Halaman Depan / Peternakan / Ini Dia 10 Rangkuman Penting Dalam Ternak Bebek Pedaging yang Wajib Anda Baca !!

Ini Dia 10 Rangkuman Penting Dalam Ternak Bebek Pedaging yang Wajib Anda Baca !!

Apa saja 10 rangkuman penting dalam ternak bebek pedaging itu? Silahkan Anda baca Artikel ini hingga tuntas. Membahas soal bebek tentu Anda sudah mengenalnya sejak lama. Biasanya hewan unggas yang satu ini dikenal sebagai penghasil telur, namun bukan itu saja, bebek juga dikenal memiliki daging yang cukup lezat dan gurih. 

Bisnis ternak bebek pedaging image
Bisnis ternak bebek pedaging

Dewasa ini, permintaan daging bebek  terus kian meningkat, peningkatan ini disebabkan karena semakin menjamurnya warung makan yang menghidangkan menu utama dari olahan daging bebek tersebut. Sehingga tidak bisa dipungkiri lagi, masakan dari daging bebek pun menjadi menu pilihan para konsumen kuliner. 

Jika Anda sadari kondisi ini memberikan peluang yang cukup apik, khususnya bagi Anda yang ingin mencoba bisnis ternak bebek pedaging. Kebutuhan daging bebek  yang tidak ada matinya dan justru cenderung meningkat dari tahun-ketahun, akan menjadikan bisnis ternak bebek semakin naik hampir setara dengan ternak ayam.

Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari bisnis ternak bebek pedaging ini, Anda harus mengawalinya dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang cara ternak bebek pedaging, baik secara langsung maupun dengan membaca buku maupun artikel dari berbagai sumber. Karena perlu Anda ketahui, peluang yang bagus tidak mungkin menghasilkan, tanpa aksi yang tepat dan efisien.

Untuk mengawali pengetahunan  Anda tentang bagaimana cara ternak bebek pedaging, dibawah ini telah kami rangkumkan 10 hal penting  yang perlu Anda perhatikan dalam menjalakan usaha ternak bebek pedaging supaya berhasil dengan hasil maksimal, yaitu sebagai berikut :

Ternak bebek dalam waktu 40 hari image
Ternak bebek dalam waktu 40 hari

10 Prinsip Penting Dalam Ternak Bebek Pedaging yang Wajib Anda Ketahui

1. Pola Pemeliharaan Ternak Bebek Pedaging yang tepat

Untuk menjalankan ternak bebek pedaging sebaiknya Anda jangan melakukan sistem angon, karena sistem angon akan membuat bebek melakukan aktivitas yang banyak. Aktivitas pada ternak bebek pedaging yang terlalu banyak, akan mempercepat proses pembakaran tubuh, sehingga akan menghambat pembentukan daging.

Sedangkan tujuan dari ternak bebek pedaging sendiri adalah untuk menghasilkan bebek yang memiliki daging banyak. Jadi untuk pola yang harus Anda lakukan dalam ternak bebek pedaging yaitu jangan menerapkan sistem angon tetapi Anda bisa memilih sistem pagung atau umbaran.

2. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari sangat penting dalam ternak bebek pedaging, karena sinar matahari memberikan vitamin bagi tubuh bebek dan dapat membunuh kuman. Namun, yang menjadi catatan bagi Anda, bebek tidak boleh terlalu lama terpapar sinar matahari, karena akan meningkatkan penguapan lemak pada tubuh bebek.

Jadi kandang harus dibuat sedemikian rupa, sehingga ada bagian kandang yang terpapar sinar matahari dan ada bagian yang ternaungi. Sebaiknya Anda membuat kandang ternak bebek pedaging dengan membagi area kandang yang terpapar sinar matahari seluas 30%, sedangkan sisanya seluas 70% harus ternaungi dengan atap.

3. Kolam Air atau Kubangan

Pada umumnya, bebek sangat suka bermain di air. Namun, membiarkan bebek pedaging terlalu sering bermain di kolam atau kubangan tidaklah baik. Hal ini karena bebek akan melakukan aktivitas yang banyak saat bermain di air, sehingga proses pembakaran tubuhnya lebih cepat. Selain itu, kolam ataupun kubangan biasanya memiliki air yang tidak bersih atau cenderung kotor dan terdapat berbagai macam penyakit. Sehingga akan menyebabkan ternak bebek Anda terserang penyakit tertentu. Untuk itu Kami sarankan dalam ternak bebek pedaging Anda gunakan sistem ternak kering.

4. Metode Pemberian Pakan Ternak Bebek Pedaging

Banyak peternak yang beranggapan bahwa semakin banyak pakan yang diberikan, maka semakin gemuk ternak bebeknya. Namun pada kenyataannya, pakan yang diberikan secara berlebihan dapat menurunkan tingkat metabolisme pada tubuh bebek. Maka, sebaiknya Anda memberikan pakan secara terjadwal, karena cara yang seperti ini juga lebih efisien.

5. Pemberian Vaksin

Hal yang perlu Anda ketahui bebek merupakan hewan unggas yang rentan terserang penyakitu. Maka dari itu, vaksin sangat penting diberikan pada ternak bebek pedaging Anda. Pemberian vaksin merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh bebek, supaya dapat melawan berbagai macam penyakit dan memperkecil peluang kematian pada masa menjelang panen. Pemberian vaksin sebaiknya Anda lakukan secara berkala, untuk menghindari resiko bebek diserang penyakit.

Baca juga : Analisis Bisnis Ternak Bebek Peking dalam Jumlah 100 & 500 Ekor

Pemeliharaan ternak bebek peking image
Pemeliharaan ternak bebek peking

6. Sistem Penghangat

Selain memerlukan kehangatan dari sinar matahari, ternak bebek pedaging juga perlu mendapatkan kehangatan tambahan, pada malam hari. Untuk itu, sebaiknya kandang bebek diberikan sistem penghangat di malam hari, seperti tungku pemanas. Anda dapat memberikan sistem panghangatan tersebut saat bebek pedaging masih pada usia muda, yaitu pada umur 0-20 hari. Penghangatan pada usia muda ini akan meminimalisir tingkat stress pada bebek pedaging, sehingga proses pertumbuhannya akan lebih optimal.

7. Kebersihan Lantai Kandang

Kebersihan lantai kandang juga harus Anda perhatikan. Biasanya lantai kandang dilapisi dengan gergaji kayu, damen, maupun jerami. Hal ini berfungsi untuk menyerap kotoran. Setiap awal budidaya bebek pedaging, Anda harus melapisi lantai kandang dengan yang baru, jangan hanya sekedar menambahkannya tanpa mengganti lapisan yang lama. Karena hal ini berguna untuk menghilangkan sumber penyakit dan gas amoniak yang berasal dari kotoran sebelumnya. Dengan cara tersebut akan membuat ternak bebek pedaging Anda tumbuh dengan sehat dan terhindar dari serangan penyakit.

8. Pemberian Air Minum

Selain membutuhkan pakan, bebek juga membutuhkan air minum. Anda harus mengontrol kebutuhan air minum pada ternak bebek pedaging Anda, pastikan tempat minum selalu terisi. Sebaiknya Anda meletakkan tempat minum di luar kandang, supaya bebek minum dengan cara menjulurkan paruhnya saja.

Karena apabila tempat minum diletakkan di dalam kandang pasti akan ditumpahkan bebek dan terinjak-injak, sehingga lantai pun akan menjadi becek. Hal yang dikhawatirkan adalah apabila bebek meminum air yang tumpah di lantai kandang dan sudah terkontaminasi dengan kotorannya senidri, akhirnya pun bebek akan terserang penyakit, seperti cacingan.

 9. Penyortiran dalam Ternak Bebek Pedaging

Dalam menjalankan usaha ternak bebek pedaging, yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan adalah penyortir. Misal Anda melakukan ternak bebek pedaging sebanyak 1000 ekor. Anda perlu memetakkan kandang per 200 hingga 250 ekor. Setiap 7 hari, Anda harus menempatkan bebek sesuai dengan ukuran tubuhnya. Bebek yang pertumbuhannya tergolong lebih lambat, harus digabungkan dengan bebek yang berusia lebih muda. Sedangkan bebek yang pertumbuhannya relatif cepat, harus digabungkan bersama bebek yang berusia lebih tua. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir adanya kompetisi dalam memperoleh makanan antara bebek kecil dengan bebek yang lebih besar.

10. Menjalin Kerjasama

Supaya usaha ternak bebek pedaging Anda dapat berjalan dengan lancar dan berkelanjutan. Pertama Anda perlu melakukan kerjasama yang baik terhadap penyuplai bibit bebek. Hal yang kadang tidak disadari oleh para peternak kebanyakan hanya sebatas putus beli, sehingga peternak bebek sering mengalami ketidakpastian dalam suplai bibit bebek.

Selain itu, masih banyak peternak yang juga belum menjalin kerjasama kepada konsumen atau belum banyak memiliki pelanggan tetap. Sehingga apabila harga yang ditawar oleh konsumen/suplier sudah melebihi modal yang dikeluarkan atau keuntungan yang didapatkan sudah dirasa cukup, peternak akan tetap menjual bebek tersebut, walaupun usianya masih di bawah 40 hari. Padahal dalam ternak bebek pedaging akan mencapai usia ideal (40 hari), dengan nilai jual yang lebih tinggi.

Hal ini sangat disayangkan sekali, apabila dalam ternak bebek pedaging Anda tidak memiliki jaringan konsumen penjulan. yang dapat membuat Anda dipermainkan oleh harga jual pasar yang naik turun. 

Untuk  mengantisipasi hal itu, langkah Anda dengan melakukan kerjasama yang baik terhadap penyuplai bibit maupun kepada konsumen ataupun suplier perlu untuk Anda perisapkan. Karena hal ini demi berjalannya usaha Anda supaya mendapatkan keuntungan yang maksimal juga.

Itulah 10 hal yang harus Anda perhatikan dalam membangun usaha ternak bebek pedaging. Semoga dapat menambah wawasan Anda. Jika ada pertanyaan silahkan berikan komentar Anda.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tempat minum ayam

Inilah Tips Manajemen Pemilihan Tempat Minum Ayam

Air adalah unsur yang sangat dibutuhkan dalam pengembangan usaha peternakan bisnis ayam. Jika Anda benar …

Satu komentar

  1. Mau tanya gan . Boleh ga apabila di bawah kandang bebek di kasih kolam lele ?

Ternak Bebek Pedaging Baca Dulu 10 Rangkuman Penting Ini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ternak Bebek Pedaging Baca Dulu 10 Rangkuman Penting Ini