Halaman Depan / Peluang Usaha / Cara Menjodohkan Kacer Bagi Peternak Pemula Baca Disini

Cara Menjodohkan Kacer Bagi Peternak Pemula Baca Disini

Cara menjodohkan kacer – Kacer merupakan burung yang banyak diidolakan oleh para penggemar burung kicau. Itu dikarenakan kicauan kacer mempunyai ciri khas khusus dengan suara lantang dan variasi kicauan yang sangat banyak. Harga kacer adalah yang termasuk stabil dipasaran. Saat ini para pecinta kacer sudah mulai banyak yang menangkar kacer. Akan tetapi kadang masih banyak ditemui kendala dalam ternak kacer. Salah satu kendalanya adalah masalah menjodohkan kacer. Kami akan memberikan beberapa tips kepada Anda tentang bagaimana cara menjodohkan kacer.

cara menjodohkan kacer
Perjodohan Kacer

Dalam proses cara menjodohkan kacer sebenarnya mempunyai langkah – langkah yang mudah untuk Anda pahami. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah pilihlan calon indukan kacer jantan yang sehat, gacor, dan mempunyai suara yang lantang. Jangan sampai ada cacat fisik pada calon indukan kacer Anda. Pilihlah indukan jantan yang berumur lebih tua dibandingkan dengan indukan betinanya. Jadi usia jantan sekitar 2 tahun dan betina bermur 1 tahunan.

Beli E-Book kami tentang kacer : Rahasia Besar Sukses Beternak Kacer !!! Klik Disini dan Pesan Sekarang Juga …

Cara menjodohkan kacer tidak selalu berjalan dengan lancar. Kadang kala indukan jantan dan betina sering mengalami proses berkelahi jika dijodohkan. Apa yang harus Anda lakukan agar proses menjodohkan kacer berjalan dengan lancar dan cepat. Berikut kami akan berikan tips cara menjodohkan kacer untuk Anda.

Tips Jitu Cara Menjodohkan Kacer Bagi Pemula

Menjodohkan kacer jantan dan kacer betina adalah langkah awal yang perlu Anda lakukan  dalam memulai ternak kacer. Kemudian dilanjutkan dengan membuat kandang dan perlengkapan yang terdapat di dalamnya. Simak cara menjodohkan kacer berikut ini :

  • Memasukkan indukan betina ke dalam sangkar perjodohan.
  • Masukkan pula indukan jantan ke dalam sangkar perjodohan, akan tetapi sangkar tersebut harus terpisah dan berjauhan dengan sangkar kacer betina.
  • Pastikan antara kacer jantan dan kacer betina saling berhadapan dan saling mendengar kicauan masing – masing.
  • Jika belum ada reaksi dari kedua kacer. Berikan pakan jangkrik untuk meningkatkan birahi kacer
  • Apabila kicauan kacer sudah saling saut menyaut maka dipastikan bahwa kacer tersebut sudah menunjukkan ketertarikan satu dengan lainnya.
  • Jika sudah ada ketertarikan maka dekatkanlah kedua kandang. Tapi jangan dulu mencampurkan keduanya.

Artikel terkait kacer : Tips Bagaimana Cara Membedakan Kacer Jantan dan Betina… Klik Disini

cara menjodohkan kacer
Perjodohan Sangkar Terpisah
  • Anda bisa melihat tingkah laku dari kacer betina, jika kacer betina sudah mulai membuat sarang, maka kacer betina tersebut sudah siap untuk kawin. Tapi jangan Anda satukan dulu kedua kacer. Tunggu sampai kacer betina selesai membuat sarang.
  • Jika sarang yang dibuat telah terbentuk, maka satukan kacer jantan dan kacer betina ke dalam satu sangkar yang sama.
  • Amati kacer pada malam hari. jika posisi tidur sudah saling berdekatan maka dipastikan kalau kacer dipastikan berjodoh.
  • Jika terjadi perkelahian saat kedua kacer makan, maka semprot kacer dengan air seperti Anda memandikan dalam sangkar. Semprotkan pada kacer yang lebih agresif dalam menyerang. Misal jika pejantan yang agresif maka semprot kacer jantan sampai basah kuyup. Begitu pula sebaliknya. Rajin – rajinlah melakukan pemantauan.
  • Perjodohan berhasil jika sepasang kacer sudah dalam kondisi tenang dan selalu berdua. Maka perjodohan dikatakan berhasil.

Dari cara menjodohkan kacer diatas terkadang masih ada kendala yang terjadi. Misal salah satu kacer terlalu agresif dengan menyerang calon pasangannya. Jika itu terjadi terus menerus walaupun Anda telah menyiram dengan air sampai basah kuyup maka ada beberapa faktor yang memancing hal ini terjadi. Faktor tersebut adalah sebagai berikut :

  • Salah satu calon indukan mempunyai birahi yang terlalu tinggi. Untuk mengatasi birahi yang terlalu tinggi ini, Anda bisa mengatur kembali pemberian pakan tambahan atau ekstra food.
  • Masih muda atau terlalu mudanya umur indukan. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih indukan yang benar – benar telah mempunyai cukup umur.
  • Jika kacer jantan terlalu agresif, maka Anda dapat mengatasinya dengan mengganti induk betina yang umurnya lebih tua dari indukan jantan.

Hal terpenting dalam perjodohan kacer adalah dengan rutin melakukan pemantauan dengan kondisi indukan di dalam kandang penangkaran. Sehingga jika ada sesuatu hal yang tidak diinginkan maka Anda bisa segera mengatasinya.

cara menjodohkan kacer
Kandang Perjodohan Kacer

Perjodohan kacer haruslah dilakukan dengan sabar dan pantang menyerah. Tidak semua perjodohan yang dilakukan berjalan lancar. Jagalah kondisi birahi dari kedua kacer tersebut. Karena dengan kondisi birahi yang terjaga maka kacer siap menjalani proses perkawinan.

Baca juga artikel tentang : 6 Tips Cara Ternak Kacer Terbaik

Sumber gambar : Facebook pecinta kacer

 


Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tumbuhan herbal

Seperti Apa Peluang Usaha Dari Menanam Tumbuhan Herbal ?

Pada artikel kali ini kami akan membahas sedikit tentang bisnis tumbuhan herbal. Termasuk juga peluang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *