Halaman Depan / Peternakan / Panduan Sederhana Cara Membuat Kandang Kelinci Yang Baik

Panduan Sederhana Cara Membuat Kandang Kelinci Yang Baik

Setelah sebelumnya kami membahas tips cara ternak kelinci dan teknik pembuatan pakan kelinci,  kali ini kami akan memberikan tips cara membuat kandang kelinci yang baik itu seperti apa. Seperti yang Anda ketahui bahwa untuk memelihara kelinci kandang adalah salah satu faktor penting lainnya.

Ukuran kandang kelinci sangat beragam, tergantung tujuan Anda untuk memelihara kelinci. Apakah hanya sebagai hewan peliharaan atau hewan ternak. Jika hanya sebagai hewan peliharaan, maka cara membuat kandang kelinci dapat Anda lakukan secara sederhana. Cukup dengan ukuran kecil saja atau biasa disebut sebagai kandang minimalis. Dengan membuat kandang minimalis Anda tidak perlu repot. Anda tidak membutuhkan lahan yang luas. Cukup Anda letakkan disekitar rumah untuk penempatan kandang.

cara membuat kandang kelinci sederhana image
cara membuat kandang kelinci sederhana

Beda jika Anda ingin memelihara kelinci sebagai hewan ternak. Pasti Anda membutuhkan kandang yang besar dan lebih luas dan membutuhkan halaman yang luas pula. Pastikan dalam membuat kandang  kelinci untuk ternak memiliki spesifikasi sesuai dengan yang direkomendasikan oleh ahlinya, sehingga Anda akan dipermudahkan saat merawat kelinci. Berikut ini adalah beberapa jenis kandang dan cara membuat kandang kelinci yang sesuai dengan tujuannya. Semoga bisa menjadikan pandangan / ide bagi Anda semua .

Mengenal Jenis Kandang dan Cara Membuat Kandang Kelinci

Cara membuat kandang kelinci yang ideal harus lah disesuikan dengan tujuan dari usaha ternak kelinci. Secara kategori umum ada tiga jenis kandang kelinci yaitu sebagai berikut :

1. Kandang kelinci ternak.

Umumnya kandang yang digunakan untuk kelinci ternak adalah kandang dengan ukuran besar. Cara membuat kandang kelinci untuk hewan ternak umumnya sangat rumit. Karena dibuat dengan ukuran besar, dan luas. Biasanya kandang dibuat dihalaman luas. Dan memerlukan bahan-bahan yang sangat lengkap. Nanti kita akan bahas lebih lanjut di paragraph selanjutnya. Bagaimana tahapan-tahapan cara membuat kandang kelinci secara detail.

2. Kandang kelinci minimalis

Kandang ini sering digunakan untuk kelinci hias atau kelinci peliharaan. Kelebihan dari kandang minimalis ini adalah sangat praktis, Anda sangat mudah dalam membersihkan kotoran kelinci. Untuk model kandang minimalis sangat terbatas dalam menampung hewan kelinci Anda. Maksimal hanya dua ekor saja.

3. Kandang kelinci sebagai hiasan pekarangan rumah.

Kandang  kelinci biasanya terletak di halaman depan atau halaman belakang rumah Anda. Kandang ini biasanya dibangun selain untuk kandang, juga dipakai untuk hiasan rumah Anda. Sehingga halaman rumah Anda terlihat sangat sedap dipandang mata. Bentuk kandang ini biasanya sangat simple. Kombinasi antara kayu dan kawat berbentuk jaring-jaring

Dari berbagai jenis kandang diatas, kami akan memfokuskan untuk bagaimana cara membuat kandang kelinci ternak. Untuk kandang minimalis Anda sangat mudah dapatkan dipetshop terdekat.

Cara Membuat Kandang Kelinci Bagi Pemula

Cara membuat kandang kelinci untuk ternak. Ini sangat mudah dilakukan. Sebelum Anda membeli kelinci untuk diternakkan alangkah baiknya mempersiapkan dulu kandang dan faktor penunjang lainnya. Untuk menghemat biaya pembuatan, sebenarnya Anda bisa memakai kayu ataupun bambu bekas. Intinya adalah ukuran kandang dan banyaknya ruang di kandang dipengaruhi oleh berapa banyak jumlah ternak kelinci yang akan Anda pelihara.

cara membuat kandang kelinci emage
cara membuat kandang kelinci

Sebagai patokan dasar spesifikasi cara membuat kandang kelinci yang baik adalah dalam satu ruangan. Misal contoh dengan ukuran p x l x t = 90 x 60 x 60 cm, maka cara membuat kandang kelinci tersebut dapat diisi dengan dua ekor aja. Nah jika Anda ingin memelihara kelinci dengan jumlah banyak, maka tambahkan saja ukuran serta ruangan tersebut.

Langkah-langkah cara membuat kandang kelinci :

Bahan :

  • Bambu
  • Kawat Ram
  • Kayu balok
  • Seng
  • Lembaran plastik

Alat :

  • Gergaji besi
  • Gergaji kayu
  • Meteran
  • Tang
  • Martil
  • Mur
  • Paku

Proses cara membuat kandang kelinci :

Jika Anda ingin mulai ingin memelihara kelinci sebanyak  dua ekor. Maka cukup gunakan pola ukuran kandang 90 x 60 x 60 cm. Cara membuat kandangnya juga dilakukan secara sederhana saja.

  1. Buat kotak dengan model persegi. Sesuaikan dengan ukuran yang telah di tetapkan. Ukur dengan teliti, jangan sampai kandang kekecilan atau tidak sesuai dengan keinginan. Cek jangan sampai ada paku yang keluar menonjol. Dimana nantinya akan melukai kelinci. Selain itu cek juga apa ada atau tidak benda – benda yang berbahaya di dalam kandang.
  2. Buat pintu keluar masuk kelinci, ukur secukupnya saja. Bisa menggunakan bambu untuk membuat pintu.
  3. Gunakan papan yang telah dimodifikasi dengan membentuk kamar kotak kecil di 1/3 papan. Fungsinya adalah untuk membuat lantai tingkat serta rumah kecil dibagian dalam tengah kandang.
  4. Pasang kawat di sisi kandang dengan rapat dan kuat. Kecuali bagian bawah kandang dan belakang. Pasang juga papan di bagian sisi belakang kandang dengan kuat.
  5. Cara membuat kandang kelinci bagian alas, Anda bisa gunakan bambu dan pastikan tidak terlalu rapat. Agar Anda dapat membersihkan kandang dengan mudah.
  6. Pada bagian atap kandang gunakan triplek atau papan untuk. Hal terpenting yaitu cara pembuatan kandang harus benar-benar memperhatikan sanitasi udara maupun kotoran.

Pada umumnya bahan yang digunakan untuk cara membuat kandang kelinci ternak adalah kayu atau bambu. Tapi bisa juga menggunakan dari alumunium dan kawat. Untuk ukuran sekali lagi bisa divariasikan sesuai dengan jumlah ternak kelinci Anda.

Kandang kelinci ternak yang bagus biasanya memiliki bentuk memanjang, dengan ukurang tiap kandangnya tiga kali dari ukuran kelinci. Kandang yang biasa digunakan untuk beternak kelinci harus memiliki bentuk petakan atau berbeda tiap ruangan. Jangan lupa, di dalam kandang harus disediakan tempat untuk minum dan makan kelinci.

Nah, dari beberapa tips dan penjelasan di atas. Maka dapat disimpulkan bahwa cara membuat kandang kelici tidaklah susah dan mahal. Yang diperlukan adalah ketelitian Anda dalam membuat ukuran kandang. Tentunya cara membuat kandang kelinci ini dapat Anda buat sendiri, dengan biaya murah serta dapat memanfaatkan bahan di sekitar Anda. 

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

jenis itik

3 Jenis Itik Yang Baik Untuk Anda Budidayakan – Baca Di sini

Ada beberapa jenis itik yang sangat bagus untuk Anda budidayakan. Untuk itik petelur lokalan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *