama.

cara menjinakkan kacer
Pemberian Pakan Jangkrik

Dari semua cara menjinakkan kacer di atas. Silahkan Anda coba sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda. Saran dari kami adalah biarkan proses menjinakkan kacer berjalan alami. Jangan paksakan kacer Anda untuk secepatnya menjadi jinak. Cara yang cepat untuk menjinakkan kacer justru akan membuat burung kacer Anda menjadi stres dan bisa mengalami kematian.

Ingin ternak kacer sukses? Beli Ebook Kami Tentang : Cara Beternak Kacer dan Pemasteran Jitu Burung Jawara. Dapatkan Penawaran Spesialnya…

Sumber gambar: kicauttamblang,merawatburung,kicaumania,facebook,google

 

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

jamu ayam tradisional

Membuat Jamu Ayam Tradisional Untuk Kesehatan Ternak

Bagaimana sih cara melakukan budidaya ayam yang aman, ramah bagi lingkungan dan juga menyehatkan bagi …

Cara Menjinakkan Kacer Dengan 3 langkah Akurat Ada Di Sini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Menjinakkan Kacer Dengan 3 langkah Akurat Ada Di Sini