Halaman Depan / Perkebunan / Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan Dikupas Di Sini

Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan Dikupas Di Sini

Mungkin Anda sudah sering mendengar nama labu kuning. Di wilayah Jawa labu kuning sangat banyak tumbuh di pekarangan rumah. Labu kuning oleh masyarakat Jawa biasanya disebut waluh. Secara umum labu kuning memiliki berat berkisar antara 3 – 5 kg. Buah ini memiliki warna hijau dan kuning pucat. Manfaat labu kuning sangat banyak. Labu kuning memiliki kandungan senyawa karotenoid sangat tinggi. Karotenoid dalam buah labu kuning memiliki betacarotene yang berfungsi sebagai anti oksidan. Anti oksidan ini berguna untuk mencegah kanker serta penuaan diri.

Senyawa potassium pada labu kuning berasal dari zat mineral. Senyawa ini berguna sebagai penurun hipertensi. Mineral yang lain pada labu kuning adalah Zinc, zat ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit. Zinc jug mampu mencegah resiko osteoporosis, sebab zinc memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kepadatan tulang. Labu kuning juga diperkaya dengan serat yang berguna untuk menjaga sistem pencernaan. Kami akan membagikan beberapa manfaat labu kuning yang bisa Anda manfaatkan untuk kesehatan Anda  dan keluarga.

manfaat labu kuning
Labu Kuning

Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan

Merawat dan Menyehatkan Mata

Manfaat labu kuning yang pertama adalah mampu untuk merawat dan menyehatkan mata. Labu kuning mengandung banyak vitamin A. Vitamin A dalam labu kuning ini berguna untuk memperlambat proses menurunnya penglihatan pada mata Anda. Disarankan mengkonsumsi labu kuning setiap hari untuk merawat dan menyehatkan kondisi mata Anda.

Artikel Kesehatan Terkait : Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Keluarga…

Melawan Radikal Bebas

Bagi Anda yang bekerja di perkotaan khususnya di luar ruangan, manfaat labu kuning dapat Anda rasakan jika dikonsumsi secara teratur. Bekerja di luar ruangan dengan intensitas polusi yang tinggi maka Anda akan rentan akan serangan radikal bebas. Jangan khawatir, dengan mengkonsumsi labu kuning maka kandungan antioksidan yang terkandung dalam labu kuning mampu menangkal radikal bebas. 

Kulit Tampak Awet Muda

Manfaat labu kuning yang lain adalah membuat kulit tampak lebih awet muda. Kandungan vitamin E yang terdapat dalam labu kuning mampu mengencangkan kulit sehingga tampak lebih awet muda.

Mencegah Hipertensi

Banyak wanita di Indonesia yang terkena tekanan darah tinggi atau hipertensi. Umumnya wanita tersebut terkena hipertensi setelah menopouse. Disarankan bagi Anda para wanita muda yang masih sehat untuk mengkonsumsi labu kuning. Labu kuning ini banyak mengandung kalium yang dapat meredakan tekanan pada pembuluh darah dan memperlancar peredaran darah.

Mengatasi Sembelit

Kandungan serat dalam labu kuning sangat tinggi, serat ini sangat dibutuhkan tubuh dalam proses pencernaan. Jika pencernaan tidak lancar maka akan timbul berbagai jenis penyakit. Salah satu penyakit akibat pencernaan tidak normal adalah sembelit. Jika BAB terasa keras bahkan mengeluarkan darah itu berarti pencernaan tidak normal. Dengan mengkonsumsi labu kuning secara teratur, maka Anda akan merasakan manfaat labu kuning untuk pencernaan. BAB juga akan semakin lancar dan Anda akan terbebas dari gangguan pencernaan.

manfaat labu kuning
Makanan Bayi Dari Labu

Pertumbuhan Tulang Dan Gigi

Manfaat labu kuning tidak terbatas akan usia. Labu kuning sangat baik dikonsumsi oleh semua usia, apa lagi anak-anak yang dalam masa pertumbuhan. Sebab labu kuning mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak-anak. Selain anak-anak, para manula juga cocok mengkonsumsi buah labu kuning ini untuk memperkuat tulang.

Mengurangi Pertumbuhan Sel Kanker

Bagi Anda yang menderita kanker, umumnya akan berhati-hati memilih makanan yang akan dikonsumsi. Jika makanan yang dikonsumsi salah maka dapat membahayakan tubuh sebab sel kanker akan bertambah banyak. Bagi penderita kanker disarankan mengkonsumsi labu kuning, sebab labu  kuning ini memiliki manfaat untuk mengurangi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Baca Artikel Lainnya : 13 Manfaat Buah Terong Untuk Kesehatan

Sebagai Zat Anti Inflamasi

Labu kuning mengandung Betakaroten yang berfungsi untuk melawan kanker. Selain itu Betakaroten juga sangat dibutuhkan tubuh sebagai zat anti inflamasi. Zat anti inflamasi ini berfungsi untuk mengurangi resiko pembengkakan dalam tubuh.

Mengurangi Resiko Terserang Stroke

Manfaat labu kuning mampu menghindarkan Anda dari stroke. Labu kuning mampu menekan kolesterol jahat di dalam tubuh. Mengkonsumsi labu kuning dapat mencegah resiko terserang stroke. Sebab, terdapat banyak vitamin C, Kalium dan anti oksidan yang mampu menghancurkan endapan pada dinding arteri.

Baik Untuk Penderita Anemia

Anemia merupakan salah satu akibat dari kekurangan sel darah merah dalam tubuh. Umumnya penderita anemia disebabkan telat makan yang kemudian makan seadanya, beraktivitas berat diluar ruangan, serta kurang minum air putih. Solusi untuk mengatasi anemia adalah dengan makan labu kuning. Sebab, Buah labu kuning juga mengandung zat besi yang berguna untuk membantu pembentukan sel darah merah.

Mengembalikan Energi Dan Membantu Diet

Labu kuning dapat mengembalikan energi atau stamina setelah seharian beraktivitas. Selain itu labu kuning juga cocok untuk Anda yang sedang diet. Makan kolak dari labu kuning ini sudah memenuhi kebutuhan serat harian tubuh.

Membantu Sistem Imunitas

Vitamin C dalam labu kuning ini dapat membunuh sel racun dalam tubuh. Selain itu, manfaat labu kuning ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terbebas dari berbagai jenis penyakit.

Mengobati Cacingan

Pada dasarnya anak-anak sangat rentan terhadap cacingan. Jika anak Anda terkena cacingan maka akan sulit untuk menambah berat badan. Manfaat Labu kuning bagi penyakit cacingan adalah mampu menyembuhkan serta mencegah cacingan datang kembali. Bagaimana caranya? buatlah jus labu kuning kemudian diminumkan pada anak yang menderita cacingan. 

Menenangkan Saraf

Manfaat labu kuning juga memiliki efek psikologi. Magnesium yang terkandung dalam labu kuning memiliki efek menenangkan saraf serta membuat rileks.

manfaat labu kuning
Tabel Kandungan Gizi Labu Kuning

Demikian beberapa manfaat labu kuning yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsinya secara teratur. Untuk artikel budidaya labu kuning kami akan terbitkan segera untuk Anda.

Baca Juga : Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan…

sumber gambar : glitzmedia, behealty befit, sangthotan

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara menanam srikaya

Cara Menanam Srikaya Dengan Perbanyakan Vegetatif

Cara menanam srikaya – Tanaman srikaya dapat tumbuh dengan baik pada lingkungan dengan curah hujan yang …

Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan Dikupas Di Sini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan Dikupas Di Sini