Halaman Depan / Pertanian / Ini Dia 7 Manfaat Buah Kiwi Bagi Ibu Hamil

Ini Dia 7 Manfaat Buah Kiwi Bagi Ibu Hamil

Tahukan Anda buah kiwi? Buah asli dari dataran china sebesar telur ayam ini ternyata memiliki manfaat yang cukup besar untuk pemenuhan asupan nutrisi tubuh Anda.

Ciri khas buah kiwi yaitu memiliki warna hijau agak kecoklatan, dengan bentuk bulat lonjong dan dipenuhi oleh bulu bulu halus pada permukaan kulit buahnya. Buah ini memiliki rasa yang manis serta sedikit asam, dengan daging buah yang mirip dengan sejenis buah naga. Sedangkan biji dari buah kiwi berukuran kecil dan berwarna hitam.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa lihat gambar dibawah ini :

gambar buah kiwi dipohon image
gambar buah kiwi dipohon
gambar buah kiwi yang sudah matang image
gambar buah kiwi yang sudah matang
gambar buah kiwi siap saji image
gambar buah kiwi siap saji

Harga buah kiwi di pasaran Indonesia terbilang cukup mahal, hal ini dikarenakan buah kiwi masih diimport dari negara Australia dan Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri budidaya buah kiwi belumlah cukup populer seperti kebanyakan buah pada umumnya, hal itu menyebabkan kebutuhan buah kiwi masih ditopang oleh negara luar.

Manfaat buah kiwi ternyata sangat baik bagi kesehatan serta berkhasiat juga untuk ibu hamil. Bagi ibu hamil  buah kiwi dapat mencegah timbulnya beberapa penyakit yang dapat membahayakan janin. Karena dengan mengkonsumsi buah kiwi kebutuhan  vitamin dan mineral dapat terpenuhi dengan baik.

Berikut 7 manfaat buah kiwi bagi kesehatan Wanita

  1. Mencegah Penyakit Alzeimer

Manfaat buah kiwi yang pertama adalah dapat mencegah penyakit alzeimer yang menyerang sistem syaraf, hingga pada taraf tertentu bahkan dapat menyebabkan lupa ingatan permanen. Mengkonsumsi buah kiwi secara teratur terbukti mampu mengurangi resiko berbahaya tersebut.

  1. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Ternyata manfaat buah kiwi diketahui mampu membantu meningkatkan kesuburan pada wanita, karena kandungan asam mineral yang cukup tinggi. Sehingga sangat dianjurkan bagi para pengantin baru, maupun mereka yang sudah lama menikah namun belum juga dikaruniai seorang anak.

Kandungan vitamin dan mineral penting yang terdapat di dalam buah kiwi terbukti secara klinis meningkatkan pertumbuhan sel ovum di dalam ovarium, sehingga kemungkinan dibuahi oleh sel sperma jauh lebih besar. Mengkonsumsi buah kiwi bagi para wanita juga dapat membantu melancarkan siklus haid pada wanita.

  1. Mengoptimalkan Perkembangan Saraf Janin

Manfaat buah kiwi khususnya untuk ibu hamil, terutama bagi janinnya adalah dapat membantu mengoptimalkan perkembangan saraf otak serta saraf mata pada janin di dalam kandungan sang ibu. Hal ini disebabkan karena buah kiwi memiliki kandungan senyawa acid folid yang sangat bermanfaat untuk asupan saraf pada saat janin Anda berkembang di dalam perut ibunya.

manfaat buah kiwi image
manfaat buah kiwi bagi kesehatan janin

Mengkonsumsi buah kiwi seminggu 3 kali akan mencukupi kebutuhan asupan gizi pada ibu hamil dan janinnya, sehingga mencegah bayi Anda lahir dalam keadaan cacat saraf mata maupun keterbelakangan mental, sebagai akibat dari perkembangan saraf otak yang kurang sempurna.

Baca Juga : Manfaat Buah Ceri sebagai Obat Terapi Alami

  1. Sumber Serat Alami

Kandungan serat alaminya pada buah kiwi mampu membantu melancarkan saluran pencernaan. Kebiasaan sering mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi dan berlemak terkadang membuat saluran pencernaan Anda menjadi terganggu. Dengan Anda mengkonsumsi buah kiwi gangguan penyakit saluran pencernaan seperti sembelit, perut kembung dan juga wasir dapat teratasi .

  1. Mencegah Gejala Stroke

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan para ahli gizi di Amerika, mengungkapkan bahwa ibu hamil 3x lipat lebih rentan terhadap serangan penyakit stroke dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil. Apalagi jika rawayat kesehatan sang ibu memiliki penyakit hipertensi ataupun obesitas.

Kandungan polifenol yang terdapat dalam buah kiwi berfungsi sebagai antioksidan penting dan mampu mencegah gejala stroke pada ibu hamil.

  1. Meningkatkan Kecerdasan dan Perkembangan Otak Janin

Sebagai nutrisi bagi janin dalam kaitannya membantu meningkatkan perkembangan otak janin, sehingga bayi Anda nantinya akan terlahir menjadi anak yang cerdas serta dapat menurunkan resiko gangguan mental akibat perkembangan otak yang kurang sempurna.

Kandungan senyawa asam amino yang cukup banyak di dalam buah kiwi, yang merupakan asupan gizi penting bagi perkembangan otak janin di dalam perut ibu hamil. Konsumsilah buah kiwi serta ikan salmon segar agar anak yang akan lahir dengan kecerdasan yang optimal.

  1. Penangkal Radikal Bebas

Buah kiwi diketahui sangat kaya akan vitamin C, dimana vitamin C tersebut berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan berbagai macam zat asing lainnya yang dapat membahayakan tubuh ibu hamil serta janin.

Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil dengan kandungan vitamin C nya disamping bermanfaat sebagai antioksidan alami tubuh, ia juga bermanfaat untuk mencegah ibu hamil dari berbagai macam gangguan mulut seperti sariawan, gusi berdarah, radang tenggorokan, hingga kanker mulut.

Setelah mengetahui berbagai macam manfaat buah kiwi untuk ibu hamil, tentunya harga buah kiwi yang terbilang mahal di pasaran tersebut bukanlah suatu masalah, jika dibandingkan dengan khasiat yang didapatkan bukan ? silahkan Anda share jika info bermanfaat untuk Anda.

Dimuat dari berbagai sumber.

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *