Halaman Depan / Pertanian / Ini Dia 7 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil | Tips Kesehatan

Ini Dia 7 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil | Tips Kesehatan

manfaat buah alpukat untuk ibu hamil image
manfaat buah alpukat untuk ibu hamil

Buah alpukat merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral sebagai nutrisi penting bagi tubuh Anda. Mengkonsumsi buah apukat setiap hari mampu mencukupi sebagian besar kebutuhan asupan gizi yang dibutuhkan tubuh Anda.

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil juga sangat dianjurkan oleh sebagian besar para ahli gizi terutama dokter ahli kandungan dan janin. Kandungan buah alpukat terbukti mampu secara klinis menjaga kesehatan serta membantu perkembangan janin di dalam perut sang ibu.

Berikut 7 manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang Kami rangkum dari berbagai sumber :

1. Sumber Asam Folat

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang pertama, sebagai nutrisi asam folat. Kebutuhan asam folat bagi ibu hamil sangat diperlukan, untuk perkembangan janin. Manfaat alpukat untuk ibu hamil sebagai pemasok asam folat dimana senyawa tersebut berfungsi sebagai pencegah bayi lahir dengan keadaan cacat fisik maupun keterbelakangan mental.

Asam folat adalah salah satu bagian dari vitamin B komplek yang larut di dalam air sehingga senyawa tersebut mampu tersimpan lebih lama didalam tubuh Anda. Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil dengan kandungan asam folatnya juga terbukti mampu mengurangi efek mual yang sering dialami oleh ibu hamil terutama pada saat usia kandungan masih muda.

Kekurangan asam folat dikhawatirkan akan mengalami berbagai macam gangguan kesehatan seperti bibir sumbing, gangguan fungsi jantung, hingga keterbelakangan mental sebagai akibat tidak sempurnanya perkembangan saraf janin saat di dalam kandungan.

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil juga dapat mencegah sang ibu dari rasa lemah, letih pada periode kehamilan, anemia atau kekurangan sel darah merah, depresi, gangguan susah tidur, hingga kanker pangkreas yang disebabkan oleh kekurangan asupan asam folat.

2. Sumber Kalium

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang kedua, sebagai sumber kalium. Kandungan kalium yang ada didalam buah alpukat mampu secara signifikan menstabilkan dan mengontrol detak jantung, membantu menurunkan tekanan darah pada ibu hamil, serta membantu pembentukan perkembangan syaraf pada janin di dalam kandungan.

manfaat buah alpukat untuk ibu hamil image
manfaat buah alpukat untuk ibu hamil

Kalium di dalam tubuh juga berfungsi mencegah penyempitan pembuluh darah dengan cara meluruhkan kolesterol yang kerap menyumbat pembuluh darah kemudian membuangnya bersama feses. Mencukupi kebutuhan kalium pada ibu hamil dapat mencegah resiko tekanan darah tinggi hingga stroke sebagai akibat dari penyumbatan aliran darah yang terjadi di dalam pembuluh darah.

3. Sumber Lemak tak Jenuh

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang ketiga, sumber lemak tak jenuh. Manfaat jus alpukat jika dikonsumsi oleh ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan nutrisi lemak tak jenuh pada ibu hamil. Dimana lemak tak jenuh tersebut berguna untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang sering dialami oleh ibu hamil sebagai akibat dari kelebihan berat badan selama proses kehamilan.

4. Sumber Zat

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang keempat, sebagai sumber zat besi. Buah alpukat juga diketahui memiliki kandungan zat besi bagi kebutuhan gizi ibu hamil.

Manfaat buah alpukat bagi ibu hamil dapat membantu pembentukan sel darah merah atau eritrosit dengan kandungan zat besi yang ada di dalam buah alpukat, sehingga ibu dan janin Anda terbebas dari gejala anemia yang sering terjadi pada ibu hamil.

5. Sumber Kalsium dan Magnesium

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang kelima, mengandung kalsium serta magnesium. Dimana mineral tersebut merupakan komponen utama bagi perkembangan tulang serta persendian janin di dalam kandungan.

Konsumsilah buah alpukat setiap hari untuk mendapatkan manfaat buah alpukat untuk ibu hamil dan perkembangan tulang janin tersebut.

6. Sumber Vitamin E

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang keenam, mnegandung banyak vitamin E. Pada ibu hamil, sebagai akibat dari melarnya kulit perut, dapat menyebabkan keriputmaupun sejumlah kerutan di sekitar perut. Namun dengan asupan vitamin E yang cukup bagi kulit Anda, maka perut Anda akan terbebas dari masalah pengeriputan kulit.

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil dengan kandungan vitamin E nya yang cukup banyak, dapat menurunkan resiko terjadinya keriput di permukaan kulit, serta membuat kulit Anda tetap halus dan lembut meskipun keadaan perut terus membesar selama proses kehamilan berlangsung.

7. Sumber Vitamin

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang ketujuh, yaitu kaya vitamin C. Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang tidak kalah penting selanjutnya dalah dapat membantu mencegah penyakit kanker yang membahayakan jiwa ibu beserta janin yang ada di dalam kandungan.

Buah alpukat diketahui memiliki senyawa fitokimia penting bernama glutation, dimana senyawa tersebut bekerja sama dengan vitamin E dan vitamin C di dalam tubuh berfungsi sebagai antioksidan alami untuk melawan radikal bebas berbahaya yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker pada ibu hamil dan janin.

Beberapa penyakit kanker mematikan yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah alpukat diantaranya adalah kanker mulut, kanker saluran tenggorokan, kanker kulit, hingga kanker serviks yang dapat membahayakan kesehatan ibu hamil beserta janin yang ada di dalam perut sang ibu.

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang sangatlah banyak. Lebih sempurna jika Anda menjaga kesehatan kandungan dengan mengkonsumsi buah buahan untuk ibu hamil yang bergizi dan dapat membatu tumbuh kebang janin Anda.  Untuk manfaat buah lainya Anda Baca Selengkapnya

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

Satu komentar

  1. thanks gan buat infonya sangat berguna…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *