Halaman Depan / Pertanian / 5 Langkah Praktis Membuat Instalasi Hidroponik Sederhana, Selamat Mencoba !!

5 Langkah Praktis Membuat Instalasi Hidroponik Sederhana, Selamat Mencoba !!

Bercocok tanam dengan media hidroponik tidaklah sulit melainkan cukup mudah. Pada kesempatan ini kami akan menyajikan untuk Anda, bagaimana caranya membuat intalasi hidroponik sederhana.

Instalasi hidroponik sederhana image
Instalasi hidroponik sederhana yang Praktis

Sebelum jauh membahas bagaimana merangkai instalasi hidroponik sederhana, Anda harus paham prinsip dasar hidroponik. Hidroponik merupakan cara budidaya tanaman dengan  media utama adalah air. Dengan cara mengalirkan larutan nutrisi yang dibutuhkan tanaman mengunakan istalasi hidroponik.

Hidroponik juga disebut cara bercocok tanam tanpa mengunakan tanah. Tanpa tanah Anda tidak perlu mengotori tangan, tidak perlu melakukan penyiraman dan berpanas-panasan di bawah terik matahari.

Hidroponik merupakan solusi bercocok tanam bagi masyarakat yang tak punya lahan, tidak suka kotor, dan praktis. Cara menanam hidroponik bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruangan di sekitar rumah Anda. 

Hidroponik sederhana bisa Anda buat sendiri dengan bahan-bahan yang murah dan terjangkau. Ataupun Anda dapat memanfaatkan barang-barang bekas disekitar rumah Anda. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagai mana cara bercocok tanam tomat dengan media hidroponik sederhana.

Berikut ini 5 langkah praktis membuat instalasi hidroponik sederhana

Langkah Pertama, Anda harus menyiapkan bahan-bahan berupa bak plastik/ ember plastik, sterofoam, net pot atau gelas plastik air mineral, kapas atau sumbu kompor sebagai media tanam, larutan nutrisi atau gunakan pupuk organik cair dan bibit sayuran.

Langkah kedua, Anda lakukan pelubangan pada sterofoam sebanyak 6-8 lubang atau bisa Anda buat sesuai kebutuhan. Kemudian Anda juga harus melubangi bagian bawah pada gelas plastik secukupnya saja.

Langkah ketiga, masukan kain flanel atau sumbu kompor ke bagian gelas plastik berlubang, tarik sebagian media tanam sehingga menjuntai menembus dasar. Selanjutnya untuk masukan rockwool untuk media tanam bibit, lubangi rockwool, tetapi jangan terlalu dalam.

Untuk mengetahui lebih jelas, dibawah ini tahapan perkitan instalasi hidroponik sederhana :

Tahap 1 image
Tahap 1
Tahap 2 image
Tahap 2
Tahap 3 image
Tahap 3

Langkah keempat, masukan biji sayuran ke media tanam cukup 1-2 biji dalam lubang tanam.

Langkah kelima,  letakan  gelas plastik ke lubang-lubang sterofoam yang telah Anda buat, lalu tutupkan ke bak plastik yang sudah diisi air bersih, sehingga posisi dasar gelas plastik sekitar 1 cm dari permukaan air. Jika benih sudah tumbuh dan berdaun 4 helai, masukkan pekatan nutrisi hidroponik ke dalam air bersih dengan dosis 5 ml formula A dan B dalam setiap 1 liter air. (Nutrisi hidroponik sederhana bisa Anda dapatkan di toko pertanian terdekat).

Siapkah Anda mencoba dan mempraktekkan intalasi hidroponik sederhana, jika artikel yang kami buat belum jelas Anda bisa membaca E-book 10 teknik budidaya tanaman hidroponik pada Wabsite yang kami sediakan.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

jenis tanaman hidroponik

5 Jenis Tanaman Hidroponik Ini Tinggi Nilai Ekonomisnya

Jenis tanaman hidroponik – Tingginya harga kebutuhan makanan pokok seperti buah – buahan dan sayuran …

2 komentar

  1. Bambang Yuliarto

    ingin menimba ilmu pertanian dimasa pensiun mengisi waktu luang agar bermanfaat mengagumi ciptaan

    Allah Swt mulai dari bibit sampai panen. Artikel bagus.

    • admin-infoagribisnis

      Terima kasih atas Antensi yang diberikan pak Bambang Yulianto. Semoga informasi mengenahi Cara membuat instalasi hidroponik sederhana ini dapat menjadi alternatif bagi Anda untuk mengisi waktu disaat pengsiun. Terima Kasih

Hidroponik Sederhana Mudah dan Praktis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hidroponik Sederhana Mudah dan Praktis