Halaman Depan / Pertanian / 10 Macam Buah Untuk Menurunkan Darah Tinggi Yang Jarang Diketahui

10 Macam Buah Untuk Menurunkan Darah Tinggi Yang Jarang Diketahui

Buah untuk menurunkan darah tinggi– Buah merupakan sumber vitamin dan gizi yang baik bagi tubuh manusia. Buah juga di percaya mampu mengobati berbagai jenis penyakit misalnya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi merupakan suatu penyakit yang menyerang pada pembuluh darah seseorang dan mengakibatkan tekanan darah naik secara drastis. Apabila tekanan darah terlalu tinggi, seseorang akan mengalami stroke bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Anda bisa menghindari hipertensi dengan cara yang mudah. Caranya  adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan. Berikut adalah 10 macam buah untuk menurunkan darah tinggi yang bisa Anda konsumsi. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter pribadi Anda sebelum mengkonsumsi buah – buahan ini.

Buah Melon

Buah melon adalah buah untuk menurunkan darah tinggi. Melon tinggi akan vitamin C, A, thiamin dan kalium. Segelas jus melon atau 180 gram jus melon mengandung 500 mg kalium atau sama dengan 15% kebutuhan vitamin harian tubuh. Selain kalium, melon juga diperkaya dengan kandungan magnesium, asam sulfat serta vitamin B6 yang sangat baik untuk tubuh.

Artikel terkait melon : Panduan Praktis Menanam Melon, Baca Panduan Praktisnya…

buah untuk menurunkan darah tinggi
Gambar Melon

Buah Semangka

Buah semangka merupakan buah yang mudah dicari dan disukai banyak orang. Selain rasanya yang manis, juga sebagai pelepas dahaga yang menyegarkan. Semangka juga dapat menurunkan hipertensi. Kandungan L-citrulline pada semangka dapat membuat pembuluh darah menjadi rileks, sehingga mengkonsumsi buah semangka dapat menurunkan tensi atau tekanan darah tinggi (hipertensi).

buah untuk menurunkan darah tinggi
Gambar Semangka

Buah Alpukat

Siapa yang tidak kenal buah ini, selain rasa nya yang nikmat jika diolah menjadi jus, ternyata buah ini juga dapat menurunkan hipertensi. Sepotong alpukat memiliki kandungan 5% magnesium, 10% kalium dan 1% kalsium. hal ini sesuai kebutuhan nutrisi harian tubuh. Kandungan mineral pada Alpukat mampu menurunkan tekanan darah pada pembuluh darah. Selain itu kandungan lemak pada alpukat juga sangat baik untuk kesehatan jantung, karena lemak tersebut adalah lemak tak jenuh tunggal.

buah untuk menurunkan darah tinggi
Gambar Alpukat

Buah Kiwi

Buah kiwi dapat dikonsumsi sebagai penurun tekanan darah tinggi. Pada buah kiwi yang berukuran sedang ternyata mengandung 7% magnesium, 2% kalsium dan 9% kalium. Kandungan tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Namun buah ini cukup sulit jika Anda mencarinya di pasar-pasar tradisional. Sebaliknya jika Anda mencari buah kiwi di supermarket maka Anda akan dengan mudah menemukannya. Buah kiwi juga diperkaya dengan vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C nya lebih tinggi dibandingkan dengan buah jeruk.

buah untuk menurunkan darah tinggi
Gambar Buah Kiwi

Buah pisang

Setiap orang pasti tahu dan kenal dengan buah pisang. Namun tahukah Anda bahwa buah pisang dapat menurunkan hipertensi. Kandungan kalium yang terkandung pada buah pisang dapat menurunkan hipertensi. Buah pisang berukuran sedang mengandung 8% magnesium, 12% kalium dan 1% kalsium. Bagi Anda yang mempunyai penyakit stroke keturunan atau memiliki riwayat stroke dalam keluarga, disarankan sebaiknya Anda makan buah pisang 3 buah sehari untuk pencegahan.

buah untuk menurunkan darah tinggi
Gambar Pisang

Buah Jeruk

Buah yang banyak mengandung vitamin C ini ternyata banyak mengandung nutrisi dan rendah kalori. Satu biji buah jeruk mengandung 326 mg kalium. Selain itu jeruk juga mengandung vitamin A, kalsium, fosfor, potasium yang baik dan vitamin folat yang dibutuhkan oleh tubuh.

buah untuk menurunkan darah tinggi
Gambar Jeruk

Buah Anggur

Buah anggur sangat baik untuk menurunkan hipertensi. Kandungan bioflanovoid pada buah ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Anggur juga mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. 120 gram buah anggur dapat memenuhi 5% kebutuhan kalium harian pada tubuh Anda. Supaya lebih maksimal dalam menurunkan hipertensi pada tubuh, sebaiknya pilih anggur yang benar-benar matang serta rasa dan kualitas yang  terbaik.

Artikel terkait anggur : Potensi Agribisnis dan Cara Menanam Anggur Terbaik…

buah untuk menurunkan darah tinggi
Gambar Anggur

Buah Jambu Biji

Berdasarkan hasil uji klinis yang dilaksanakan di India baru-baru ini menyatakan bahwa, jambu biji mengandung banyak kalium yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan hipertensi. Selain itu jambu biji juga kaya akan serat alami yang berguna untuk memperlancar pencernaan. Sangat cocok juga bagi Anda yang ingin diet. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya Anda mengkonsumsi jambu biji sebelum makan siang dan sebelum makan malam.

buah untuk menurunkan darah tinggi
Gambar Jambu Biji

Buah Aprikot

Mungkin Anda masih asing dengan buah aprikot, buah ini menyerupai buah apel namun berwarna keemasan serta memiliki tekstur beludru. Buah ini sangat manis, namun buah ini kaya akan vitamin A dan kalium. Terdapat 2000 mg kalsium dalam secangkir aprikot kering. Bisa dikatakan ini adalah buah terbaik kandunggan kaliumnya. Buah ini juga rendah kolesterol dan rendah lemak jenuh sehingga sangat baik untuk menurunkan kadar hipertensi dalam tubuh.

buah untuk menurunkan darah tinggi
Buah Apricot

Buah Tomat

Buah tomat memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menurunkan hipertensi. Selain itu buah tomat juga dapat mencegah penuaan dini, dan menjadi buah yang wajib dikonsumsi penderita diabetes. Untuk mendapat hasil maksimal makan lah buah tomat tanpa melalui proses yang bermacam-macam. Konsumsi buah tomat layaknya mengkonsumsi buah apel.

Artikel tentang tomat : Budidaya Tomat Dengan Skala Komersil dan Analisis Lengkapnya…

buah untuk menurunkan darah tinggi
Gambar Tomat

Sebenarnya masih banyak lagi buah untuk menurunkan darah tinggi Anda. Buah yang kami jelaskan di atas adalah buah – buahan yang gampang didapatkan. Sebagai langkah pencegahan, sebaiknya Anda mengkonsumsi buah – buahan ini setiap harinya. Jauhi juga pantangan yang menyebabkan hipertensi. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi Anda.

Sumber gambar : Google

 

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *