Halaman Depan / Pertanian / 7 Manfaat Ubi Ungu Kami Kupas Di Sini

7 Manfaat Ubi Ungu Kami Kupas Di Sini

Manfaat Ubi Ungu– Siapa yang tidak mengenal ubi ungu, Anda dan hampir semua orang pasti tahu bahkan pernah merasakan manisnya ubi ungu. Secara alami, ubi ungu memiliki berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Ubi ungu tinggi akan serat, beta karoten, karbohidrat kompleks dan mikronutrien yang seimbang. Menurut penelitian ubi ungu mempunyai kandungan kalium, magnesium, zinc, tembaga, lisin, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, protein dan mineral.

Ubi ungu bisa diolah menjadi bahan makanan yang bervariasi. Antara lain kripik, es krim dan aneka kue. Ubi ungu juga bisa dikonsumsi oleh bayi sebagai bahan makanan pendamping ASI. Karena kandungan seratnya sangat tinggi sehingga mampu membantu melancarkan pencernaan.

Baca juga : Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan Anda

Selain mempunyai rasa yang manis, pulen dan nikmat. Manfaat ubi ungu sangat beragam sekali. Mulai untuk menyehatkan mata sampai dapat menurunkan tensi darah tinggi. Untuk lebih lengkapnya kami akan ulas manfaat dari ubi ungu.

manfaat ubi ungu
Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan

Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan

Menyehatkan Mata

Tahukah Anda, bahwa setiap hari mata Anda membutuhkan asupan vitamin A supaya penglihatan mata Anda tetap terjaga. Nah, dengan mengkonsumsi ubi ungu maka kecukupan vitamin A untuk mata Anda akan terpenuhi.

Mengurangi Resiko Gangguan Pencernaan

Serat yang terkandung pada ubi ungu tergolong sangat tinggi. Dengan tingginya serat pada ubi ungu maka jika Anda mengkonsumsi ubi ungu secara teratur, Anda akan terbebas dari gangguan pencernaan seperti : susah BAB, sembelit dan wasir. Konsumsilah ubi unggu secara teratur, karena sangat baik untuk menjaga pencernaan Anda supaya tetap sehat.

Mengurangi Resiko Kanker

Ubi ungu memiliki kandungan selenium, iodine dan antioksidan. Beberapa kandungan tersebut mampu mengendalikan radikal bebas serta sel kanker. Jika Anda mengkonsumsi ubi ungu setiap harinya, maka dapat mengurangi resiko terserang kanker.

Mengurangi Resiko Serangan Jantung dan Stroke

Manfaat ubi ungu lainnya adalah mampu mengurangi resiko serangan jantung. Ubi ungu mengandung antosianin yang berfungsi sebagai anti oksidan bagi tubuh anda. Antosianin ini akan berperan aktif menjaga tubuh anda dari serangan jantung dan stroke.

Mengurangi Resiko Diabetes

Mungkin Anda merupakan salah satu orang yang memiliki masalah dengan gula darah. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari Anda harus selalu menyeleksi asupan makanan yang akan anda konsumsi. Makanan dan minuman dengan rasa yang manis harus selalu Anda hindari. Begitu pula makanan yang memiliki karbohidrat tinggi seperti nasi.

Baca artikel terkait diabetes  : Manfaat Buah Terong Untuk Obat Diabetes dan 13 Manfaat Buah Terong Lainnya …

Cobalah untuk mengkonsumsi ubi ungu. Mengapa ubi ungu? karena ubi ungu mengandung index glikemik yang relatif rendah. Sehingga kecil resiko Anda untuk terserang diabetes. Selain itu, anda masih bisa merasakan manis dan kenyang jika makan ubi ungu. Manfaat ubi ungu akan Anda rasakan jika mengkonsumsi secara teratur.

 

manfaat ubi ungu
Tabel Kandungan Dalam Ubi Ungu  Sumber:PlayingWithFoodChemistry 

Melancarkan Peredaran Darah

Darah berfungsi untuk mengangkut nutrisi dan zat lainya keseluruh bagian tubuh untuk diserap oleh sel-sel dalam tubuh. Darah juga berfungsi membantu mengeluarkan urine dan juga keringat dari dalam tubuh. Jika peredaran darah terganggu atau tersumbat akibat pembekuan darah, maka nutritrisi dan zat lainya tidak akan sampai keseluruh tubuh.

Lalu bagaimana cara mencegah pembekuan darah tersebut? Dengan mengkonsumsi ubi ungu setiap hari, Anda sudah membantu menjaga sistem peredaran darah. Mengapa demikian? karena warna pigmen ungu pada ubi ungu ternyata memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya pembekuan darah dalam tubuh Anda.

Mengurangi Resiko Kardiovaskuler

Seperti di jelaskan di awal bahwa ubi ungu memiliki kandungan vitamin C dan E, serta kandungan betakaroten yang relatif tinggi. Kandungan-kandungan tersebut akan menghasilkan berbagai manfaat ubi ungu yang melimpah, salah satu manfaat ubi ungu adalah menghindarkan Anda dari serangan penyakit kardiovaskuler. Penyakit kardiovaskular merupakan gangguan kesehatan yang melibatkan fungsi sistem jantung dan pembuluh darah.

Manfaat ubi ungu ternyata sangat besar, namun kebanyakan orang masih enggan untuk mengkonsumsi ubi ungu. Ubi ungu dahulu dianggap oleh sebagian masyarakat sebagai makanan yang ndeso atau udik. Sehingga jarang orang yang menyukai ubi ungu ini. Seiring berjalannya waktu dan makin banyaknya orang yang kreatif dan pandai. Maka makin banyak yang menginovasi berbagai olahan dari bahan ubi ungu ini menjadi makanan berkelas restauran. Misal cake ubi ungu, brownis, eskrim, puding dan sebagainya.

manfaat ubi ungu
Ubi Ungu

Akan tetapi untuk mendapatkan manfaat ubi ungu ini sebaiknya Anda mengolahnya secara sederhana. Misalnya direbus atau dikukus. Mengapa demikian? karena jika sudah diolah sedemikian rupa menjadi makanan modern, maka banyak tahap pengolahan yang hars dilakukan. Hal ini membuat kadar nutrisi atau kadar gizinya berkurang. Dan Anda tidak akan mendapatkan manfaat ubi ungu yang diinginkan.

Manfaat buah lainnya baca di sini : Manfaat Buah Rambutan dan Daun Rambutan Untuk Anda…

 

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

manfaat buah ciplukan

10 Manfaat Buah Ciplukan Yang Berguna Bagi Tubuh

Manfaat buah ciplukan – Ciplukan atau yang biasa juga disebut ceplukan adalah jenis tanaman liar …

7 Manfaat Ubi Ungu Kami Kupas Di Sini Hanya Untuk Anda


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 Manfaat Ubi Ungu Kami Kupas Di Sini Hanya Untuk Anda