Halaman Depan / Peluang Usaha / Ini Dia Teknik Dasar Cara Ternak Kelinci Agar Menguntungkan

Ini Dia Teknik Dasar Cara Ternak Kelinci Agar Menguntungkan

Untuk Anda yang ingin belajar cara ternak kelinci sebaiknya ada pahami tahapan-tahapan dasar cara ternak kelinci sebagai berikut – Siapa yang tidak mengenal hewan kelinci, hewan cantik berbulu halus dan imut mempunyai banyak penggemar setia. Bukan hanya dijadikan sebagai hewan peliharaan tetapi juga sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan. Harga jual yang cenderung stabil adalah salah satu keuntungan dari beternak kelinci. Berdasarkan hasil pengalaman, kami akan memberikan cara ternak kelinci dengan hasil yang menguntungkan.

Namun sebelum Anda mengetahui bagaimana cara ternak kelinci yang benar, ada baiknya Anda memahami alasan mengapa ternak kelinci menjadi salah satu usaha sampingan yang bisa dikatakan cukup menguntungkan.

Tahapan dasar cara ternak kelinci image
Tahapan dasar cara ternak kelinci

Alasan kenapa Anda harus memulai ternak kelinci yaitu:

  • Cara ternak kelinci tergolong usaha ternak yang relative lebih mudah dijalankan
  • Lahan yang digunakan tidak perlu terlalu luas
  • Modal yang diperlukan relative kecil dan biaya beternak relative lebih murah.
  • Kelinci memiliki daging yang berkualitas dan kadar lemaknya rendah
  • Sumber pakan yang sangat mudah didapatkan dengan harga yang murah
  • Cepat dalam berkembang biak
  • Hasil sampingan yang dihasilkan bisa dimanfaatkan

Tahap Awal Cara Ternak Kelinci Dengan Melihat Peluang Bisnisnya

Membaca peluang bisnis sebelum Anda menjalankan usaha ternak sangatlah penting, karena dengan hal ini Anda akan menjadi lebih mudah belajar cara ternak kelinci yang disesuikan dengan potensi yang Anda miliki pula. Ada beberapa tujuan dalam beternak kelinci yang perlu Anda diperhatikan:

1. Peluang Bisnis Ternak Kelinci Pedaging, daging hewan kelinci mempunyai prospek yang cerah. Kelinci mempunyai daging yang nikmat dan gurih. Kaya akan protein dan rendah akan lemak. Kebutuhan daging kelinci sekarang semakin meningkat. Dalam hal ini jika Anda menyasar pada pemenuhan daging untuk konsumsi, maka cara ternak kelinci dilakukan dengan memilih jenis kelinci seperti rex rabbit, Flemish giant rabbit, dan satin rabbit. 

Baca Lengkap : Metode Ternak Kelinci Secara Tepat, Cepat, Dan Terpadu

2. Penghasil anakan dan pembibitan kelinci, keunggulan kelinci yang patut Anda ketahui adalah bahwa hewan ini mempunyai lebih dari satu rahim sehingga dapat menghasilkan lebih dari satu anakan. Kelinci mempunyai kemampuan berkembangbiak dengan cepat atau bisa Anda sebut hewan profilic. Dalam satu tahun kelinci bisa melahirkan sampai dengan kurang lebih lima kali.  Jika Anda ingin menyuplai bibit kelinci, maka cara ternak kelici dapat Anda lakukan dengan memilih induk kelinci berkualitas dan masih usia produktif. 

3. Ternak Kelinci Piaraan atau kelinci hias, selain sebagai hewan ternak, salah satu ladang bisnis yang bisa Anda jadikan manfaatkan adalah menyasar para hobies yang menggemari keunikan kelinci hias. Dengan bentuk yang lucu dan menggemaskan adalah daya Tarik tersendiri dari hewan kelinci ini. Cara ternak kelinci dapat Anda lakukan dengan memilih jenis-jenis kelinci dengan bulu-bulu tebal seperti lop, anggora, lion, netherland Dwarf, polish dll.

Apabila yang Anda sasar bisnis kelinci hias, Anda tidak perlu ragu dan khawatir yang perlu diperhatikan untuk memulai bisnis kelinci hias adalah bukan kuantitas tetapi kualitas. Misalnya adalah kualitas bulu yang selalu terjaga bersih. Maka dengan cara ternak kelici seperti itu para penghobi kelinci tidak akan segan – segan untuk merogeh kocek yang dalam untuk mendapatkan kelinci dengan model bulu yang unik dan kualitas bulu yang bagus serta ditunjang dengan kesehatan kelinci yang prima.

Tahapan Pengenalan Dasar Cara Ternak Kelinci

Setelah Anda menentukan sasaran pasar yang akan Anda tuju, maka selanjutnya ada beberapa hal penting yang harus Anda pahami pula dalam pemeliharaan kelinci secara umum. Berikut tips dasar cara ternak kelinci :

  • Cara ternak kelinci sama halnya dengan binatang ternak lainnya. Anda harus memberikan kasih sayang dan kelembutan terhadap hewan ternak. Karena pada prinsipnya cara ternak kelinci dapat berhasil jika Anda tidak semata-mata mengejar profit tetapi harus diimbangi dengan kepekaan Anda terhadap ternak.
  • Rajin – rajinlah Anda dalam membersihkan kandang, wadah pakan dan minuman secara teratur
  • Sediakan air dan pakan secukupnya disesuikan dengan kebutuhan ternak kelinci tersebut.
  • Usahakan Anda mengatur waktu kawin kelinci pada pagi hari. Cara ternak kelinci dengan memperhatikan waktu kawin cukuplah penting, karena untuk meminimalisir terjadinya kemadulan akibat kegemukan. Untuk mengawinkan adalah dengan melihat kondisi kelinci. Apakah sudah dalam kondisi birahi atau belum. 
  • Jika usia perkawinan sudah memasuki 15 hari, Anda harus segera memeriksa perut kelinci dan berikan urutan / pijatan ringan secara perlahan.
  • Hal yang terpenting pula cara ternak kelinci juga dengan menjaga suhu kandang kelinci Anda dalam keadaan sejuk dan tidak lembab.

Tahap Cara Ternak Kelinci Dijalankan

Cara ternak kelinci dilakukan dengan memperhatikan 5 hal yang menjadi komponen utama dalam menjalankan bisnis yang meliputi : pemilihan/penentuan lokasi, pemilihan bibit, pakan, penetuan fase produksi dan persiapan kandang.

1. Pemilihan lokasi

Hal yang harus diperhatikan dalam cara ternak kelinci adalah faktor pemilihan lokasi. Pemilihan lokasi sangat berpengaruh terhadap hasil yang lebih optimal. Berikut adalah tips dalam pemilihan lokasi cara ternak kelinci yang baik :

  • Sebaiknya Anda memilih lokasi ternak dekat dengan sumber pakan. Misalnya disekitar area pertanian atau pasar.
  • Cara ternak kelinci yang baik hendaknya Anda memilih lokasi bersuhu berkisar antara 15 – 25 celcius
  • Lokasi ternak harus aman dari hewan predator dan pencuri

2. Pemilihan Bibit

Cara ternak kelinci juga perlu memperhatikan kualitas bibit yang akan digunakan, karena sangat mempengaruhi anakan yang akan dihasilkan. Dalam pemilihan bibit harus diperhatikan :

  • Pemilihan indukan harus sehat dan prima. Serta harus Anda ketahui asal-usulnya dari ras yang berkualitas. Misal dengan mengetahui tingkat produksi sebelumnya (seperti jumlah anak dalam sekali lahir daya pertumbuhannya, sejarah reproduksi sebelumnya).
  • Idealnya kelinci betina memiliki puting susu lebih dari 8 buah. Jika Anda ingin cara ternak kelinci dapat berjalan dengan baik, maka harus jeli memilih bibit kelinci.
  • Pilihlah indukan yang cukup lincah dan tidak gampang mengalami stress dan memiliki bulu yang cukup untuk membuat sarang.
  • Indukan harus mempunyai fisik yang sehat dan normal. Bisa Anda lihat melalui mata yang berinar, telinga berdiri tegak, bul bersih dan tidak kusut.

3. Pakan Kelinci

Pakan kelinci mempunyai banyak jenisnya. Sehingga Anda tidak perlu bingung dalam pemberian pakan kelinci. Perhatikan juga kondisi dari ransum sebelum Anda berikan kepada kelinci. Sebagai acuan ransum adalah komposisi konsentrat 50gr diberikan pada masa pertumbuhan dan penggemukan. Komposisi konsentran 70gr bagi indukan hamil, 150 – 200 gr bagi indukan yang menyusui.  Selain itu cara ternak kelinci wajib untuk Anda memberikan pakan hijauan dan rumput dengan adlibitum atau tidak terbatas.

4. Masa Reproduksi

Ada beberapa tips dan trik agar cara ternak kelinci yang Anda memiliki reproduksi yang baik.

  • Usia ideal kelinci untuk dikawinkan adalah pada umur kisaran 5 – 6 bulan
  • Perkawinan kelinci paling ideal dilakukan pada pagi hari atau sore hari
  • Gunakan perbandingan 1 : 10, artinya 1 pejantan dikawinkan dengan 10 betina.
  • Segera kawinkan kembali kelinci betina Anda setelah beranak. Jika ternak kelinci Anda mau dijadikan bakalan. Maka kawinkan indukan pada 7 – 10 hari setelah beranak. Jika akan dijadikan ternak pengganti indukan bisa dikawinkan setelah 40 – 45 hari setelah beranak.

5. Kandang

Salah satu faktor penting dalam beternak kelinci adalah kandang. Kandang mempunyai fungsi agar kelinci terjaga dari pencurian, binatang buas dan cuaca. Dalam beternak kelinci Anda bisa lakukan dengan membuat koloni atau dengan individual. Dalam pembuatan kandang kelinci tidak ada standar baku. Sesuaikan pembuatan kandang kelinci dengan kondisi lahan yang ada. Dan yang paling penting adalah kelinci bisa nyaman dan bisa bereproduksi dalam kandang yang Anda buat. Umumnya cara ternak kelinci yang tepat dengan menggunakan ukuran kandang untuk ternak kelinci adalah 90 x 60 x 60.

Dari berbagai tips  cara ternak kelinci yang kami berikan diatas, bisa Anda gunakan untuk langkah dasar. Sehingga jika nantinya ternak Anda sudah mengalami kemajuan pesat maka Anda bisa melakukan improvisasi dalam menjalankan bisnis ternak kelinci ini. Jika Anda mengalami kesusahan dalam cara ternak kelinci, kami bisa memberikan bantuan dengan memberikan beberapa tips dan trik lainnya dengan cara Tinggalkan komentar Anda pada kolom bagian bawah artikel cara ternak kelinci ini.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

beternak ayam kampung

Tips Jitu Pemeliharaan Pada Beternak Ayam Kampung

Pemeliharaan ayam kampung adalah kunci sukses beternak ayam kampung. Untuk mendapatkan produktivitas daging yang tinggi …

Cara Ternak Kelinci Agar Menguntungkan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Ternak Kelinci Agar Menguntungkan