Halaman Depan / Peluang Usaha / Jenis Bahan Makanan Cacing Tanah Untuk Sukses Ternak Cacing

Jenis Bahan Makanan Cacing Tanah Untuk Sukses Ternak Cacing

Cacing tanah merupakan salah satu jenis cacing yang tidak memiliki gigi dan dengan sistem pencernaannya yang sangat sederhana. Sehingga makanan cacing tanah yang Anda berikan harus lunak dan berbentuk bubur agar mudah dicerna. Pakan haruslah mengandung 80% air dan 20% bahan padat.

Artikel tentang budidaya cacing : Inilah 6 Langkah Cara Sukses Budidaya Cacing…

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi pertumbuhan dalam budidaya cacing tanah adalah pemberian pakan. Pada dasarnya cacing dapat diberi pakan bahan organik yang mudah lunak. Bahkan kotoran dari hewan lain pun dapat dijadikan makanan cacing tanah (cacing lumbricus).

makanan cacing tanah

Jenis Bahan Makanan Cacing Tanah

Cacing tanah sangat menyukai bahan yang sedang dalam proses pembusukan untuk dijadikan makanan. Baik dari hewan maupun tumbuhan. Jenis dan kuantitas pakan sangat berpengaruh pada laju pertumbuhan, populasi serta perkembangbiakan cacing.

Bahan Pakan Berasal Dari Tumbuhan

Untuk makanan cacing tanah, tumbuhan berkadar air tinggi sangat digemari oleh hewan satu ini. Namun ada juga tumbuhan yang tidak disukai oleh cacing tanah yaitu tumbuhan yang mengandung tannin dan berbau tajam, misal: daun jeruk, daun akasia, daun kemangi, daun suren, daun pinus, dan daun kayu putih. Bahan pakan dari tumbuhan yang baik untuk cacing antara lain:

makanan cacing tanah
Pakan Bekas Tanaman dan Buah.
  1. Sayur-sayuran. Sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral sangat disukai oleh cacing tanah. Selada dan kol merupakan sayuran yang paling disukai oleh cacing tanah. Mineral dan vitamin pada selada dan kol sangat bermanfaat bagi pertumbuhan cacing tanah.
  2. Daun lamtoro. Daun ini memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga cocok sebagai bahan makanan cacing tanah.
  3. Dedak padi. Dedak adalah sisa hasil penggilingan padi. Dedak sering digunakan oleh kebanyakan orang sebagai bahan campuran pakan ternak. Kandungan protein , vitamin dan mineral pada dedak ini sangat dibutuhkan oleh hewan ternak termasuk cacing. Dedak memiliki sifat porius yang cocok bagi cacing.
  4. Dedak jagung. Sama halnya dengan dedak padi, dedak jagung memiliki banyak protein yang dibutuhkan cacing tanah sebagai sumber energi. Selain protein, dedak juga mengadung lemak dan zat-zat lainya yang dibutuhkan cacing tanah untuk pertumbuhannya.
  5. Ampas singkong. Ampas singkong diperoleh dari sisa hasil pembuatan tepung tapioka. Ampas singkong sering digunakan sebagai bahan campuran pakan ternak. Cacing tanah juga sangat menyukai ampas singkong ini.
  6. Ampas tahu. Ampas tahu juga biasanya bisa dipakai sebagai pakan ternak dan bisa juga untuk makanan cacing tanah. Makanan cacing tanah dari ampas tahu mengandung banyak protein yang dibutuhkan oleh cacing tanah.
  7. Batang pisang. Batang pisang merupakan bahan pakan yang mengandung banyak air. Cara pemberiannya yaitu dengan menghancurkan batang pisang/ menggilingnya hingga menjadi bubur.

Bahan Pakan Berasal Dari Hewan

Cacing dari berbagai jenis hampir semuanya menyukai kotoran ternak. Sebab, kotoran ternak memiliki kandungan protein tinggi dan cacing tanah bisa dengan mudah mencerna bahan pakan tersebut. Selain kotoran, daging serta lemak yang mengalami pembusukan sangat disukai oleh cacing.

Artiket terkait : Meraup Untung 3x Lipat Dari Budidaya Cacing Tanah ( Lumbricus Rubellus ). Baca Di Sini…

Berikut ini bahan makanan cacing tanah dari hewan yang sangat di gemari oleh cacing, antara lain yaitu:

  1. Kotoran ternak. Semua kotoran dari berbagai ternak dapat dikonsumsi oleh cacing tanah. Akan tetapi kotoran ternak yang diberikan pada cacing harus sudah matang. Sebab kotoran baru masih mengeluarkan panas karena sedang dalam proses penguraian (dekomposisi).
  2. Daging dan ikan. Daging ternak serta ikan mati dapat dijadikan bahan pakan cacing tanah. Daging ternak serta ikan mati yang akan diberikan pada cacing tanah, sebaiknya dibiarkan terlebih dahulu hingga terjadi pembusukan. Cacing sangat menyukai daging dan ikan yang sedang dalam proses pembusukan.
makanan cacing tanah
Pemberian Pakan Pada Budidaya Cacing Tanah.

Bahan Pakan Dari Sumber Lain

  1. Limbah rumah tangga. Limbah ini merupakan suatu campuran dari berbagai bahan dan terdekomposisi menjadi satu bahan organik.
  2. Bubur karton atau kertas. Bubur kertas atau karton ini merupakan suatu hasil industri yang terbuat dari kayu yang telah dihancurkan menjadi bubur (pulp). Bahan ini dapat juga dijadikan bahan pakan
  3. Pakan komersial. Pakan yang satu ini biasanya digunakan untuk ternak ayam dan itik. Namun pakan ini juga dapat diberikan sebagai pakan pada cacing tanah.

Makanan Cacing Tanah Untuk Reproduksi

Makanan cacing tanah untuk reproduksi diberikan pada cacing dengan tujuan untuk merangsang produksi kokon supaya populasi cacing meningkat. Berikut ini adalah formulasi pakan yang digunakan untuk reproduksi:

  1. Kotoran ternak. Untuk memperoleh reproduksi maksimal, pemberian pakan bisa menggunakan kotoran ternak dari satu jenis ternak saja (100%), atau dapat juga dicampur dengan kotoran dari jenis ternak lain.
  2. Perpaduan kotoran ternak dengan kompos. Pakan ini menggunakan komposisi 30% kotoran ternak dan 70% kompos. Kotoran ternak mensuplai mineral dan protein, sedangkan kompos memberikan asupan vitamin dan selulosa.
  3. 100% kompos juga baik untuk reproduksi cacing tanah.
  4. Kompos dari batang pisang dicampur dengan ampas tahu juga baik untuk reproduksi cacing.
makanan cacing tanah
Hasil Budidaya Cacing Tanah

Makanan Cacing Tanah Untuk Penggemukan

  1. Kotoran ternak dengan kompos dari daun lamtoro, perbandingan 1 : 1
  2. Kompos dan bubur karton atau kertas, dengan perbandingan 1 : 1
  3. Pakan komersial, jumlah menyesuaikan berat dari tubuh cacing tanah (jumlah pakan sama dengan bobot cacing).

Artikel budidaya cacing sutera: Tips Budidaya Cacing Sutera – Si Kecil Penghasil Rupiah…

Sumber : HKTI dan Sukses Beternak Cacing Tanah, Ronny P 2007
Sumber gambar : Facebook Usaha Sampingan Lumbricus Rubellus

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tempat minum ayam

Inilah Tips Manajemen Pemilihan Tempat Minum Ayam

Air adalah unsur yang sangat dibutuhkan dalam pengembangan usaha peternakan bisnis ayam. Jika Anda benar …

Jenis Bahan Makanan Cacing Tanah Untuk Sukses Ternak Cacing


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jenis Bahan Makanan Cacing Tanah Untuk Sukses Ternak Cacing