Halaman Depan / Peternakan / Inilah Pakan Ternak Kambing Mineral Block (Permen Jilat) Bergizi Tinggi

Inilah Pakan Ternak Kambing Mineral Block (Permen Jilat) Bergizi Tinggi

Seperti pada pembahasan Artikel sebelumnya tentang Metode ternak kambing bahwa sebagian besar ternak ruminansia seperti sapi, kerbau, domba maupun kambing masih kerap diberi pakan seperti jerami dan sisa limbah makanan secara langsung tanpa diproses terlebih dahulu. Padahal pakan ternak seperti itu sulit dicerna oleh hewan ternak. 

Selain sulit dicerna pakan tersebut tidak mempunyai kandungan vitamin, mineral dan protein yang menyehatkan. Sehingga ternak tidak bertambah bobot beratnya secara signifikan. Dan justru dapat menimbulkan berbagai serangan penyakit pecernaan ternak. Bagaimana caranya mengolah jerami padi menjadi pakan ternak Klik Disini (4 metode praktis mengolah jerami padi).

Pada pembahasan kali ini Kami akan mengajak Anda untuk belajar membuat inovasi pakan ternak kambing kaya mineral, protein dan vitamin tinggi untuk suplemen ternak kambing.

Pakan Ternak Kaimbing Mineral Block image
Pakan Ternak Kambing Mineral Block

Apa Itu Pakan Ternak Kambing Mineral Block?

Mineral block merupakan pakan ternak kambing yang dibuat dari bahan mineral yang berguna sebagai tambahan rasum ternak, untuk meningkatkan napsu makan, selain itu bermanfaat sebagai sumber energi, protein, memperlancar pencernaan dankaya kandungan vitamin untuk mendorong produksi ternak. 

Sesungguhnya pakan ternak kambing yang ideal adalah hijauan segar. Akan tetapi untuk sekarang ini sangat susah mendapatkan hijauan segar, apalagi pada saat musim kemarau. Solusi untuk mensiasati kekurangan pakan hijau segar adalah dengan memberi mineral block. Mineral block ini sangat berguna untuk meningkatkan bobot dari hewan ternak ruminansia. Karena mengandung unsur protein, mineral dan vitamin yang sangat tinggi.

Adapun beberapa unsur utama yang terdapat pada mineral block ini adalah molasses (tetes tebu) yang berfungsi sebagai sumber energi, pupuk urea sebagai sumber protein / nitrogen. Bahan lainnya adalah garam dapur, kapur, dedak, beberapa konsentrat dan ultra mineral. Pakan ternak kambing ini biasa disebut oleh para petani sebagai “permen jilat” untuk hewan ternak.

Baca Juga: Inovasi Pakan Ternak Dengan Membuat Biostarter Turunan !!

Pakan ternak kambing biostarter turunan image
Pakan ternak kambing biostarter turunan

Kenapa memakai urea? Mungkin itu yang menjadi pertanyaan Anda sekarang. Urea adalah sumber amonia yang biasa digunakan mikrobia rumen untuk membentuk protein bagi pakan ternak ruminansia. Mikroba yang terdapat dalam rumen akan membentuk protein melalui proses penggabungan NH3 urea dengan karbohidrat. Sehingga di butuhkan karbohidrat yang mudah dicerna. Salah satu produk yang sangat terkenal dari penggabungan urea dan karbohidrat adalah blok. Dengan penyusun utama adalah molasses dan urea maka produk ini dikenal dengan nama urea molasses blok (UMB).

 

Keuntungan Menggunakan Pakan Ternak Kambing Urea Molasses Blok (UMB)

Keuntungan atau manfaat dari UMB bagi hewan ternak ruminansia adalah sebagai berikut :

  1. Memperbaiki kinerja sistem reproduksi
  2. Memperbaiki nilai gizi bagi ternak
  3. Merupakan sumber protein, energy serta mineral yang dibutuhkan oleh hewan ternak
  4. Sebagai tambahan suplemen bagi hewan ternak
  5. Menambah efisiensi sistempencernaan pakan di dalam lambung ternak ruminansia
  6. Meningkatkan produksi hewan ternak ruminansia

Selain bermanfaat bagi hewan ternak ruminansia UMB juga bermanfaat bagi peternak. Dengan membuat inovasi pakan ternak kambing ini Anda akan memperoleh banyak keuntungan, terutama pada sektor pendapatan serta motivasi yang muncul dari diri Anda untuk terus berinovasi dalam pembuatan pakan ternak kambing.

 

Bagaimana Cara Pembuatan Pakan Ternak Kambing Urea Molasess Blok (UMB)?

Adapun cara membuat UMB pakan ternak kambing melalui beberapa tahapan yang harus Anda lakukan antara lain : penyusunan bahan, pencampuran dan pengeringan. Berikut adalah 5 bahan utama yang digunakan dalam pembuatan pakan ternak kambing diantaranya :

Bahan Dasar :

1. Molasses / tetes tebu

Molasses atau biasa disebut juga dengan tetes tebu adalah komponen utama yang digunakan dalam proses pembuatan UMB. Dipilihnya tetes tebu karena bahan ini mengandung karbohidrat yang digunakan sebagai sumber energi serta mengandung mineral baik makro maupun mikro sebagai asupan pakan kambing bergizi tinggi. Molasses adalah limbah dari pabrik tebu, sangat mudah didapatkan dan kaya akan karbohidrat yang mudah terlarut.

2. Urea

Urea digunakan untuk mendapatkan unsur protein. Perubahan urea menjadi protein dengan menggunakan bantuan dari mikroba rumen dalam proses fermentasi. Pemberian urea sangat dibatasi disini, hanya sekitar 4% saja. Karena jika berlebihan dapat menyebabkan keracunan pada hewan ternak.

3. Bahan pengisi / bahan penyerap 

Bahan ini pada intinya adalah sumber energi dan protein. Bahan ini ditambahkan dengan maksud untuk meningkatkan kandungan zat-zat makanan yang terkandung dalam pakan ternak kambing UMB. Juga untuk memberi bentuk agar UMB kompak dan padat. Bahan yang bisa digunakan antara lan :  dedak padi, bungkil kelapa, bungkil kedelai, ampas tapioka ataupun ampas tebu. Bahan tersebut bisa Anda dapatkan dengan harga yang sangat murah.

4. Bahan Pengeras / bahan pemadat

Maksud dari penambahan bahan ini adalah untuk memberikan hasil UMB yang keras. Bahan pengeras yang dapat dipakai antara lain : semen, tepung batu kapur, dan bentonite. Pemberianya dibatasi hanya sebagai pengeras saja.

5. Mineral dan garam

Mineral sangat penting dalam pembuatan pakan ternak kambing mineral blok, karena bisa meningkatkan nafsu makan hewan ternak. Bahan mineral bisa Anda dapatkan pada tepung kerang, dolomit, garam dapur atapun kapur bangunan.

Tahap Pencampuran

Sebelum melakukan pencampuran timbang semua bahan yang akan dicampur, sesuai dengan komposisi masing – masing. Alat yang perlu Anda siapkan untuk proses pencampuran pakan ternak kambing adalah : timbangan, wadah untuk mencampur, alat pengaduk, alat pencetak (bisa dari bambo ataupun paralon). Berikut adalah sampel persentase bahan yang akan dicampur menjadi UMB :

  • Molassses 33%
  • Dedak padi 18%
  • Tepung Kedelai 13%
  • Kapur / semen 9%
  • Onggok 8%
  • Garam 7%
  • Tepung tulang 6%
  • Urea 4%
  • Campuran mineral 1%

Buat tiga macam campuran dalam pembutan pakan ternak kambing ini. Campuran pertama adalah bahan yang mempunyai komposisi terkecil. Campuran kedua adalah bahan yang mempunyai komposisi menengah, campuran ketiga adalah mencapurkan campuran pertama dan campuran kedua ditambah dengan bahan yang tersisa dengan komposisi yang terbesar.

ARTIKEL TERKAIT :

2 Hal Penting Yang Wajib Anda Pahami, Sebelum Menjalakan Binis Kambing

2 Cara Praktis Mengobati Penyakit Kudis Pada Ternak Kambing

Kemudian tuangkan molasses pada campuran ketiga secara perlahan, lakukan peremasan agak campuran tidak menggumpal. Molasses tidak perlu ditambahkan dengan air. Setelah bahan semua tercampur, masukkan campuran kedalam wajan. Panasakan dengan suhu sedang sekitar 70-80 derajat celcius. Aduk campuran selama kurang lebih 3 sampai 4 menit. Awasi campuran jangan sampai pakan ternak kambing yang Anda buat gosong.

Setelah dipanaskan masukkan larutan kedalam cetakan yang telah disediakan, padatkan campuran dengan menekan-nekan secara kuat. Agar terbentuk dengan baik dalam cetakan mineral block pakan ternak kambing.

Pengeringan / pendinginan

Setelah melalui proses pemanasan, maka saatnya UMB  melaui proses pengeringan. Dinginkan dengan di angina–anginkan. Setelah dingin lepas dari cetakan dan simpan pada tempat yang telah disediakan.

Hasil dari UMB pakan ternak kambing yang baik adalah yang berwarna coklat, kalau bisa mendekati coklat matang. Dengan mengeluarkan aroma molasses. Dengan rasa asam manis. Jika diukur dengan ph meter menunjukkan angka sekitar 3,5 – 4,2 . Teksturnya padat, kenyal, kesat dan tidak ada lendirnya. Jika UMB mempunyai ciri-ciri selain yang kami sebutkan, maka hasilnya tidak baik buat hewan ternak.

Cara Memberian Pakan Ternak Kambing Urea Molasess Blok (UMB)

Pemberian pakan ternak kambing umb hendaknya dilakukan dengan melihat dosis dan waktu yang tepat. UMB yang diberikan kepada ternak kambing sebanyak 1 – 2 kali perhari. Pakan ternak kambing ini diberikan sebelum Anda memberikan pakan hijau segar. Setiap satu blok UMB diusahakan habis selama sepuluh hari.

UMB adalah salah satu solusi terbaik untuk meningkatkan hasil pada hewan ternak kambing. Dengan metode pembuatan pakan ternak kambing yang dapat Anda pelajari ini, Kami harap Anda bisa mengembangkan sendiri atau bahkan menginovasikan lebih kreatif lagi.

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

jenis itik

3 Jenis Itik Yang Baik Untuk Anda Budidayakan – Baca Di sini

Ada beberapa jenis itik yang sangat bagus untuk Anda budidayakan. Untuk itik petelur lokalan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *