Halaman Depan / Peluang Usaha / Inilah Tips Cara Budidaya Ikan Mas Koki ( Bagian II )

Inilah Tips Cara Budidaya Ikan Mas Koki ( Bagian II )

Lanjutan dari cara budidaya ikan mas koki bagian I : Cara Jitu Budidaya Ikan Mas Koki…

PENDEDERAN

Cara budidaya ikan mas koki selanjutnya adalah pendederan. Pendederan merupakan suatu kegiatan pemeliharaan bibit ikan yang bertujuan untuk mendapatkan bibit dengan ukuran tertentu. Pendederan ini menghasilkan bibit ikan mas koki yang siap ditebarkan ke kolam pembesaran.

cara budidaya ikan mas koki
Tahap Pendederan

Padat tebar benih

Pengaturan kepadatan tebar benih dapat diatur dengan memperhatikan besar kecilnya benih. Semakin besar benih maka semakin kecil kepadatan tebarnya. Misal jika bibit berumur 60 hari maka kepadatan sekitar 70 – 100 ikan/m2

Pemberian pakan

Awal pendederan hingga umur 40 hari pemberian pakan ikan mas koki masih didominasi oleh mrutu atau moina sp serta cacing sutera (tubifek). Setelah lebih dari 40 hari, pakan ikan mas koki bisa menggunakan pakan buatan. Karena pakan alami terkadang cukup sulit didapatkan dan harganya pun cukup mahal. Pemilihan pakan buatan usahakan mengandung protein minimal 40%.

Artikel terkait ikan mas : Ternak Ikan Mas Metode Pembenihan Dengan Lahan 1000 M

Ransum yang dibutuhkan ikan mas koki yang berumur dibawah 1 tahun adalah 2-5% berat tubuh harian. Sedangkan untuk ikan mas koki yang diatas 1 tahun, kebutuhan ransumnya adalah 1-3% berat tubuh harian.

cara budidaya ikan mas koki
Aneka Pakan Ikan Mas Koki

Seleksi

Tujuan dari seleksi ini adalah untuk mengelompokan ikan mas koki berdasarkan kualitas serta berdasarkan bentuk tubuh, warna, kualitas ekor dan sebagainya. Pada seleksi awal, dikelompokan ikan mas koki berdasarkan bentuk ekornya. Benih dengan ekor seperti ikan karper (sentit) atau benih yang nyaris tak berekor, sebaiknya disingkirkan (diafkir). Sebab, ikan tersebut tidak laku di jual atau memiliki nilai jual sangat rendah. Seleksi adalah cara budidaya ikan mas koki yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang baik.

Setelah seleksi ekor, dilanjutkan seleksi sirip ekor. Seleksi awal dapat dilakukan dengan cara menjaring benih ikan mas koki menggunakan jaring yang halus atau lubang jaringnya kecil. Langkah selanjutnya, masukkan benih ikan mas koki tersebut kedalam sebuah mangkuk berwarna putih yang berisi air. Hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam proses penyeleksian. Penyelesian tahap awal ini dilakukan ketika benih ikan mas koki berumur 10 hari.

cara budidaya ikan mas koki
Proses Seleksi

Seleksi tahap kedua. Seleksi ini dilakukan sewaktu benih berusia tiga minggu. Ketika usianya 3 minggu, benih memiliki ukuran sepanjang 2 cm. Tujuan dari seleksi kedua ini sama dengan seleksi awal. Setelah ikan mas koki berusia 1 bulan maka tubuhnya sudah mulai terbentuk dan menyerupai induknya. Sewaktu ikan mas koki berusia 40-60 hari, warna hitam pada tubuhnya (melanophore) perlahan-lahan akan beruba atau berganti menjadi kuning (xantophore) dan juga berubah menjadi merah (erythrophore).

Seleksi ketiga. Seleksi ini dilakukan setelah ikan mas koki berusia 2-3 bulan. Seleksi ini bertujuan untuk mengafkir ikan mas koki yang berwarna putih polos. Tahap ini juga memiliki tujuan untuk menyeleksi calon indukan yang berkualitas.

Hama dan penyakit

Seperti ikan air tawar lainnya, ikan mas koki juga dapat terserang oleh hama dan penyakit. Hama pada budidaya ikan mas koki ini biasanya adalah anak capung (cekrutu), sundep dan kutu air. Waspadalah terhadap predator atau pemangsa ikan lainya. Misal, burung, ular dan kucing.

Penyakit pada budidaya ikan mas koki biasanya disebabkan oleh parasit, bakteri dan jamur.

Parasit merupakan suatu kelompok organisme yang tumbuh dan berkembang biak dengan cara menghisap makanan dari makhluk yang di tumpanginya. Penyakit yang disebabkan oleh parasit adalah penyakit bintik putih. Penyakit ini biasanya menyerang benih ikan mas koki yang sedang berusia 1 hingga 6 minggu. Adapun gejala yang timbul akibat serangan parasit ini adalah munculnya bintik-bintik putih pada sirip, lapisan kulit badan, lapisan insang dan pergerakan (berenang) aneh atau tidak normal. Penyakit ini dapat ditanggulangi dengan memberikan roxin. Untuk dosis serta aturan pakai sudah tertera pada kemasan masing-masing obat.

Artikel ikan mas lainnya : Bisnis Budidaya Ikan Mas Dengan 8 Unit Keramba Jaring Apung, Untung Besar !!!

Bakteri merupakan suatu kelompok organisme mikroskopik yang disebut juga mikroorganisme yang memiliki membran inti sel. Bakteri yang biasanya menyerang ikan mas koki adalah bakteri aeromonas sp Dan pseudomonas sp. Bagian yang diserang oleh bakteri ini adalah dada, pangkal sirip dan perut yang disertai dengan pendarahan.

cara budidaya ikan mas koki
Tubuh Ikan Terkena Penyakit

Gejala yang muncul akibat serangan bakteri ini yaitu lendir pada tubuh ikan berkurang, tubuh terasa kasar jika di raba atau di pegang. Hal ini dapat diatasi dengan memberikan kalium permanganate (pk), chloromycetin dan oxytetracyklin. Untuk pemberian chloromycetin, Anda dapat mencampurkannya ke dalam pakan ikan mas koki dengan dosis 1,2 gram/kg pakan.

Ciri-ciri ikan mas koki yang terserang jamur yaitu terdapat luka di bagian tubuh terutama pada sirip, bagian punggung dan tutup insang. Pencegahan dilakukan dengan cara selalu menjaga kualitas air sesuai kebutuhan ikan.

PEMBESARAN

Pembesaran adalah cara budidaya ikan mas koki selanjutnya. Pembesaran adalah penebaran benih ikan ke tempat yang lebih besar atau kolam yang lebih luas. Hal ini bertujuan supaya pergerakan ikan mas koki menjadi lebih leluasa. Yang paling penting dalam pembesaran ikan mas koki adalah intensitas pemberian pakan. Dengan pemberian pakan yang teratur sebanyak 2 hingga 5 kali sehari maka pertumbuhan dan perkembangan ikan mas dapat optimal.  Untuk menjaga kualitas air dan menghindari serangan hama dan penyakit, lakukanlah pengurasan air kolam setiap 7 hingga 10 hari sekali.

PANEN

Cara budidaya ikan mas koki selanjutnya adalah proses pemanenan. Dalam memanen ikan mas koki dari kolam pembesaran, biasanya dilakukan dengan cara panen total. Umur dilakukan pemanenan pada saat ikan mas koki berumur 3 – 4 bulan. Dengan berat kisaran 400 – 600 gram/ekor. Cara melakukan panen total adalah dengan cara mengeringkan kolam. Sisakan air dengan ketinggian 10 – 20 cm. Lakukan pemanenan pada pagi hari. Hindari pemanenan pada saat terik matahari. Gunakan waring atau scoopnet halus untuk menangkap ikan. Lakukan dengan hati – hati agar ikan tidak terluka.

Sumber gambar : nevada goldfish, jualikankoki,aquariummaskoki,jendelahewan

 

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

investasi pohon

Investasi Pohon Ini Bisa Memberi Anda Keuntungan Besar

Investasi pohon – Negara Indonesia sangat terkenal dengan aneka tanaman pohonnya yang beraneka ragam. Hal …

Inilah Tips Cara Budidaya Ikan Mas Koki ( Bagian II )


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inilah Tips Cara Budidaya Ikan Mas Koki ( Bagian II )