Halaman Depan / Pertanian / Cara Menanam Ubi Kayu (Singkong) | Panduan Berkebun

Cara Menanam Ubi Kayu (Singkong) | Panduan Berkebun

gambar panduan cara menanam ubi kayu image
gambar panduan cara menanam ubi kayu

Ubi kayu, atau kerap disebut juga sebagai ketela pohon, merupakan salah satu tanaman umbi-umbian yang mengandung sumber karbohidrat tinggi sehingga termasuk dalam salah satu makanan pokok di Indonesia setelah beras dan Jagung. Cara menanam ubi kayu biasanya dilakukan dengan cara perkembangan vegetatif jenis stek batang.

Umumnya budidaya umbi kayu yang banyak dilakukan oleh para petani, tergolong sebagai kegiatan sampingan usaha tani. Cara menanam ubi kayu dilakukan sebagai selingan untuk menanami sawah mereka pada saat musim kemarau, dimana jika musim penghujan sawah tersebut akan ditanami padi oleh para petani.

Dalam taksonomi dunia biologi, klasifikasi umbi kayu termasuk dalam Genus Manihot, dengan nama latin Manihot utilisima. Sedangkan family dari umbi kayu termasuk keluarga Euphorbiaceae, termasuk dalam Ordo Euphorbiales, Kelasnya adalah kelas Dicotyle, Sub divisi dari Angiospermae, dan divisi Spermathophita, dan masuk dalam Kerajaan Plantae atau tumbuhan.

Panduan Cara Menanam Ubi Kayu

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara menanam ubi kayu, terlebih dahulu Anda pahami syarat pertumbuhan dari ubi kayu tersebut :

  • Curah hujan antara 1.000 hingga 2.500 mm/th
  • Suhu terendah bagi ubi kayu adalah 10 derajat celcius
  • Kelembaban udara dari lahan untuk menanam ubi kayu antara 60% – 65%
  • Membutuhkan sinar matahari sepanjang hari
  • Jenis tanah yang dianjurkan adalah jenis grumosol, andosol, serta alluvial latosol.
  • Lahan kaya akan unsur hara yang dibutuhkan tanaman
  • PH ideal cara menanam ubi kayu adalah 5 hingga 6 .

Setelah Anda menentukan lokasi lahan yang sesuai dengan kriteria diatas, maka langkah berikutnya cara menanam ubi kayu  adalah sebagai berikut :

1. Bibit
Cara menanam ubi kayu yang baik diawali dengan mendapatkan bibit ubi kayu yang baik pula agar hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan Anda. Beberapa ciri-ciri bibit ubi kayu yang ideal adalah :

  • Ubi kayu berasal dari induk yang cukup tua ( 1 tahun )
  • Pertumbuhan ubi kayu sehat dan seragam
  • Batang ubi kayu telah berkayu, lurus, dengan diameter 2 hingga 3 cm
  • Belum terdapat pertumbuhan tunas baru
  • Bibit ubi kayu berupa stek batang
gambar bibit memalui stek image
gambar bibit memalui stek

2.  Penataan Lahan
Persiapan lahan harus dilakukan diawal. Mengingat cara menanam ubi kayu memerlukan media tanam yang baik. Hal yang perlu Anda ketahui juga adalah penentuan jadwal kapan akan mulai mengarap lahan, sebaiknya dimulai diawal musim penghujan.

Langkah persiapan lahan :

  • Bersihkan lahan dari gulma dan tanaman liar yang mengganggu
  • Cangkul atau bajaklah lahan agar menjadi gembur, kemudian diamkan selama kurang lebih 1 minggu agar racun tanah hilang terbawa angin.
  • Berikan pupuk kandang yang sudah matang untuk menambah kandungan unsur hara yang diperlukan oleh tanaman.
  • Cara menanam ubi kayu selanjutnya adalah dengan membuat bedengan dengan panjang disesuaikan dengan kondisi lahan, lebar kurang lebih 100 cm, tinggi 30cm, serta diberikan jarak antar bedengan yang juga berfungsi sebagai drainase dengan jarak kurang lebih 50cm.

3. Proses Cara Menanam Ubi Kayu
Cara menanam ubi kayu yang baik, terutama jika jenis lahan Anda adalah jenis lahan kering atau tegalan, maka sebaiknya awal masa tanam dimulai pada awal musim penghujan agar bibit yang baru ditanam mendapat pasokan air hujan yang cukup disamping tentu saja dibantu dengan penyiraman secara berkala.

gambar cara menanam ubi kayu image
gambar cara menanam ubi kayu

Setelah bibit tersedia, cara menanam ubi kayu adalah dengan cara meruncingkan batang stek ubi kayu, kemudian langsung ditancapkan kedalam bedengan sedalam sepertiga dari batang bibit stek ubi kayu tersebut. Jarak antar batang stek yang ditanam adalah kurang lebih 20 – 30 cm tergantung luas bedengan yang Anda buat.

4. Pemeliharaan
Tahap selanjutnya tentang cara menanam ubi kayu yang baik setelah masa tanam adalah memelihara kelanjutan dari bibit tersebut agar tumbuh sempurna dan dapat dipanen sesuai dengan harapan.

Gantilah bibit ubi kayu yang tidak tumbuh sempurna dengan bibit yang baru agar pertumbuhan ubi kayu di lahan Anda dapat tumbuh seragam. Cara menanam ubi kayu selanjutnya adalah dengan membersihkan gulma dan tanaman liar yang mengganggu pertumbuhan dari tanaman ubi kayu. Kedua tahap penyulaman dan penyiangan tersebut dapat dilakukan pada saat bersamaan.

Cara menanam ubi kayu juga penting untuk dilakukan pemangkasan pada tanaman yang berlebihan perkembangan tunasnya. Sebaiknya setiap tanaman ubi kayu hanya bercabang 2 hingga 3 cabang saja. Pangkaslah cabang yang tumbuh berlebihan pada tanaman ubi kayu Anda.

Pemupukan susulan juga penting dilakukan dalam cara menanam ubi kayu yang benar agar kandungan unsur hara di dalam tanah yang dibutuhkan oleh tanaman ubi kayu dapat terjaga ketersediannya. Lakukan juga penyiraman secara rutin terutama jika menghadapi musim kemarau, penyiraman dapat dilakukan setiap pagi hari.

5. Panen Ubi Kayu

Tahap terahir dari cara menanam ubi kayu adalah masa panen dimana biasanya pada varietas ubi kayu konvensional dapat dipanen pada usia tanam 10 hingga 12 bulan. Pemanenan dilakukan dengan cara mencabut seluruh umbi yang ada di dalam tanah, serta gunakan garpu tanah untuk umbi yang kerap tertinggal didalam tanah.

Demikian tadi ulasan singkat yang membahas tentang cara menanam ubi kayu yang benar, semoga dapat menambah pengetahuan Anda.  Selamat Berkebun !!!

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

fungisida organik

Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini

Fungisida organik – Bercocok tanam atau bertani saat ini telah menjadi lahan bisnis yang mempunyai …

3 komentar

  1. sangat menambah wawasan

    • admin-infoagribisnis

      Terima kasih pak amiruddin, jika ada hal yang ingin ditanyakan terkait cara menanam ubi singkong, silahkan berikan komentar Anda. Terima kasih

  2. terimakasih infonya,,masih ada cara lain yang aku tidak tahu dengan membaca artikel ini bertambah juga wawasan saya…

Cara Menanam Ubi Kayu (Singkong) | Panduan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Menanam Ubi Kayu (Singkong) | Panduan