Halaman Depan / Pertanian / Ingin Berkebun Praktis, Coba Pelajari Cara Menanam Mangga Di Pot Ini !!

Ingin Berkebun Praktis, Coba Pelajari Cara Menanam Mangga Di Pot Ini !!

Dua hari yang lalu Saya berkunjung ke rumah Nazief Fahmi, kawan lamaku semasa SMA. Di sela-sela kesibukannya masih sempat menanam mangga dengan media pot di depan rumahnya. Terlihat ada total 7 pot yang berisi tanaman mangga harum manis di depan rumah, yang sedang berbuah sangat lebat dan menggoda mata. “cara menanam mangga dalam pot itu mudah,” ujar Pria Sarjana Pertanian, UPN Veteran Yogyakarta tersebut.

Saya pun penasaran dengan pemandangan pot-pot yang penuh dengan buah mangga ranum tersebut, setelah ngobrol ngalor ngidul layaknya kawan lama bertemu, Saya akhirnya tidak tahan untuk menanyakan langsung bagaimana cara menanam mangga dengan media pot seperti yang sudah Ia lakukan.

gambar cara menanam mangga media pot image
gambar cara menanam mangga media pot

Media pot mampu menjawab kondisi lahan sekarang yang semakin sempit, akibat semakin minimnya lahan pertanian, dan cara menanam mangga dalam pot itu bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan tekun dan mau belajar,” tambah Nazief.

Cara menanam mangga dengan media pot setidaknya memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi agar pohon mangga tersebut rajin berbuah. Syarat-syarat tersebut antara lain :

  1. Memilih jenis dan bibit mangga
  2. Penanaman bibit mangga dan pemilihan pot berikut media tanamnya
  3. Pemberian pupuk yang efektif, serta pengendalian hama tanaman.

Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah cara menanam mangga :

1. Pemilihan Bibit Mangga

“Disarankan memilih bibit mangga yang gampang berbuah contohnya mangga harum manis atau mangga manalagi,” ujar Pria yang baru genap berusia 27 tahun tersebut. Cara menanam mangga agar cepat berbuah juga dianjurkan tidak menanam dalam bentuk biji. Sebaliknya gunakan bibit mangga hasil cangkok maupun okulasi agar lebih cepat panen.

gambar bibit mangga image
gambar bibit mangga

Selain varietas harum manis dan manalagi, varietas mangga yang cepat berbuah dan mudah dalam hal perawatan adalah mangga nangklangwang, mangga gedong, serta mangga golek. Varietas-varietas tersebut jika dirawat dengan baik sudah dapat dipanen pada saat usia tanaman berumur 3 hingga 4 tahun saja.

2. Media Tanam Cara Menanam Mangga

Tanaman mangga menyukai media tanam yang berstruktur berbutir-butir, remah, gembur, serta kaya akan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Anda dapat menggunakan media tanam dengan campuran arang sekam, tanah subur, serta pupuk kompos atau pupuk kandang yang sudah matang dengan perbandingan komposisi 1 : 2 : 1.

Setelah media tanam selesai, langkah selanjutnya dari cara menanam mangga di dalam pot adalah memilih jenis pot yang akan Anda gunakan. Pilihlah pot yang tidak mudah pecah, ringan, dan terbuat dari bahan yang memiliki pori-pori sebagai akses oksigen yang dibutuhkan akar tanaman mangga.

Jangan lupa agar pot tersebut harus memiliki lubang kurang lebih berjumlah 4 hingga 6 buah dengan ukuran diameter 1 cm agar drainase air di dalam pot tersalur sempurna pada saat penyiraman berlangsung dan tidak menggenangi akar tanaman. memilih pot yang berkaki juga lebih dianjurkan agar air bekar penyiraman dapat keluar dengan lebih mudah.

3. Cara Menanam Mangga Dalam Pot

Setelah bibit mangga, media tanam, dan pot telah siap, selanjutnya adalah mulai menanam bibit mangga tersebut kedalam media tanam. Tambahkan dasar pot dengan pecahan batu bata dan serpihan kayu gergaji untuk memperlancaran drainase media tanam. Setelah itu masukkan media tanam yang sudah dipersiapkan tadi hingga separuh tinggi pot tersebut. Selanjutnya lepaskan bibit mangga dari polybag, kemudian masukkan kedalam media tanam dalam pot tersebut.

Timbun kembali bibit mangga tersebut dengan campuran media tanam hingga mencapai ¾ dari tinggi pot tersebut. “Diusahakan agar bekas okulasi tetap menonjol paling tidak 10 cm diatas permukaan media tanam,” Saran Nazief. Setelah bibit tertanam dengan baik, maka sirami dengan air secukupnya agar bibit baru tersebut terhindar dari kekurangan air di media barunya.

4. Penyiraman Tanaman

Cara menanam mangga, entah di dalam pot maupun di lahan sangat memerlukan penyiraman yang teratur agar tanaman mangga tersebut tidak kekurangan air. Pada masa awal sebaiknya sirami tanaman secara rutin setiap pagi dan sore hari. Untuk cara menanam mangga dengan media pot harus memperhatikan juga volume air saat menyiram agar air tidak tergenang terlalu lama di dalam pot sehingga dapat menyebabkan pembusukan akar tanaman mangga tersebut.

5. Pemberian Pupuk Tambahan

Cara menanam mangga di dalam pot juga membutuhkan pemupukan seperti halnya pada media lahan. Untuk memenuhi kebutuhan tanaman akan unsur hara sebagai komponen penting pertumbuhannya. Berikan pupuk minimal dua minggu sekali dengan cara ditaburkan di sekeliling tanaman kemudian disiram. Pupuk yang digunakan untuk merangsang pertumbuhan tanaman sebaiknya gunakan pupuk organik.

Baca :
– Cara Membuat Pupuk Tanaman Perangsang Bunga & Buah
– Tips Praktis Cara Membuat Pupuk Kompos

6. Masa Panen

Mangga hasil cangkokan maupun okulasi biasanya sudah dapat dipanen setelah berumur 2 – 3 tahun. Pada panen buah pertama hanya berjumlah 10 – 15 buah saja, namun dari tahun ke tahun jumlah buah saat musim panen akan terus meningkat, seiring dengan usia tanaman yang semakin tua. Masa panen buah mangga biasanya terjadi pada bulan September hingga Oktober.

“Kalo ini yang memanen justru teman atau kolega yang bertamu kesini dan tertarik dengan buah mangganya yang ranum,” kata Nazief diselingi tawa renyah. Demikianlah cara menanam mangga dengan media pot yang dapat segera Anda praktekkan di rumah, selamat berlibur dengan menanam mangga dalam pot.

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

5 komentar

  1. Posting bermanfaat. Terima kasih.

  2. thanks gan infonya sangat membantu dan bermanfaat..

  3. Terima kasih infonya,wass

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *