Halaman Depan / Pertanian / Manfaat Kelapa Muda Untuk Menetralisir Pengaruh Alkohol | Resep Es Kelapa Muda

Manfaat Kelapa Muda Untuk Menetralisir Pengaruh Alkohol | Resep Es Kelapa Muda

gambar manfaat kelapa muda image
gambar manfaat kelapa muda image

Jika Anda pernah menonton film berjudul Who Am I yang dibintangi oleh aktor laga Jacky Chan, pasti ingat adegan dimana Jacky Chan menolong orang yang terkena gigitan ular berbisa di padang gurun, dengan memanfaatkan buah kelapa muda Jacky Chanyang memberikan pertolongan pertama, menjadikan air kelapa sebagai infus.

Nah, tentu Anda bertanya-tananya mengapa kelapa muda bisa dijadikan infus dalam keadaan darurat bukan? Salah satu manfaat kelapa muda yaitu memiliki kandungan isotonik alami. Yang dapat berperan mengembalikan ion tubuh yang hilang sehingga dapat mengembalikan kebugaran tubuh Anda. Selengkapnya kami akan mengupasnya untuk Anda manfaat kelapa muda bagi tubuh.

5 Manfaat Kelapa Muda Bagi Kesehatan Tubuh

1. Manfaat Kelapa Muda Setara Kandungan Susu Sapi

Di dalam setiap 100 ml air kelapa muda terkandung protein sebanyak 0,2 ml sedangkan pada susu sapi terkandung 3,2 ml protein per 100 ml. Kandungan protein di dalam air kelapa muda merupakan asam amino esensial yang sangat diperlukan oleh manusia karena memang tubuh manusia tidak dapat memproduksi sendiri asam amino, sehingga membutuhkan asupan dari luar tubuh. Itulah manfaat kelapa muda memiliki kandungan luar biasa.

Manfaat kelapa muda dengan kandungan asam amino penting seperti alanin 2,40%, serin 0,90%, sistein 1,16%, arginin 12,75% , serta glutamine. Asam amino tertinggi membuat manfaat kelapa muda mampu memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Untuk memecah protein dan lemak pada makanan yang dikonsumsi agar mudah larut dan diserap oleh tubuh.

gambar manfaat kelapa muda image
gambar manfaat kelapa muda
gambar manfaat kelapa muda image
gambar manfaat kelapa muda

2. Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Jika Anda memiliki kerabat yang sedang hamil, sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah kelapa muda. Tentu untuk kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Buah kelapa muda memiliki kandungan asam folat yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan system saraf pada saat janin berada di dalam kandungan. Dengan mengkonsumsi secara teratur, manfaat kelapa muda dapat meminimalisir kemungkinan janin terlahir cacat, akibat pertumbuhan sarafnya yang tidak sempurna.

Manfaat kelapa muda lainnya yang tidak kalah penting bagi perkembangan janin di dalam kandungan adalah adanya vitamin C, asam pantotenat, riboflavin, biotin, serta asam nikotinat di dalamnya. Vitamin C pada buah kelapa muda sendiri berguna sebagai antioksidan alami dan membantu dalam pembentukan jaringan kolagen bagi janin.

Menurut Dr. Endang Peddywati MS, SpGK, seorang ahli spesialis gizi yang berdinas di RSUP Persahabatan, Rawamangun, Jakarta mengungkapkan: Bahwa manfaat kelapa muda mampu meningkatkan pembentukan kolagen pada janin, yang mana kolagen tersebut dibutuhkan sebagai integritas sel di seluruh jaringan ikat. “Jadi nanti saat bayi lahir kulitnya bersih dan kenyal”, Paparnya.

3. Manfaat Kelapa Muda sebagai Pengganti Ion Alami Tubuh

Di tahun 2000, lembaga PBB yang khusus menangani masalah nutrisi dan pangan dunia (FAO) menobatkan air kelapa muda sebagai minuman energi pengganti ion alami tubuh. Pada air kelapa muda terkandung isotonik alami, yaitu serupa elektrolit yang secara cepat mengganti kekurangan cairan tubuh (dehidrasi) setelah melakukan aktivitas fisik yang menguras tenaga.

Manfaat kelapa muda inilah yang menginspirasi beberapa produsen minuman berenergi di dunia, untuk menginovasi produknya dengan meluncurkan berbagai merk minuman isotonik pengganti ion tubuh, yang berbahan dasar air kelapa muda.

4. Manfaat Kelapa Muda Menetralisir Pengaruh Alkohol di dalam Tubuh

Manfaat lainnya dari kelapa muda adalah mampu menetralkan atau mengencerkan kadar alkohol dalam tubuh.

Manfaat kelapa muda untuk menetralisir alkohol ini disebabkan oleh adanya kandungan antidorum, yaitu suatu zat penawar racun di dalam air kelapa muda. Efek kandungan antidorum tersebut dapat langsung dibuktikan, setelah Anda mengkonsumsi minuman keras dan dilanjutkan dengan meminum air kelapa muda, maka seketika itu Anda akan muntah dan mengeluarkan minuman keras yang telah Anda telan.

5. Manfaat Kelapa Muda Mampu Memecah Batu ginjal

Meluruhkan batu ginjal serta mengeluarkannya melalui saluran kencing (Diuretik) dari manfaat kelapa muda. Menurut Dr. Peddy, seorang ahli penyakit dalam mengungkapkan bahwa batu ginjal yang dimaksud adalah berukuran kecil setara dengan lubang kencing.

Nah untuk mendapatkan manfaat kelapa muda tersebut maka cobalah untuk mengkonsumsinya secara rutin, dengan demikian semoga batu ginjal yang ada pada tubuh Anda akan larut secara bertahap.

Banyak cara yang dapat dilakukan, untuk mendapat manfaat kelapa muda. Cara nya dengan mengolah kelapa muda menjadi minuman segar dan nikmat untuk dikonsumsi. Berikut salah satu contoh resep cara membuat es kelapa muda yang dapat Anda lakukan sendiri :

Resep Cara Membuat Es Kelapa Muda

Bahan-bahan :

  • 2 buah kelapa muda diambil airnya kemudian daging buah dikerok memanjang
  • 400 ml air kelapa muda
  • 150 gr gula merah disisir halus
  • 200 ml air bersih
  • 1 lembar daun pandan, ikat rapi
  • 5 buah nangka segar, potong dadu
  • 100 gr cincau hitam, potong dadu
  • 200 gr es batu

Cara Membuat :

  • Terlebih dahulu buatlah sirop dengan merebus gula merah dengan air hingga mendidih serta tambahkan daun pandan dan buah nangka agar harum, dinginkan
  • Sementara itu siapkan kerokan daging kelapa muda kedalam gelas saji
  • Siramkan air kelapa dan sirop yang telah dibuat kedalam gelas saji
  • Tambahkan es batu sesuai selera.
gambar resep cara membuat es kelapa muda image
gambar resep cara membuat es kelapa muda

Nikmati sajian es kelapa muda tersebut bersama keluarga tercinta untuk mendapatkan manfaat kelapa muda bagi kesehatan keluarga tercinta. Jadikan hidup lebih sehat denga informasi yang berguna bagi keluarga Anda.

Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

kelebihan pupuk organik

Inilah 7 Kelebihan Pupuk Organik Dibandingkan Pupuk Kimia

Kelebihan pupuk organik – Salah satu komponen yang terpenting di dalam bidang pertanian adalah pupuk. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *