Halaman Depan / Perkebunan / Cara Jitu Teknik Pemupukan Pohon Durian, Tingkatkan Hasil Panen 160 Buah Per Pohon

Cara Jitu Teknik Pemupukan Pohon Durian, Tingkatkan Hasil Panen 160 Buah Per Pohon

Pada saat pohon durian lainnya mengalami gagal panen, pohon durian milik Nauval firdaus malah mampu menghasilkan berton-ton buah durian. Cita rasa dari pohon durian milik nauval juga menghasilkan buah yang jauh lebih manis dan lezat dibanding buah durian lainnya.

Gambar buah durian berkualitas image
Gambar buah durian berkualitas

Sebuah kebun durian milik Nauval Firdaus yang berada di kabupaten Jombang, Jawa Timur adalah satu satu kebun durian penghasil buah durian yang memiliki rasa yang lezat, manis, dan memiliki nilai produktivitas yang sangat tinggi dimana para petani lain sedang mengalami gagal buah, kebun durian milik Nauval justru panen besar.

Saat kami mencoba menyambangi kebun durian miliknya di daerah Jombang, pertama kali memasuki kebun durian seluas hampir 5 hektar itu dipenuhi dengan pohon-pohon durian yang sedang berbuah dengan lebatnya. Terlihat beberapa pengunjung sedang menikmati buah durian sambil duduk santai diatas tikar yang memang disediakan oleh Nauval, sang pemilik kebun durian.

Mengatur Jarak Tanam Antar Pohon Durian

Penataan kebun durian itu sangat rapi dengan jarak tanam antar pohon antara 10 hingga 11 meter. Tajuk antar pohon tersebut saling bertemu, sebagai tanda bahwa pohon durian milik Nauval tersebut berusia dewasa, diatas 10 tahun. Perwatan pohon durian tentunya didasari metode cara menanam durian yang tepat pula, Selengkapnya Baca 7 Metode Cara Menanam Durian.

Di sebuah pohon durian yang sudah berusia hampir 30 tahun tersebut, kami masih melihat ada sekitar 80 buah yang menggantung di atas pohon. “Ini buah duriannya hanya tinggal setengahnya saja mas, soalnya sudah dipanen bertahap sejak 2 minggu kemaren” , Begitu kata Nauval.

Itupun pas buahnya masih kecil, sudah banyak yang dikurangi karena beberapa dahan pohon durian tersebut patah, soalnya keberatan kebanyakan buahnya” tambah Nouval yang akrab dipanggil Bobby tersebut. Padahal total produksi setiap satu pohon durian milik Bobby rata-rata menghasilkan 160 buah durian.

Jika dihitung, misalkan rata-rata berat buah durian adalah 2 kg, maka dalam setiap pohon milik Nauval akan menghasilkan 320 kg buah durian. Itu artinya dari 75 pohon durian miliknya, maka potensi produksi panennya sekitar 24 ton per hektar lahan.

Produktivitas hingga 24 ton, terbilang diatas rata-rata. Karena umumnya standar nasional produksi pohon durian berkisar antara 13 hingga 15 ton per hektar lahan.

gambar durian kebun noval image
gambar durian kebun noval
gambar pohon durian buah lebat image
gambar pohon durian buah lebat

Rasanya yang Istimewa

Setelah dirasa puas mengelilingi kebun duriannya, kini saat mencoba untuk mencicipi buah durian yang memang sejak tadi sudah ingin sekali kami menyantapnya. Saat pertama mencicipi buah durian yang disodorkan Nauval, kami langsung kaget dari rasanya yang sangat manis, berbeda dengan durian yang biasa kami makan.

Ini dia jenis-jenis dan gambar durian populer di Indonesia yang wajib anda ketahui

Diantara 10 buah durian yang disodorkan oleh Nauval, ada satu jenis durian tanpa nama yang rasanya benar-benar sempurna. Perpaduan antara manis, pulen, lembut, dan lengketnya umami yang terasa di kerongkongan. Warna daging buahnya kuning keemasan dan sangat menggugah selera. Kami kemudian sepakat menamainya durian Nauval. 

Rahasia Teknik Pemupukan

Nauval memberikan sedikit rahasia kepada kami, tentang cara merawat pohon durian agar menghasilkan hasil panen melimpah seperti kebun durian miliknya. Ia memberikan pupuk dengan dosis berimbang serta melakukan perawatan dengan tektik agroekosistem pada pohon duriannya.

Tahap awal ia memberikan 2 kwintal pupuk kandang yang berasal dari kotoran kambing yang sudah diurai dengan baik dan disebarkan ke dalam 1 hektar kebun durian miliknya. Selain itu, selanjutnya menambahkan pupuk N P K dengan dosis 5 kg untuk satu pohon durian.

Setiap satu pohon masing-masing juga diberikan 50 g pupuk boron. Waktu pemupukan oleh Nauval dilakukan selama 3 kali periode setiap tahunnya, yaitu pada awal bulan April, kemudian Juli, dan November. Untuk dosisnya disesuaikan dengan diameter dari batang pohon durian tersebut.

Sebagai contoh, untuk pohon durian dengan diameter 25 hingga 30 cm, maka dosis pupuk yang diberikan adalah 5 kg. Cara pemberian pupuk dilakukan dengan menebarkannya di sekitar pohon. Dosis bisa disesuikan tergantung besar dan usia pohon yang Anda miliki.

Menurut Nauval, cara pemupukan dengan menggali lubang di sekitar pohon durian justru akan melukai akar pohon yang berukuran sebesar jempol kaki, bahkan dapat terputus. Untuk pohon durian yang sudah berusia lebih dari 10 tahun, dan akarnya sudah menyebar, sebaiknya jangan membuat lubang disekitar pohon.

Begitupun dalam proses penyiangan lahan, Nauval lebih memilih menggunakan mesin pemotong rumput dari pada harus mencangkul tanah untuk membersihkan gulma atau rumput yang mengganggu. Tujuannya sama, menghindarkan akar pohon dari luka pada saat Anda mencangkul tanah untuk membersihkan rumput liar.

Nauval juga memanfaatkan daun tebu dan dahan yang terjatuh sebagai mulsa, untuk ditaruh di sekitar pohon miliknya. Bertujuan menghambat pertumbuhan rumput liar dan gulma setelah dibersihkan. Pemasangan mulsa alami tersebut juga berfungsi untuk menjaga kelembaban tanah, terutama pada saat memasuki musim kemarau panjang.

Dengan melakukan cara-cara tersebut, maka bukan tidak mungkin kebun durian milik Anda dapat menghasilkan panen melimpah seperti yang dialamai oleh Nauval. “yang penting kita harus benar-benar menyayangi pohon duriannya, nanti panennya bakal melimpah” demikian pesan Nauval kepada Kami.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara menanam srikaya

Cara Menanam Srikaya Dengan Perbanyakan Vegetatif

Cara menanam srikaya – Tanaman srikaya dapat tumbuh dengan baik pada lingkungan dengan curah hujan yang …

27 komentar

  1. kalau tanah yang cocok untuk tanaman durian itu tanah seperti apa.sy mau tanam tapi dtanahnya cadas putih..cara gimana yahhh

    • admin-infoagribisnis

      Untuk jenis tanah cadas, sebaiknya Anda harus mengatur media penanaman pohon durian dengan baik pak. Salah satunya dengan mengali tanah lebih dalam dan memberikan pupuk kandang dalam jumlah lebih banyak, Agar asupan unsur hara dapat terpenuhi dengan baik.
      Jika ada hal lainnya yang ingin bapak tanyakan seputar cara penanaman durian silahkan berikan komentar Anda kembali
      Terima Kasih.

      • Jangan terlalu dipaksakan juga dih pak kl tanahnya tidal cocok. Durian cenderung Bagus ditanam di tanah DG tekstur padat list…ketinggian Dan pH tanah juga berpengaruh.

  2. selamat sore admin info agribisnis,

    saya mau tanya, pohon durian bisa di tanam di daerah dataran tinggi atau ndak?
    terimakasih

  3. Selamat sore admin, saya mau tanam pohon durian (hanya kepingin dan nyoba saja) disela kebun jeruk (ketinggian 600-700m)dpl. jarak dengan jeruk 3-4 meter, effektifkah?
    terimakasih

    • admin-infoagribisnis

      Baik pak, saran kami pohon durian ditanam di pojok lahan atau tepi lahan
      karena jika tanaman durian sudah tumbuh lebih besar ditakutkan akan menggangu
      penyinaran pada tanaman jeruk Anda.

  4. Selamat sore bung admin….mau tanya nih, apakah benar bahwa durian yang ditanamnya hanya 1 pohon tidak akan menghasilkan buah, dikarenakan tidak adanya proses penyerbukan silang?
    Juga….kalau untuk daerah dengan ketinggian 600-700 m dpl, durian jenis apa yang cocok?

    Trims sebelumnya

    • admin-infoagribisnis

      Tidak masalah pak jika dalam satu kebun ditanam hanya 1 pohon.
      Pembungaan atau proses penyerbukan pada tanaman durian itu bisa
      dilakukan dalam satu bunga. Karna tanaman durian memiliki pembungaan ganda.

      Pada ketingian 600-800 dpl. itu adalah ketingian cukup ideal. Untuk jenis apa saja
      bisa ditanam dengan ketingiian tersebut pak.

      Jika ada hal lainya tentang budidaya durian yang ingin ditanyakan silahkan berikan komentar Anda kembali. Terima Kasih

  5. Selamat sore pak Admin,..
    Saya mau tanya Pak, 5kg itu sekali pemupukan atau untuk 3x pemupukan?

  6. selamat siang pakAdmin,
    saya baru menanam durian sekitar 10bln yang lalu dan alhamdulillah sudah tumbuh pupuk apa yang paling untuk pohon sekarang.makasih pak

    • selamat siang pakAdmin,
      saya baru menanam durian sekitar 10 bln yang lalu dan alhamdulillah sudah tumbuh pupuk apa yang paling untuk pohon sekarang.makasih pak

  7. Yth Pak admin
    Saya punya bbrp pohon duren yg usianya lbh dr 10 thn , ttp buahnya sedikit , saya ingin tanya ,apa kah yg dimaksud dgn pupuk kandang yg sdh di urai? Bgmn mengurapinya?
    Kalo dlm memberi pupuk NPK tidak boleh me lubang I di sekitar tanah, lalu bgmn kah caranya memberi pupuk NPK tersebut?

    Dan kapan kah saat memberi pupuk kandang dan kapan memberi pupuk NPK?

    Makasih

  8. Yth pak admin, saya punya phn durian yg umurnya diatas 50 an thn. Namun sejak 5 thn belakangan berbuah sdikit sekali beda dg dulu. Kira” msh bisa berbuah spt biasanya / lebat ….caranya pemupukannya apa ada cara khusus. trimakasih

  9. Salam bang admin…
    lo di daerah sumatra pupuk dirian nya brbeda pa ngak ya dngan di pulau jawa…?

    • admin-infoagribisnis

      Secara umum penggunaan pupuk pada tanaman durian hampir sama. Namun hal yang perlu bapak pertimbangkan adalah kondisi kesuburan tanah. Jika dalam penggunaan pupuk pada pohon durian secara umum masih dirasa kurang, maka sebaiknya tindakan yang bapak lakukan adalah memberikan pupuk sesuai kebutuhan saja, misal untuk buah : tambahkan Granisil B atau yang lainya. Terima kasih

  10. Met sore Pak admin,saya mau nanya info alamat lengkap dan no telepon Pak nauval Firdaus di kabupaten Jombang,Jawa timur. Artikel 8-10-2015 “cara jitu teknik pemupukan pohon durian,tingkatkan hasil panen 160 buah per pohon” terima kasih sebelumnya.

    • Selamat siang pak.
      Boleh minta kontak noval firdaus petani durian dikab.jombang.
      terima kasih

      • admin-infoagribisnis

        Baik selamat siang pak Noval, untuk saat ini diwilayah jobang belum ada rekomendasi yang bisa kami rekomenadikan terkait bibit pohon durian. Terima kasih

  11. maaf admin mau tanya pohon durian dirumah saya mulai berbuah setelah berbuah daunya rontok dan seteleh di lubangi tanahnya ternyata banyak ulatnya (orang jawa bilang embuk) mungkinkah pohon durian itu nanti mati
    durian montong

    • admin-infoagribisnis

      Sangat mungkin sekali pak, jika terjadi seperti itu segera gunakan jenis insektisida pak untuk membasmi ulat tersebut. Karena serangan ulat tersebut bekerja dengan memakan pembuluh pada bagian pokok batang sehingga tanaman durian akan terhambat proses penyerapan nutrisinya. Jadi otomotis jika dibiarkan terlalu lama maka tanaman dapat mati pak.

  12. Slmt sore admin sy mau bertanya utk penanaman durian bisa kah di tanah gambut,, trims

    • admin-infoagribisnis

      Bisa pak, namun dalam persiapan tanah harus di imbangi dengan penggunaan dolomit supaya konsentrasi asam pada tanah gambut dapat berkurang. Terima kasih

  13. halo min, ane dari artis4d ni, cuma mau blg tq ya atas info nya
    nanti jika ada kendala dari artis4d atau togel hongkong punya kendala dari tanaman durian, akan sharing di sni ya
    tq min, salam JP dari artis4d

  14. selamat siang pak admin mohon diberi penjelasan tentang cara melilih bibit durian mustang king yang baik dan cara penanaman nya saya berada di daerah kalimantan timur dengan lahan kira kira 600 diatas permukaan laut

Pohon Durian Berbuah Lebat, Ini Cara Tingkatkan Hasil Panen


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pohon Durian Berbuah Lebat, Ini Cara Tingkatkan Hasil Panen