Halaman Depan / Pertanian / Ini Dia 9 Manfaat Buah Pare | Pahit Rasanya Tak Semanis Manfaatnya

Ini Dia 9 Manfaat Buah Pare | Pahit Rasanya Tak Semanis Manfaatnya

gambar manfaat buah pare image
gambar manfaat buah pare

Buah pare atau peria merupakan sejenis sayuran yang memiliki rasa pahit. Meskipun pahit, buah pare ternyata banyak digemari oleh sebagian orang, tentu sebagai menu masakan, ada pula yang menyatapnya sebagai lalapan. Manfaat buah pare juga tidak sepahit rasanya, bahkan jika mengingat manfaat buah pare untuk kesehatan, maka seolah-olah buah pare tersebut menjadi manis. Ingin tahu kenapa, simak penjelasanya berikut :

Manfaat buah pare tidak lepas dari banyaknya kandungan vitamin esensial dan juga antioksidan tinggi yang sangat berguna bagi vitalitas tubuh Anda. Beberapa vitamin dan mineral yang terkandung di dalam buah pare antara lain vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin A, kalium, kalsium, seng, fosfor, tembaga, bahkan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda.

9 Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan

  1. Mengobati Gangguan Pernapasan

Khasiat pare diketahui ampuh untuk mengobati berbagai masalah yang berkaitan dengan gangguan pernapasan seperti flu, batuk, hingga asma. Manfaat buah pare dapat Anda peroleh dengan mengonsumsinya dalam bentuk jus, maupun lalapan pare segar supaya ganguan pernapasan yang Anda derita dapat segera terobati.

  1. Manfaat Pare sebagai Tonik Liver

Mengkonsumsi secara rutin satu gelas jus buah pare setiap hari dapat berfungsi sebagai tonik liver agar organ hati Anda terhindar dari berbagai masalah yang dapat mempengaruhi fungsi dari organ tersebut.

  1. Meningkatkan Kekebalan tubuh

Banyaknya polusi udara serta berbagai jenis bahan pengawet atau pemanis buatan pada makanan yang Anda konsumsi. Manfaat buah pare dapat menurunkan system kekebalan alami tubuh yang pada gilirannya dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Nah, manfaat buah pare dapat meningkatkan system kekebalan alami tubuh Anda dengan mengkonsumsi air rebusan buah atau daun pare secara rutin.

  1. Mengobati Jerawat

Manfaat buah pare terutama bagi kalangan wanita adalah dapat membantu menghilangkan jerawat pada wajah sehingga mengganggu penampilan Anda. Mengkonsumsi buah pare juga dapat menetralisir darah kotor di dalam tubuh sehingga mencegah berbagai macam penyakit akibat darah kotor seperti jerawat, kulit gatal, kudis, soreasis, hingga penyakit kulit lainnya yang disebabkan oleh jamur.

Cobalah untuk mengkonsumsi jus buah pare yang dicampur dengan air perasan lemon setiap pagi hari saat perut masih kosong. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, rutinlah mengkonsumsi jus buah pare tersebut selama kurang lebih 6 bulan dan Anda akan lihat sendiri hasilnya nanti.

  1. Sebagai Obat Diabetes

Manfaat buah pare, bersama beberapa buah lainnya juga mampu secara intensif untuk membantu menurunkan kadar gula darah berlebih di dalam tubuh Anda. Bagi penderita diabetes, cobalah untuk mengkonsumsi jus dari campuran beberapa bahan seperti buah pare, mentimun, apel hijau, seledri, serta ½ bagian paprika. Agar hasil lebih optimal, konsumsilah secara rutin campuran jus tersebut pada pagi hari sebelum sarapan dan malam hari sebelum tidur.

  1. Mengatasi Masalah Saluran Pencernaan

Jika Anda kerap mengalami gangguan susah buang air besar, itu pertanda konsumsi serat Anda sangat kurang. Untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh Anda, dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi buah pare. Manfaat buah pare dengan kandungan seratnya yang kaya, disamping melancarkan buang air besar, juga mampu mencegah berbagai macam gangguan system pencernaan seperti sembelit dan wasir.

  1. Baik Bagi Penderita Penyakit Jantung

Kandungan senyawa aktif yang terdapat di dalam buah pare juga mampu menghancurkan kolesterol jahat yang dapat menyumbat dinding arteri. Tersumbatnya dinding arteri oleh kolesterol jahat inilah yang menyebabkan aliran darah dari dan menuju jantung tersendat dan pada gilirannya dapat memicu gangguan organ jantung Anda.

  1. Anti Penuaan Dini

Manfaat buah pare juga berperan penting untuk menghambat penuaan dini kulit Anda sebagai akibat banyaknya zat radikal bebas berbahaya maupun polusi udara yang dapat mempercepat penuaan dini pada kulit. Manfaat buah pare dengn kandung vitamin c yang cukup banyak mampu mencegah kerusakan dan pengeriputan kulit akibat beberapa faktor tadi.

  1. Mengobati Ketombe

Apakah Anda termasuk orang yang risau dengan busana hitam karena takut ketombe Anda jatuh dan terlihat ? dan sudah mencoba berbagai shampoo penghilang ketombe namun ketombe masih saja betah di kulit kepala Anda ? cobalah untuk mengkonsumsi campuran jus buah pare dan jinten hitam untuk mengobatinya dari dalam.

gambar manfaat buah pare image
gambar manfaat buah pare
gambar buah pare image
gambar buah pare

Ketombe disebabkan oleh ketidakstabilan hormon di bawah jaringan epidermis kulit kepala yang menjadikan sel kulit mati menjadi bertumpuk dan terkelupas. Sel kulit mati yang berwarna perak keputihan tersebut dan kerap jatuh ke bahu itulah yang akrab disebut sebagai ketombe.

Karena masalah sebenarnya adalah ketidakstabilan hormon, maka pengobatan dari dalam tubuh juga perlu dilakukan. Salah satunya adalah dengan campuran jus buah pare dan jinten tersebut. Konsumsi jus tersebut rutin setiap hari hingga satu bulan untuk menghilangkan ketombe yang membandel.

Setelah mengetahui manfaat buah pare yang sangat banyak tersebut, kini rasa pare yang aslinya pahit pun terasa manis bukan ?

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

fungisida organik

Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini

Fungisida organik – Bercocok tanam atau bertani saat ini telah menjadi lahan bisnis yang mempunyai …

Manfaat Buah Pare, Penting Bagi Kesehatan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Manfaat Buah Pare, Penting Bagi Kesehatan