Halaman Depan / Pertanian / Ini Dia Kandungan Nutrisi & 7 Manfaat Buah Jambu

Ini Dia Kandungan Nutrisi & 7 Manfaat Buah Jambu

gambar manfaat buah jambu image
gambar manfaat buah jambu

Era saat ini, jika tidak pintar menjaga asupan nutrisi yang masuk ke tubuh, bisa fatal akibatnya. Seiring majunya teknologi dan pesatnya arus globalisasi ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Banyak penyakit timbul akibat polusi udara, radiasi ultraviolet akibat menipisnya ozon, hingga berbagai jenis kanker yang menggerogoti tubuh akibat bahan makanan yang mengandung zat pengawet maupun pewarna buatan.

Padahal zaman kakek nenek Anda zaman dahulu, belum ada jenis penyakit berbahaya seperti sekarang. Karena orang zaman dulu hanya mengkonsumsi makanan alami seperti sayuran dan buah-buahan yang menyehatkan, salah satunya yaitu yang akan Kami bahas yaitu tentang manfaat buah jambu.

Manfaat Buah Jambu & Kandungan

Manfaat buah jambu, baik itu buah jambu biji maupun buah jambu air, dengan berbagai kandungan nutrisi vitamin dan mineralnya. Manfaat buah jambu mampu menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh. Terutama adalah kandungan vitamin C yang cukup banyak pada buah jambu, dimana berkhasiat sebagai antioksidan, penting untuk melawan berbagai zat berbahaya, yang dapat mengganggu kesehatan Anda.

Bahkan kandungan vitamin C pada buah jambu dapat memenuhi asupan kebutuhan gizi pada dua anak. Itu artinya satu anak cukup mengkonsumsi setengah, dari buah jambu untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuhnya.

Vitamin C di dalam buah jambu juga terbukti lebih banyak dari buah nanas yang lebih dahulu diketahui sebagai sumber vitamin C bagi tubuh manusia, lebih banyak mengandung kalori hingga 30%, terdapat kandungan protein 3 kali lebih besar, serta memiliki serat alami 4 kali lebih tinggi dibandingkan dengan buah nanas.

manfaat buah jambu dan kandungan buah jambu image
manfaat buah jambu dan kandungan buah jambu

Selain mengandung vitamin C yang cukup banyak, manfaat buah jambu lainnya bagi kesehatan tubuh Anda antara lain :

  1. Sebagai sumber vitamin A

Di dalam setiap buah jambu terkandung vitamin A. Manfaat buah jambu baik untuk menjaga kesehatan mata Anda, mencegah berbagai penyakit akibat kekurang vitamin A pada organ mata seperti degenerasi macula, katarak, rabun jauh, serta menjaga fungsi dan elastisitas selaput lendir dan nutrisi penting bagi kulit.

  1. Kaya Kandungan Asam Folat

Manfaat buah jambu juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil untuk membantu perkembangan janin di dalam kandungan. Asam folat merupakan senyawa utama yang membantu proses pembentukan otak dan perkembangan sel saraf janin secara optimal. Pada janin yang kekurangan asupan senyawa asam folat bahkan akan menyebabkan kemungkinan bayi cacat lahir dan mengalami gangguan saraf.

  1. Menghambat Tumbuhnya Sel Kanker

Kandungan flavonoid yang ada di dalam buah jambu juga mampu menghambat tumbuhnya sel sel kanker berbahaya di dalam tubuh Anda. Manfaat buah jambu dengan zat lycopen yang ada di setiap buahnya juga dapat berfungsi sebagai tameng kulit Anda dari paparan sinar ultraviolet serta mencegah gejala penyakit kanker prostat pada pria.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat buah jambu lainnya adalah sebagai menu diet bagi penderita tekanan darah tinggi atau kerap disebut penyakit hipertensi di dalam dunia medis. Kandungan kalium yang ada di dalam buah jambu dapat membantu menurunkan tekanan darah jika dikonsumsi secara rutin bagi penderita.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Seperti beberapa buah-buahan dan sayuran lainnya, manfaat buah jambu juga dapat membantu melancarkan saluran pencernaan Anda. Buah jambu merupakan sumber serat alami yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar dan mengoptimalkan fungsi organ-organ pencernaan seperti lambung, usus halus, usus besar, dan anus.

Manfaat buah jambu dapat memenuhi kebutuhan asupan serat harian tubuh, sehingga dapat meminimalisir penyakit akibat gangguan saluran pencernaan seperti diare, wasir, sembelit, hingga ambeien.

  1. Merawat Kulit Anda

Belakangan ini telah ditemukan oleh para peneliti ahli gizi sebuah zat bernama astringents yang diketahui mampu membantu mengencangkan kulit Anda yang mengendur akibat penuaan dini. Zat astringents ini ternyata juga terkandung didalam buah dan daun jambu. Untuk mendapatkan khasiat dari zat astringents tersebut, Anda cukup dengan mengkonsumsi buah jambu yang telah matang, maupun meminum air rebusan dari daun jambu.

Secara khusus Baca : Manfaat Buah Jambu Biji Merah Obati Diabetes Alami

Selain kandungan zat astringents, manfaat buah jambu untuk merawat dan menjaga vitalitas kulit Anda adalah dengan banyaknya kandungan vitamin A, Vitamin C, Vitamin B, hingga potassium yang terkenal ampuh untuk menghambat proses penuaan dini pada kulit Anda. Dengan mengkonsumsi buah jambu secara teratur, pengeriputan kulit akibat faktor usia dapat diperlambat, serta kulit menjadi halus dan berseri penuh vitalitas.

Dengan manfaat buah jambu yang banyak tersebut, serta dengan mengkonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan, dapat menjaga tubuh Anda lebih sehat dan bebas dari masalah kesehatan. 

Manfaat Buah Dan Sayur ; Rahasia Dibalik Kebugaran Tubuh

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

jenis tanaman hidroponik

5 Jenis Tanaman Hidroponik Ini Tinggi Nilai Ekonomisnya

Jenis tanaman hidroponik – Tingginya harga kebutuhan makanan pokok seperti buah – buahan dan sayuran …

Manfaat Buah Jambu, Kandungan Nutrisi Jambu


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Manfaat Buah Jambu, Kandungan Nutrisi Jambu