Halaman Depan / Pertanian / 3 Teknik Praktis Cara Menanam Daun Sirih (Piper Betle)

3 Teknik Praktis Cara Menanam Daun Sirih (Piper Betle)

gambar cara menanam daun sirih image
gambar cara menanam daun sirih

Indonesia sangatlah kaya akan tanaman obat untuk keluarga (biofarmaka), salah satunya adalah daun sirih. Tanaman daun sirih sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit untuk keluarga Anda, jadi sangat baik jika Anda memiliki tanaman ini dirumah. Apa sajakah kandungan, manfaat, dan cara menanam daun sirih ? simak ulasan singkat berikut ini :

Kandungan daun sirih banyak terdapat zat aktif seperti minyak atsiri, kavicol, hidroksikavisol, estragol, allylpyrokatekol, fenil propana, kavibetol, cyneole, caryophyllene, tannin, diastase, cadinene, terpennena, hingga seskuiterpena yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh Anda.

Dengan kandungan yang banyak tersebut, daun sirih diketahui mampu mengobati berbagai penyakit seperti asma, radang tenggorokan, penghilang bau ketiak, mengobati eksim dan penyakit kulit, memperlancar haid dan mengobati keputihan, obat sakit gigi, menghilangkan bau mulut hingga mampu mengobati sariawan.

Ciri-ciri daun sirih umumnya berbentuk bulat oval seperti telur dengan warna hijau tua, dengan bentuk pohon memanjang hingga mencapai 10-15 meter, bagian batang banyak di lilit sulur, bentuk bunga daun sirih berbentuk bulir dengan panjang 3-6 cm yang berada di ujung cabang.

3 Teknik Praktis Cara Menanam Daun Sirih (Piper Betle)

Memiliki tanaman daun sirih atau suruh di halaman rumah Anda dapat bermanfaat sebagai obat herbal alami jika keluarga Anda ada yang terkena penyakit tertentu. Dengan mempunya tanaman daun sirih sendiri, maka konsumsi obat kimia yang kerap memiliki efek samping dapat diminimalisir.

Berikut tiga teknik cara menanam daun sirih yang dapat Anda lakukan sendiri dirumah adalah :

1. Cara Menanam Daun Sirih Dengan Tehnik Stek

Ini adalah tehnik termudah untuk cara menanam daun sirih. Langkah pertama adalah mempersiapkan media tanam yaitu campuran antara tanah , pupuk kompos, dan pasir dengan komposisi 3 : 3 : 1, dan masukkan media tanam tersebut kedalam polibag berdiameter 10 cm. jangan lupa untuk melubangi bagian bawah polybag agar saat proses penyiraman, air tidak menggenangi akar tanaman daun sirih.

Langkah berikutnya untuk cara menanam daun sirih dengan metode stek adalah mendapatkan bibit stek yang di peroleh dari batang pohon daun sirih yang sudah tua. Potonglah batang daun sirih tersebut sepanjang dua ruas lalu direndam di dalam air selama kurang lebih 15 menit.

Tancapkan batang stek yang sudah direndam tadi kedalam media tanam di dalam polybag. Siramilah bakal tanaman daun sirih tersebut secara rutin setiap pagi dan sore hari, serta tempatkan bakal daun sirih tersebut di area yang teduh. Setelah tunas daun sirih tumbuh lebat, pindahkan kedalam lahan tanam sesungguhnya di area halaman rumah Anda.

2. Cara Menanam Daun Sirih Dengan Tehnik Merunduk

Tehnik ini dapat dilakukan untuk cara menanam daun sirih sebab meskipun pohon daun sirih tumbuh meninggi, percabangan dari daun sirih justru tumbuh merambat pada pohon lain yang sering disebut sebagai sulur. Cara menanam daun sirih seperti ini kerap dilakukan pada jenis daun sirih merah maupun daun sirih hitam.

Pilihlah batang sulur daun sirih yang panjang, kemudian atur sedemikian rupa agar sulur tersebut merunduk atau menjuntai hingga menempel dengan media tanam yang terbuat dari campuran seperti pada cara menanam daun sirih dengan tehnik stek. Dengan penyiraman secara teratur, sulur daun sirih yang menempel pada media tanam tersebut akan mengeluarkan akar tanaman.

Potonglah sulur daun sirih yang sudah ditumbuhi akar tersebut, pindahkan pada media tanam yang sudah dipersiapkan berupa polybag maupun pot bunga yang berisi tanam pasir dan pupuk kompos. Lakukan penyiraman secara rutin agar tanaman daun sirih Anda dapat tumbuh dengan optimal.

3. Cara Menanam Daun Sirih Dengan Tehnik Stek Air

Cara yang ketiga adalah dengan melakukan stek air untuk menumbuhkan akar bibit pohon daun sirih sebelum ditanam. Potonglah batang sulur daun sirih yang sudah berumur cukup tua dan terbebas dari berbagai hama penyakit, kemudian rendamlah batang suur daun sirih tersebut di dalam air.

Perlu diperhatikan daun sirih tidak ikut terendam air, bagian yang direndam adalah hanya batang sulurnya saja dan tempatkan di lokasi yang lembab. Setelah terendam beberapa hari, akar tanaman daun sirih akan mulai Nampak atau kurang lebih 4 – 7 hari. Setelah akar tanaman terlihat, pindahkan bibit daun sirih tersebut kedalam media tanam dengan campuran seperti diatas.

Tanaman sirih sangat membutuhkan pasokan air yang cukup banyak untuk proses pertumbuhannya. Oleh sebab itu, cara menananm daun sirih muda harus rutin disirami sehari dua kali untuk memenuhi kebutuhan air.

Baru nanti setelah tanaman berusia dewasa, dengan akar tanaman yang sudah cukup dalam untuk mencari air tanah sendiri maka penyiraman dapat dikurangi menjadi sehari sekali atau dua hari sekali.

Dengan tiga pilihan teknik cara menanam daun sirih yang mudah tersebut, tehnik manakah yang akan Anda coba ?

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

tabulampot jambu air

Tabulampot Jambu Air Susah? Baca Dulu Tipsnya Di Sini

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang tabulampot jambu air. Jika Anda seorang penghobi …

5 komentar

  1. Kalau gx punya kebun/halaman rumah, boleh gax d tanam di pot saja..?

    • admin-infoagribisnis

      Menanam daun sirih dengan pot juga bisa dilakukan, yang terpenting asupan usur hara pada media tanam harus terpenuhi dengan baik. terima kasih

  2. Kalau gax punya halaman/kebun rumah,
    Boleh gak kalau cuma di tanam di pot..?

    • admin-infoagribisnis

      bisa saja mas adi jika Anda ingin mencoba menanam daun sirih ini dengan media lain seperti pot, bak, atau tong bekas. Yang penting kebutuhan unsur dipernihi pada media tanam tersebut. Terima kasih

  3. Sirih jika di diamkan selama 1 hari apakah akan mati atau malah sebaliknya apakah akan hidup?

Cara Menanam Daun Sirih | 3 Teknik Praktis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Menanam Daun Sirih | 3 Teknik Praktis