Halaman Depan / Pertanian / 7 Langkah Cara Menanam Cabe Rawit Dari Pembibitan Hingga Panen

7 Langkah Cara Menanam Cabe Rawit Dari Pembibitan Hingga Panen

Cabe rawit adalah salah satu jenis tanaman holtikultura yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat sebagai penambah selera makan. Bagi Anda penggemar makanan pedas, apa jadinya jika Anda memasak tanpa menggunakan cabe rawit, tentu rasanya ada yang kurang dan akan sedikit hambar. Oleh karenanya pada pembahasan kali ini kami akan memberikan kepada Anda tips dan trik cara menanam cabe rawit.

cara menanam cabe rawit image
Langkah-langkah cara menanam cabe rawit

Cara menanam cabe rawit harus memperhatikan berbagai aspek pendukung agar hasil yang didapatkan sesuai harapan. Untuk skala kecil atau sebagai pemenuhan kebutuhan rumah tangga, Anda cukup menggunakan metode tanaman dalam pot. Untuk mengetahaui cara menanam cabe rawit pada media pot yang baik dan benar, silahkan Anda baca dengan mengklik di sini

Sudah Anda baca? Baiklah kita lanjutkan. Secara garis besar, cara menanam cabe rawit hampir sama dengan cara menanam cabe jenis lainnya seperti cabe merah dan cabe keriting. Lalu bagaimana cara menanam cabe rawit dilakukan dengan baik dan benar? Perhatikan 7 langkah penting berikut ini:

Langkah #1 Tentukan Lokasi Budidaya

Tahapan menentukan lokasi sangat penting untuk Anda lakukan terlebih dahulu, karena tanaman ini dapat tumbuh dengan baik jika kebutuhan tanaman untuk hidup dapat terpenuhi. Dalam hal ini cara menanam cabe rawit yang baik sangat tergantung dimana Anda menjalankan budidaya. Berikut 6 syarat lokasi budidaya cabe rawit :

  1. Cabe rawit mampu tumbuh baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian antara 300 sampai 2000 meter diatas permukaan laut.
  2. Temperatur suhu ideal bagi tanaman cabe rawit adalah 24 hingga 27 derajat celcius.
  3. Kelembaban tanah di sekitar tanaman cabe rawit sebaiknya tidak terlalu tinggi.
  4. Cara menanam cabe rawit bisa dilakukan di sawah bekas menanam padi maupun tegalan, dengan kondisi tanah gembur, kaya akan unsur hara, dan cukup persediaan air tanahnya.
  5. Tanaman cabe rawit membutuhkan sinar matahari terus menerus sepanjang hari tanpa tertutupi pohon yang lebih tinggi.
  6. PH tanah netral yaitu berkisar antara 5 hingga 7.

Setelah menentukan lokasi yang tepat dan yang cocok, cara menanam cabe rawit tahap selanjutnya adalah mengolah lahan untuk mempersiapkannya sebelum proses menanami bibit.

Langkah #2  Pengolahan Media Tanam

Cara menanam cabe rawit pada tahapan ini, harus memperhatikan langkah – langkah pengolahan lahan yang baik dan benar, adapun tahapan yang harus Anda lakukan sebagai berikut:

  1. Cangkul atau bajak lahan untuk menggemburkan sekaligus membuang gulma maupun tanaman bekas sebelumnya, setelah itu diamkan lahan beberapa hari.
  2. Untuk lahan yang terlalu asam yaitu ber PH kurang dari 5 maka cara menanam cabe rawit pada bagian ini, Anda memerlukan tambahan kapur dolomite. Bemberikan kapur ini pada saat proses pembajakan dan diamkan kurang lebih selama 1 minggu untuk memastikan PH tanah menjadi netral.
  3. Setelah proses pengapuran selesai, tambahkan pupuk kandang untuk menambah unsur hara yang dibutuhkan tanaman cabe rawit dengan dosis 1 ton / hektar lahan.
  4. Setelah pemupukan, diamkan lahan selama 1 minggu agar pupuk kandang dapat meresap sempurna kedalam lahan tanam.
  5. Setelah itu, cara menanam cabe rawit yang baik adalah dengan membuat bedengan diatas lahan dengan lebar kurang lebih 1 meter, tinggi 30 cm, serta panjang disesuaikan dengan lokasi atau kondisi lahan.
  6. Berikan juga jarak antar bedengan yang dapat difungsikan sebagai parit dengan jarak kurang lebih 50 – 80cm.
  7. Setelah itu tutuplah bedengan dengan mulsa plastik kemudian dibuatkan lubang tanam menggunakan kaleng susu bekas.
  8. Jarak antar lubang tanam sebaiknya berkisar antara 50 – 60 cm dengan pola zig zag.
  9. Diamkan bedengan yang sudah tertutup mulsa plastik tersebut selama satu minggu sebelum proses penanaman dimulai.

Langkah #3 Pilih Bibit Berkualitas

Anda harus mendapatkan benih cabe rawit dengan varietas terbaik, agar hasil yang didapatkan sesuai dengan yang diharapkan. Sebab percuma juga cara menanam cabe rawit sudah benar namun dengan benih yang kurang baik akan menghasilkan panen yang kurang maksimal.

Sebaiknya benih cabe rawit yang berasal dari varietas unggulan dan sudah terbukti kualitasnya, bebas dari berbagai hama penyakit, serta hasil panenan melimpah. Setelah benih didapat, rendam benih tersebut dengan larutan POC NASA dengan dosis 1 tutup / liter air hangat untuk merangsang perkecambahan benih cabe rawit. 

 Langkah #4 Persemaian Benih Cabe Rawit

Setelah benih berkecambah, tahap selanjutnya cara menanam cabe rawit adalah menyemaikan benih yang sudah berkecambah tersebut. Arah persemaian dibentuk sedemikian rupa dengan menghadap ke timur serta diberi naungan plastik.

Untuk media tanam persemaian sendiri dibuat dari berbagai campuran pupuk kandang yang sudah matang dan juga tanah dengan perbandingan 1 : 3. Masukkan campuran media persemaian tersebut kedalam polybag berukuran 4 x 6 cm.

Masukkan benih cabe rawit yang telah berkecambah kedalam media tanam di dalam polybag, setiap polybag diisi satu benih. Setelah ditanam, tutup dengan tanah tipis yang telah dicampur dengan pupuk kandang. Lakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari hingga benih tumbuh tunas.

Cabe juga sebenarnya bisa Anda budidayakan langsung di dalam polybag. Untuk tips sukses budidaya cabe dalam polybag, Anda bisa baca di sini

Langkah #5 Cara Menanam Cabe Rawit

Setelah bibit dalam media persemaian berumur 4 minggu dan sudah keluar daunnya, maka saatnya untuk memindahkan benih cabe rawit kedalam media tanam yang sudah dipersiapkan. Pilihlah benih yang sehat, pertumbuhan mulus dan bebas hama penyakit serta berdaun 2 hingga 6 helai setiap benihnya.

Sebaiknya cara menanam cabe rawit dilakukan pada waktu pagi ataupun sore hari agar benih tidak lekas layu. Lepaskan polybag dari benih dengan hati-hati agar tidak merusak akar tanaman cabe rawit, masukkan kedalam lubang tanam kemudian tutup dengan tanah sebatas ujung pangkal benih cabe rawit tersebut.

Langkah #6 Pemeliharaan Cabe Rawit

Cara menanam cabe rawit selanjutnya adalah berhubungan dengan pemeliharaan tanaman cabe rawit itu sendiri. Pemeliharaan berupa penyulaman, penjarangan, penyiangan, pemupukan susulan serta penyiraman tanaman cabe rawit.

Langkah #7 Panen

Pada saat cabe rawit berusia 60 hingga 80 hari biasanya tanaman cabe rawit sudah dapat dipanen. Pemanenan dilakukan terus menerus setiap 2 atau 3 hari sekali tergantung hasil buah cabe rawit yang Anda tanam.

Panen dilakukan pada saat pagi hari dengan menggunakan guntung panen, ambillah cabe rawit yang sudah matang namun tidak terlalu tua. Setelah dipetik, simpan cabe rawit ditempat yang teduh dan tidak lembab untuk menghindari jamur. 

Oww.. iya. Selain menanam cabe pada lahan yang luas, ada salah satu solusi jitu jika Anda ingin membudidayakan cabe tetapi dengan menggunakan lahan yang sempit atau terbatas. Ingin tahu bagaimana caranya? Klik di sini

Demikianlah cara menanam cabe rawit yang bisa kami berikan untuk Anda. Apabila Anda ingin mendapatkan informasi lainnya terkait cara budidaya cabe silahkan Anda baca pada artikel – artikel kami di bawah ini. Terima kasih dan semoga dapat memberi manfaat. 

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

52 komentar

  1. thanks.nanam cabai buat istri tercinta ariska maristina nurman

  2. Cara pemupukan lanjutan pada bedengan yg sudah tertutup plastik mulsa ?

    • admin-infoagribisnis

      Pemberian pupuk dengan cara menanam cabe rawit dengan media mulsa cukup diberikan pada lubang mulsa yang telah ditanami cabe. Jadi Anda tida harus membuka mulsa yang digunakan. Terima kasih

  3. Berapa lama usia cabe rawit bertahan tumbuh?

    • admin-infoagribisnis

      Tanaman cabe bisa tumbuh hingga lebih dari 2 tahun pak, tetapi semakin tua usia tanam produktivitasnya akan semakin turun.

  4. Hama apa yg sering mengganggu tanaman cabe,bagaimana cara mengatasinya..??

  5. bagus banget artikelnya

  6. kalo tempat saya daerah karst atau tanah kapur bagus gg pak untuk budidaya cabe..

    • admin-infoagribisnis

      Bagus juga pak. Akan tetapi diperlukan rekayasa pada media tanam yang digunakan. Misalnya dengan menambahkan pupuk organik serta arang sekam sebagai media tumbuh. Hal ini bisa dilakukan karena tanaman cabe rawit memiliki perakaran serabut. Sehingga tidak memerlukan media yang dalam untuk pertumbuhanya. Terima kasih

  7. pemupukan bedengan setelah pupuk kandang boleh dngn pupuk kimia seperti TSP sm ZA d setiap lubang yg mau d tanami cabe,,,

    • admin-infoagribisnis

      Hal tersebut tidak masalah pak, yang penting takaranya sesuai dengan dosis dalam memanam cabe rawit tersebut. Terima kasih

  8. Gmana cara penanganan cabai berdaun kriting, daun yg tdk mulus

    • admin-infoagribisnis

      Untuk mengatasi tanaman cabe yang terkena penyakit keriting pada daun akibat virus atau serangga bisa gunakan obat ditoko pertanian terdekat pak, solusi lainya bisa gunakan diterjen atau sabun colek untuk disemprotkan pada daun secara merata, bisa dilakukan 1-3 kali pak. Terima kasih

  9. Kalo nanam di daerah pegunungan gimana gan? cuma agak ketutup ama pohon dipagi hari….

    • admin-infoagribisnis

      Sebaiknya dalam menanam cabe rawit dilakukan dilahan terbuka pak, mesikipun lokasi dipenggunungan tidak menjadi masalah, yang terpenting adalah penyinaran bisa optimal. Terima kasih

  10. Kira-kira bibit cabe yang dijual di pasaran itu, merk apa yah yang baik?

    • admin-infoagribisnis

      Untuk merek benih cabe ada macam2 pak, bisa dilihat dikios-kios pertanian terdekat pak. Perhatikan label kemasan, kemudian daya tumbuh minim 85%, dan benih sertifikasi serta memiliki ukuran yang seragam dan tidak mudah terserang penyakit. Itu yang harus diperhatikan dalam pemilihan benih cabe dipasaran pak. Terima kasih

  11. m’f mohn bntuan cra, aku punya cbe rwit sprti dikenak air panas bagaimana cra mengatasinya?

    • admin-infoagribisnis

      Baik pak hal itu gak masalah selama tanaman masih hidup, tinggal dilakukan perawatan dengan melakukan penambahan pupuk organik saja pak. Terima kasih

      • Pa gimana cara menanam cabe yg lahannya basah trus

        • admin-infoagribisnis

          Baik Pak/Bu untuk budidaya cabe dilahan basah salah satu caranya adalah dengan membuat bedengan, dengan ketinggian diatas permukaan yang terendam air. Kemudian untuk parit bisa dibuat lebih dalam lagi, sehingga air tidak menggenangi lahan budidaya cabe rawit. atau cara kedua ada bisa menanam cabe rawit didalam media polybag bertingkat dan cara menanam cabe rawit bisa juga dilakukan dengan sistem vertikultur pak. terima kasih

  12. Kalo tanpa menggunakan pulsa plasti bisa gk

    • admin-infoagribisnis

      Terima kasih telah berkunjung di infoagribisnis.com, jika menanam cabe rawit tanpa menggunakan mulsa plastik gak jadi masalah pak, anda bisa menggantinya dengan mulsa lain seperti jerami pak. Terima kasih

  13. Klu mengatasi buah cabe setan beguguran gmna pak ?
    Buahnya madih hijau, tdk sempat menguning/ merah tp gugur. Mohon pencerahannya pak.

    • admin-infoagribisnis

      Baik pak, dalam mengatasi masalah kerontokan pada tanaman cabe tentu Anda mengetahui apa itu penyebabnya terlebih dahulu. Ada beberapa penyebab kerontokan tanaman cabe seperti akibat kekeringan, kurang penyinaran, terlalu lembab, akibat serangan hama dan penyakit ataupun akibat kekurangan dan kelebihan unsur hara. Untuk mengatasinya Anda bisa lakukan perawatan cara menanam cabe pada umumnya. Dengan menjaga tanah jangan sampai kekeringan, pemberian mulsa, pengairan, pemberian pupuk yang banyak mengandung kalsium atau bisa gunakan NPK, dan granisil B agar tanaman dapat berbuah dengan optimal dan tidak mudah rotok pak.

  14. Klu mengatasi buah cabe setan berguguran gmna pak ?
    Buahnya madih hijau, tdk sempat menguning/ merah tp gugur. Mohon pencerahannya pak.

  15. gan mohon petunjuk pupuk apa saja yang di berikan ??

  16. Klu untuk lahan 1.400 m2 di butuh kan biaya berapa dari mulai tanam.

  17. Chris Widiatmoko

    kalau tanaman cabai dengan lahan 1 Ha kira-kira hasil maksimal berapa? terus cabai bisa dipanen sampai berapa lama
    Tank’s

  18. bagus petunjuknya bisa menanam apa aja nih,,,

  19. saya ada 50pohon cabe,skrg dalam tahap penyapihan.dari tray k pot/polybag,berdaun 4.menggunakan campuran pupuk kompos & kandang.skrg ini hujan turun banyak,shg tanahny d angkat kemudian d keringkan 1hari.mohon pak admin pencerahan nya,tx.

    • admin-infoagribisnis

      Bagus juga pak seperti itu pak. Yang penting tanaman pada saat berdaun 4 jangan terlalu banyak terkena air hujan, karena terkadang bibit mejadi rotok.

  20. Berepa lama waktu bibit cabe rawit yg di rendam larutan poc nasa

  21. Sebelumnya, saya ucapkan banyak Terima kasih atas info yang telah diberikan diatas Karena sangat membantu saya dalam berbisnis menanam cabai.
    Saya Miller dari Flores. Ada yang ingin saya tanyakan Pak; Bagaimana langkah yang baik jika kita menanam cabai di daerah yang curah hujannya tidak menentu, kadang bisa berhari-hari turun hujan, kadang tidak sama sekali tapi juga kadang hujannya turun tiba” disaat tidak ada tanda-tanda mau hujan. Pertanyaan lainnya, apakah tidak ada metode penjelasan bergambar atau dalam bentuk video. Jika ada tolong kirimkan alamat dan blognya. Terima kasih.

  22. Yth. Admin, Waktu pemupukan dari mulai tanam itu berapa hari dan kemudian pemupukan selanjutnya berapa hari kemudian ? sebaiknya pupuk yang digunakan dari pabrik dengan merek apa ? Trims.

  23. Apa penyebab saat penyemaian bi2t sering x knak penyakit mati tunas trmk<

    • admin-infoagribisnis

      Baik pak, Hal itu umum terjadi akibat tanaman semai masih rentan terhadap suhu udara sekitar. untuk mengantisipasinya sebaiknya gunakan plastik uv untuk pelindungnya pak. kemudian jangan terlalu banyak mengunakan pupuk cair karna batang tanaman belum mampu untuk menyerap nutrisi terlalu banyak. Terima kasih

  24. artikel yang bagus jadi pengen mengetahui tentang bertani, maaf pak/bu admin saya juga punya situs tentang pertanian kebunsubur.com coba bu/pak admin mohon kasih masukannya supaya artikel saya bagus seperti ini + tolong bingbingannya makasih sebelumnya

  25. jika mengalami daun kriting di masa buah lebat gimana cara mengatasinya…? terimakasih

  26. slmt pagi min,,gmn kalau lahannya di antara pohon kelapa?thx

  27. admin, pake pupuk ap yang bagus untuk tamanan cabe?tmksh

  28. MAKASIH MAS SAMA VIDEONYA JUGA DONG

  29. Pusing banyak kutu putih di daun cabe bagian bwh gimn solusinya pak….

  30. klau utk pemula ,,dan tdk mempunyai lahan luas bagaimana langkah utk membudidayanya pak,,,media apa saja yg harus disiapkan,,,???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *