Halaman Depan / Pertanian / 3 Langkah Mudah Cara Menanam Pepaya California

3 Langkah Mudah Cara Menanam Pepaya California

gambar hasil panen pepaya california image
gambar hasil panen pepaya california

Pepaya adalah salah satu buah yang banyak terdapat di berbagai tempat di belahan dunia. Karena tanaman pepaya bisa tumbuh baik di dataran tinggi maupun dataran rendah, tidak peduli di lahan kering maupun basah, serta dengan iklim sub tropis maupun tropis tanaman pepaya dapat tumbuh dengan baik.

Salah satu jenis pepaya yang banyak dibudidayakan di Indonesia adalah varietas pepaya california. Cara menanam pepaya california sebenarnya hampir sama dengan menanam pepaya varietas lainnya.

Keunggulan dari jenis pepaya ini adalah memiliki hasil panen yang banyak, dan lebih tahan terhadap hama penyakit. Tentunya yang membuat para petani lebih memilih budidaya pepaya california dibandingkan jenis pepaya yang lain. Anda ingin mencoba budidaya california, berikut penjelasan umum tentang jenis pepaya california.

Tanaman pepaya pada awalnya berasal dari dataran Amerika latin seperti Costa Rika dan Meksiko, sedangkan varietas pepaya california pada mulanya dibudidayakan di wilayah negara bagian Amerika Serikat, yang beriklim tropis yaitu tepatnya di wilayah California. Itulah sebabnya varietas ini disebut jenis pepaya california.

Pengetahuan Dasar Cara Menanam Pepaya California

Cara menanam pepaya california akan jauh lebih maksimal jika Anda memilih tempat yang kondisi hembusan angin di lingkungan sekitar tidak terlalu kencang, hal itu dimaksudkan agar proses penyerbukan bunga dapat berjalan lancar.  Kedua hal yang harus Anda perhatikan yaitu cara menanam pepaya california juga sebaiknya berada dalam lahan yang memiliki curah hujan sedang yaitu kisaran 1.000 hingga 2.000 mm/th.

Sedangkan suhu udara yang tepat untuk cara menanam pepaya california adalah 22 hingga 27 derajat celcius, dengan persentase kelembaban tanah kurang lebih 40%, serta memiliki kandungan asam netral, yaitu antara PH 6 sampai 7. Jika tanah terlalu asam, PH kurang dari 5, maka perlu dilakukan pengapuran terlebih dahulu dengan dolomit agar PH tanah menjadi netral.

Cara menanam pepaya california juga perlu untuk memilih lahan yang bertekstur gembur serta memiliki tingkat kesuburan yang tinggi dimana di dalam tanah tersebut terkandung berbagai macam unsur hara yang diperlukan bagi pertumbuhan tanaman pepaya california tersebut.

Ketersediaan air tanah juga harus diperhatikan untuk cara menanam pepaya california, jangan sampai tanaman pepaya mengalami kekurangan pasokan air sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi kurus kemudian mati. Namun demikian, air yang terlalu banyak hingga menggenang pun tidak dianjurkan dalam cara menanam pepaya california. Sebab genangan air dapat menyebabkan tumbuhnya jamur yang dapat merugikan tanaman pepaya.

Cara menanam pepaya california juga dapat Anda lakukan sendiri dirumah, dengan memanfaatkan halaman depan rumah, maupun halaman depan rumah Anda. Inilah 3 langkah mudah cara menanam pepaya california adalah sebagai berikut :

3 Langkah Mudah Cara Menanam Pepaya California

  1. Pembibitan

Langkah pertama cara menanam pepaya california adalah memilih bibit pepaya california unggul yang sudah terbukti kualitas pertumbuhan serta hasil panennya yang melimpah. Atau bisa juga dengan cara pembibitan langsung dari biji buah pepaya california untuk kemudian disemai terlebih dahulu sebelum ditanam.

gambar cara menanam pepaya california - pembibitan tepat image
gambar cara menanam pepaya california – pembibitan tepat
gambar cara menanam pepaya california - pembibitan siap tanam image
gambar cara menanam pepaya california – pembibitan siap tanam

Untuk Anda yang hendak menanam pepaya di halaman rumah, akan lebih baik jika bibit pepaya yang digunakan adalah dengan cara membeli bibit siap tanam yang banyak dijual oleh para petani pepaya california di sekitar Anda. Hal ini akan lebih memastikan bahwa bibit pepaya tersebut benar-benar bibit pepaya terbaik, serta Anda tidak perlu repot melakukan tahap persemaian dalam cara menanam pepaya california.

  1. Media Tanam

Setelah bibit siap tanam sudah Anda dapatkan, cara menanam pepaya california selanjutnya adalah mengolah tanah yang akan Anda gunakan untuk menanam bibit pepaya tersebut. Sebaiknya gemburkan lahan terlebih dahulu, disusul dengan pemberian pupuk kandang secukupnya kemudian diamkan tanah yang telah dicangkul tersebut selama 1 minggu agar racun tanah terbawa angin.

Setelah 1 minggu tanah yang telah dicampur dengan pupuk kandang tersebut didiamkan, masukkan bibit pepaya California kedalam lubang tanam, kemudian tutup kembali dengan tanah yang sebelumnya telah dicampur dengan abu serta pupuk kandang dengan dosis 1 : 1 : 1.

  1. Pemeliharaan

Meskipun Anda tidak menanam pepaya dalam jumlah besar dan hanya menanam di halaman rumah, tahap pemelihraan tanaman tetaplah diperlukan, agar menjaga pertumbuhan serta hasil panen pepaya yang Anda tanam dapat menuai hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Jenis perawatan tanaman dalam cara menanam pepaya California yang baik diantaranya adalah penyiangan, pengairan, serta pemupukan susulan. Penyiangan adalah tahap membersihkan sekitar tanaman dari adanya rumput liar maupun tanaman pengganggu lainnya yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman pepaya Anda.

Cara menanam pepaya California juga patut memperhatikan proses penyiraman tanaman pepaya Anda rutin setiap pagi hari sebelum matahari terlalu terik, namun usahakan menyiram dengan air secukupnya, sebab air yang menggenang di sekitar tanaman pepaya justru dapat menyebabkan timbulnya jamur yang berdampak buruk bagi perkembangan tanaman pepaya California.

Pemberian pupuk juga penting dilakukan untuk menjaga kesuburan tanah disekitar tanaman pepaya California. Lakukan pemupukan paling tidak 2 bulan sekali dimulai pada saat tanaman papaya menginjak usia tanam kurang leboih 6 bulan, dengan menggunakan pupuk kandang yang sudah difermentasikan atau sudah matang.

Baca : Selengkapnya Metode Praktis Cara Membuat Pupuk Tanaman Perangsang Buah Dan Bunga, Agar Hasil Maksimal

Setelah usia tanaman pepaya California Anda berumur 9 hingga 10 bulan, biasanya sudah dapat dipanen dengan ditandai menguningnya buah pepaya tersebut. Dan setelah mulai panen pertama, tanaman pepaya akan terus menghasilkan buah hingga memasuki usia tidak produktif yaitu setelah usia tanam memasuki umur 5 hingga 6 tahun tergantung dari perawatan tanaman yang Anda lakukan.

Bagaimana ? mudah bukan cara menanam pepaya california. Tentunya menanam pepaya sendiri, akan membuat Anda lebih menghargai setiap proses, buah lebih terasa nimat dan segar dari pada membeli…

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

fungisida organik

Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini

Fungisida organik – Bercocok tanam atau bertani saat ini telah menjadi lahan bisnis yang mempunyai …

28 komentar

  1. sangat bermanfaat, membantu pemula usaha yang masih tahap coba, akhirnya setelah baca pengin ga coba-coba,…tks semuanya

  2. Terima kasih banyak informasinya.
    Ada yang mau saya tanya:
    Pepaya california yg saya tanam, bunga/buahnya sering busuk !
    Kenapa ya ???
    Tolong bantu cara mengatasinya.
    Sementara buah bagian bawahnya bagus !
    Terima kasih.

  3. Sangat bermanfaat sekali untuk pemula yang akan merencanakan penanaman , ada yang saya mau tanyakan perawatan apa saja setelah proses penanaman bibit. Baik Pemupukan atau penyemprotan dan menggunakan media apa atau pupuk atau obat apa ?

    terima kasih

    Kenedy

  4. Semia rumah menanam pepaya kalifornia biar anggota keluarga sehat.

  5. Panduanya bagus,sangat bermanfaat,semoga tambah barokah selalu berbagi ilmu.amiin.
    Mohon ijin membaca dan mencoba panduan sampean.matur nuwun.H

    • admin-infoagribisnis

      Baik pak, semoga informasi Langkah Cara Menanam Pepaya ini dapat membatu anda.
      Jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan, berikan komentar Anda kembali. Terima Kasih

  6. semalat siang petani-petani sukses indonesia

    • Tanaman pepaya saya sdh ber bunga tp bunganya sllalu patah. Bagaimana caranya agar bunganya bisa kuat tdk mudah patah ? Mksh.

      • admin-infoagribisnis

        Agar pembungaan dapat sempurna dan tidak mudah jatuh, bapak bisa mengunakan salah satu produk pertanian, seperti Grandasil B.

  7. bagaimana cara menyemai benih dari biji mas?
    apa bisa dari biji pepaya california yang dibeli di pasar?

    • admin-infoagribisnis

      Baik pak Kami akan menjawabnya terkait cara menanam pepaya dari biji.
      Pada dasarnya menyemai biji buah pepaya bisa dilakukan sediri dirumah.
      Caranya, Anda bisa membeli buah pepaya dipasaran, namun yang menjadi catatan
      buah pepaya harus benar-benar masak, bukan hasil masak karbit.

      Kemudian setelah mendapatkan buah pepaya, belah pepaya menjadi 3 bagian,
      kualitas biji terbaik berada dibagian tengah. Jangan mengunakan biji
      pada bagian ujung atas maupun bawah.

      Selajutnya biji dicuci hingga bersih, jemur hingga kering jangan sampai
      terkena air hujan, diamkan biji 2-4 minggu supaya mengalami proses durmansi
      atau istirahat. Kumdian biji bisa mulai disemai pada nampan maupun polybag kecil

      Demikian info cara menyemai biji pepaya yang bisa kami berikan, jika ada pertanyaan lain
      bapak bisa berikan komentar kembali. Terima kasih

  8. sanagat jelas dan gamblang penjelasannya

  9. Pepaya saya di dekat sawah kok tanamannya jadi layu kenapa ya Pak?

    • admin-infoagribisnis

      Sebenarnnya bukan masalah memanam pepaya california yang berada didekat sawah.
      Namun penyebab layu bisa disebabkan oleh kondisi tanah yang tercemar oleh bakteri
      yang dapat membusukan perakaran sehingga tanaman pepaya menjadi layu. Atau akibat
      penggunaan pupuk kandang yang belum matang sempurna. Sehingga pememanasan terjadi
      didalam tanah dan berakibat pembusukan perakan pepaya.

      Itulah jawaban yang dapat kami berikan seputar cara menanam pepaya california. Terima kasih

  10. infonya sangat bermanfaat gann. untuk cara menanam pepaya californianya gan

    • admin-infoagribisnis

      Baik pak terima kasih. Jika ada yang ingin ditanyakan seputar cara menanam pepaya ini, Anda bisa tinggalkan komentar kembali. Terima kasih

  11. Sangat bermanfaat mas, akan saya coba di kebun. Lumayan untuk aktivitas dan perbaikan gizi anak cucu. Hehe

  12. Alhamdulillah biji apapun yang aku lempar dihalaman depan dan belakang,pasti tumbuh tanpa pembibitan atw penyemaian biji.pohon pepaya california sudahberbuah subur#20 biji,itu yang sudah dipetik,yg masih dipohon masih 20an mungkin.
    Alhamdulillah tetangga” sekitar rumah sudah merasakan kebun kecilku.
    Alhamdulillah juga pohon cabeku berbuah lebat#klo ini aku kasih pupuk penyubur+mecin.
    Tapi pohon cabe depan rumah,kena virus layu,gagal panen deh,lumayan dapet 1keranjan kecil.
    Pohon melonku tumbuh lebat,tapi yang berhasil baru 2buah yang sudah dipetik.
    Pohon pisangku tumbuh subur,sudah berkali berbuah dan panen..alhamdulillah bisa bagi” sodara.
    Dan alhasil,sekarang tetangga beli calon pohon pepaya,cabe yang siap ditanam dipot.
    Puji syukur alhamdulillah
    Yuuuuuu kita bercocok tanam dirumah,selain bikin rumah asri dan berhemat

  13. Wah artikel yang sangat luar biasa,
    Tapi saya mau nanya lahan di belakang rumah saya jika musim hujan tanahnya akan tergenang Kira Kira sampai 2 atau 3 hari, tapi jika tidak musim hujan tanahnya bagus dan kering, apakah bisa menanam pepaya di lahan seperti itu?
    Mohon pencerahannya mas admin

  14. Artikel yang sangat luar biasa Dan bagus
    Tapi saya ingin beritanya
    Saya memiliki lahan di belakang rumah jika masuk musim hujan hingga 3hari berturut turut, tanah di belakang rumah saya akan tergenang Kira Kira 2 sampai 3 hari, tapi jika tidak hujan tanah nya bagus Dan kering (agak lembab), apakah tanaman pepaya bisa ditanam di lahan seperti itu?? Apakah perlu perawatan khusus?
    Mohon pencerahannya admin

  15. Artikel yang sangat luar biasa Dan bagus
    Tapi saya ingin beritanya
    Saya memiliki lahan di belakang rumah jika masuk musim hujan hingga 3hari berturut turut, tanah di belakang rumah saya akan tergenang Kira Kira 2 sampai 3 hari, tapi jika tidak hujan tanah nya bagus Dan kering (agak lembab), apakah tanaman pepaya bisa ditanam di lahan seperti itu?? Apakah perlu perawatan khusus?
    Mohon pencerahannya admin

    • admin-infoagribisnis

      Baik Pak Prayoga, Pertanyaan Anda apakah tanaman pepaya bisa ditanam dilahan tersebut? Jawabanya bisa saja pak. Akan tetapi memang dibutuhkan perawatan khusus. Untuk menghindari genangan air, maka sebaiknya pembuatan bedengan dibuat dengan ukuran lebih tinggi supaya tanaman tidak tergenang. Hal itu saja yg perlu Bapak perhatikan. Untuk cara menanam pepaya selebihnya Anda bisa pelajari pada artikel yang telah kami sajikan, Terima kasih

  16. di padabg jual bibitnya dimana

  17. Apakah bibit ada yang dijual secara langsung, maksutnya bibit yang siap untuk ditanam.

    • admin-infoagribisnis

      Banyak sekali pak yang menjual bibit pepaya, Anda bisa mencarinya di kios atau toko2 pertanian terdekat pak. Terima kasih

  18. bagi yang ingin sharing masalah pertanian bisa kontak ke 085389744689

Cara Menanam Pepaya California | Metode Praktis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Menanam Pepaya California | Metode Praktis