Halaman Depan / Peternakan / Ini Dia 10 Hal Penting Cara Merawat Burung Kenari yang Wajib Anda Perhatikan

Ini Dia 10 Hal Penting Cara Merawat Burung Kenari yang Wajib Anda Perhatikan

Tips cara merawat burung kenari – Burung kenari atau yang memiliki nama latin serinus canaria adalah burung bukan asli Indonesia. Burung ini pertama kali ditemukan oleh seorang pelaut perancis pada abad ke-15 yang bernama Jean de Berthan Cout, kenari ditemukan di kepulauan Canary. Beliau menangkap kenari karena terkesan keindahan bulu serta kemerduan kicauannya. Terlepas dari sejarah peradaban kenari, ada 10 hal penting  cara merawat burung kenari yang perlu Anda perhatikan.

Cara merawat burung kenari image
Cara merawat burung kenari

10 Hal Penting Cara Merawat Burung Kenari

Burung kenari pada dasarnya merupakan burung yang memiliki postur yang mungil nan indah, cara merawat burung kenari ini pun tergolong susah-susah mudah. Ada beberapa hal cara merawat burung kenari yang terkadang dianggap sepele, namun jika tidak Anda lakukan hal tersebut dapat berdampak fatal bagi burung kenari. Langsung saja, berikut ini cara merawat burung kenari yang wajib Anda perhatikan, meliputi :

1. Anda harus memperhatikan kebersihan kandang

Kebersihan kandang kenari perlu diperhatikan, karena kandang atau sangkar merupakan rumah bagi burung kenari Anda. Ketika kebersihan kandang tidak perhatikan, maka Anda harus bersiap – siap kenari Anda akan terserang penyakit.

Cara merawat burung kenari  dengan membersihkan kotoran setiap hari, wajib Anda lakukan. Kotoran kenari yang berada dibawah kandang akan mengundang datangnya serangan penyakit. Selain itu, tempat pakan dan air juga harus dibersihkan dan diganti setiap harinya,  demi kesehatan kenari Anda.

2. Pakan yang harus Anda berikan

Dari bentuk paruh kenari, makanan yang dikonsumsi adalah biji – bijian.  Kami menyarankan untuk pakan Anda membeli pakan yang sudah komplit, artinya sudah mengandung canary seed, niger seed, serta millet. Sehingga kebutuhan gizi kenari Anda dapat terpenuhi dengan baik.

Artikel terkait burung kicau: Langkah Sukses Ternak Blackthroat

Jadi sederhana saja, cara merawat burung kenari dalam pemberian pakan adalah dengan mengisi tempat pakan jangan sampai kosong, karena kenari membutuhkan suplai makanan yang cukup tiap harinya.

3. Pemberian multivitamin secukupnya

Untuk pemenuhan kestabilan kesehatan kenari, memang sudah seharusnya pemberian multivitamin Anda lakukan. Untuk mendapatkan multivitamin, Anda dapat membelinya pada toko – toko burung terdekat. Selain untuk pemenuhan kestabilan kesehatan, pemberian multivitamin bertujuan untuk memperlancar pencernaan dari kenari anda.

4. Pemberian sayuran, buah dan telur puyuh

Pemberian sayuran, buah dan telur puyuh pada kenari sebetulnya agar adanya keanekaragaman konsumsi. Anda cukup memberikan satu helai sayuran, atau sepotong  buah apel mapun separuh telur puyuh tiap harinya. Jenis sayuran dan buah yang bisa Anda berikan seperti daun sawi, slada, pakcow,jagung, apel atau lainya yang banyak mengandung banyak vitamin.  

Cara merawat burung kenari dengan meberikan sayur, buah dan telur puyuh ini sangat berguna untuk daya tahan tubuh kenari. Pemberian sayuran, buah dan telur dilakukan secara berkala satu sama lain.

5. Pemberian air yang cukup

Ketersediaan air didalam kandang harus Anda perhatikan, karena kenari memiliki sistem metabolisme yang tinggi. Sehingga tidak sanggup bertahan tanpa air selama 24 jam.

Hal ini mengharuskan Anda untuk terus mengontrol ketersediaan air. Kami menyarankan cara merawat burung kenari dengan menggunakan air matang atau air isi ulang. Dan hindari menggunakan air kran, apa lagi air yang sudah tercampur dengan kaporit (air pam). Hal tersebut tidak baik untuk kesehatan kenari Anda.

6. Simpan pada tempat yang tidak terkena hembusan angin kencang

Cara merawat burung kenari selajutnya dengan menempatkan sangkar atau kandang kenari pada tempat yang tidak terkena hembusan angin kencang. Ketika hal ini Anda tidak indahkan, maka kenari Anda rentan terserang penyakit. Anda dapat menyimpan sangkar atau kandang kenari di tempat yang memiliki hembusan angin yang normal.

7. Penjemuran pada waktu yang tepat

Untuk menghindari serangan heat stroke, Anda dapat menjemur kenari mulai jam 7 hingga jam 10 pagi. Terik matahari diatas jam 10 pagi kurang baik untuk kesehatan burung kenari Anda.

Cara merawat burung kenari dalam hal penjemuran ini, yang terpeting adlaah jangan dilakukan secara berlebihan. Karena terik matahari yang berlebihan dapat membuat kenari Anda dehedrasi stres dan mati. Makanya Anda cukup melakukan penjemuran  burung kenari dengan jangka waktu Jm 7-10 pagi.

8. Waspadai serangan tungau dan kutu

Tungau atau kutu  dapat menimbulkan penyakit jenis parasit, penyakit atau virus ini menyerang secara perlahan baik dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh kenari. Ada juga yang menyerang dari kaki sehingga dapat membuat kenari Anda menjadi cacat. Selain itu dapat mempengaruhi kenari macet bunyi.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, cara merawat burung kenari yang harus Anda lakukan adalah dengan menyemprotkan antioksidan, pada kandang  dan burung. Anda dapat membeli obatnya seperti freshaves.

9. Menggunting kuku yang panjang

Pada dasarnya kenari sering bertengger pada tenggeran kandang. Kuku yang terlalu panjang dapat membuat kenari menjadi  kesakitan, makanya diperlukan cara merawat burung kenari secara tepat.  Kuku yang panjang harus segera Anda potong, agar kaki kenari tidak kesakitan.

Pengguntingan kuku dilakukan pada bagian kuku yang tajam saja. Ingat, jangan sampai pengguntingannya terlalu pendek, cukup bagian ujung.

10. Olahraga yang teratur

Kenari yang jarang berolahraga akan terlihat gemuk dan tidak baik untuk kesehatan dan kicauannya. Kenari yang jarang berolahraga akan terus membesar atau gemuk.

Hal ini dapat membuat kenari Anda menjadi malas bergerak hingga macet bunyi, alias malas untuk berkicau. Tritmen cara merawat kenari untuk olahraga cukuplah mudah,  yaitu dengan menyediakan kandang yang sedikit panjang (kandang umbaran) sehingga pergerakan kenari lebih leluasa. Olah raga bagi burung kenari dapat Anda lakukan secara berkala 2 samapi 3 hari sekali.

Merawat kenari memang sepertinya mudah, tetapi jika 10 hal penting cara merawat kenari diatas tidak Anda perhatikan, bisa berakibat sangat fatal.

Anda ingin ternak kenari, Anda bisa baca Artikel “Sukses Breeding, Pelajari 6 Tahapan Cara Ternak Kenari Ini”  atau jika Anda ingin berdiskusi tentang cara merawat kenari lebih lanjut, silahkan tinggalkan komentar Anda.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

ciri kambing etawa super

Ciri Kambing Etawa Super Bisa Anda Dapatkan Di Sini

Ciri kambing etawa super – Pada dasarnya terdapat dua jenis kambing etawa super yang biasa …

2 komentar

  1. om penghuni baru nih, mau nanya om klo olahraga kenari itu gimana om?

    • admin-infoagribisnis

      Baik om, olah raga kenari itu dengan cara mengumbar burung kenari pada polier (ukuran 1,5 x 1 mtr) atau lebih.
      Yang dilakukan pada pagi hari. Tujuannya adalah untuk meningkatkan setamina kenari, meningkatkan durasi menjadi
      lebih panjang, dan berfungsi untuk menghilangkan lemak pada kodisi burung kenari yang terlalu gemuk. Terima kasih

Cara Merawat Burung Kenari Yang Wajib Anda Lakukan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Merawat Burung Kenari Yang Wajib Anda Lakukan