Halaman Depan / Pertanian / Belajar pengalaman cara menanam cabe keriting dari Curup, Bengkulu

Belajar pengalaman cara menanam cabe keriting dari Curup, Bengkulu

Inilah pengalaman tetntang cara menanam cabe keriting dari Curup, Bengkulu.

Pengalaman cara menanam cabe keriting image
Pengalaman cara menanam cabe keriting

Meskipun cara menanam cabe keriting di sini lebih sulit dibandingkan tanaman jahe merah, namun produksi panennya tetap tinggi. Bahkan rata – rata hasil panen cabe keriting disini hingga 2,5 ton per hektar lahan tumpangsari,” Demikian awal pembicaraan Kami tentang cara menanam cabe dengan Sulistyo, petani cabe keriting asal daerah Curup, Bengkulu.

Kelebihan hasil panen dari cara menanam cabe keriting milik Sulistyo tidak hanya itu saja. Tanaman cabe yang sebenarnya berdiri di atas satu hektar lahan tanaman jahe merah,  tersebut dapat dipanen setiap satu minggu sekali dengan usia produktifitas tanaman mencapai umur 12 bulan. “Jadi hasil cabe keriting buat kebutuhan sehari – hari, sementara hasil jahe gajahnya nanti buat naik haji hahaha,” Kelakar Sulistyo sumringah.

Sulistyo bersama beberapa petani lain asal daerah Curup, Bengkulu memang terbiasa menanam benih cabe keriting dengan system tumpangsari bersama tanaman jahe merah. Cabe kurus berlekuk – lekuk, panjang berbentuk keriting tersebut memiliki rasa lebih pedas dan bertekstur lebih padat dibandingkan dengan cabe merah biasa.

“Sayangnya masih belum banyak para petani yang menanam cabe keriting ini, padahal kan cabe yang dicari konsumen ya rasa pedasnya, makanya jenis cabe keriting ini lebih laku di pasaran karena memang rasanya lebih pedas dibandingkan dengan varietas cabe lainnya,” Ungkap Sulistyo menyayangkan.

Prinsip Dasar  Cara Menanam Cabe Keriting

Menurut Sulistyo, pada dasarnya ada dua cara menanam cabe keriting yang kerap dilakukan oleh para petani cabe. Cara pertama adalah langsung menanam benih cabe keriting di lahan, sementara cara menanam cabe keriting yang kedua adalah dengan menyemaikan benih terlebih dahulu sebelum dipindahkan ke lahan tanam.

Untuk Anda yang hendak memulai usaha budidaya cabe kering, ada baiknya untuk melakukan cara menanam cabe keriting dengan menyemaikan benih cabe keriting terlebih dahulu, sebab menanam benih cabe keriting langsung kedalam lahan tanpa disemaikan memiliki beberapa kekurangan yang dapat merugikan petani itu sendiri. Beberapa kekurangan cara menanam cabe keriting langsung tanpa semai diantaranya sebagai berikut :

  1. Petani membutuhkan lebih banyak benih jika tanpa proses penyemaian, itu berarti uang yang dikeluarkan untuk membeli benih akan semakin banyak.
  2. Kemungkinan benih yang tidak tumbuh sempurna akan semakin banyak, sebab tidak ada seleksi benih cabe keriting sebelum ditanam.
  3. Pada tahap penyulaman, akan lebih banyak tenaga yang dibutuhkan karena banyaknya tanaman cabe yang tidak tumbuh sempurna harus diganti dengan benih yang baru. Itu artinya biaya untuk tenaga kerja juga semakin besar.
  4. Umur tanaman cabe keriting tanpa disemai juga tidak seragam, hal ini akan berpengaruh besar terhadap hasil produksi dan musim panen yang tidak terencana dengan baik.

Sedangkan jika Anda menyemaikan benih cabe keriting terlebih dahulu, beberapa keuntungan yang didapatkan adalah sebagai berikut :

Pengalaman cara menanam cabe keriting dalam pembibitan image
Pengalaman cara menanam cabe keriting dalam pembibitan
  1. Proses penyemaian benih cabe keriting dapat juga digunakan untuk menyeleksi apakah ada benih cabe keriting yang tidak tumbuh dengan baik atau tidak.
  2. Dengan sistem seleksi seperti itu, benih cabe keriting yang ditanam adalah benar – benar benih yang berkualitas tinggi, sehingga dapat menekan kebutuhan benih cabe keriting hingga separuhnya dibandingkan dengan cara menanam cabe keriting langsung.
  3. Penyulaman tanaman akan lebih mudah dan tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak, ini artinya  cara menanam cabai keriting dapat dilakukan sendiri dengan mengatur waktu penyemaian.
  4. Pertumbuhan tanaman cabe keriting lebih seragam dan hasil panen juga serempak sehingga memudahkan petani untuk memanen secara bersamaan.

Menyemai Benih Cabe Keriting

Langkah pertama untuk menyemai benih cabe keriting adalah dengan merendam benih tersebut dengan air hangat selama kurang lebih satu jam, kemudian perhatikan apakah ada benih yang mengambang ? Jika ada, itulah benih yang tidak akan tumbuh dengan baik dan sebaiknya benih tersebut dibuang. “ cara ini gunanya untuk menyeleksi benih yang benar-beenar berkualitas,” papar Pria transmigran asal Brebes, Jawa Tengah tersebut.

Baca : Tips Cara Menanam Cabe Keriting dengan Pupuk Serabut Kelapa, Terbukti Tingkatkan Hasil Panen !!

Tahapan awal cara menanam cabe dari bibit image
Tahapan awal cara menanam cabe dari bibit
cara menanam cabe keriting tepat mengunakan mulsa image
cara menanam cabe keriting tepat mengunakan mulsa
gambar cara menanam cabe keriting dengan hasil optimal
gambar cara menanam cabe keriting dengan hasil optimal

Setelah benih diseleksi, persiapkan media semai berupa tanah bedengan yang telah dicangkul hingga gembur dan diberi campuran pupuk kandang yang telah matang. Untuk memaksimalkan proses penyemaian, taburi lahan semai dengan abu hasil pembakaran jerami, alang-alang, atatu rerumputan.

Kemudian langkah selanjutnya cara menanam cabe keriting yang telah diseleksi tersebut kedalam bedengan, dan sirami dengan air secukupnya. “ Untuk satu hektar lahan biasanya Saya semai 30 canting benih cabe keriting dimana satu canting biasanya 100 gr benih,” tambah Sulistyo.

Sirami benih cabe keriting tersebut secara rutin setiap pagi dan sore hari. Jika diperlukan, semprotkan juga obat perangsang benih yang banyak di jual di toko pertanian setiap satu minggu sekali untuk mempercepat tumbuhnya tunas pada benih cabe keriting tersebut. Umumnya tahap persemaian benih ini membutuhkan waktu 30 hingga 45 hari atau jika benih cabe keriting telah tumbuh setinggi kurang lebih 15 cm.

Setelah benih berumur cukup, maka pindahkan benih tersebut kedalam lahan sesungguhnya. Anda dapat melakukan cara menanam cabe keriting dengan sistem tumpang sari seperti Sulistyo dan beberapa petani Curup lainnya yang menanam cabe keriting diatas lahan jahe gajah , maupun dengan system monokultur yaitu cara menanam cabe keriting di lahan kosong yang memang sengaja Anda siapkan untuk budidaya cabe keriting.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara menanam cabe keriting, Anda dapat mengunjungi artikel terkait Kami lainnya. Panduan Sederhana Cara Menanam Cabe.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

fungisida organik

Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini

Fungisida organik – Bercocok tanam atau bertani saat ini telah menjadi lahan bisnis yang mempunyai …

10 komentar

  1. Alhamdulillah, dengan melihat artikel ini saya lebih termotivasi untuk lebih giat dalam bertani.

    • admin-infoagribisnis

      Terima kasih pak Ahmad Romli, Jika ada yang ingin ditanyakan terkait cara menanam cabe kriting ini lebih detail, Bapak bisa berikan komentar kembali, sehingga Kita bisa saling berdikusi pak.

  2. Alhamdulillah.. Sy adslah petani pemula. Sy belum tahu apa2 alhamdulillah dg artikel ini saya bisa tahu banyak. Terimakasih kepada admin

  3. Salam tani,.. admin boleh saya minta kontak pak sulistyo yg disebut dlm artikel ini? Terimakasih

  4. Salam tani… admin boleh saya minta kontak bpk sulistyo yg ada dlm artikel tersebut?

  5. I MADE RINCIM ASTAWA

    Bagus sekali uraiannya. Terimakasih telah berbagi

    • admin-infoagribisnis

      Sama-sama pak, jika ada masukan atau saran tetang cara menanam cabe kriting ini, kami dengan menanggapinya dengan senang hati. terima kasih

  6. Lebih mudah mana ya, antara Budidaya Cabe Keriting atau cabe rawit?

Cara Menanam Cabe Keriting Praktis !!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Menanam Cabe Keriting Praktis !!