Halaman Depan / Pertanian / Mengupas Lengkap Manfaat Buah Srikaya | Buah, Daun & Biji

Mengupas Lengkap Manfaat Buah Srikaya | Buah, Daun & Biji

Manfaat buah srikaya image
Manfaat buah srikaya

Buah srikaya atau Annola squamosa L adalah salah satu jenis buah yang memiliki julukan antara lain sarikaya, seraikaya, srikawis, serkaya, surikaya, serakaja, sarkaja, garoso, sirikaja, atis soe walanda, ata, hirikaya, hingga delima bintang. 

Seperti halnya buah-buahan lainnya, manfaat buah srikaya juga sangat baik bagi kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Berbagai vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh terkandung dalam buah yang bernama srikaya. Tidak hanya itu, selain pada buah, manfaat buah sirkaya juga bisa didapat pada bagian biji dan daunn.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli gizi dan pemerhati nutrisi buah, kandungan buah srikaya tiap 100 gram, terdapat energy total 63 KKal, protein 1,1 gr , lemak 0,5 gr , karbohidrat 13, 9 gr , kandungan kalsium 127 mg , Fosfor 30 mg , zat besi 2,7 mg , Vitamin C 28, 3 mg , serta Vitamin B1 0,08 mg. Dengan kandungan yang lengkap tersebut, maka tidak salah jika manfaat buah srikaya sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh Anda.

Inilah 5 Khasiat Penting & Manfaat Buah Srikaya

Manfaat buah srikaya yang pertama yaitu, adanya kandungan Vitamin B6 dalam buah srikaya mampu secara efektif untuk mencegah penimbunan hemosistein di dalam darah. Hemosistein yang berlebihan di dalam darah dapat memicu terjadinya gangguan organ jantung Anda.

manfaat buah srikaya image
manfaat buah srikaya
manfaat buah srikaya image
manfaat buah srikaya

Manfaat buah srikaya yang kedua yaitu, kaya akan kandungan Vitamin C dan Vitamin B, buah srikaya juga memiliki kandungan niasin dimana mineral tersebut berfungsi sebagai penurun kadar kolesterol di dalam darah.

Manfaat buah srikaya jika dikonsumsi secara rutin mampu mencegah timbunan kolesterol yang dapat memicu berbagai macam penyakit berbahaya.

Manfaat buah srikaya yang ketiga yaitu, bagus untuk penderita konstipasi maupun beberapa gangguan pencernaan lainnya sebab kandungan serat yang cukup banyak di dalam buah srikaya sangat bermanfaat bagi organ pencernaan Anda.

Manfaat buah srikaya yang keempat yaitu, adanya asupan serat yang cukup juga diketahui mampu memperlambat penyerapan gula darah sehingga dapat membantu mencegah penyaklit kencing manis.

Oleh sebab itu para penderita diabetes biasanya dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan berserat, salah satunya adalah buah srikaya.

Manfaat buah srikaya yang kelima yaitu, kadungan asam folat, penting bagi perkembangan otak janin pada ibu hamil. Kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat memicu terjadinya bayi cacat lahir maupun gangguan keterbelakangan mental.

Akibat kekurangan asupan asam folat pada saat janin di dalam perut ibu. Manfaat buah srikaya bagi ibu hamil jika dikonsumsi secara teratur dapat mencegah kekhawatiran tersebut.

Selain manfaat buah srikaya untuk ibu hamil, ada juga buah lainnya cukup baik dikonsumsi di saat hamil. Baca Selengkapnya: 7 Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Manfaat Biji Buah Srikaya

Biji buah sirkaya dipercaya dapat membersihkan kutu binatang, seperti kucing, anjing, kambing, sapi, dan binatang lainya. Caranya adalah tumbuk halus biji buah srikaya, larutkan dalam air secukupnya kemudian disaring. Nah air hasil saringan biji sirkaya tersebut dipakai sebagai sabun pada saat memandikan anjing kesayangan Anda.

manfaat buah srikaya pada bagian biji image
manfaat buah srikaya pada bagian biji

Tidak hanya kutu binatang saja, manfaat biji srikaya sebagai pembasmi kutu rambut pada manusia. Caranya adalah giling halus 10 biji buah srikaya, lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya dan aduk merata. Taruh adonan tersebut merata pada rambut hingga mencapai kulit kepala dan tutuplah dengan kain bersih. Setelah didiamkan selama kurang lebih 3 jam, bilas rambut hingga bersih.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Selain manfaat buah srikaya dan biji buahnya untuk mengobati berbagai penyakit, daun buah srikaya ternyata juga berkhasiat sebagai obat herbal alternative untuk mengobati berbagai macam penyakit. Beberapa manfaat daun srikaya adalah :

  • Mengobati peradangan
  • Mengobati batuk ringan
  • Mampu menurunkan demam pada anak
  • Menghilangkan nyeri reumatik
  • Sebagai penurun asam urat yang berlebihan
  • Menghentikan diare
  • Sebagai obat disentri yang mujarab
  • Melancarkan organ system pencernaan
  • Mengobati penyakit flu
manfaat buah srikaya pada bagian daun dan resep image
manfaat buah srikaya pada bagian daun dan resep

Resep Daun Srikaya Untuk Mengobati Bisul dan Borok

  • Ambil beberapa daun srikaya segar, cuci hingga bersih
  • Setelah bersih, selanjutnya giling daun srikaya tersebut hingga halus
  • Tambahkan sedikit garam dan aduk rata
  • Balurkan ramuan tersebut di atas area bisul ataupun borok, kemudian tutup dengan perban
  • Gantilah ramuan dan perban tersebut 2 kali sehari, hingga bisul atau borok Anda sembuh.

Resep Daun Srikaya Untuk Mengobati Cacingan

  • Ambil 15 daun srikaya yang masih segar, kemudian cuci hingga bersih
  • Rebus daun srikaya tersebut dalam 5 gelas air bersih hingga tersisa 3 gelas saja
  • Saring air rebusan tersebut dan dinginkan
  • Minumkan kepada anak yang menderita cacingan satu gelas tiga kali sehari.

Demikianlah berbagai macam manfaat buah srikaya, dari buah, daun dan biji, semoga dapat menambah informasi mengenai alternative obat herbal untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

fungisida organik

Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini

Fungisida organik – Bercocok tanam atau bertani saat ini telah menjadi lahan bisnis yang mempunyai …

Manfaat Buah Srikaya | Buah, Daun & Biji


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Manfaat Buah Srikaya | Buah, Daun & Biji