Halaman Depan / Peluang Usaha / 7 Hal Dasar Ini Dapat Membuat Bisnis Ikan Lele Makin Berkembang Pesat

7 Hal Dasar Ini Dapat Membuat Bisnis Ikan Lele Makin Berkembang Pesat

Bisnis ikan lele merupakan salah satu usaha budidaya dibidang perikanan yang menguntungkan. Dari segi persiapanya bisnis ikan lele ini tidak mengeluarkan modal awal yang besar, tidak membutuhkan lahan luas dan tidak sulit pula dalam pemeliharaannya dibandingkan dengan bisnis ikan jenis lainnya, seperti ikan nila, gurame, ikan patin dan ikan mas. Dari hasil pengamatan menunjukkan, sudah banyak orang yang sukses karena berbisnis ikan lele ini. Namun hal yang menjadi catatan adalah tidak sedikit juga yang mengalami kerugian besar karena salah langkah dalam mejalankan usaha budidaya ikan lele ini.  

Kegagalan dalam binis ikan lele tersebut terjadi karena seseorang hanya melihat peluang bisnis, tanpa memikirkan resiko yang akan dihadapi kedepan. Untuk meminimalisir terjadinya kegagalan berikut ini 7 hal penting yang harus Anda perhatikan dalam mengawali bisnis ikan lele.

Bisnis ikan lele image
Bisnis ikan lele  –  Gambar : Bibitlele.net

7 Hal Mendasar Dalam Bisnis Ikan Lele

1. Mindset

Tahap pertama dan merupakan tahap yang paling mendasar sebelum menjalankan bisnis ikan lele untuk mencapai kesuksesan. Yaitu pola pikir atau mindset yang benar. Sebelum mulai menjalankan usaha budidaya ikan lele ini, yang perlu Anda ketahui adalah keberhasilan usaha dalam sektor perikanan itu merupakan usaha yang tidak instan atau tidak berjangka pendek, karena jenis bisnis ini butuh proses yang panjang sehingga membutuhkan kesabaran ekstra dalam prosesnya.

2.Pengetahuan Dasar

Dalam menjalankan bisnis itu tentunya Anda wajib mengetahui ilmu dasar dari bisnis yang akan Anda jalankan. Sama halnya bisnis ikan lele, jangan pernah Anda menginvestasikan uang Anda sepersen pun untuk bisnis ikan lele sebelum Anda mencari tahu teknik – teknik dasar budidaya ikan lele. Karena bisnis dalam sektor perikanan, memiliki banyak kendala dalam pembudidayaannya. Seperti proses pertumbuhan ikan dan cara mengatasi serangan penyakit.

Baca : Cara Ternak Lele Terpal dengan Sistem Pembenihan

3. Studi Kelayakan Bisnis ikan lele

Studi kelayakan membantu Anda untuk mengidentifikasi bisnis yang akan Anda jalankan. Studi kelayakan meliputi kekuakatan, kelemahan, ancaman dan peluang pasar. Dengan melakukan studi kelayakan Anda bisa mengidentifikasi segala kebutuhan dan anggaran atau biaya yang akan Anda butuhan. Disamping itu Anda dapat menambah ilmu lanjutan terkait bisnis yang akan Anda jalankan.

4. Pembukuan rencana bisnis

Keberhasilan sebuah bisnis tidak terlepas dari keseriusan pelaku bisnis tersebut, hal ini menjadi salah satu faktor utama menuju sukes bisnis ikan lele. Anda harus mempersiapkan rencana bisnis secara terperinci dan jelas. Disamping itu perencanaan strategi bisnis pun wajib tertuang dalam rencana bisnis Anda. Yang terpenting dalam pembukuan bisnis ikan lele adalah rencana bisnis, sumber permodalan, modal pendukung dan strategi jitu mengusai pasar bisnis ikan lele. Jika perlu Anda perlu jasa seorang konsultan dalam pembukuan rencana bisnis Anda termasuk dalam memproyeksi keuangan yang akan Anda jalankan.

5. Lahan yang mudah diakses

Dalam bisnis ikan lele lahan merupakan faktor penting. Tentunya Anda harus menempatkan kolam lele yang strategis, dekat dari sumber air (sungai atau saluran irigasi), dekat dari pasar dan bisa diakses melalui jalur darat. Jika Anda tidak memiliki lahan atau tanah dengan kriteria tersebut maka sebaiknya Anda menyewanya. Karena plot tersebut Akan membantu pelanggan dalam mengakses Anda.

6. Pasokan Sumber Air dapat diandalkan

Dalam bisnis ikan ikan lele, perlu adanya pengoperasian air secara efisien. Tentunya dengan adanya sistem pengelola air, akan sangat membantu pengoperasian air kolam. Kebutuhan air harus terpenuhi tiap saat, disamping itu debit air yang berlebih atau lebih dikenal overhead juga tidak baik karena ikan lele bisa melompat dari kolam. Jadi perlu adanya sistem input – output dalam pengelolaan air.

7. Konstruksi Kolam

Pembuatan kolam harus didasari dengan konstruksi atau design yang baik dan matang. Konstrusi kolam yang baik akan bertahan dalam waktu yang cukup lama. Sehingga kedepannya jika terjadi kerusakan, Anda bisa langsung memperbaiki tanpa mengeluarkan biaya yang banyak. Konstruksi kolam pada umumnya meliputi luas, bentuk, jenis bahan kolam serta sistem drainase kolam lele.

Itulah tahapan sukses dalam bisnis ikan lele, tentunya masih banyak pembahasan dalam bisnis ikan lele yang akan kami berikan untuk Anda. Kami sarankan Anda untuk menambah wawasan terkait tahapan dasar sebelum memulai bisnis ikan lele. Karena sangat disayangkan ketika Anda menggeluti bisnis ikan lele akan tetapi Anda kalah dipertengahan jalan, padahal Anda sudah mengeluarkan biaya atau modal yang besar ketika bisnis ikan lele mulai Anda jalankan.

Teknis dalam budidaya ikan lele image
Teknis dalam budidaya ikan lele

Sebagai Tambahan Reverensi untuk Anda silahkan baca artikel-artikel terkait seputar cara budidaya ikan lele yang telah kami bahas sebelumnya :

  1. Panduan Praktis Cara Ternak Lele
  2. Cara Ternak Lele, Panen Usia 2 Bulan
  3. Pembenihan Lele Pada Kolam Terpal
  4. Cara Membuat Pakan Lele Alternatif
  5. Cara Membuat Kolam Terpal

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

bisnis bibit buah

Yuk Bisnis Bibit Buah Peluangnya Menguntungkan Loh

Peluang bisnis di Indonesia sangat beragam, salah satu diantaranya adalah peluang usaha bisnis bibit buah. …

7 Hal Dasar Yang Membuat Bisnis Ikan Lele Berkembang Pesat


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 Hal Dasar Yang Membuat Bisnis Ikan Lele Berkembang Pesat