Halaman Depan / Peluang Usaha / Bisnis Ternak Ayam Jawa Super Lebih Cepat Panen dan Menguntungkan

Bisnis Ternak Ayam Jawa Super Lebih Cepat Panen dan Menguntungkan

Bisnis ternak ayam kampung atau ayam jawa merupakan salah satu yang usaha yang cukup menjanjikan jika Anda serius untuk menekuninya. Namun hal yang sering kali menjadi hambatan dalam menjalankan bisnis ternak ayam ini bagi Anda yaitu lambatnya pertumbuhan pada ayam kampung.

Ayam kampung dapat diproduksi dalam waktu normal dengan umur 8-12 bulan pertumbuhan ini sangat lama sekali dibandingkan dengan ayam broiler yang dapat diproduksi pada umur 40 hari. Namun keunggulan dari bisnis ternak ayam kampung adalah harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan harga ayam potong. Buat Anda ingin menggeluti bisnis ternak ayam kampung akan tetapi dengan masa panen yang lebih cepat Anda dapat memulainya dengan usaha ternak ayam kampung super atau ayam jawa super.

Dalam menjalankan bisnis ternak ayam jawa super memiliki kesamaan dengan ayam kampung yaitu rasa daging hanya saja memilik perbedaan pada umur panen. Ayam kampung dapat dipanen dengan umur 8 bulan sedangkan ayam jawa super dapat dipanen pada saat ayam berumur 45-60 hari hanya selisih 5 hari dengan ayam broiler.

bisnis ternak ayam jawa super image
Bisnis ternak ayam jawa super

Bisnis Ternak Ayam Jawa Super

Ayam kampung super atau ayam jawa super adalah ayam yang dihasilkan melalui persilangan antara ayam kampung indukan jantan dengan indukan ayam ras betina (petelur). Beberapa perbedaan antara ayam kampung dengan ayam jawa super adalah pola produksi daging yanng lebih cepat dibandingkan dengan ayam kampung. Ayam jawa super menghasilkan produksi pada umur 45-60 hari sedangkan ayam kampung berproduksi selama 8-12 bulan.

Persilangan antara ayam tersbut dimaksudkan untuk menghasilkan produkstivitas daging yang tinggi dan lebih cepat dipanen, begitu juga halnya dengan telur ayam kampung itu sendiri sehingga ayam jawa super diharapkan dapat lebih menguntungkan dari ayam kampung.

Artikel terkait ayam aduan: Hal Yang Harus Di Perhatikan Dalam Ternak Ayam Aduan

Selain itu daya tahan dari ayam jawa super lebih tahan dan memiliki tingkat kematian yang lebih rendah dan pemeliharaan dan perawatan lebih mudah, tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga para peternak dapat menghemat tenaga dan waktu. Selain itu rasa yang dimiliki hampir sama dengan ayam kampung dan nilai jual pada ayam tergolong dengan harga yang cukup tinggi dengan kisaran harga 21-30 ribu/kg.

Untuk mejalankan bisnis ternak ayam jawa super hampir sama dengan beternak ayam kampung. Untuk informasi teknik beternak ayam kampung/jawa super Anda dapat membaca artikel kami dengan judul “Teknik Beternak Ayam Kampung”.

Seperti ulasan diatas bisnis ternak ayam jawa super tidak menyita waktu lama dan ribet karena bisnis ternak ayam jawa super dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah saja. Menjaga kebersihan kandang salah satu faktor keberhasilan dalam bisnis ternak ayam jawa super. Kandang yang lembab merupakan tempat perkembangbiakan para penyakit/parasit yang dapat merugikan Anda.

Untuk itu, kami sarankan jika Anda bisnis ternak ayam ini sebaiknya pembuatan kandang harus dilakukan secara cermat. Baiknya posisi kandang menghadap sinar matahari agar terhindar dari lembab. Kemudidan untuk menambah kehangatan pada kandang ayam pada saat malam hari ada baiknya menambahkan lampu. Perlengkapan kandang lainnya harus tersedia dikandang seperti air minum dan pakan. Untuk pemberian pakan Anda dapat menggunakan wadah pakan ayam yang banyak dijual dipasar hewan. Bisnis ternak ayam jawa super sangat cocok untuk Anda dipertimbangkan. Berikut analisis bisnis ternak ayam jawa super yang tertarik untuk Anda pahami :

Analisis Bisnis Ternak Ayam Jawa Super

Sebelum Anda memutuskan untuk memulai suatu usaha ada baiknya Anda mengetahui analisis usaha tersebut. Analisis usaha sangat dibutuhkan untuk mengetahui atau meramalkan keuntungan dari usaha yang akan Anda jalankan. Berikut kami sajikan analisis bisnis ternak ayam jawa super per 1000 ekor. Untuk mendapatkan keuntungan yang sesuai pembelian bibit sebaiknya diatas 100 ekor karena secara pengeluaran dan perawatan hampir sama antara 100 ekor dan diatasnya.

A. Biaya produksi bisnis ternak ayam jawa super

No Keterangan Harga Satuan Jumlah Unit Jumlah
1 Pembelian Bibit 4.500,00 1000 + 50 ekor 4.500.000,00
2 Pakan selama 2 bulan 350.000 40 (Sak) 14.000.000,00
3 Obat (Vitamin & Vaksinasi) 500.000,00 500.000,00
Jumlah 20.000.000,00

B. Penerimaan bisnis ternak ayam jawa super

Untuk keberhasilan dari bisnis ternak ayam tentunya tidak semua anak ayam mampu untuk bertahan hidup. Kematian anak ayam disebabkan oleh faktor lingkungan, suhu, udara, dan serangan penyakit. Tingkat kematian ayam diasumsikan sebesar 5 % maka diasumsikan tingkat kematian sebanyak 50 ekor dalam keadaan normal.

Baca Juga : Inovasi Pakan Ayam Petelur dengan Probiotik, Tingkatkan Hasil Panen Lebih Cepat

Jika jumlah anak ayam sebanyak 1050 ekor dengan bonus yang didapatkan maka jumlah ayam yang tersisa sebanyak 1000 ekor yang dapat dipanen dengan berat rata-rata 0,9 sampai 1 kg dengan rata-rata pakan yang dihabiskan  sebanyak 40 sak. Harga ayam berkisar 22.000 – 30.000/kg. Pada periode tertentu dalam bisnis ternak ayam harga dapat mencapai harga tertinggi.

No Keterangan Harga Satuan Jumlah Unit Jumlah
1 Penjualan Ayam 28.000,00/kg 0,9 x 1000= 900 kg 4.662.000,00
Jumlah 4.662.000,00
No Keterangan Pemasukan Pengeluaran Jumlah
1 Pendapatan 25.200.000,00 20.0000 5.200.000,00
Jumlah 5.200.000,00

Dalam perhitungan analisis bisnis ternak ayam ini diasumsikan Anda menggunakan formula pakan sepenuhnya dari pabrik. Hasilnya akan berbeda jika Anda melakukan kombinasi pemberian pakan dengan cormula campuran. Biaya penggunaan pakan jauh bisa Anda tekan, sehingga keuntungan yang Anda dapatkan jauh lebih besar.

Untuk menambahkan keuntungan yang lebih besar dari bisnis ternak ayam ini Anda juga dapat menambah jumlah bibit ayam semisal 2000 hingga 10.000 ekor dengan mengatur pola pergiliran panen. Sehingga setiap minggu Anda bisa melakukan pemanenan. Dengan cara tersebut maka pendapatan dari bisnis ternak ayam kampung ini bisa benar-benar Anda nikmati hasilnya.

Dalam bisnis ternak ayam jawa super ini harga jual dapat berubah mengikuti pasar. Pada periode tertentu biasanya harga akan melambung tinggi seperti menjelang puasa ramadhan, idul fitri dan idul adha. Jika Anda ingin menekuninya dalam skala besar bisnis ternak ayam jawa super ini sangat rekomendasikan untuk Anda jalankan. Namun yang menjadi catatan sebelum melakoni bisnis ternak ayam kampung super ini adalah Anda menguasai secara detail tahapan manajemen, pasar, proses pemeliharaan, formulasi pakan hingga problem solving bagaimana mengatasi kendala dalam bisnis ternak ayam tersebut. 

(Analisis bisnis ternak ayam jawa super dimuat dari berbagai sumber)

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tempat minum ayam

Inilah Tips Manajemen Pemilihan Tempat Minum Ayam

Air adalah unsur yang sangat dibutuhkan dalam pengembangan usaha peternakan bisnis ayam. Jika Anda benar …

Bisnis Ternak Ayam Jawa Super Lengkap dan Analisis Usahanya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bisnis Ternak Ayam Jawa Super Lengkap dan Analisis Usahanya