Halaman Depan / Peluang Usaha / Bisnis Lada Perdu Dan Tips Menghasilkan Lada Hitam & Putih

Bisnis Lada Perdu Dan Tips Menghasilkan Lada Hitam & Putih

Peluang bisnis lada perdu dan Tips cara panen untuk menghasilkan lada hitam & putih ini merupakan artikel kelajutan dari teknik budidaya lada perdu yang telah kami bahas sebelumnya. Dimana tanaman lada perdu merupakan varietas unggul yang lebih efisien, hemat alat, hemat biaya produksi serta memiliki produktivitas yang tinggi. Dan varietas ini juga tergolong mudah perawatanya.

Potesi bisnis lada perdu image
Potensi bisnis lada perdu

Peluang Bisnis Lada Perdu

Pembahas mengenahi prospek bisnis dan potensi pasar lada sebenarnya sudah sangat jelas. Jika Anda tinjau dari segi permintaan, Indonesia adalah salah satu Negara yang penghasil lada yang harusnya mampu memenuhi kebutuhan pasar dunia. Namun dalam faktanya dari total pemintaan yang mencapai 400 ribu ton lada, Indonesia baru bisa memproduksi 20% saja atau sekitar 80/90 ribu ton per tahun, belum dikurangi untuk pemenuhan lada dalam negri.

Jadi kurang lebih berkisar 80% kebutuhan lada belum dapat terpenuhi. Permintaan lada dunia diperkirakan akan terus melonjak, artinya meskipun produksi diperbanyak  harga akan condong mengalami peningkata n terus. Hal ini diperkuat dengan harga kenaikan lada yang terjadi dari tahun ke tahun. Anda bisa lihat hingga saat  ini harga lada mencapai Rp.180.000/kg, lebih dari 2 kali lipat dibanding 5 tahun lalu, yang hanya berkisar mencapai Rp. 80.000/kg.

Kepala Asosiasi Lada Indonesia Ibu Yuliani Widjaja, juga menyebutkan bahwa “Permintaan lada dunia akan mengalami kenaikan yang setabil, dengan rata-rata 5% per tahunya”. Dengan melihat potensi pasar tersebut jika Anda ingin budidaya lada maka dibutuhkan keseriusan menekuni bisnis tersebut, karena jelas sangat menjanjikan. Vaietas lada perdu merupakan varietas yang dapat Anda andalkan dengan produksi yang tinggi dengan sistem homogen produksinya akan jauh lebih besar.

Tips Panen Lada Perdu Untuk Menghasilkan Lada Hitam dan Lada Putih

Keunggulan lain dari budidaya lada perdu yaitu cepat produksi, akan tetapi Anda perlu memperhatikan teknik pemanen yang tepat, supaya tidak merusak tanaman dan kualitas biji lada yang dihasilkan, selain itu Anda juga harus memahami proses panen budidaya lada perdu apakah akan panen lada hitam atau lada putih.

cara menghasilkan lada hitam dan lada putih image
Cara menghasilkan lada hitam dan lada putih

Teknik Panen Lada Perdu

Pada tahun pertama (12 bulan setelah tanam) tananam lada akan berbuah dan berbunga, akan tetapi sebaiknya bunga dan buah yang terbentuk tersebut Anda buang, karena tanaman masih dalam fase pertumbuhan, jika Anda membiarkan hingga siap dipanen hal tersebut sama saja Anda merusak tanaman diawal, karena tanaman belum cukup rimbun dan buah yang dihasilkan kurang sempurna.

Beda halnya ditahun ke dua, setelah muncul bunga dan buah maka itulah buah lada pertama yang akan Anda nikmati hasilnya dari budidaya lada perdu. Proses pembentukan bunga menjadi biji atau buah lada dibutuhkan waktu selama 9 bulan, hingga buah lada berwarna kuning kemerahan dengan tektur biji berbentuk bulat keras. Cara panen lada dilakukan dengan memetik bagian tandan buah seperti halnya pada buah arena atau kolang kaling. Anda harus memetik dengan hati-hati agar buah tidak rontok dan kemudian dimasukan kedalam karung.

Namun untuk menghasilkan lada hitam dan lada putih, ada cara pemanenan tersendiri yang perlu Anda lakukan, sebagai berikut :

Lada Hitam

Jika Anda ingin menghasilkan panen berupa lada hitam, maka pemetikan dilakukan disaat buah lada berumur 8 bulan. Dengan ciri-ciri buah lada berwarna kehijauan sampai agak kekuningan dan biasanya sukar untuk dihancurkan dengan tangan. Pemetikan ini disebut sebagai buah masak petik yanag artinya ukuran buah normal dan cukup keras. Proses pemanen biasanya dilakukan dimusim kemarau secara bertahap, dengan menggunakan karung, kemudian dirontokan dan buah lada dijemur hingga kadar air mencapai 12% dan berubah menjadi lada hitam.

Lada Putih

Sedangkan jika Anda menghendaki panen lada putih, maka waktu panen dilakukan pada saat buah berumur 9 bulan, dimana buah lada berwarna kuning hingga merah. Proses panen dilakukan dengan memetik buah lada yang dalam satu tandannya sudah mulai terlihat buah berwarna merah, kemudian dimasukan kedalam karung. Setelah itu biji lada direndam dengan air yang mengalir selama 10 hari. Setelah itu tiriskan dan bersihkan biji lada dari sisa-sisa kotoran yang masih meleklat hingga benar-benar bersih. Lakukan perendaman kembali pada air mengalir selama 2 hari dan keringkan hingga kadar air mencapai 12% dan menghasilakan lada putih yang memiliki bau menyengat.

Usaha Budidaya lada perdu merupakan salah satu peluang usaha yang bisa Anda coba. Tentunya untuk menjalakan bisnis lada perdu ini, Anda membutuhkan banyak sumber informasi, baik dari praktisi, panduan dan juga dari berbagai sumber lainya. Artikel mengenahi Tips Teknik Budidaya Lada Perdu Silahkan Anda: Baca disini, Untuk analisis bisnis lada perdu selama periode 5 tahun, kami akan kembali menghadirkan untuk Anda. Berikan komentar Anda jika Anda ingin tahu lebih jelas mengenahi bisnis lada perdu.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

olahan dari ikan

Kisah Sukses-Olahan Dari Ikan Untungnya Memang Memanjakan

Memanfaatkan hasil tangkapan dari laut ibu Shofia Aqilah bisa memproduksi berbagai macam variasi produk makanan …

4 komentar

  1. Pak de ada kenalan yang siap beli lada putih nd?? Dari Daerah pontianak Kalimantan Barat.

    Indra

    • admin-infoagribisnis

      Untuk saat ini belum om Indra, nanti jika kami hubungi. Silahkan tinggalkan info kontak yang bisa kami hubungi. Terima kasih

  2. saya ada stok banyak lada hitam dan lada putih asal kalimantan barat hub lewat WA 082250190122

  3. Pak berapa pasaran harga lada sekarang? Info no telepon dan alamat penjualnya dong. Di daerahq pasaran lada susah.

Bisnis Lada Perdu I Tips Menghasilkan Lada Hitam & Putih


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bisnis Lada Perdu I Tips Menghasilkan Lada Hitam & Putih