Halaman Depan / Perkebunan / Pohon Bambu | Mengenal Manfaat & Keunikan Kerajinan Bambu

Pohon Bambu | Mengenal Manfaat & Keunikan Kerajinan Bambu

Siapa yang tidak mengetahui pohon bambu? Jenis tumbuhan rerumputan dengan batang berongga serta beruas ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membuat berbagai macam produk perabot rumah tangga seperti kursi, meja dan beberapa perabotan rumah tangga lainnya. Manfaat pohon bambu  yang lain adalah kerap digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat tikar maupun dinding bambu  pada beberapa rumah di daerah pedesaan.

gambar pohon bambu image
gambar pohon bambu

Dibeberapa wilayah, tanaman bambu  kerap disebut juga sebagai pohon aur, buluh, dan ada juga yang menyebut sebagai pohon eru. Bambu  memiliki ranting kecil yang tumbuh di sepanjang ruas batang bambu  , mempunyai akar berbentuk serabut, dengan batang tinggi menjulang hingga dapat mencapai ketinggian 20 meter hingga 25 meter.

Pohon bambu  seperti yang sering Anda lihat, tidak memiliki cabang maupun dahan seperti bentuk pohon pada umumnya. Dan meskipun bambu  memiliki akar serabut, namun dalam klasifikasi tanaman tidak dimasukkan kedalam kelompok tamanan monokotil, sebab memang bambu  tidaklah memiliki biji seperti tanaman monokotil pada umumnya. Karena itu, bambu  berkembang biak dengan cara bertunas maupun dengan system stek.

Tanaman bambu dari jaman dahulu hingga saat ini menjadi bagian penting dari kehidupan manusia. Oleh beberapa masyarakat tradisional di beberapa wilayah seperti Negara China dan juga Jepang,bambu  digunakan sebagai pisau untuk memotong tali pusat bayi sesaat setelah bayi tersebut dilahirkan.

Tanaman bambu  di daerah China, terutama daunnya juga merupakan makanan utama bagi hewan panda yang mana hewan tersebut merupakan salah satu hewan yang dilindungi di Negara China.

Sedangkan di Negara Jepang, bambu  banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk membangun rumah dengan beberapa jenis kayu lainnya. Sebab masyarakat Jepang sadar bahwa Negara mereka merupakan Negara diatas patahan bumi sehingga sering terjadi gempa. Maka dari itu mereka membangun rumah mereka dengan kontruksi yang ringan sepertibambu  dan juga kayu untuk mengantisipasi keadaan tersebut.

Pohon bambu  dalam sejarah awalnya banyak ditemukan di beberapa daerah tropis seperti benua Asia, dataran Afrika, serta Benua Amerika. Penyebaran populasi pohon bambu  terbesar justru berada di benua asia yaitu meliputi wilayah Myanmar, Indonesia, China, Jepang, hingga India. Hingga saat ini bambu  menyebar hampir diseluruh belahan dunia yang memiliki iklim tropis dan dekat dengan garis khatuilistiwa.

Bambu  dalam system klasifikasi tanaman atau dalam dunia ilmu biologi digolongkan dalam ordo poales dan family poaceae. Pohon bambu  tergolong jenis tanaman dengan pertumbuhan yang cepat, dengan system rizhomadependent yang khas, tanaman bambu  mampu tumbuh hingga 50 – 60cm setiap harinya (setiap daerah dengan klimatologi tanah yang berbeda, pertumbuhan pohon bambu  juga berbeda).

Oleh masyarakat Makasar, Sulawesi Selatan, bambu  disebut dengan nama pohon bulo . Pohon bambu  sudah sejak zaman nenek moyang dikeal oleh masyarakat makasar, bahkan disana ada sebuah ungkapan klasik yang diambil dari filosofi pohon bambu  yaitu “abbulo sibatang” yang berarti berbatang bambu  atau dalam makna filosofisnya yaitu berarti persatuan dan kesatuan seperti rumpun.

Indonesia merupakan Negara yang kaya akan varietas bambu, bahkan dari total sekitar 1.250 jenis pohon bambu  yang ada di seluruh dunia, 150 jenisnya ada di belahan wilayah Indonesia. Beberapa manfaat pohon bambu  bagi masyarakat Indonesia adalah sebagai bahan bangunan rumah, alat pertanian, produk kerajinan, alat music khas seperti seruling dan juga angklung.

Bahkan di beberapa wilayah, para masyarakat setempat memanfaaatkan bambu  yang masih muda (rebung) untuk dijadikan sebagai bahan makanan dalam bentuk sayuran. Biasanya orang menyebutnya dengan nama rebung atau sayur rebung yang terbuat dari tunas pohon bambu  yang masih muda.

Untuk bahan utama kerajinan sendiri, pohon bambu  merupakan bahan baku yang sangat berkualitas, kuat, fleksibel, namun tetap dengan harga yang terjangkau. Bagi para pengrajin seni, bambu  merupakan bahan baku yang cukup popular karena kualitas serta harganya yang masih terjangkau oleh para pengrajin seni.

gambar bambu muda atau rebung image
gambar bambu muda atau rebung
gambar kerajinan bambu image
gambar kerajinan bambu
gambar kerajinan bambu image
gambar kerajinan bambu

Namun demikian, memanfaatkan pohon bambu  untuk berbagai jenis kebutuhan harus pula diimbangi dengan langkah reboisasi atau penanaman kembali pohon bambu  agar keberadaan pohon bambu  tersebut tetap ada sepanjang zaman meskipun banyak ditebang untuk dimanfaatkan. Selain itu, rumpun pohon bambu  merupakan benteng yang kuat untuk mencegah tanah dari erosi akibat terkikis oleh air hujan maupun oleh ar tanah sehingga mencegah terjadinya longsor.

Beberapa jenis bambu  yang sering dijumpai dan sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah jenisbambu  kuning, bambu  hitam, bambu  cengkoreh, bambu  petung, bambu  tali, bambu  ampel, bambu  cendani, bambu  talang, bambu  tutul, serta masih banyak jenis bambu  lainnya dengan nama yang berbeda pula tergantung masyarakat setempat menyebutnya.

Demikian tadi beberapa informasi yang dapat Kami berikan berkaitan dengan seluk beluk pohon bambu, semoga hal tersebut dapat menambah informasi dan juga pengetahuan bagi Anda. Nantikan artikel menarik dari Kami selanjutnya ….

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tanaman bintaro

Tanaman Bintaro, Tanaman Racun Yang Bermanfaat

Tanaman bintaro digolongkan pada kelompok tanaman peneduh. Tanaman ini bisa digunakan untuk kegiatan penghijauan lingkungan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *