Halaman Depan / Perkebunan / Cara Menanam Apel dari Biji Lebih Mudah Dilakukan dengan 4 Langkah Ini

Cara Menanam Apel dari Biji Lebih Mudah Dilakukan dengan 4 Langkah Ini

Buah apel adalah salah satu buah favorit yang banyak disukai oleh berbagai kalangan, mungkin salah satunya Anda yang membaca artikel ini. Saat ini ada kabar baik bagi Anda yaitu budidaya apel sendiri di halaman rumah, dengan cara menanam apel melalui biji.

Ada beberapa tahap cara menanam apel dari biji buah yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah, meskipun Anda sebenarnya tidak memiliki kemampuan bertani, namun tips cara menanam apel dari biji ini akan terasa lebih mudah untuk Anda pelajari.

Pada umumnya budidaya apel dilakukan dengan menggunakan bibit hasil okulasi, cangkok, maupun stek batang. Namun pada saat ini telah muncul solusi yang lebih praktis, karena sulitnya mencari bibit yang siap tanam, maka cara menanam apel dari biji merupakan alternatif yang paling mudah untuk Anda lakukan saat ini.

cara menanam apel emage
Gambar 1. Cara menanam apel dari biji

Inilah  4 tahapan yang harus Anda lakukan untuk memulai cara menanam apel dari biji

A. Mengatur  Suhu Dingin

Langkah pertama dari cara menanam apel dengan menggunakan biji adalah dengan menyemai biji apel tersebut hingga tumbuh tunas. Pada tahap ini memang ada beberapa halyang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah menciptakan media semai, dengan memanipulasi suhu ruangan. Karena seperti Anda ketahui, pohon apel tumbuh baik di lingkungan yang bersuhu dingin seperti kebun-kebun apel yang ada diberbagai daerah seperti Batu, Kota Malang maupun Lembang, Bandung serta daerah setra budidaya apel lainya.

Kumpulkan biji buah apel dari dua jenis buah apel yang berbeda, ini dimaksudkan karena nanti saat pohon sudah memasuki masa berbuah, pohon apel tidak dapat melakukan penyerbukan sendiri jika hanya ada satu pohon apel saja yang Anda tanam. Setelah biji dipisahkan dari daging buah, jemurlah biji-biji tersebut agar kulit luar biji tersebut tidak terasa lembab.

Cara menanam apel selanjutnya adalah masukkan biji apel yang sudah kering tersebut ke wadah berupa tissue atau kain. Tissue ini digunakan sebagai media semai biji yang kemudian Anda masukkan kedalam wadah yang dapat di tutup rapat, misalnya stoples atau Tupperware. Selain tissue, Anda juga dapat menggunakan tanah gambut sebagai media semai biji apel tersebut.

cara menanam apel dari biji image
Gambar. 2. Cara menanam apel dari biji

Berikutnya Anda masukkan stoples yang sudah ditutup rapat tadi di dalam lemari es. Inilah tahap cara menanam apel dari biji yang disebut dengan after ripening yaitu mengkondisikan biji apel sedemikian rupa seolah berada di musim dingin. Usahakan suhu lemari es Anda tetap pada 40 – 42 farenheit. Setelah delapan minggu menghuni lemari es Anda, biasanya biji apel tersebut akan mulai muncul tunas dan akar.

B. Pindahkan Tunas ke Pot / Polibag

Setelah biji di dalam lemari es mulai bertunas dan mengeluarkan akar, cara menanam apel selanjutnya adalah memindahkan bibit bertunas tersebut ke dalam media pot. Isilah media pot dengan tanah gambut dengan PH netral, serta tambahkan pupuk kompos dengan perbandingan 2 : 1. (pupuk dan tanah).

Selanjutnya lubangi media tanam tersebut dengan jari telunjuk untuk meletakkan bibit yang mulai berakar tadi. Pindahkan biji apel dengan hati-hati, agar akar yang sudah mulai muncul tidak rusak, kemudian tutup kembali dengan tanah, dan sirami dengan air secukupnya untuk menciptakan kondisi lembab di sekitar biji.

cara menanam apel dari biji image
Gambar 3. Cara menanam apel dari biji

Tempatkan pot tersebut di dalam suhu kamar namun tetap usahakan agar mendapat akses sinar matahari pagi. Anda dapat menaruhnya di jendela rumah sebelah timur agar matahari pagi dapat langsung diterima oleh pot berisi biji apel tersebut. Sirami dengan rutin biji apel di dalam pot tersebut hingga mengeluarkan daun tanaman, proses cara menanam apel pada tahap ini biasanya membutuhkan waktu 3 sampai 4 minggu.

C. Pindahkan ke Lahan Tanam Sesungguhnya

Setelah bibit tersebut mengeluarkan 5 hingga 7 helai daun, maka bibit tanaman sudah siap untuk dipindahkan ke media tanam sesungguhnya. Jika Anda hendak menanam di halaman rumah, sebaiknya cangkul tanah terlebih dahulu agar tanah menjadi gembur dan tambahkan pupuk kompos jika perlu agar nutrisi tanaman dapat terpenuhi dengan baik.

Cara menanam apel dari biji selanjutnya adalah memindahkan bibit yang sudah mulai muncul tunas tersebut kedalam media tanam, sebaiknya lakukan pemindahan di pagi hari agar tanaman baru tidak stress ketika langsung terpapar sinar matahari siang. Setelah ditanam sengan hati-hati, sebarkan mulsa di sekitar tanaman untuk menciptakan kelembaban sekitar tanaman. Anda dapat menaruh jerami, serbuk kayu gergaji, maupun batang gandum kering sebagi mulsa.

D. Merawat Pohon Apel

Sirami dengan rutin tanaman apel Anda, terutama jika menghadapi musim kemarau. Tanaman sangat menyukai lingkungan yang lembab namun tidak terlalu basah. Cara menanam apel dari biji juga membutuhkan pemupukan susulan layaknya cara menanam apel dari stek maupun okulasi. Anda dapat menggunakan pupuk tambahan dari jenis NPK dengan dosis ¼ kg per pohon setiap 4 bulan sekali.

Baca juga : 5 Tahapan Penting Pasca Panen dalam  Budidaya Apel

Setelah berumur 6 sampai 8 tahun, biasanya pohon apel Anda akan mulai berbuah. Memang pohon apel yang ditanam dari biji memiliki masa panen lebih lama dibandingkan jika Anda menanam apel dari bibit hasil cangkok maupun okulasi. Namun demikian, keberhasilan pecinta buah apel dalam mempraktekkan cara menanam apel dari biji adalah suatu kepuasan tersendiri yang tidak dapat diganti.

Demikianlah infoagri yang bisa kami bagikan untuk Anda mengenahi cara menanam apel dari biji. Jika Anda menyukai artikel ini, silahkan share atau berikan atensi Anda melalui komentar dibawah.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara menanam srikaya

Cara Menanam Srikaya Dengan Perbanyakan Vegetatif

Cara menanam srikaya – Tanaman srikaya dapat tumbuh dengan baik pada lingkungan dengan curah hujan yang …

7 komentar

  1. Keren bnget.. suatu saat pengen dipraktekin.. thaks untuk infonya

  2. Assalamu’alaikum
    kalau misalnya 2 pohon apel tapi pohonnya sama jenis apakah tetap bisa berbuah?

    • admin-infoagribisnis

      Waalaikum salam, Mungkin bisa diulang untuk pertanyaanya, apakah untuk okulasi atau sambung atau gimana ya pak?

  3. Keren pak.ternyata gampang bgt!! Posting lagi yg baru dong!!

  4. saya sudah semai biji apel dan sudah tumbuh ada 5biji, masih bentuk 2helai daun dr pecahan biji membentuk daun, namun lahan tanam saya terlalu panas, apa ada solusinya untuk lahan atau halaman rumah yg panas..

Cara Menanam Apel dari Biji dengan 4 Langkah


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Menanam Apel dari Biji dengan 4 Langkah