Halaman Depan / Pertanian / Manfaat Buah Rambutan & Khasiat Daunnya untuk Menghilangkan Uban Rambut

Manfaat Buah Rambutan & Khasiat Daunnya untuk Menghilangkan Uban Rambut

Buah yang satu ini dengan ciri bentuk bulat mungil dan berambut, tentu Anda sudah sangat familiar dan pastinya Anda pernah memakannya, ya buah rambutan namanya. Buah ini memiliki nama latin Nephelium Laapaceum, Buah asli Indonesia ini memiliki ciri bulat, terdapat rambut di bagian kulitnya, dagingnya berwarna bening keputihan, berwarna hijau ketika masih muda jika sudah matang akan berwarna merah. Rasa yang ditawarkan juga manis dan ada pula yang sedikit masam.

8 manfaat buah rambutan image
8 manfaat buah rambutan

Selain memiliki rasanya yang manis, buah rambutan ini ternyata mengandung banyak manfaat bagi tubuh manusia. Inilah dia manfaat buah rambutan untuk Anda ketahui :

Berikut ini 8 manfaat buah rambutan ketika Anda konsumsi :

  1. Manfaat buah rambutan juga berkhasiat untuk kesehatan organ ginjal. Kandungan fosfor yang ada pada buah rambutan sangat berperan untuk menghilangkan limbah yang terkonsentaasi didalam organ ginjal Anda, sehingga larut bersamaan dengan air urine.
  2. Perubahan musim yang mencolok akan membuat tubuh Anda mudah terserang berbagai penyakit. Sebaiknya Anda melakukan pencegahan. sakah satunya dengan mengkonsumsi buah rambuatan. Kandungan buah ini memiliki vitamin C yang cukup tinggi. Inilah yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  3. Bagi Anda yang mempunyai berat badan lebih dan sedang melakukan program khusus untuk menjaga penampilan Anda atau yang biasa disebut diet. Buah rambutan sangat cocok untuk Anda konsumsi, karena buah ini memiliki serat dan air yang akan membuat Anda kenyang dan tidak mudah lapar dalam waktu yang cukup lama.
  4. Bagi Anda yang seharian bekerja, mungkin tubuh Anda akan terasa capek dan lelah. Ketika Anda mengkonsumsi buah rambutan tubuh Anda akan kembali bugar. “Kenapa bisa begitu?” karena didalam buah rambutan mengandung karbohidrat dan protein yang dibutuhkan tubuh Anda.
  5. Bagi kaum perempuan, biasanya dalam satu bulan mengalami menstruasi. Hal ini dapat membuat sel darah merah berkurang. Daripada Anda mengkonsumsi obat untuk meningkatkan sel darah merah lebih baik Anda mengkonsumsi buah rambutan. Buah rambutan akan meningkatkan hemoglobin. Sehingga sel darah merah kita akan meningkat. Dan juga dapat menhindarkan Anda rai penyakit demam berdarah
  6. Bagi ibu hamil manfaat buah rambutan ini sangat cocok untuk Anda. Zat besi yang terdapat pada buah rambutan akan menghindarkan resiko bayi lahir dengan berat badan rendah. Sebab, zat besi memiliki peranan penting untuk pertumbuhan bayi. Selain itu juga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh bagi si Ibu.
  7. Buat Anda yang bekerja di lapangan efek radikal bebas yang disebabkan oleh polusi dan efek sinar matahari yang berlebih akan membuat tubuh Anda rentan akan penyakit kanker. Sebaiknya mulai dari sekarang untuk melakukan pencegahan. Manfaat buah rambutan mengandung asam gallic yang dapat menghancurkan berbagai macam radikal bebas dalam tubuh Anda.
  8. Sebentar lagi musim penghujan dan biasanya tubuh akan mengalami perubahan di awal musim. Perubahan musim inilah yang akan membuat Anda gampang terserang penyakit. Buah rambutan akan menguatkan system imun tubuh. Karena di dalamnya mengandung tembaga yang bermanfaat untuk meningkatkan sel darah putih. Sel darah putih inilah yang akan membunuh virus dan kuman yang berbahaya bagi tubuh.

Banyak bukan manfaat buah rambutan yang bisa Anda dapatkan, tapi tunggu dulu jangan berhenti membaca. Karena bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat bagi tubuh Anda. Namun ada satu lagi yang bermanfaat dari buah rambutan.

Selain buahnya, manfaat daun rambutan juga dapat mengatasi rambut yang beruban dan menghitamkan kembali. “Kok bisa kebetulan ya? Mentang-mentang namanya rambutan trus dihubung-hubungkan dengan rambut??” Namun hal ini bukan hanya kebetulan saja, tetapi memang benar faktanya.

Manfaat daun rambutan sudah dipercaya sejak dulu untuk mengatasi rambut yang beruban dan menghitamkan kembali. Uban adalah proses dimana perubahan warna rambut yang semula hitam kemudian berubah menjadi putih seiring dengan bertambahnya usia lanjut. Hal ini dapat terjadi karena adanya perubahan warna dari melanin, yaitu pigmen dari rambut itu sendiri. 

Perubahan warna pigmen terjadi karena batang rambut kekurangan asupan oksigen. Jika asupan oksigen yang dihisap melalui pembuluh darah kekurangan, maka susunan rambut menjadi tidak sempurna dan tidak sehat sehingga berpengaruh terhadap melanin (pigmen rambut) dan hal ini akan menimbulkan tumbuhnya uban.

Mungkin banyak produk-produk pewarna rambut yang bisa Anda dapatkan ditoko-toko atau salon terdekat, namun tidak bisa menghilangkannya secara permanen. Prudok tersebut hanya mampu menghilangkan uban sementara, justru akan membuat masalah uban menjadi tambah banyak

Manfaat daun rambutan telah dirasakan sejak dahulu kala. Setelah melakukan uji penelitian, ternyata benar daun rambutan dapat mengatasi masalah uban. Bagaimana cara melakukannya?

Untuk membuat rambut Anda hitam. Yang harus Anda lakukan adalah :

  • Siapkan daun rambutan secukupnya, kemudian cuci sampai bersih.
  • Lalu tumbuk sampai halus.
  • Setelah halus, tambahkan sedikit air aduh hingga tercampur rata.
  • Peras dan ambil airnya.
  • Setelah itu usapkan pada rambut secara merata.
  • Lakukan secara teratur, rambut Anda akan kelihatan hitam dan sehat.

Sebentar lagi musim buah rambutan. Anda bisa beli dengan murah buah rambuatan ini ditoko buah, pasar tradisional, hingga pasar modern. Demikianlah tips singkat mengenahi manfaat buah rambutan, semoga dapat menambah wawasan Anda.

(Dimuat : Berbagai manfaat buah rambutan dari berbagai sumber)

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

budidaya tanaman lada

Sejahtera Karena Budidaya Tanaman Lada Di lahan Sempit

Budidaya tanaman lada tidak selamanya memerlukan lahan yang luas. Romli telah membuktikannya. Dengan menggunakan lahan …

Manfaat Buah Rambutan & Khasiat Daun Bagi Kesehatan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Manfaat Buah Rambutan & Khasiat Daun Bagi Kesehatan