Halaman Depan / Perikanan / Ini Dia Cara Ternak Lele, Bisnis Cepat Usia 2 Bulan Panen !!

Ini Dia Cara Ternak Lele, Bisnis Cepat Usia 2 Bulan Panen !!

Semakin menjamurnya usaha warung pecel lele di kota-kota besar menyebabkan prospek budidaya pembesaran lele semakin menggiurkan. Ikan lele dengan ukuran sekali konsumsi sangat mudah dijual, bahkan dapat dikatakan bahwa ikan lele tidak ada yang ditolak oleh pedagang di pasar maupun warung pecel lele.

cara ternak lele image
cara ternak lele

Teknis Mudah Cara Ternak Lele

Secara teknis cara ternak lele dengan sistem pembesaran tergolong cukup mudah, disamping itu, pemeliharaan usaha pembesaran lele juga terbilang cepat dan praktis.

Untuk memulai usaha dengan sistem pembesaran lele, Anda dapat melakukannya di berbagai tempat atau media. Salah satunya adalah cara ternak lele dengan mengunakan media kolam terpal.

Meskipun saat ini banyak yang melakukan usaha ternak lele, perlu Anda pahami bahwa sampai dengan saat ini kebutuhan lele di seluruh kota besar di Indonesia, terus meningkat setiap harinya. Jadi Anda yang akan memulai usaha pembesaran lele tidak perlu kawatir, untuk memasarkanya.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas bagaimana peluang bisnis pembesaran lele, dengan metode cepat dan efisien. Yaitu cara ternak lele pada kolam terpal dengan target 2 bulan panen. berikut langkah-langkah cara ternak lele metode pemebesaran :

4 Tahapan Penting Cara Ternak Lele Wajib Diperhatikan

1. Persiapan awal

  • Anda harus menentukan lokasi usaha pembesaran lele. Pilih tempat cara ternak lele dengan memperhatikan kondisi lingkungan, terutama air.  Lokasi beternak lele harus memiliki sumber air yang tidak tercemar, baik itu limbah industri, maupun limbah rumah tangga.
  • Persiapan selanjutnya cara ternak lele adalah membuat kolam terpal yang berukuran 3 x 5 x 1 m atau sesuai kondisi. Jumlah kolam yang harus Anda buat berjumlah 24 kolam.  (untuk memenuhi target panen lele setiap 2 bulan sekali).
  • Persiapkan peralatan budidaya pembesaran lele seperti ember plastik, seser, serta tes kit kualitas air.
  • Aliri kolam terpal tersebut dengan air hingga mencapai ketinggian 80 cm.
  • Sediakan benih lele berukuran 8-10 cm kemudian masukkan kedalam kolam terpal sebanyak 100 – 200 ekor/m3

2. Antisipasi awal

Tentunya cara ternak lele tepat, harus mepertimbangkan resiko atau ancaman yang dapat menghambat usaha bisnis pembesaran lele. Nah antisipasi awal perlu untuk Anda lakukan, agar hasil bisa maksimal.

Artikel terkait lele: Cara Membuat Kolam Terpal Untuk Ternak Lele

persiapan kolam terpal image
persiapan kolam terpal
  • Sering kali, benih yang baru ditebar kedalam kolam mati semua, hal ini disebabkan karena terpal yang baru masih mengeluarkan bau dan mencemari air, sehingga meracuni benih. Untuk itu, pastikan bau yang menyengat tersebut telah hilang sebelum benih lele ditebar dengan cara mencucinya hingga baunya hilang, atau dapat juga dengan cara mendiamkan kolam terpal tergenang air selama 2 minggu kemudian kuras habis air tersebut, baru kemudian aliri kembali dengan air untuk proses penyebaran benih lele.
  • Cara ternak lele yang tepat, harus memperhitungkan biaya pengeluaran pakan, serta cara pemberian pakan yang efektif. Kebutuhan pakan untuk ternak lele sering kali tidak terkendali, sehingga pengeluaran membengkak.
  • Pemberian pakan dengan bangkai binatang terkadang mengakibatkan ukuran pertumbuhan lele tidak merata.
  • Seringkali penggantian air secara langsung dapat membuat lele mabuk dan stress yang berakibat pada kematian lele, untuk itu cara ternak lele dalam melakukan pergantian air, harus secara bertahap sedikit demi sedikit.

3. Strategi pemeliharaan lele

  • Cara ternak lele pertama kali sebelum Anda menebar benih yaitu, diamkan kolam terpal yang telah dicuci sebelumnya, diisi air hingga 3/4 kolam. Berikan daun ketapang atau daun papaya selama 3 – 4 hari. Setelah itu buanglah air tersebut dan diganti dengan air bersih yang baru untuk persiapan penyebaran benih lele.
  • Tambahkan probiotik kedalam air sesuai dengan dosis pada kemasan produk atau melalui pakan. Cara ternak lele dengan menunakan probiotik bertujuan mempercepat pertumbuhan benih, mengurangi jumlah konsumsi pakan, serta menurunkan tingkat kematian lele.
  • Berikan pakan pelet dengan kandungan protein 30 – 32% sebanyak 3 – 4% dari berat lele dengan frekuensi pemberian sebanyak 3 kali sehari. Berikan pakan sedikit demi sedikit dengan intensitas yang terukur. Pemberian pakan dalam cara ternak lele jika berlebih akan menyebabkan pertumbuhan lele menjadi buncit, bahkan pecah dikarenakan sifat alami lele yang sangat rakus.
  • Pemanenan lele dapat dilakukan setelah pemeliharaan selama 2 bulan sejak benih ditebar di kolam terpal.

Sebenarnya untuk cara ternak lele sistem pembesaran pada kolam terpal, dapat Anda lakukan sendiri, tentu jika Anda memiliki waktu luang. yang bertujuan untuk dapat mengurangi biaya produksi yang dikeluarkan dari pengunaan tenaga kerja.

Langkah lainnya untuk menekan biaya produksi cara ternak lele adalah dengan memanfaatkan limbah rumah tangga diantaranya sayuran yang tidak termakan yang dapat mengurangi biaya pembelian pakan lele yang besar. Demikianlah bisnis angri cara ternak lele dengan sisitem  pembesaran di kolam terpal dengan target panen 2 bulan. Dapatkan artikel tentang cara ternak ikan lainya.

Baca Selengkapnya

Cara Pembenihan Lele Pada Media Terpal

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

budidaya sidat

3 Tahapan Penting Budidaya Sidat Keuntungan Fantastis

Saat ini budidaya sidat menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan keuntungan yang fantastis. Dimana permintaan …

142 komentar

  1. thanks gan buat cara ternak lelenya.. akan saya coba

  2. Saya ternak ikan nila, setiap hari mati 1-3 ekor, wajarkah itu pak ? Terimakasih.

  3. Saya ingin tanya, kenapa sebelum benih lele di tenar, kolam di isi daun pepaya atau ketapang dan kemudian di buang airnya sama daun tersebut . Lalu di isi air jernih lagi , apa ngak sayang air itu yang sudah di tumbui plangton tersebut ?

    • Kn trpalnya blum d cuci bro…….kndungan kimianya dri terpal msih ada…..

      LAin halnya Klo sudah d cuci klo di buang percuma…..

  4. Maaf , ada kata yng salah tulis ( di tenar,yg betul , di tebar,)

  5. bisa diasumsikan modal awal dengan ukuran kolam yang mas sebutkan diatas? terima kasih. salam dari pulau bali…

    • admin-infoagribisnis

      Semoga artikel cara ternak lele ini, bisa membantu Anda pak wayan.
      Jika ada yang ingin Anda diskusikan silahkan berikan komentar Anda kembali. Terima kasih

  6. Berarti kolam yang terisi air hujan secara berlebihan tidak baik untuk lele ya mas…sebab kolam saya tepat berada di tepi rumah ( TRITIS )..jadi kalau hujan ya airnya langsung masuk ke kolam dari genteng atap rumah……solusinya gimana mas,,trimakasih. dari Lampung.

    • admin-infoagribisnis

      Benar sekali pak @Endri Haryanto, karena pada air hujan memiliki kadar asam yang cukup tinggi.
      Pada Budidaya lele dikolam tanah maupun kolam semen yang memiliki drainase lancar tidak berpengaruh,
      karena pergantian air berlangsung secara terus menerus.

      Jadi sebaiknya Anda buat saluran air, pada tepi atap rumah. Cara lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu
      dengan menambah membuat saluran drainase pada kolam, sehingga air pada kolam lele dapat cepat tergantikan
      dengan air yang baru.

  7. assalamualaikum.wr.wb
    saya menawarkan cara praktis untuk mengurangi biaya pakan lele memakai pakan pengganti yaitu limbah keong/bekicot berupa telur dan jeroan lain2
    manfaat
    1.menghemat biaya pakan lele(pelet)
    2.kandungan protein pada telur sangat besar juga mempercepat pertumbuhan lele
    3. harga sangat terjangkau
    cara memakankan sangatlah mudah sekali beri setiap ikan pada jumlah yg sepadan seperti halnya pelet sehari makan3x cukup dengan sekali memberi pakan pelet 2x memberi telur jeroan keong hemat bukan saya sudah mencoba dan hasilnya sangatlah baik setelah berukuran minimal 8-panen bisa dilakukan terus menerus tapi jangan sampai kebanyakan 😀
    harga : 125/30kg
    cp : 085747019557 (faezal)KLATEN JAWATENGAH
    melayani pengiriman melalui kereta api
    minimal order 3sak/90kg
    se area klaten yogya solo free ongkir siap antar sampai rumah sekalian sharing antar petani 😀
    wassalamualaikum wr.wb

  8. Artikel yg bagus pak,sangat membantu bagi yg mw mandiri..
    Skedar berbagi pengalaman..sy pernah ternak lele konsumsi media terpal,punya 5kolam..4kolam ukuran 3x4mtr, 1kolam 2x2mtr..memang lumayan hasilya, modal kecil..bibit sy tebar ga bareng antara kolam yg 1dg yg laen..1kolam sy siapkan untuk pemisahan setelah lele brusia 1bln (krn lele ga bs berkembang sm bsr, lele jg bsifat kanibal..jd yg bsr sy pisah)..dgn perawatn lele bisa panen 3-4bulan, trrpal jg bisa tahan smpe 2thn (dgn catatan pembuatan kolam ssuai prosedur biar awet)..
    Sayang, agustus thn lalu kolam sy gulung smw krn tanahya di bangun…hehehehe..smw sy lakukan secara otodidak krn sy blm prnh ternak lele (krn kbutuhan, kelanjutan makan anak istri jd bsa deh)..skrg sy krja lgi,kangen pengen ternak lele lgi,,smentara ngumpulin duit bwt sewa tanah bwt bikin kolam lele yg lebih bsr lgi,sm mw ternak nila..bwt yg mw coba..JGN TAKUT GAGAL..

    • admin-infoagribisnis

      Mantab sekali pak iyan. Pengalaman yang luar biasa..
      Cara ternak lele sebernya bisa dilakukan oleh siapa saja,
      meski tidak ada besik, jika Anda mau belajar, tidak ada yang
      tidak mungkin untuk dilakukan…

      Terima kasih Pak Iyan, sudah berbagi pengalaman tentang
      cara ternak lele dengan media terpal.

  9. terimakasi bang,,,,, infonya sangat membantu buat saya yang lagi merintis usaha ini

  10. berapa kadar keasaman air yg bagus utk kolam lele

  11. Terimakasih cara-caranya, sangat berguna dan bermanfaat khususnya bagi saya pribadi umumnya bagi khalayak banyak. Mudah-mudahan sukses selalu

  12. ass. pak mao mao nayak klu kolam ukuran 3×5 biasa ny di kash bibit brp ekor lelel soal saya mao belajar

    • admin-infoagribisnis

      Baik pak Andi berikut kepadatan ideal cara ternak lele yang bisa bapak gunakan:
      Prinsip cara ternak lele dalam penggunaan benih dibagi menjadi 2 :

      1.Jika Kolam lele mengunakan sistem sirkulasi
      Air kolam ketinggian 0,75 m, maka gunakan 200 ekor/m2.
      Air kolam ketinggian 1,25 m, maka gunakan 300 ekor/m2.

      2. Jika kolam tanpa menggunakan sistem sirkulasi
      Air kolam ketinggian 0,75 m, maka gunakan 75 ekor/m2.
      Air kolam ketinggian 1,25 m, maka gunakan 150 ekor/m2.

      Saran Kami cara ternak lele untuk pemula seperti Pak Andi lebih baik gunakan kepadatan 100/m2.
      Nanti setelah Bapak berhasil dan terbisa, nanti baru gunakan teknik diatas pak. Terimakasih

      Jika ada yang ingin pak Andi tanyakan kembali terkait cara ternak lele, silahkan berikan kometar kembali.

  13. Permisi pak, itu berlaku untuk semua jenis lele? apakah bisa untuk jenis lele sangkuriang?

  14. untuk modal awal kira2 memerlukan biaya berapa yah?

    • admin-infoagribisnis

      Baik Ny Anita, Untuk modal awal cara ternak lele tergantung pada jumlah produksi yang Anda butuhkan.
      Target pasar, kapasitas kolam dan kapasitas produksi ternak lele.

      Jika boleh bertanya, berapa kira2 target yang akan Ny Anita capai. Nanti coba Kami akan memberikan
      analisisnya via email. terima kasih

  15. Boleh komen gk agan.. ane mau coba ternak lele dgn kolam yg di lapisi kramik.. apa itu pengaruhi pertumbuhan ikan leke.. trmkasih rangkas bitung

  16. Terimakasih infonya mas Admin..
    Bisa d bantu untuk pelatihan / buku referensi untuk budidaya lele di kolam terpal dgn sistem biofloc…trims

    • admin-infoagribisnis

      Terimakasih mas budi untuk komentarnya, kami akan coba bantu untuk mencarikan, apabila berkenan silahkan tinggalkan no telpon Anda disini, kami akan menghubungi Anda begitu informasi terkait pelatihan dan buku referensi kami dapatkan. Sukses selalu

  17. Saya mau buat kolam terpal kalo 1-2 kolam ga apa apa kah?apakah harus membuat kolam sebanyak 24 kolam?

    • admin-infoagribisnis

      Untuk awal cara ternak lele memang sebaiknya dilakukan bertahap pak.
      Jadi tidak harus 24 kolam lele langsung. Kemudian setelah memahami
      secara detail cara budidaya lele yang benar dan tepat barulah
      membangun kolam tambahan, jika untuk skala bisnis pak.

  18. thanks artikelnya inspiratif

  19. Mau nanya boss…klo cara memberi pakan dgn pelet perhari brpa untuk 1000 lele?

  20. Asalmualaikum mas bro.ada sdkit yg mau saya tnya kan.taun lalu saya smpat ternak lele 10rb ekor di panen mnjadi 8rb ekor..pas sekarang saya ternak lagi terkadang lele nya suka ada yg borok..knapa ya?
    Kalo misal kan saya kasih pakan semacam cacing dan kepala ikan tongkol akan brmasalah gak ya sama lele nya? Terim’S mas bro
    dari tata.wslm

    • admin-infoagribisnis

      Waalaikum salam, Baik mas penyebab menurunya poduksi saat panen lele disebabkan oleh banyak faktor.
      Salah satunya pakan sangat berpengaruh sekali. Cacing dan tongkol memang memiliki gizi yang cukup
      baik untuk pertumbuhan dalam ternak lele, namun pemberian yang berlebih juga bisa menyebabkan munculnya
      beberapa penyakit. Jadi keseimbangan dalam pemberian pakan harus benar-benar diatur sesuai dengan
      kebutuhan dari ikan lele tersebut. Selain pada pakan lele faktor lainnya seperti air kolam, keasaman kolam,
      darinase dan kepadatan kolam juga harus diatur.

      Mungkin untuk mengetahui lebih jelas keadaan kolam lele yang mas Tata bisa dijelaskan. Sehingga Kami
      tahu penyebab sebenarnya. Terima kasih

  21. Maaf pak mengganggu ni….apakah sebelum bibit di masukkan ke kolam terpal airnya harus selalu dalam kondisi hijau atau keruh….

    • admin-infoagribisnis

      Buka keruh namun kehijauan dimana itu menandakan zooplangton yang ada pada air sudah hidup. Artinya kondisi air bisa dikatakan sehat sehingga saat bibit ikan lele dimasukan kedalam kolam terpal tersebut, suplai pakan alami sudah tersedia selain dari pelet khusus lele tersebut. terima kasih

  22. permisi gan mau nanya , saya pernah tebar bibit 2500 ekor dan hasilnya semua tewas kondisi air keruh kuning dan seperti berminyak kira kira solusinya gimana ya gan ?

  23. permisi gan numpang nanya, saya pernah tebar bibit lele sebanyak 2500 ekor dan hasil nya mati semua ukuran kolamnya 2×4, kondisi air kuning keruh dan seperti berminyak kira kira solusi nya apa gan ?

    • admin-infoagribisnis

      Terima kasih pak telah berkujung di infoagribisnis.com

      Sebelum kami memberikan solusinya, ada beberapa hal yang ingin kami tanyakan seputar bagaimana cara ternak lele yang bapak lakukan. Pertama kedalam kolam yang digunakan (ketinggian air) ? kedua adakah sistem darinase pada kolam lele tersebut? Air kolam didapat dari mana? dan bagaimana cara pemberikan pakan yang bapak lakukan?

      Hal yang bisa kami jawab saat ini adalah diduga kepadatan tebar benih lele terlalu banyak, kedua akibat penggunaan pakan yang berlebih. Sehingga menyebabkan terjadi pengendapan pakan dan kotoran. Hal ini secara langsung mempengaruhi konsentrasi air akibat penguraian yang tidak optimal. Akhirnya membuat keasaman air menjadi tinggi, yang menyebabkan bibit lele tidak bisa bertahan hidup.

      Jika hal demikan terjadi maka solusinya adalah mengurangi jumlah bibit, penggunaan pakan harus dikontrol secara teratur dan Anda bisa gunakan zat pengurai seperti E4 cair untuk membantu proses penguraian jika terjadi pengendapan. Jika hal tersebut sudah terjadi maka disaran air kolam dikuras, digantikan dengan air yang baru secara bertahap. Demikan penjelasan cara ternak lele yang bisa kami berikan kepada Anda. Terima kasih

  24. asalammualaikum wr.wb. sya mau tanya cara berternak lele di lingkungan yg sempit,seperti dihalaman rumah yg tidak begitu luas tmpatnya.apakah bisa kalau menggunakan drum/tong. tolong infonya untuk jumlah benih lele yg harus sya isi di tmpat yg sya mksud tdi. trimakasi mas.sya tunggu infonya

    • admin-infoagribisnis

      Waalaikum salam. Terima kasih pak Andri telah berkunjung di infoagribinis.com

      Budidaya lele pada media drum atau tong pada dasarnya bisa saja dilakukan, namun hanyalah skala rumah tangga atau untuk konsumsi sendiri. Untuk jumlah bibit lele tidak perlu terlu banyak mengingat media cukup kecil. Hal yang menjadi catatan sebaiknya jangan menggunakan drum karena riskan terjadi karat yang dapat berpengaruh terhadap konsentrasi air. Serta kualitas ikan lele yang dihasilkan. Demikan info yang bisa kami berikan seputar cara ternak lele, jika ada hal lainya, silahkan berikan komentar kembali. terima kasih

  25. Mas… Salam kenal. Saya tertarik dg admin yg ramah dan hangat menjawab hampir semua pertanyaan pembaca.

  26. Saya mau tanya kalau pakai terpal yang berbahan plastik semacam politik boleh ngak

    • admin-infoagribisnis

      Baik Pak yudi. Tidak masalah pak cara ternak lele menggunakan bahan plastik tersebut, yang terpenting bahan dapat menampung air dan tidak luntur yang dapat membuat air menjadi tercemar pak. Terima kasih

  27. Maf gan untuk bisnis ini dtmpat saya hanya penjualan’nya gan yg agak susah gan gmana solusinya gan

  28. Aslm, mas sy tertarik ingin belajar ternak lele, tpi saya cuman pnya lahan 4×6,5m.rencana nya mau tak bkin kolam dri semen. Idialnya dikasih bibit lele berapa? Mohon petunjuk Dan bimbingannya. Terimakasih

  29. maaf buat para admin disini saya mau tanya,,bagaimana caranya untuk pemasaran lele..karena disini masih sedikit pengepul lele..?

    • admin-infoagribisnis

      Baik pak sebelum kami menjadwabnya, bapak beternak lele didaerah mana ya pak? terima kasih

      • Saya di daerah Tegal pak tp baru merilis sya baru 400 ekor apakah bsa ke pengepul pak?

        • admin-infoagribisnis

          Bisa saja pak. Namun sedikit catatan yang bisa kami berikan dalam pemasaran ikan lele. Bapak bisa mencobanya dengan memasarkan langsung kepada konsumen mengingat jumlahnya belum bengitu banyak. Dengan cara tersebut Anda akan mengetahui secara langsung prospek dan potensi kapasitas penerimaan konsumen diwilayah Anda terkait hasil panen ikan lele yang bapak hasilkan.

  30. santiago harjono

    mf sblmx pak,apa plus minus nya menggunakan kolam terpal,semen maupun kolam tanah.kira2 yg baik yg menggunakan kolam apa?

  31. Senang menyimak komentar penanya dan adminnya.
    Terima kasih atas ilmunya membudidaya lele.
    Salam kenal.

    • admin-infoagribisnis

      Terima Kasih kembali mbak atas atas atensinya di infoagribisnis.com jika info yang ingin dibagikan seputar cara ternak lele silahkan kontak admin. Terima kasih

  32. maaf pak mau tanya saya jg ingin rasanya merintis ternak lele ini, utk yg baik buat kolam dari terpal atau semen trus utk biaya lebih irit yg mna? hehe maklum pemula.. lalu utk tanah ukuran 6×15 yg pas itu bs d buat berapa kolam dgn ukuran brp?.. lalu yg terakhir utk di daerah yg dekat dgn sidoarjo apa ada yg bs saya temui utk lngsung belajar dan sharing.. terima kasih banyak pak..

  33. maaf min q mau nanya nih, q kan di belakang rumah tapi kok dah 2hari ini ikan ada yg mati ya padahal ukuran udah besar karna udah 56hari, apa karna airnya yg terlalu kotor.
    sedangkan pakannya cuma keong ama pelet.

    • admin-infoagribisnis

      Baik terima kasih. Benar sekali akibat air yang terlalu kotor juga bisa menjadi faktor penyebab kematian ikan lele. Selain itu bisa juga karena pengendapan sisa pakan dan kotoran yang ada didasar kolam yang tidak terurai dengan baik, sehingga menyebabkan kadar oksigen dalam air berkurang dan konsentrasi air berubah menjadi terlalu asam. Untuk solusinya coba gunakan EM4 cair untuk membantu penguraian pada sisa pakan dan kotoran. Untuk tindakan intensifnya Anda bisa mengurangi debit air kolam lele hingga 1/4, kemudian tambahkan air kolam dengan air yang baru. Demikian informasi cara ternak lele yang bisa kami berikan, jika ada hal lainya silahkan berikan komentar kembali. Terima kasih

  34. Alhamdulillah..Terima kasih banyak bg sudah menambah ilmu saya tentang beternak lele.
    Sebelumnya saya sudah beternak lele. Tapi saya belum merasa puas,karna saya merasa belum cukup ilmu untuk beternak lele.
    Saya berterima kasih sekali atas ilmu yg abg berikan ini. ANO d sumbar 😀

    • admin-infoagribisnis

      Sama-sama terima kasih kembali telah berkujung ke infoagribisnis.com. Senang rasanya kami bisa saling berdikusi dalam memajukan pengetahuan cara ternak lele. Salam lestari pertanian Indonesia. Terima kasih

  35. Terima kasih atas ilmu nya bg.

  36. bang sy mw nnya’ saya ternak pembibitan ikan lele. tapi stelah usia 1 minggu anak lele nya mati semua (menggunakan kolam beton).apakah perlu penambahan multivitamin pada usia 4.5 hari stlah penetasan
    mohon info bg admin_
    trims

    • admin-infoagribisnis

      Baik pak terima kasih, Dalam pembenihan ikan lele kematian pada benih diusia diatas cukup sering terjadi, hal itu karena asupan pakan dari larva sudah habis. Untuk itu perlu dilakukan pemberian pakan tambahan. Seperti (cacing sutra/cacing darah). Pemberian pakan sebaiknya bertahap 2 kali sehari hingga usia 15 hari. Kemudian mulai diberikan pakan serbuk pelet 30 % dari jumlah benih. Kondisi air harus dijaga, sebaiknya diberikan sirkulasi air agar asupan oksegen terpenuhi. Hindari perubahan suhu karena terpaan sinar matahari, gunakan penutup pada kolam dengan plastik UV. Untuk penggunaan multivitamin bisa juga digunakan, namun harus diperhatikan cara penggunaanya, karena jika tidak teapat dapat menyebabkan kematian pada benih secara bersamaan.

  37. Wah..ternayat sangat komplet..makasih kak artikel yang bermanfaat sekali

  38. Assalamualaikum gan saya mau nanya nih saya baru mau mulai merintis bisnis ini,saya bisa membeli bibit,lele dimana ya,untuk daerah Tangerang,dan sebaikny jenis lele yang mana biasa untuk dipasarkan?
    Sangkuriang kah?
    Dumbo kah?
    Terima kasih

  39. Gan mau tanya…saya tebar benih 10rb ukrn 5 saya bagi 2 kolam 5rb per kolam
    Kira2 sampai panen nya menghbiskan berapak sak pelet ya kalau 10rb ekor…trimaksih

    • admin-infoagribisnis

      Sebelum kami menjawabnya. Mungkin yang perlu dievalusi adalah terkait evektifitas penggunaan pakan. Jika dalam satu kolam lele jumlah terlalu besar maka pemberian pakan cukup sulit untuk dikontrol. Kemudian akan terjadi proses kompetesi pakan, jika demikian terjadi maka produktivitas kolam kurang efektif pak. Sebaiknya kolam dipecah lagi pak. Dengan jumlah maksimal dalam satu kolam 2000 rb.

  40. andi salwa ramadani

    Assalamu alaikum pak, perkenalkan saya bapak daeng dari makassar.
    Sebelumnya saya minta maaf, saya sudah mempunyai 2 kolam berukuran 3×4m, berapa saya bisa isikan di kolam tersebut ? Sebulum saya isi ikan lele di kolam, adakah sarang lain dari pak admin.
    Saya ingin sekali menekuni budidaya ikan lele, makasih sebelumnya, salam dari bapak daeng, Wassalam.

  41. Assalamu alaikum pak, perkenalkan saya bapak daeng dari makassar.
    Sebelumnya saya minta maaf, saya sudah mempunyai 2 kolam berukuran 3×4m, berapa saya bisa isikan di kolam tersebut ? Sebulum saya isi ikan lele di kolam, adakah sarang lain dari pak admin.
    Saya ingin sekali menekuni budidaya ikan lele, makasih sebelumnya, salam dari bapak daeng, Wassalam.

    • Selamat pagi pak, terima kasih untuk informasi yang diberikan kepada kita semua, semoga menambah rezeki kita semua, baik rezeki ilmu,
      rezeki persaudaraan, rezeki harta dll. sukses terus pak untuk agribisnis, salam hormat kami (Bayu07)

    • admin-infoagribisnis

      Waalaikum salam pak Daeng. Ada 2 acuan yang bisa bapak gunakan dalam menentukan jumlah bibit lele agar cara ternak lele menjadi lebih efektif dan produktif. Jika kolam yang digunakan tanpa sistem sirkulasi jumlahnya lebih sedikit yaitu : per meter persegi dengan ketinggian air 1,25 M = 150 ekor bibit. Dan Jika cara ternak lele dilakukan pada kolam yang memiliki sirkulasi maka 2 kali lipatnya yaitu ketinggian air 1,25 M = 300 ekor bibit lele. Demikan penjelasan yang bisa kami berikan terima kasih pak Daeg, salam sukses selalu..

  42. Misi mind, Saya mau nanya. Saya baru mau bljar trnak lele, Di daerah sya banyak sisa ikan laut. Cara pemberiannya gimna kira kira, Jumlah dan waktu pemberian..? Dan apaka Airnya harus lebih sering diganti karna mengandung anyir ikan laut
    tanks Mind

    • admin-infoagribisnis

      Itu bagus sekali pak. Jika Anda memanfaatkan sisa ikan laut sebagai pak. Namun saran untuk Anda sebaiknya jangan diberikan secara langsung tetapi harus dibersihkan dan dipotong-potong menjadi bagian kecil sehingga lele lebih mudah untuk mencernanya. pemberian pakan jenis ikan rucah ini sebaiknya tetap dikombinasi dengan pelet pak. Atau Anda bisa mengolahnya menjadi konsentrat kering atau berupa silase ikan rucah dengan campuran bekatul halus. Pergantian air juga tidak perlu terlalu sering, cukup disesuikan dengan kondisinya saja. Anda juga bisa memberikan EM4 cair agar sisa makanan yang tidak tercerna dapat terurai, sehingga air tidak menjadi anyir.

  43. Sya mau nanya nih mas, apakah sesuai ikan saya umur 1 bln ko msih berukran sbsar ibu jari kaki..
    Saya mlai seukuran 3.5 apa kah kira” sesui ms brow.

    • admin-infoagribisnis

      Baik pak Mas bro riyan. Nah ini dia, apakah sesuai atau tidak ukuran tersebut? Tentunya untuk masalah ukuran tergantung pada jenis bibit yang mas bro gunakan. artinya jenis bibit lele dan cara pemeliharaan akan menentukan besarnya tingkat pertmbuhan. Jadi untuk lebih mudahnya jika dilihat secara fisik lele memiliki ukuran yang berimbang antara kepala dan badan itu artinya lele tumbuh normal. Jika hanya kepalanya saja namun tidak berimbang dengan bentuk tubuh lele artinya pertumbuhan tidak normal.

    • Asalamu’alaikum ,mas saya mau tanya bibit ikan lele yang bagus apa ya ?
      Dan saya mau tanya ternak lele di tempat yg tertutup seperti di dalam ruangan itu berpengaruh gam sama ikan lele nya,terimakasih ,wasalamu’alaikum wr.wb .salam lampung

      • admin-infoagribisnis

        Waalaikum salam pak Untuk benih lele yang bagus adalah benih dari hasil pijahan yang bukan satu darah. Artinya jika ada membeli bibit lele pada peternak Anda harus tahu dulu indukan yang digunakan. Karena pijahan sedarah meskipun terlihat bagus namun kualitasnya akan jauh berbeda dengan benih yang dihasilkan dari indukan yang tidak satu darah. Untuk menadapatknya sebaiknya Anda bisa membeli dibalai perikanan diwilayah bapak. atau peternak yang direkomendasi oleh dinas terkait. Apakah berpengaruh ternak lele didalam ruangan dan tidak? jelas sangat berpengaruh, sebaiknya kolam berada diluar ruangan pak. Terima kasih waalaikum salam

  44. Terima kasih informainya, sangat ocok bagi yang mau mulai bisnis

    • admin-infoagribisnis

      Sama pak semoga bermafaat. Terima kasih

      • Assalamualaikum, numpang tanya mas admin hhehe.. Saya lg nyoba2 nih, saya nebar bibit ukura 3cm kurang lebihnya.. Air kolam udah saya diamkn slama 1minggu.. Hari pertama ikan gda yg mati, dmulai hari456 itu ikan ada yg mati smakin banyak lah.. Tp g smua , pada ngegantung di pinggiran kolam, itu knp y? Kira2 cara mengantisipasinya begimana tuh? Hehe.. Mksh mas

        Oh ya admin asli mana? Siapa tau deket ane mau pelatihan nih hehe..

        • admin-infoagribisnis

          Waalaikum salam Wr wr. Mas Bimbim, sebelum memberikan solusi yang pas ne mas, boleh tanya gak ne kira-kira ciri2 kematian bibit lelenya bagaimana? Karena banyak faktor yang bisa menimbulkan kematian pada benih. Baik itu dari pakan, kondisi air, kualitas bibit dan kadar suhu kolam lele tersebut mas bimbim. terima kasih

  45. Harga benih lele dipasaran berkisar berapa ya?
    saya tertarik untuk mencoba usaha ini, apalagi mendekati hari raya.
    sama apakah terpal dengan tinggi 1 m diisi air ±75cm lele dapat loncat keluar kolam?

    • admin-infoagribisnis

      Untuk harga bibit lele tentu tiap daerah berbeda pak, sesuai dengan stadar masing-masing. Terima kasih

  46. Pak saya br mau buat kolam
    Berhubung daerah saya gak ada aliran air bagaimana cara membuatnya trus ketinggian air brp soalnya kan gan ada sirkulasi air… makasih sebelumnya

  47. Min saya mau tanya masih bingung cara penakaran pemberian pakan untuk 1500 bibit sya kasih 2x sehari makan sampai perut buncit. Itu normal atau pakan dikurangi?

    • admin-infoagribisnis

      Menurut saya normal saja mas Adit. Yang penting tebar pakan rata dan tidak banyak sisa saat pemberian pakan lele tersebut.

  48. Asalamu’alaikum ,mas saya mau tanya bibit ikan lele yang bagus apa ya ?
    Dan saya mau tanya ternak lele di tempat yg tertutup seperti di dalam ruangan itu berpengaruh gam sama ikan lele nya,terimakasih ,wasalamu’alaikum wr.wb .salam lampung

  49. Selamat Malam Pa, saya mau mencoba untuk beternak Lele, sekarang ini saya sudah membuat 3 kolam dari semen yang I Uk.1,20×3,76 yang Ke II dan ke III ukurannya sama yaitu 1,30×3 M saya ingin buat bertahap jadi setiap bulan ada panen ikan kira kira berapa kah jumlah benih ikan yang baik untuk kolam seukuran saya dan berapakan ketinggian air untuk pemula bila saya tebar benih ikan yang berukuran 8-10Cm serta vitamin apa saja yang harus saya berikan supaya hasilnya baik Terima Kasih.

  50. Selamat Malam Pa, saya juga mau tanya jika utnuk ternak lele saya pakai air tanah tetapi ketika baru keluar airnya bau besi dan agak sedikit kuning tetapi airnya saya coba untuk cuci tangan bagus Pa tidak licin apakah air tersebut baik untuk ternak lele atau saya pergunakan air PAM Terima kasih atas sarannya

    • admin-infoagribisnis

      Keduanya sebenarnya kurang direkomendasikan untuk ternak lele. Air yang mengandung kadar besi kurang baik untuk pertumbuhan ikan lele bahkan bisa menyebabkan kematian, sedangkan air PAM juga mengandung kaporit sehingga kadar basanya cukup tinggi pak. Solusinya pertama Anda sebaiknya mencari lahan yang ideal untuk ternak lele, seperti dekat dengan aliran sungai atau sumur yang tidak mengandung Fe tinggi. kedua jika sangat terpakasa Anda bisa memnafaatkan air pam namun sebaiknya air diendapkan terlebih dahulu minimal 2 minggu, setelah itu baru dialirkan kedalam kolam lele namun tidak semuanya. Cara ini dilakukan supaya kadar basa turun dan air yang dialirkan hanya separuh saja. demikan penjelasan kami pak terima kasih

  51. Assalamualaikum, numpang tanya mas admin hhehe.. Saya lg nyoba2 nih, saya nebar bibit ukura 3cm kurang lebihnya.. Air kolam udah saya diamkn slama 1minggu.. Hari pertama ikan gda yg mati, dmulai hari456 itu ikan ada yg mati smakin banyak lah.. Tp g smua , pada ngegantung di pinggiran kolam, itu knp y? Kira2 cara mengantisipasinya begimana tuh? Hehe.. Mksh mas

    Oh ya admin asli mana? Siapa tau deket ane mau pelatihan nih hehe..

  52. admin…sya mhon bimbingannya…sya mau bkin kolam tanah dan kbtulan rencana sya mau satukan dngan saluran parit… apakah perlakuan kolam tanah dgn kolam terpal sama aja min…apakah air jga perlu diganti sedangkan kolam masih satu jalur sama aliarn parit trus apakah kolam harus dipupuk dlu kolamnya atw dibiarkan sja sampai air berubah keruh…mohon penjelasannya…trimakasih

    • admin-infoagribisnis

      Oke pak. Terima kasih atas pertanyaan yang diberikan terkait bagaimana penanganan cara ternak lele. Perlakuanya jelas berbeda pak, jika pada kolam terpal sudah saya bahas diatas. Namun pada kolam tanah dengan sanitasi langsung dari parit, yang perlu dijaga adah sumber aliran air parit, jangan sampai terkontaminasi oleh saluran pembuangan. untuk pergantian tidak perlu dilakukan. Untuk pemberian pupuk tetap harus dijalakan supaya merangsang pertumbuhan zooplangton yang bermanfaat dalam pertumbuhan ikan lele tersebut. Tidak keruh namun hijau hidup artinya air telihat segar namun berwarna kehijauan yang menandalan ada kehidupan pada air kolam tersebut. sebelum benih lele dimasukan kedalam kolam pak. Demikan cara ternak lele yang bisa kami berikan, jika ada hal lainya silahkan berikan komentar Anda kembali. Terima kasih

  53. makasih infonya gan, saya mau coba usaha ternak ikan lele, semoga berhasil…

  54. Wah,..akhirnya ketemu juga yang dicari..makasih kak info dan sharingnya..Bermanfaat sekali..

  55. terima kasih pak . . .saya tertarik untuk mencoba ternak lele . .

    • admin-infoagribisnis

      Baik pak Surya, jika ada tips dan trik cara ternak lele bisa Anda share disini pak. Terima kasih salam hangat infoagribisnis.com

  56. Rian Pardiansyah

    Asslamualaikum, saya rian mahasiswa daerah maalng. terimakasih bapak atas segala informasi yang ada. saya belum memulai usaha untuk berbisnis ikan lele ini, sebelumnya yang ingin saya tanyakn adalah mengenai saya yang tinggal di rumah kontrakan, memiliki modal 1jt saja bapak. kira2 boleh tidak bapak merekomendasikan untuk syaa ukuran kolam jumlah kolam, jumlah bibit dan juga cara yang sesuai dengan modal dan jumlah pengeluaran. kira2 yang ideal seperrti apa mungkin bapak. terimkasih banyak

    • admin-infoagribisnis

      Waalaikum salam mas rian. Bisa saja mas, menurut saya cukup. Sebaiknya diawali dengan kolam ukuran sedang aja mas 2×3, atau disesuaikan dengan ukuran terpal aja. Untuk jumlah bibit gunakan 150 ekor/meter agar tidak terlalu padat. sehingga pembelajaran ternak lele bisa lebih mudah mas. Terima kasih

  57. bos sy dari sulbar mau blajar ternak lele
    500 bibt
    cr perawatanya susah ngak bos

  58. halo gan…bibit ukuran 3 cm di beri pakan apa ya gan?? atasi bibit menggantung gmn? trims

    • admin-infoagribisnis

      Untuk pakan Anda bisa gunakan serbuk pelet atau pelet ukuran paling kecil pak, namun takaranya dan persebaran pemberian pakan lele harus diatur dan rata jangan berlebihan. Untuk masalah bibit menggatung coba cek kondisi air pak, bisa jadi karena kondisi air yang terlalu asam.

  59. Sangat bermanfaat artikelnya pak admin, sy mau tanya kenapa kok masih harus dikasih terpal y kalau langsung di Empang tanpa terpal bagaimana pak? Maaf pemula mohon bimbingannya

    • admin-infoagribisnis

      Baik pak terima kasih, penggunaan kolam terpal digunakan pada lahan yang tidak memiliki sirkulasi air, sehingga kolam terpal ini digunakan sebagai alternatif untuk menjalankan bisnis ternak lele. Jika langsung empang juga tidak menjadi persoalan, Anda bisa membaca beberapa artikel lain yang sudah Kami kupas tetang penggunaan kolam. Terima kasih

  60. Mas, saya mau tanya tentang penggunaan aerator itu penting apa tidak mas dalam dunia ternak lele? Dan apa aerator itu hrs hidup 24 jam non-stop ya mas? Saya sudah mulai beternak lele, tp msh nyoba di gentong dulu mas. Diameter gentong saya 50, tinggi air kolam saya 40 cm. Saya pakai aerator yg 15 watt mas. Terima kasih. Mohon pencerahannya mas.

  61. Mas, saya mau tanya tentang penggunaan aerator itu penting apa tidak mas dalam dunia ternak lele? Dan apa aerator itu hrs hidup 24 jam non-stop ya mas? Saya sudah mulai beternak lele, tp msh nyoba di gentong dulu mas. Diameter gentong saya 50, tinggi air kolam saya 40 cm. Saya pakai aerator yg 15 watt mas. Mohon pencerahannya mas. Terima kasih.

    • admin-infoagribisnis

      Dalam ternak lele penggunaan aerator itu memang disarankan pada sistem kolam tanpa sirkulasi. Fungsi aerator ini adalah untuk memberikan tambahan oksigen pada kolam, selain itu peran aerator juga dapat mempercepat proses penguraian pada kotoran yang mengendap didasar kolam, meskipun dampaknya tidak begitu signifikan.

      • permisi mas sy udadah coba tabur benih lele 1200ekor per kolam ,kolam ukuran 3x6m dalam kolam 2m ,kolam pakai jaring ,dari tabur bibit s/d siap panen gak ad yg mati umur kami panen 3,5 bulan tapi jumlah ikan rata2 kami anngkat berkurang s/d 400 ekor , apakah lele juga bisa memakan temanya, bagaimn cara mengatasinya , atas bimbinganya sy ucapkan trm ksh.

        • admin-infoagribisnis

          Bisa pak, itu prilaku kanibal akibat kekurangan asupan pakan salah satunya mineral. Untuk mengatasinya sebaiknya pemberian pakan jangan sampai terlambat dan tebaran pakan merata. Atau Cara kedua dengan melakukan sortasi berkala berdasarkan ukuran pak, untuk meminimalisir dominasi perebutan pakan lele.

  62. Mas admin.. Dalam kurun waktu 2 bulan, apakah air kolam harus selalu di ganti..?

    • admin-infoagribisnis

      Sebaiknya demikian pak, diganti dengan mengurangi debit air kolam lele 3/4 kemudian diatambahkan air yang baru. Hal ini bertujuan supaya tidak terjadi pengendapan pakan yang mengakibatkan konsentrasi air berubah menjadi asam. Terima kasih

  63. Slmt sore, halaman rumah saya ada tanah uk pxl=6×5 m.
    Jika saya buat 6 kolam yg masing2 PxLxT=5x1x1, apakah akan efektif, dan kira kira berapa ekor bibit perkolam yg harus saya tebarkan agar hasilnya bisa maksimal, (note:kolam semen) terimakasih

  64. Slmt sore, halaman rumah saya ada tanah uk pxl=6×5 m.
    Jika saya buat 6 kolam yg masing2 PxLxT=5x1x1, apakah akan efektifdan kira kira berapa ekor bibit perkolam yg harus saya tebarkan agar hasilnya bisa maksimal, (note:kolam semen) terimakasih, mohon pencerahannya

    • admin-infoagribisnis

      Kurang efektif pak, karena sebaikanya setiap kolam diberikan jeda untuk perawatan ternak lele secara intensif.

  65. permisi mas sy udadah coba tabur benih lele 1200ekor per kolam ,kolam ukuran 3x6m dalam kolam 2m ,kolam pakai jaring ,dari tabur bibit s/d siap panen gak ad yg mati umur kami panen 3,5 bulan tapi jumlah ikan rata2 kami anngkat berkurang s/d 400 ekor , apakah lele juga bisa memakan temanya, bagaimn cara mengatasinya , atas bimbinganya sy ucapkan trm ksh.

  66. Asalamualaikum pak.. Saya ingin bertanya sekaligus ingin bimbingan dari bapa bapak..

    Sebelumnya saya pernah mencoba trnak lele dan gagal sebanyak 3000 dan saat panen saya hanya memanen 723 ekor lele saja namun itu semua kesalahan saya saat pembelian benih dan tidak mlakukan penyotiran pada lele..

    Pada tgl 3-04-2017 saya membeli 3000 bibit lele dengan ukuran 4 smpai 7 cm dengan ukuran kolam 3x5x0.7.. Awalnya airkolam saya isi air dengan ketinggian kira* 30cm dan alhamdllah ikanny sehat..stelah 3 hari saya kwatir dengan kondisi air yg terlalu sedikit dan saya brinisiatif utk menambah ketingian air dengan menggunakan air galian sumur bor yang kira kira baru 1 bln selesai di buat..setelah menambahkan kira-kira 10cm air dengan rentang waktu kira-kira 20 menit timbul gejala aneh pada ikan tersebut awalnya berwarna hitam cerah tiba-tiba menjadi pucat dan mengapung dan mengeluarkan semua makanannya.. Setelah itu dalam waktu kurang lebih 20 menit ikan tesebut sudah banyak yang mati pak.. Melihat hal tersebut saya langsung memindahkan bibit tersebut ke kolam yang lain..kira-kira 600 ekor ikan lele mati hari itu..

    Yang ingin saya tanyakan apakah ad pengaruh dari air sumur bor yang saya tambahkan ke air kolam yang sebelumnya??..

    Saya benar-benar ingin menekuni usaha ini, jdi saya benar-benar butuh bimbingan dari bapak.. Jika bekenan bapak bisa mnghubungi saya 081378137213.. atau bapak bisa memberikan no hp bapak agar saya bisa menghubungi bapak.. Terimakasih..

    • admin-infoagribisnis

      Waalaikum salam pak. Baik pak, jika kesulitan silahkan bisa hubungi admin untuk bisa saling share informasi pak. Sedikit saran dari saya pak sebelum menggunkan air pada kolam, Anda bisa cek Ph air pak, sehingga bisa meminimalisir resiko akibat air kolam yang terlalu asam maupun basa. Air netral dengan keasaman 6-7. Bapak bisa gunakan alat ini pak.
      null

      • Halo pak admin. Mengenai ph meter ini, penggunaan bubuk kalibrasi apakah digunakan untuk setiap selesai cek kualitas air, atau apakah hanya sekali saja. Soalnya bingung nih pak admin; klo seandainya setiap ph meter selesai digunakan untuk cek kolam pertama, terus kalibrasi dulu baru bisa cek kolam kedua, harus punya bubuk kalibrasi yang banyak yah. Tolong dong pak min jelasin penggunaan ph meter dan bubuk kalibrasi ini. Thx

        • admin-infoagribisnis

          Baik pak Cahyadi untuk model PH meter ini calibrasinya bisa dinormalkan pak setelah pakai. Jadi bisa dipakai berkali-kali tanpa harus menggati yang baru, bahkan setahu saya bisa di setel pak untuk kalibarisanya jika terlihat angkanya sebelum digunakan pak. terima kasih

  67. Malam Om admin mkin ada kontak person yg bs dihubungi utk bertanya” seputar ikan lele, terimakasih

  68. mas,saya mau memulai ternak lele
    nah ada 1 kolam udah saya buat menggunakan terpal ukuran 1 x 2 meter
    itu muat berapa ekor bibit ya mas?

    buat pemula , tolong kasih masukan ya?he
    serta airnya itu didiamkan selama berapa hari?
    klo sempet kirimin ya turitorialnya lewat email..he
    makasih sebelumnya mas

    • admin-infoagribisnis

      Untuk rincian padat tebar benih dalam ternak lele sudah saya bahas di artikel bahkan komentar sebelumnya, monggo bisa di lihat kembali. Terima kasih

  69. Rahmat J. Nugraha

    Assalamualaikum mas admin, saya mau tanya tentang media penanaman benihnya. Lebih efektif manakan antara media kolam terpal dengan kolam tanah?? Terimakasih sebelumnya..

    • admin-infoagribisnis

      Waalaikum salam pak, jika dilihat dari segi efektifnya itu lebih efektif dengan kolam terpal karena pengontrolan dalam penanaman benih bisa dilakukan dengan mudah, namun dari segi kualitas lebih bagus kolam tanah karena asupan pakan alami dan mineral lain sudah tersedia, sehingga pertumbuahan benih menjadi lebih optimal. Dalam kasus ini tergantung metode pemeliharaan yang harus dilakukan secara tepat baik pada media kolam lele terpal maupun kolam tanah pak. Terima kasih

  70. rumus pemberian pakan lele 3 per x bobot itu perhari atau setiap kali memberi pakan ( 3 x per hari )

  71. Dear Admin,
    Saya pelaku budidaya lele menggunakan tehnologi bioflok. pada proses awal sampai pertengahan sukses air tak berbau, ikan sehat bahkan tak ditemukan kematian. Kita senang dan optimis akan hasil melimpah. Saya menggunakan terpal bundar D2 T1,25 dengan ketinggian air 90 cm dan bibit lele masuk pada ukuran 9ml. Dalam proses perjalanan setelah 1,5 bln kira2 hari ke 45 mulai ada yg tidak beres, air tiba-tiba berbau dan ikan mulai menggantung. Padahal Kondisi lingkungan terjaga dengan baik, kolam beratap tembus matahari krn pakai atap platik mika, air hujan tak masuk. setiap 2 hari sekali probitik masuk terus sesuai ukuran dari cara sistem budidaya bioflok. Kira-kira menurut admin, apa penyebab air tiba-tiba berbau sehingga ikan mengantung ?sudah kita beri garam dan dolomit, kemudian air kita buang sampai 50%. .dan kita masukkan air baru. Tapi hari ke 3 setelah pemberian air dan larutan/ramuan kami untuk pembuatan flok baru, tapi dalam 3 hari berikutnya berbau lagi. Adakah solusi atau pengalaman buat solusi ini ? trims atas bantuannya..

  72. Permisi om,, artikelnya sangat bagus,,
    Saya ada rencana mau ternak lele di daerah Cirebon,,
    Apakah bagus Klo setiap kolam terpal dikasih sirkulasi air seperti di akuarium
    Terima kasih atas info2 nya
    Salam kenal

  73. bagus min artikelnya, ijin share min moga dapat bermanfaat bagi para yang membutuhkanya.

Cara Ternak Lele | Usia 2 Bulan Panen


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Ternak Lele | Usia 2 Bulan Panen