Halaman Depan / Pertanian / Cegah Osteoporosis : Penting Peranan Manfaat Buah Sawo

Cegah Osteoporosis : Penting Peranan Manfaat Buah Sawo

gambar khasiat & manfaat buah sawo image
gambar khasiat & manfaat buah sawo

Rasanya manis, daging buahnya sangat lembut, warna buahnya coklat muda hingga coklat tua, itulah buah sawo. Penyebarannya kini sudah hampir ada di seluruh belahan dunia. Kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengupas lebih jauh tentang manfaat buah sawo.

Sawo atau Achras sapota memang dikenal dengan buah dengan rasa manis dan disukai banyak orang. Namun agaknya masih banyak yang belum tahu manfaat buah sawo bagi kesehatan tubuh. Ternyata buah ini memiliki khasiat yang sangat banyak,  berbagai kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya.

Sebelum  mengupas lebih jauh manfaat buah sawo. Ternyata buah sawo memiliki beberapa jenis, diantaranya sawo manila merupakan jenis buah sawo terpaling populer di kasawan  Asia Tenggara, ada juga jenis sawo kecik, sawo duren, dan jenis sawo mentega.

Dan jenis yang satu ini yaitu sawo mentega atau Pouteria campechiana merupakan jenis sawo favorit banyak kalangan, karena daging buah seperti ubi, kekuningan dengan tekstur yang cukup lembut. Buah sawo dikenal dalam bahasa Inggris, yaitu buah Sapodilla , yellow sapote atau canistel.

Manfaat buah sawo tidak lepas dari kandungan yang dimilikinya. Beragam kandungan mineral yang ada di dalam buah sawo diantaranya adalah Kalium, Natrium, Riboflavin, Niacin,  Kalsium, Magnesium, Fosfor, Seng, Asam Folat, hingga Zat Besi yang sangat baik untuk nutrisi tubuh Anda.

Belum cukup sampai disitu, buah sawo juga memiliki kandungan beberapa Vitamin salah satunya adalah Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin E Vitamin C, serta Vitamin B1. Jadi tidak ada alasan lagi untuk Anda tidak mengkonsumsi buah yang kaya akan manfaat ini.

Berikut 8 manfaat buah Sawo :

1. Mencegah Osteoporosis
Manfaat buah sawo untuk pencegahan osteoporosis dini. Dengan kandungan kalsium dan fosfornya adalah sebagai nutrisi untuk tulang Anda sehingga mampu mencegah pengeroposan tulang atau akrab disebut Osteoporosis.

2. Mencegah Berbagai Penyakit Mata
Kandungan vitamin A yang melimpah pada buah sawo sangatlah bermanfaat untuk kesehatan mata Anda. Mengkonsumsi secara rutin, manfaat buah sawo dapat menjaga kesehatan mata.

3. Sebagai Nutrisi Kulit Anda
Dalam buah sawo terdapat Vitamin E yang sangat diperlukan kulit, berperan memperbaiki jaringan kulit rusak akibat radikal bebas dan paparan sinar Ultraviolet. Manfaat buah sawo dapat membuat kulit Anda semakin halus tentu dengan secara rutin Anda mengkonsumsinya.

Artikel Terkait : Manfaat Buah Sawo | Inilah Rahasia Menjaga Kebugaran Tubuh | Mengupas Peran Manfaat Buah dan Sayur !!

4. Mencegah Penyakit Wasir
Manfaat buah sawo dapat terlihat dari kandungan serat yang tinggi. Buah ini sangat baik bagi tubuh Anda, untuk menghindari kurangnya asupan serat. Kekurangan serat dapat menyebabkan Anda terkena penyakit wasir.

5. Mengobati Diare
Manfaat buah sawo lainnya adalah membantu menghentikan mencret atau Diare. Dengan kandungan tannin dan senyawa polifenolik yang terdapat pada buah sawo bermanfaat sebagai anti inflamasi serta anti bakteri penyebab Diare.

6. Mencegah Sariawan
Sawo juga sangat bermanfaat untuk mencegah sariawan yang disebabkan oleh kekurangan Vitamin C. Manfaat buah sawo dapat memenuhi kebutuhan Vitamin C tubuh Anda sehingga terhindar dari penyakit Sariawan.

7. Sebagai Obat Disentri pada Anak
Jika anak terserang disentri, maka ambil saja sawo yang masih muda, tumbuk halus, tambahkan sedikit garam kemudian dikonsumsi ramuan tersebut dengan dosis dua kali sehari.

8. Mengobati Penyakit Radang Mulut Akut
Manfaat buah sawo yang tidak kalah ampuhnya adalah sebagai obat radang mulut yang merepotkan makan Anda. Daun sawo dapat Anda manfaatkan, cuci hingga bersih kemudian direbus selama kurang lebih 10 menit dan gunakan air tersebut untuk berkumur.

gambar khasiat & manfaat buah sawo
gambar khasiat & manfaat buah sawo
gambar khasiat & manfaat buah sawo image
gambar khasiat & manfaat buah sawo

Buah sawo juga memiliki khasiat yang sangat bagus untuk Ibu hamil. Beberapa manfaat buahsawo bagi ibu hamil adalah :

  • Buah Sawo yang banyak mengandung Vitamin C sangat bagus dikonsumsi oleh Ibu hamil sebagai penagkal zat radikal bebas, dan meningkatkan imunitas tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit .
  • Serat yang sangat melimpah dalam buah sawo juga merupakan asupan yang diperlukan bagi Ibu Hamil untuk mencegah penyakit sembelit yang biasanya hinggap di ibu hamil.
  • Manfaat buah sawo lainnya adalah Vitamin B pada buah ini terbukti efektif mengurangi muntah dan gejala mual yang sering dialamai oleh para Ibu selama proses kehamilan.
  • Kandungan Asam Folat yang dimiliki buah sawo juga sangat baik bagi pertumbuhan dan nutrisi otak janin di dalam perut Ibu hamil.

Namun demikian, khusus untuk para ibu hamil tidaklah dianjurkan untuk mengkonsumsi buah sawo dalam jumlah yang banyak, sebab kandungan getah dikhawatirkan akan menyebabkan efek samping bagi ibu hamil.

Selain banyaknya manfaat buah sawo seperti yang disebutkan diatas, ternyata lateks atau getah yang ada pada buah sawo kini dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk menambal gigi berlubang. Demikian rangkuman kami tentang manfaat buah sawo.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

jenis tanaman hidroponik

5 Jenis Tanaman Hidroponik Ini Tinggi Nilai Ekonomisnya

Jenis tanaman hidroponik – Tingginya harga kebutuhan makanan pokok seperti buah – buahan dan sayuran …

Cegah Osteoporosis : Penting Peranan Manfaat Buah Sawo


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cegah Osteoporosis : Penting Peranan Manfaat Buah Sawo