Halaman Depan / Pertanian / Khasiat Daun Sirsak Untuk Mengatasi Hama Wereng | Baca 2 Tips Ini

Khasiat Daun Sirsak Untuk Mengatasi Hama Wereng | Baca 2 Tips Ini

Taukah Anda hama wereng? Wereng sebenarnya adalah sebutan untuk jenis serangga yang menyerang tanaman padi. Hama ini merusak padi pada fase pertumbuhan, dengan cara menghisap cairan sehingga menyebabkan tanaman kekurangan nutrisi pertumbuhan dan akhirnya mati.

gambar hama wereng pada tanaman padi image
gambar hama wereng pada tanaman padi

Hama wereng ini memiliki ukuran yang cukup kecil, dengan warna hijau atau kecoklatan. Serangan wereng terhadap tanaman padi tergolong sangat cepat, jika tidak segera di tangani maka kegagalan panen jelas akan Anda alami.

Contoh khasus yang terjadi di wilayah jawa seperti kabupaten Probolinggo, Banyumas serta Ponorogo. Serangan wereng yang meningkat pada akhir-akhir ini membuat petani mengalami kerugian yang cukup besar, dari produksi hasil panen padi yang biasa mencapai skitar 6,5 ton per hektar turun menjadi 5,5 ton per hektarnya. Serangan hama  wereng ini juga dapat berdampak terhadap stok ketersedian beras nasional.

Pengendalian hama wereng secara tepat menjadi sangat penting. Perlu Anda ketahui ada jenis wereng yang memiliki daya tahan yang cukup tinggi dalam beradaptasi dengan lingkungan. Pemakaian obat yang tidak sesuai justru membuat wereng menjadi kebal dan menghasilkan keturunan yang resisten terhadapobat kimia, sehingga wereng semakin sulit untuk dibarantas.

Dalam hal ini sebenarnya ada banyak tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi dan mengendalikan persebaran hama wereng. Salah satunya dengan melakukan pergiliran tanaman adalah upaya untuk memutus rantai perkembangbiakan hama ini. Karena dengan cara ini siklus hama wereng dapat terputus.

Pada kesempatan ini kami juga akan memberikan tips lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi hama wereng, yaitu dengan membuat pestisida organik yang terbuat dari bahan daun sirsak. Khasiat daun sirsak ini cukup ampuh untuk mengendalikan tingkat persebaran wereng. Cara ini juga tergolong murah dan mudah, pastinya Anda tidak akan sulit untuk membuatnya, sebagai berikut :

Khasiat Daun Sirsak untuk Mengusir Wereng

Untuk membasmi  dan mengatasi hama yang menyerang tanaman padi sebenarnya Anda tidak perlu bergantung terhadap pengunaan obat-obat kimia. Banyak cara alami yang mudah untuk Anda lakukan. Salah satunya dengan khasiat daun sirsak ini. Hasil kajian dari Pusdiklat Pertanian yaitu Ibu Susan Lusiana akan berbagi 2 tips untuk mendapatkan khasiat daun sirsak   untuk membasmi hama wereng.

Khasiat daun sirsak image
Khasiat daun sirsak untuk usir wereng

Tips ke-1 khasiat daun sirsak untuk usir wereng

Bahan-bahan :

Dalam pembuatan pestisida organik ini Anda membutuhkan bahan-bahan yaitu : 1 gengam daun sirsak, 2 liter air, 20 gram sabun colek, 20 siung bawang putih, dan 1 gengam rimpang jeringau.

Khasiat daun sirsak ini berfungsi untuk menghambat pertumbuhan wereng, karena pada daun sirsak terdapat enzim yang membuat serangga mejadi tidak napsu makan.  Bawang putih dan jeringau bekerja untuk mengusir hama, karena baunya yang menyengat. Bawang putih memiliki kandungan alisin yang dapat berperan membantu memperbaiki jaringan sel tanaman yang rusak akibat diserang hama wereng. Sedangkan pencampuran sabun colek yaitu agar larutan yang dibuat mejadi rekat saat disemprotkan ke tanaman.

Cara Pembuatan :

Langkah yang harus Anda lakukan adalah cuci bahan-bahan dengan bersih terlebih dahulu, kemudian tiriskan hingga kering. Setelah  itu tumbuk daun sirsak, bawang putih dan rimpang jeringau hingga benar-benar halus. Tambahkan sabun colek dan air, masukan kedalam ember tutup rapat dan diamkan 2 x 24 jam. Proses selanjutnya saring larutan tersebut dengan mengunakan kain setelah itu pestisida organik siap untuk digunakan.

Cara Pengunaan :

Setelah disaring larutan yang Anda buat dari khasiat daun sirsak ini akan terlihat kental. Agar bisa dipalikasikan maka encerkan larutan tersebut dengan air, perbandingan yang digunakan adalah 1 lt larutan : 15 lt air, setelah itu semprotkan pestisida organik yang Anda buat itu ke bagian bawah tanaman padi secara merata.

Baca : 2 Cara Praktis Membuat Pupuk Organik Cair

Waktu ideal yang dalam penyemprotan adalah saat pagi atau sore hari. Baiknya Anda lakukan disaat tanaman padi mulai bertunas. Jika dilakukan secara rutin alhasil hama serangan hama wereng dapat ditangulangi. Kami sarankan Anda melakukan penyemprotan sebelum hama wereng menyerang tanaman padi Anda.

Tips ke-2 khasiat daun sirsak untuk usir wereng

Bahan

Dalam pembuatan pestisida organik kedua yang perlu Anda siapkan adalah bahan berupa 250 gr daun sirsak dan biji sirsak, 250 ml efektif mikroorganisme (mikroba) dan 50 ml tetes tebu ditambah 1 lt air.

Cara Pembuatan :

Daun sirsak dan biji ditumbuk halus, masukan  kedalam ember palstik. Kemudian tambahkan mikroba, tetes tebu dan air tutup ember secara rapat. Setelah itu simpan ditempat dengan suhu rungan 20 sampai 35 C, dan Anda pastikan tidak ada sinar matahari yang masuk. Lakukan pengadukan secara teratur setiap hari agar fermentasi dapat berjalan sempurna.

Untuk medapatkan khasiat daun sirsak pada tips kedua ini memang lebih sulit tetapi dapat dipakai pada sekala yang lebih besar. Waktu yang diperlukan agar larutan siap digunakan adalah 2 sampai 5 hari.

Cara pengunaan:

Ekstrat khasiat daun sirsak ini bisa Anda gunakan dengan dosis 5 cc berbanding 1 liter air, cara pengunaanya dengan meyemprotkanya pada tanaman atau dengan mengalirkan melalui pengairan sawah.

Itulah tips khasiat daun sirsak untuk mengusir wereng yang bisa kami bagikan untuk Anda. Dalam dunia pertanian menjaga kesetabilan rantai makanan dan ekosistem merupakan kunci dasar yang telah diatur oleh tuhan yang maha esa. Keberadaan hama penyakit tanaman sebenarnya sudah diimbangi dengan predator alami yang telah diciptakanNya. Semoga informasi 2 tips khasiat daun sirsak untuk mengusir hama wereng ini dapat menambah wawasan Anda.

Jika Anda merasa informasi ini berguna silahkan berikan komentar Anda atau bagikan ke teman-teman lainya, agar sektor agribisnis Indonesia semakin maju.

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

17 komentar

  1. bang, untuk penggunaan tips kedua, mikroba yang digunakan bisa menggunakan EM4 ndak bang?

  2. Bang, kalau untuk racun werengnya dengan daun sirsak dan menambahkan sabun colek hingga 100 gram, tidak apa2 kan?”

  3. Mas, klo padi dh d serang wereng (dh byk), dosisnya hrs dtmbh y

    • admin-infoagribisnis

      Iya pak. Untuk Dosisnya sama saja namun volume pembuatanya diperbanyak agar bisa menjangkau pada area lahan yang sudah terserang wereng. Terima kasih

  4. kenapa harus 20 ltr air ya pak, untuk campurannya?
    apa itu tidak terlalu banyak?

    • admin-infoagribisnis

      Itu yang dimaksud adalah 2 liter. Untuk pencairan dalam penggunaan pestisida dari khasiat saun sirsak adala 1 lt : 10 lt .

  5. Kalau gah ada jeringaunya gah apa2 jhe

  6. Makasih info nya sangat membantu , trs mas terlihat kemempanannya setelah brp hari yah ?

  7. verdiansyah ahmad

    Jarnghue nya itu bunganya atau daunnya atau apanya yg di pakek

  8. MUKHLISIN ADIWIJAYA

    Mohon info untuk tetes tebu dan mikroba dapat di peroleh dimana yaa?. saya ingin mempraktekan untuk pembuatan pengendalian hama wereng. Terimakasih

  9. Sya ingin mencoba, tetapi Apakah itu bisa berpengaruh tidak terhadap tanaman padi.??
    Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *