Halaman Depan / Pertamanan / Tanaman Kitolod Obat Mujarab Atasi Segala Penyakit Mata

Tanaman Kitolod Obat Mujarab Atasi Segala Penyakit Mata

Siapa sangka tanaman kitolod yang biasanya tumbuh liar, di pinggir-pinggir selokan, di semak belukar, di kebun tak terurus ternyata sangat membantu dalam menyembuhkan berbagai penyakit mata. Tanaman yang jarang diindahkan oleh Anda ternyata mempunyai khasiat herbal yang sangat manjur dan efektif.

Tanaman kitolod image
Tanaman kitolod

Tanaman Kitolod, Tanaman Semak Untuk Mengobati Mata – Organ mata adalah salah satu indra yang ada di tubuh Anda. Mata mempunyai peranan yang sangat penting , dengan mata Anda dapat mengetahui keadaan sekitar dan mengetahui keadaan dunia seperti sekarang ini. Anda wajib menjaga kondisi mata tetap dalam kondisi terbaik, karena jika mata Anda sudah mengalami penurunan fungsi maka akan mengganggu aktivitas.

Bagaimana jika mata Anda sudah mulai mengalami penurunan fungsi? Atau mata Anda sakit, merah dan lelah?. Banyak sekali cara yang bisa Anda gunakan untuk membantu menyembuhkan kondisi mata yang sakit atau lelah. Salah satunya adalah dengan menggunakan tanaman kitolod. Cara ini merupakan salah satu cara tradisional yang bisa dijadikan alternative untuk pengobatan mata Anda.

Mengenal Tanaman Kitolod

Tanaman kitolod mempunyai nama ilmiah Isotoma Longifora atau Laurentia Longifora. Tanaman kitolod ini mengandung senyawa alkaloid, yaitu lobelin, lobelamin dan isotomin. Pada bagian daun kitolod mempunyai kandungan senyawa yang lebih lengkap, selain senyawa alkaloid ada juga senyawa saponin, flavonin dan polifenol. Selain daun bagian tanaman lain misal bunga, mempunyai senyawa anti radang, anti kanker, dan dapat juga menghilangkan rasa nyeri serta memberhentikan pendarahan. Prof.HC.Dr.H.W. Isnandar pimpinan Jamu Dayang Sumbi mengatakan “bahwa bunga kitolod mempunyai khasiat untuk mengobati mata. Mulai dari rabun, katarak hingga mata plus dan minus”.

Tanaman yang di Indonesia diberi nama daun korejat ini mempunyai ciri yang khas. Pada daun bagian pinggirnya tidak rata, seperti daun pada umumnya. Bentuknya dapat digambarkan seperti gergaji dengan warna daun hijau tua. Bunganya mempunyai ciri berwarna putih. Berkelopak lima. Dengan diameter batang kurang lebih 1cm. Batang berwarna hijau muda.

Cara Membuat Ramuan Obat Mata Dari Daun Kitolod

Cara pengobatan menggunakan kitolod sangat mudah sekali, Anda dapat mengunakan daun maupun bagian bunga, karena keduanya sama-sama berkhasiat untuk mengobati mata. Berikut beberapa langkahnya  :

Bunga kitolod berwarna putih image
Bunga kitolod berwarna putih – Foto :Detik indonesia
  • Gunakan daun atau bunga kitolod yang baru merekah, segar dan dalam keadaan bersih.
  • Siapkan air dalam gelas, kemudian celupkan bunga pada gelas.
  • Teteskan air yang tertinggal di tangkai bunga kitolod. Teteskan pada mata yang sakit.
  • Pada penggunaan pertama mata akan terasa sakit / perih. Kedip – kedipkan mata agar mudah terserap.
  • Agar mendapatkan hasil maksimal maka gunakan sehari dua kali. Waktu pagi dan malam hari.
  • Bagi lansia bunga kitolod sangat berguna, untuk mengurai mata berair dan kelopak mata yang terasa berat.

Daun Kitolod dapat juga Anda gunakan untuk mengobati mata. Ambil daun kitolod yang masih dalam kondisi baik dan segar. Cuci bersih dan potong pucuknya. Kemudian celupkan ke dalam gelas yang telah terisi air. Basuh mata dengan cairan tersebut, pertama – tama mata Anda mungkin akan terasa perih. Lanjutkan basuh mata Anda sampai rasa perih hilang. Gunakan pengobatan herbal ini secara rutin dan teratur sampai mata sembuh. Jika mengalami gangguan berlanjut hubungi dokter Anda untuk konsultasi.

Berikut ini adalah beberapa penyakit mata yang bisa Anda sembuhkan dengan menggunakan tanaman kitolod :

  • Nyeri dan perih mata
  • Infeksi mata
  • Katarak
  • Mata gatal
  • Mata minus dan mata plus
  • Mata merah

Dalam melakukan pengobatan menggunakan tanaman kitolod, hendaknya Anda memperhatikan kebersihan dari tanaman tersebut. Karena jika Anda menggunakan bagian tanaman yang kotor maka akan mengakibatkan mata menjadi lebih sakit dan infeksi. Gunakan tanaman kitolod yang dibudidayakan bukan tanaman yang tumbuh liar. Sehingga kebersihannya terjamin.

Tips Budidaya Tanaman Kitolod

Tanaman kitolod adalah tanaman yang dapat tumbuh pada dataran tinggi dan pada dataran rendah. Akan tetapi kualitas daun yang di hasilkan pada dataran rendah lebih tipis dari pada dataran tinggi. Dapat pula tumbuh di rawa – rawa. Tanaman ini bukanlah tanaman langka,

Cara budidaya tanaman kitolod sangat mudah dilakukan. Cukup dengan memilih tunas muda yang sehat dan tumbuh dengan baik. Kemudian Anda pindahkan ke dalam media tanam yang telah disediakan. Media tanamnya pun sangat mudah dibuat. Gunakan campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. Aduk rata campuran maka media tanam sudah bisa digunakan.

Pindahkan bibit tanaman kitolod yang ingin ditanam, buat lubang kemudian masukkan bibit ke dalam lubang. Tutup lubang dengan rapat untuk menghindari tanaman menjadi layu. Perawatan pada masa penanaman cukup lakukan pemupukan dan penyiraman secara rutin dan berkala. Penyiraman cukup dilakukan 5 – 7 hari saja dan pemberian pupuk cukup 3 bulan sekali saja.

Itulah sedikit pembahasan Artikel tentang manfaat tanaman kitolod untuk kesehatan mata Anda, dapatkan berbagai tips-tips menarik seputar pertanian di Infoagribisnis.com

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tanaman lada perdu

Sukses Pembibitan Tanaman Lada Perdu Tingkat Keberhasilan 80%

Kisah sukses pembibitan tanaman lada perdu ini berasal dari Banyumas Jawa Tengah. Nasrul Majid adalah …

Satu komentar

  1. Kenapa tidak ada rujukan ilmiah yang disertakan di sini? Saya cari info di tempat lain justru menyebutkan lobelin yang dikandung bunga ini ternyata bisa menjadi racun.

Tanaman Kitolod Obat Mujarab Atasi Penyakit Mata


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanaman Kitolod Obat Mujarab Atasi Penyakit Mata