Halaman Depan / Pertanian / Ini Dia 2 Cara Praktis Membuat Pupuk Cair Organik

Ini Dia 2 Cara Praktis Membuat Pupuk Cair Organik

pupuk cair organik image
pupuk cair organik

Di era pertanian modern seperti sekarang, pemanfaatan limbah organik menjadi sesuatu yang bermanfaat semakin gencar dilakukan oleh para petani untuk mengoptimalkan budidaya pertaniannya. Salah satunya adalah pembuatan pupuk cair organik yang dapat dibuat dengan menggunakan bahan limbah di sekitar Anda.

Bagi para petani tentunya sudah merasakan betapa harga pupuk di Indonesia semakin tak terjangkau, sementara pemerintah Indonesia pun seakan-akan tidak dapat melakukan hal yang nyata, untuk membantu kebutuhan pupuk. Harganya terus melambung tinggi.

Untuk itulah pembuatan pupuk cair organik dari bahan limbah merupakan salah satu solusi nyata bagi kebutuhan pupuk para petani di Indonesia.

Pembuatan pupuk cair organik selain dapat memangkas biaya pembelian pupuk, juga memiliki nilai tambah tersendiri. Semakin gencarnanya aksi kampanye go green yang secara langsung berdampak positif, pada animo konsumen untuk lebih memilih hasil pertanian organik tanpa campuran pupuk kimia maupun pestisida tanaman.

Secara umum, jika dibagi berdasarkan bentuk dasarnya, maka pupuk organik dibagi menjadi dua jenis yaitu :

  1. Pupuk cair organik
  2. pupuk padat organik atau lebih dikenal masyarakat sebagai pupuk kompos.

 Sedangkan jika dibagi berdasarkan fungsinya, maka pupuk organik dibagi menjadi tiga jenis yaitu:

  1. Pupuk organik perangsang akar
  2. Pupuk organik perangsang buah ; Cara pembuatanya Baca selengkapnya
  3. Pupuk organik perangsang daun ; Cara pembuatanya Baca selengkapnya

Pupuk Cair Organik Perangsang Akar

Apa itu perangsang akar? perangsang akar adalah zat aktif yang mampu secara signifikan mempercepat tumbuhnya akar tanaman. perangsang akar banyak digunakan pada biji tanaman agar cepat tumbuh akar sebelum ditanam, pada saat menyemaikan stek batang, maupun setelah tanaman sudah ditanam di lahan.

Perangsang akar umumnya berbentuk cair, karena bahan cair akan lebih memudahkan fungsi perangsang akar agar lebih optimal. Stek batang maupun biji yang akan disemai tinggal direndam di dalam pupuk cair perangsang akar. Nah, bayangkan jika pupuk organik perangsang akar berbentuk padat maka penggunaannya akan sedikit lebih susah.

Cara Membuat Pupuk Organik Cair untuk Perangsang Akar

Untuk membuat pupuk organik cair sendiri, Anda dapat menggunakan berbagai produk limbah yang banyak terdapat di sekitar Anda. Berikut akan Kami berikan beberapa contoh cara membuat pupuk cair organik dari bahan limbah, seperti air kencing dan bawang merah yang tidak lolos sortir untuk dijual.

Pupuk Cair Organik dari Air Kencing

Persiapam Bahan:

  • Kaleng bekas berbahan plastik yang bebas kandungan bahan kimia berbahaya
  • 250 cc air kencing ternak betina ( kerbau, sapi, kambing, kelinci, domba )
  • 9 gelas air sumur atau air sungai yang bersih
  • Ember plastik

Cara Membuat Pupuk Cair Organik :

  • Campurkan air kencing ternak betina dengan 9 gelas air sumur tersebut kedalam ember yang telah disediakan.
  • Aduk hingga merata dan pupuk cair organik telah siap untuk digunakan
  • Sebisa mungkin tidak menggunakan air yang mengandung kaporit seperti air sanyo, gunakan air alami tanpa campuran zat kimia seperti air sumur ataupun air sungai alami.

Cara Penggunaan Pupuk Cair Organik untuk Merangsang Akar

  • Untuk stek batang , pindahkan pupuk cair organik secukupnya kedalam kaleng plastik yang telah disediakan, kemudian rendam batang stek di dalam kaleng plastic tersebut selama 5 menit
  • Untuk Cangkok batang, usapkan pupuk cair organic perangsang akar ini pada kulit batang yang dikelupas sebelum dibungkus saat proses pencangkokan
  • Untuk menyemai biji, rendamlah biji tanaman selama 12 jam di dalam ember yang berisi pupuk cair organic dari bahan air kencing ini untuk mempercepat tumbuhnya akar.

Pupuk Cair Organik dari Bawang Merah

Persiapan bahan

  • 1 ons bawang merah yang tidak lolos sortir untuk dijual, yaitu bawang merah yang berukuran kecil ataupun yang sudah membusuk
  • Ember plastik bekas
  • Saringan
  • 500 cc air bersih dari sumur atau sungai

Cara Membuat Pupuk Cair Organik :

  • Tumbuklah bawang merah tersebut hingga pecah namun tidak perlu terlalu lembut
  • Masukkan kedalam ember plastik
  • Tambahkan 500 cc air bersih dari sumur atau sungai
  • Setelah menunggu selama 1 jam, saringlah air tersebut agar ampas bawang merah tidak tercampur kedalam pupuk cair organk tersebut

Penggunaan Pupuk Cair Organik dari Bawang Merah:

  • Untuk tanaman padi atau sayuran, campurkan 1 liter pupuk cair organic tersebut dengan 20 liter air sumur, kemudian siramkan diatas lahan lokasi tanaman Anda
  • Untuk cangkok batang, oleskan batang yang sudah dikelupas dengan pupuk cair organik, serta rendam sabut kelapa yang akan digunakan untuk membungkus pencangkokan dengan pupuk cair organic selama 10 menit.

Demikianlah beberapa tips cara membuat pupuk cair organik yang dapat dibuat dari bahan limbah di sekitar Anda. Selanjutnya Baca : Cara membuat pupuk kompos praktis & mudah.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

jenis tanaman hidroponik

5 Jenis Tanaman Hidroponik Ini Tinggi Nilai Ekonomisnya

Jenis tanaman hidroponik – Tingginya harga kebutuhan makanan pokok seperti buah – buahan dan sayuran …

Pupuk Cair Organik | 2 Cara Pembuatan Pupuk


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pupuk Cair Organik | 2 Cara Pembuatan Pupuk