Halaman Depan / Perkebunan / Semakin Merah Semakin Berkhasiat, Inilah Manfaat Buah Anggur

Semakin Merah Semakin Berkhasiat, Inilah Manfaat Buah Anggur

Buah anggur sudah memiliki pomor sejak zaman dulu kala. Hal ini dibuktikan buah anggur sebagai symbol kenikmatan maupun kemuliaan di dunia.

Manfaat buah anggur image
Manfaat buah anggur

Tak terhitung jumlahnya, berbagai produk hasil olahan dari buah anggur. Manfaat buah anggur yang paling terkenal tentu saja sebagai bahan baku pembuatan wine, minuman yang paling terkenal di dunia. Selain itu, buah anggur juga kerap di jadikan sebagai pemanis pada meja saji, menemani makanan maupun minuman bercita rasa tinggi.

Mayoritas orang, ketika mengkonsumsi buah anggur biasanya lebih menyukai daging buahnya saja, kemudian membuang biji buah anggur bahkan kulit buah anggur pun di kelupas dahulu sebelum di makan. Tahukah Anda manfaat buah anggur terutama bagian kulit dan biji buahnya ?

Manfaat buah anggur, terutama kulit dan biji dari anggur merah ternyata mampu melancarkan kembali pembuluh darah yang tersumbat yang di sebabkan oleh timbunan lemak atau dalam dunia medis disebut sebagai aterosklerosis yang dapat menyebabkan gejala stroke iskemik.

Ditemui di ruang dinasnya yaitu RSAD Gatot Soebroto Jakarta, dr Hardhi Sps MARS mengungkapkan bahwa gejala awal stroke iskemik bagi penderita ditandai dengan adanya gangguan system motorik seperti kesulitan berbicara, merasakan pusing kepala yang hebat, linglung, penglihatan kabur, bahkan kelumpuhan.

Pengujian Ilmiah Manfaat Buah Anggur

Zanella Yolanda Lie beserta rekannya yang tergabung dalam mahasiswa Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya, Kota Malang Jawa Timur pernah melakukan pengujian terhadap kulit dan biji anggur, – terutama anggur merah -, pada tikus yang menderita penyakit stroke iskemik.

Mereka menguji 25 tikus jantar berusia 10 pekan, dan membaginya menjadi 5 bagian yang masing-masing bagian terdiri dari 5 ekor tikus. Bagian A berisi tikus sehat sebagai perbandingan. Bagian B  adalah tikus yang menderita stroke iskemik namun tanpa di berikan bahan uji. Sedangkan bagian C , D, E berisi tikus penderita stroke iskemik, yang masing-masing diberikan bahan uji sebesar 50 mg, 100mg, serta 200mg.

Bahan uji yang dimaksud adalah kulit dan biji anggur merah yang diramu sendiri oleh Zanella dan teman-temannya. Bahan uji tersebut di buat dengan cara mengeringkan biji dan kulit anggur merah kemudian menggilingnya hingga menjadi serbuk. Serbuk itulah yang digunakan Zanella untuk menguji tikus tersebut, setelah sebelumnya di larutkan dengan air.

gambar uji penelitian manfaat buah anggur image
gambar uji penelitian manfaat buah anggur
gambar uji penelitian manfaat buah anggur image
gambar uji penelitian manfaat buah anggur
gambar uji penelitian manfaat buah anggur image
gambar uji penelitian manfaat buah anggur
gambar uji penelitian manfaat buah anggur image
gambar uji penelitian manfaat buah anggur

Setelah dua pekan di berikan serbuk dari kulit dan biji anggur, perubahan signifikan terjadi pada tikus C, D, E dengan hasil yang berbeda-beda yang di sebabkan oleh konsumsi bahan uji yang berbeda pula. Sedangkan tikus B tidak mengalami perubahan sama sekali. Hal ini tentu saja menggembirakan Zanella dan kawan-kawan yang merasa usaha pengujiannya tidaklah sia-sia.

Kandungan Buah Anggur – Resvetarol Penangkal Stroke

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Zanella berkesimpulan bahwa manfaat buah anggur, terutama biji dan kulitnya, ampuh melancarkan kembali penyumbatan pembuluh darah yang kerap di sebut Stroke di kalangan masyarakat. Hal ini disebabkan karena kulit dan biji anggur-yang rasanya pahit itu, mengandung senyawa resvetarol yang memiliki fungsi meluruhkan lemakyang menumpuk di pembuluh darah penderita.

Resvetarol adalah sejenis senyawa aktif hasil turunan dari Polifenol, senyawa yang sering dimanfaatkan untuk meredakan sakit kepala. “resvetarol ini selain mampu meluruhkan lemak yang menutup aliran darah, ia juga berperan serta dalam regenerasi sel saraf otak,” demikian penjelasan Zanella.

Manfaat buah anggur dengan kandungan resvetarol nya juga di akui oleh Ana Romero Perez, rekan Zanella dari Fakultas Farmasi Universitas Barcelona Spanyol. “resvetarol yang ada di kulit anggur merah 24,06 µg/ml, sedangkan di kulit anggur merah mencapai 0,98 µg/ml,” Jelas gadis berwajah bule berwajah tirus tersebut.

Semakin Pekat Warna Buah Anggur, Semakin Kaya Rasvetarol

Kandungan resvetarol di dalam buah anggur dapat diukur dari warna kulit buah anggur itu sendiri. Semakin pekat atau gelap warna kulit buah anggur, maka kandungan resvetarolnya semakin banyak pula. Maka, manfaat buah anggur berwarna merah lebih ampuh mengatasi stroke iskemik di bandingkan dengan anggur yang berwarna hijau.

Selain Manfaat buah anggur, baca  artikel terkait : Tips Cara Menanam Anggur | Potensi Agri

manfaat buah anggur dan cara menanam anggur image
manfaat buah anggur dan cara menanam anggur
gambar manfaat buah anggur semakin pekat
gambar manfaat buah anggur semakin pekat

Semakin pekat warna anggur, maka polifenolnya juga amakin banyak, nah resvetarol ini termasuk bagian dari polifenol, fungsinya bagi tubuh adalah sebagai anti oksidan tinggi untuk mencegah berbagai penyakit,” Demikian kata Agus Heri Santoso MSi, ketua labolatorium gizi, Politeknik Kesehatan Malang, Jawa Timur.

Masih menurut Agus, bagi Anda yang kerap mengupas anggur sebelum di konsumsi karena takut adanya pestisida yang tertinggal, dapat di cuci dahulu dengan bersih sebelum dikonsumsi. “rendam saja buah anggur dengan air yang di beri garam secukupnya, kemudian di bilas dengan air mengalir. Itu sudah cukup untuk menghilangkan pestisida yang menempel, daripada kehilangan manfaat buah anggur dari kulit buahnya,” Ulas Agus yang juga memiliki kebun anggur di daerah Kota Batu, Malang, Jawa Timur tersebut.

Semoga Informasi mengenahi manfaat buah anggur ini dapat menambah pengetahuan Anda.

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tanaman bintaro

Tanaman Bintaro, Tanaman Racun Yang Bermanfaat

Tanaman bintaro digolongkan pada kelompok tanaman peneduh. Tanaman ini bisa digunakan untuk kegiatan penghijauan lingkungan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *