Halaman Depan / Pertanian / Hasil Riset : Manfaat Temulawak Atasi Kanker Payudara !!

Hasil Riset : Manfaat Temulawak Atasi Kanker Payudara !!

Khasiat dan Manfaat Temulawak image
Khasiat dan Manfaat Temulawak

Menurut data dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pada tahun 2008, jumlah penduduk Indonesia yang mederita kanker payudara mencapai angka 876.665 penduduk. Kanker payudara memang penyakit kanker kedua mematikan setelah kanker mulut rahim. Lalu apa hubungannya dengan manfaat temulawak seperti judul artikel berikut ?

Sejauh ini, mereka yang menderita penyakit kanker biasanya melakukan pengobatan dengan cara radiologi atau kemotherapi. Namun sayangnya, biaya yang mahal untuk therapy tersebut tidak di barengi dengan kepastian sembuh total. Kemotherapi dan radiologi hanya menghambat sel kanker agar tidak tumbuh semakin banyak dan ganas, tidak menghilangkan sel kanker dari tubuh penderita.

Manfaat temulawak dengan kandungan yang dimilikinya menjadi harapan baru bagi para penderita kanker payudara. Selain harganya yang terjangkau, manfaat temulawak untuk memecah sel kanker tidak di ikuti efek samping seperti kerontokan rambut, gangguan system pencernaan, hingga radiasi sinar UV pada kulit akibat proses kemotherapi.

Xantorizol Kurkumin manfaat temulawak

Menurut Yew Hoong Cheah, seorang ahli herbal dari Institute Riset Kesehatan, Kuala Lumpur mengungkapkan bahwa manfaat temulawak diketahui ampuh mengatasi kanker payudara di karenakan terdapat zat aktif yang bernama xantorizol yang mampu memecah sel kanker di dalam tubuh sehingga mematikan sel kanker tersebut.

Xantorizol dalam temulawak (curcuma xanthorrhiza) bahkan diakui lebih ampuh mengatasi kanker dari pada tamoxifen. Tamoxifen adalah obat antiestrogen yang lazim dikonsumsi bagi penderita kanker payudara. Manfaat temulawak untuk menghambat perkembangan sel kanker di tubuh mereka.

Penelitian yang di lakukan oleh ahli herbal asal Malaysia tersebut berhasil mengungkapkan manfaat temulawak bahwa perpaduan antara xantorizol dan kurkumin yang ada di dalamnya mampu menghambat perkembangan sel kanker dengan cara apoptosis atau lebih di kenal dengan proses bunuh diri sel kanker.

Manfaat temulawak dengan xantorizol dan kurkuminnya mampu merangsang sel kanker untuk melakukan bunuh diri dengan cara memecah DNA dari sel kanker tersebut. Xantorizol juga berperan penting dalam mengaktifkan kerja protein p53 yang berfungsi menekan perkembangan sel kanker maupun sel tumor.

Sedangkan kurkumin juga berfungsi menghambat perkembangan sel tumor dengan cara merangsang bunuh diri sel tumor melalui cara mitokondria serta, menurunkan kadar protein anti bunuh diri di dalam sel yaitu Bcl-2. Namun tingkat kemurnian xantorizol itu sendiri sangat mempengaruhi kemampuan mengobati kanker payudara.

Zalinar Umar dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melakukan uji manfaat temulawak, dengan mengekstrak ekstrak etil asetat temulawak serta membandingkannya dengan xantorizol murni.  Xantorizol itu sendiri sebenarnya adalah zat penyusun minyak atsiri hasil filtrasi rimpang temulawak. Cairan xantorizol berwarna kuning dan memiliki aroma yang khas.

Pengolahan Yang Tidak Mudah

Para peneliti di dunia memang sepakat bahwa xantorizol adalah senyawa aktif yang sangat ampuh untuk mengobati dan membunuh sel kanker payudara pada penderita. Hanya saja memang hingga saat ini proses pengolahan rimpang untuk mendapatkan manfaat temulawak menjadi xantorizol murni tidaklah mudah.

Di zaman maju seperti sekarang, manfaat temulawak akan lebih mudah di sosialisasikan ke seluruh masyarakat jika sudah berbentuk kapsul/ekstrak. Maklum saja, meskipun masyarakat Indonesia kini sudah mulai menerima obat-obatan herbal untuk mengobati penyakit, terkadang proses mengkonsumsi yang ribet kerap menjadi alasan untuk tidak menggunakan obat herbal.

Manfaat temulawak akan lebih mudah di terima masyarakat jika sudah dalam bentuk ekstrak, sirup, kapsul, dan berbagai bentuk praktis lainnya untuk di konsumsi. Untuk mendapatkan xantorizol murni dari rimpang temulawak, proses ekstraksi berkali-kali harus dilakukan dan harus diakui hal itu bukan perkara mudah.

Salah satu pabrik produsen ekstrak obat-obatan herbal, PT. Tri Rahardja atau Javaplant pernah merasakan keruwetan mengolah rimpang agar dapat khasiat temulawak, yaitu zat xantorizol murni. Untung saja pabrik mereka dilengkapi dengan alat LLC atau liquid-liquid chromatography untuk memisahkan xantorizol dengan jaringan lain. Sehingga mampu memperoleh manfaat temulawak dari proses extraks tersebut.

Kesulitan memisahkan xantorizol murni ari rimpang temulawak dikarenakan zat aktif tersebut terkunci oleh getah – getah oleoresin yang terdapat dalam rimpang temulawak.  Jadi jika rimpang temulawak yang di cacah itu langsung di panaskan, justru hanya akan menghasilkan endapan minyak atsiri yang kental karena kandungan getahnya belum terlepas.

“Bukannya mendapatkan ekstrak manfaat temulawak, malah dapatnya minyak kental, dan lagipula minyak tersebut tidak akan berubah jadi serbuk meskipun dilakukan dengan cara apapun, “ungkap Suseno Arianto, Production Manager Javaplant.

Namun dengan alat LLC, pihak Javaplant kini adalah pioner bagi perusahaan yang mampu membuat ekstrak xantorizol dan kurkumin dari rimpang temulawak. Bahkan kandungan xantorizol olahan Javaplant di klaim memiliki kadar kemurnian hingga 99,99%. “nah kalo bentuknya serbuk, kan orang lebih mudah mendapatkan manfaat temulawak,” demikian kata Suseno.

Manfaat temulawak atau kegunaan temulawak untuk mengobati kanker payudara seakan lebih sempurna sebab tidak mengandung efek samping, yang biasanya terdapat pada terapi kemoterapi yang sering penderita kanker alami seperti mual, muntah, rambut rontok, bahkan kanker kulit. Dan lagi pula rimpang temulawak jauh lebih murah dibandingkan kemoterapi.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

budidaya tanaman lada

Sejahtera Karena Budidaya Tanaman Lada Di lahan Sempit

Budidaya tanaman lada tidak selamanya memerlukan lahan yang luas. Romli telah membuktikannya. Dengan menggunakan lahan …

Hasil Riset : Manfaat Temulawak Atasi Kanker Payudara !


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hasil Riset : Manfaat Temulawak Atasi Kanker Payudara !