Halaman Depan / Pertamanan / Ini Dia 8 Jenis Kaktus yang Terkenal Unik Di Dunia

Ini Dia 8 Jenis Kaktus yang Terkenal Unik Di Dunia

Ini dia 8 jenis kaktus yang terkenal unik didunia yang wajib untuk Anda ketahui. Tanaman kaktus merupakan tanaman berbatang sekulen yang bisa menyerap dan menyimpan air dengan jumlah banyak. Kaktus bisa hidup pada daerah kering seperti gurun. Kaktus memiliki daun yang memiliki duri. Funsi duri ini yaitu untuk membantu mengurangi penguapan air melalui daun.

Tanaman kaktus ini selain dikenal tahan dengan cuaca extrim, kaktus juga memiliki bentuk yang beragam, dan disetiap jenisnya terdapat keunikan tersendiri satu sama lain. Tanaman kaktus juga memiliki bunga yang indah dengan berbagai jenis warna. Langsung saja, berikut ini Kami akan sajikan informasi untuk Anda baca, seputar jenis-jenis kaktus yaang tumbuh di beberapa belahan dunia dan dikenal dengan bentuk serta keunikanya.

8 Jenis Kaktus Unik Yang Ada Di Dunia

Ada banyak tanaman kaktus yang ada di dunia, namun kali ini Kami merangkum 8 jenis kaktus yang cukup dikenal dengan keunikanya, dan yang bisa Anda jadikan hiasan untuk menambah keindahan halaman rumah maupun ruangan dalam rumah Anda. Berikut 8 jenis tanaman kaktus unik yang ada di dunia.

1. Turbibicarpus Subterraneus

Jenis kaktus ini mempunyai batang yang berbulu, bentuknya menyerupai tongkat di dekat akarnya.  Lalu membentuk batang berwarna hijau dan berduri seperti kaktus pada umumnya. Keunikan kaktus jenis ini adalah mampu bertahan hidup lama. Akar kaktus Turbibicarpus mampu menembus sangat dalam pada tanah dan bisa menyimpan air cukup banyak. Kaktus tergolong dalam jenis tanaman kaktus yang mampu bertahan hidup lebih lama dari waktu ke waktu.

Jenis Kaktus Turbibicarpus Subterraneus image
Jenis Kaktus Turbibicarpus Subterraneus

2. Blossfeldia Liliputana

Kaktus jenis ini sering tumbuh di antara bebatuan diwilayah pegunungan Andes Amerika Serikat. Dari segi bentuk dan ukuran, kaktus liliputama memiliki ukuran yang cukup kecil, dengan ukuran maksimal 1,3 cm. Selain itu jenis kaktus ini juga memiliki bunga yang bisa mekar, namun hanya bisa Anda jumpai di saat musim panas saja. Untuk lebih jelasnya tetang jenis kaktus Blossfeldia Liliputana Anda bisa lihat gambar dibawah ini.

Kaktus Blossfeldia Liliputana image
Kaktus Blossfeldia Liliputana
Kaktus Blossfeldia Liliputana ukuran sangat mini image
Kaktus Blossfeldia Liliputana berukuran sangat mini

3. Discocactus Horstii

Jenis kaktus ini memiliki warna hijau dengan getah berwarna kemerahan. Meskipun jenis ini terlihat seperti kaktus biasa saat muda, namun pada saat memasuki umur dewasa, bentuk fisiknya akan berubah dengan duri menebal, berwarna coklat kehitaman dan disertai mekarnya bunga berwarna putih yang cukup indah.

Kaktus jenis Turbibicarpus Subterraneus usia muda image
Kaktus jenis Turbibicarpus Subterraneus usia muda

Kaktus jenis ini bisa Anda temukan di ketinggian 1000 kaki diatas permukaan laut. Jenis ini termasuk jenis kaktus yang sangat rentan jika diberikan banyak air maupun cuaca kekeringan, jadi untuk perawatanya Anda harus menjaga lingkungan tumbuh agar selalu lembab tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah.

Kaktus Discocactus Horstii sudah berumur tua image
Kaktus Discocactus Horstii sudah berumur tua

4. Atrichoke Cactus

Jenis kaktus ini adalah satu-satunya spesies kaktus dari genus Obregonia. Jenis Atrichoke merupakan tanaman geoftis yaitu tanaman yang tumbuh menyamping. Dilihat dari bentuk fisiknya Atrichoke mempunyai batang daun berbentuk segitiga yang berbuku-buku, menyerupai kol. Selain itu jenis tanaman ini mempunyai bunga berukuran kecil warna putih dan mempunyai buah yang cukup tebal jika sudah matang.

Kaktus Atrichoke Cactus image
Kaktus Atrichoke Cactus

5. Hylocereus Undatus

Jenis kaktus ini biasa dikenal dengan sebutan lain sebagai tanaman buah naga. Hylocereus tergolong dalam jenis kaktus unik karena mempunyai bunga yang cantik dan indah. Bunga yang dihasilkan Hylocereus bisa tumbuh panjang, dengan ukuran sampai dengan 35 cm dan lebar 23 cm. Keunikan lain dari bunga kaktus ini adalah bunga kaktus hanya mekar satu kali pada malam hari sebelum proses menjadi buah kemudian mati. Untuk mengetahui mekarnya kaktus ini yaitu ditandai dengan munculnya aroma wangi vanilla akan tercium dari bunga yang dihasilkan.

Kaktus Hylocereus Undatus dikenal sebagai buah naga image
Kaktus Hylocereus Undatus dikenal sebagai buah naga

6. Pereskiopsis Spathulata

Kaktus Pereskiopsis adalah kaktus dari golongan primitif. Mempunyai daun dan duri dengan ukuran yang sangat kecil. Kaktus ini memiliki pertumbuhan sangat cepat, sehingga sering dijadikan bahan okulasi untuk mendorong pertumbuhan jenis kaktus yang lambat.

Kaktus Pereskiopsis Spathulata image
Kaktus Pereskiopsis Spathulata
Kaktus Pereskiopsis Spathulata diOkulolasi dengan kaktus lain image
Kaktus Pereskiopsis Spathulata diOkulolasi dengan kaktus lain

7. Astrophytum Caput – Medusae

Kaktus Astrophyum memiliki batang yang bercabang seperti kumpulan ular. Jenis kaktus ini mempunyai bunga dengan warna kuning yang indah dan titik merah yang berada di tengah bunga. Biji kaktus berukuran yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran biji kaktus lainnya. Ukurannya sekitar 1/8 sampai 1/4 inci.

Kaktus Astrophytum Caput – Medusae dikenal dengan kaktus kepala ular image
Kaktus Astrophytum Caput – Medusae dikenal dengan kaktus kepala ular

8. Peyote

Jenis kaktus ini tumbuh di benua Amerika. Kaktus ini sangat akrab dikehidupan suku Indian. Suku Indian menggunakan peyote sebagai bagian dari ritual yang mereka lakukan. Mereka beranggapan dengan menggunakan kaktus jenis ini bisa memudahkan berkomunikasi dengan para roh leluhur. Akan tetapi semakin kesini peyote sering disalah gunakan oleh orang-orang diluar suku Indian sebagai obat bius. Untuk menanggulangi penyalahgunaan peyote, pemerintah Amerika Serikat mengatur penggunaan dan penanaman peyote dalam bentuk undang – undang.

Jenis Kaktus Peyote - Kaktus beracun image
Jenis Kaktus Peyote – Kaktus beracun

Itulah jenis-jenis kaktus yang tergolong unik didunia, jika Anda ingin tahu lebih jauh tetang peluang bisnis kaktus, coba Anda baca Artikel ini : Bisnis Agri Poluler Saat Ini dengan Budidaya Kaktus Mini . Semoga info Agri tetang seputar kaktus ini dapat menambah wawasan Anda. 

(Gambar : diambil dari berbagai sumber )

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

bibit bunga krisan image

Ini Dia 2 Metode Praktis Cara Perbanyakan Bibit Bunga Krisan

Bibit bunga krisan yang berkulitas sangat mempengaruhi hasil panen. Sedangkan mutu bunga yang baik akan membuat Anda mudah …

Ini Dia 8 Jenis Kaktus Yang Terkenal Unik di Dunia


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Dia 8 Jenis Kaktus Yang Terkenal Unik di Dunia