Halaman Depan / Perkebunan / Manfaat Buah Pala : Ampuh Obati Penyakit Leukimia !!

Manfaat Buah Pala : Ampuh Obati Penyakit Leukimia !!

gambar manfaat buah pala sebagai tanaman rempah image
gambar manfaat buah pala sebagai tanaman rempah

Tahukah Anda bahwa buah pala yang banyak tumbuh di negeri Indonesia tercinta ini merupakan salah satu jenis rempah yang paling banyak dimanfaatkan di dunia ? Manfaat buah pala memang telah diketahui oleh masyarakat seluruh dunia sejak zaman dahulu, terutama sebagai bahan utama penggugah selera pada masakan-masakan khas di dunia.

Pala yang bernama latin Myristica fragrans inilah yang menarik hati bangsa asing dahulu untuk mengunjungi Indonesia, dan melakukan barter dengan barang berharga lain dari Negara tersebut. Sebut saja bangsa China, Persia, Arab, Belanda, Portugis, Spanyol, hingga Inggris yang pada akhirnya Negara seperti Belanda bahkan sampai memonopoli buah pala asli Indonesia untuk di ekspor ke Negara-Negara lain di Eropa kala itu.

Bagi bangsa Belanda kala itu, manfaat buah pala secara ekonomis mampu membuat Negara tersebut kaya raya dengan menjual minyak esensial hasil dari ekstraksi buah pala yang dijual ke Negara Eropa. Minyak esensial dari buah pala tersebut oleh bangsa Eropa dijadikan sebagai bahan utama obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, serta sebagai tambahan penyedap masakan yang sekaligus mampu menghangatkan badan saat menghadapi musim dingin yang panjang di Eropa.

Manfaat buah pala lainnya bagi orang Eropa kala itu digunakan sebagai peningkat system kekebalan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, mencegah penyakit leukimia, mengurangi penderita insomnia atau susah tidur, baik bagi system pencernaan, hingga membantu mempercepat proses penyembuhan. Manfaat buah pala juga mampu berfungsi sebagai detok alami bagi tubuh untuk mengeluarkan racun berbahaya yang ada di dalam tubuh mereka.

Banyaknya manfaat buah pala bagi kesehatan tersebut memang tidak lepas dari berbagai kandungan vitamin dan mineral penting yang terkandung di dalamnya. Di dalam setiap buah pala diketahui terkandung serat, thiamin, mangan, vitamin B6, asam folat, tembaga, hingga magnesium.

gambar manfaat buah pala muda
gambar manfaat buah pala muda

Inilah 5 manfaat buah pala bagi kesehatan tubuh

1. Manfaat buah pala sebagai penghilang rasa sakit dan nyeri

Didalam buah pala terdapat senyawa alami aktif yang mampu bekerja seperti menthol, dimana senyawa alami tersebut berfungsi sebagai penghilang rasa sakit di dalam tubuh. Manfaat buah pala mampu menghilangkan rasa sakit akibat peradangan, arthritis, sakit nyeri akibat luka luar maupun cidera lebam. Campurkan buah pala pada masakan Anda untuk mendapatkan khasiat tersebut.

2. Manfaat buah pala sebagai pelancar sistem pencernaan

Untuk mendapatkan manfaat buah pala sebagai pelancar saluran pencernaan, tumbuklah buah pala hingga halus menjadi seperti bubuk dan tambahkan secukupnya di setiap menu masakan Anda.  Kandungan serat alami berkadar tinggi yang ada di dalam buah pala mampu menstimulsi gerakan peristaltik pada usus sehingga membuat system pencernaan Anda menjadi lancar.

Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi bubuk pala juga dapat menginduksi sekresi beberapa cairan di dalam lambung serta usus yang memakin memudahkan proses pencernaan makanan yang masuk. Dengan system pencernaan yang lancar, maka Anda secara tidak langsung meminimalisir berbagai penyakit akibat masalah pencernaan seperti sembelit dan wasir.

3. Manfaat buah pala untuk menjaga fungsi otak

Inilah salah satu manfaat buah pala yang tidak banyak diketahui orang. Banyak masyarakat tidak mengetahui bahwa di dalam buah pala juga terdapat senyawa penting seperti yang terdapat dalam minyak atsiri, yaitu senyawa macelignan dan miristisin.

Kedua senyawa tersebut mampu secara aktif mengurangi resiko degradasi saraf dan fungsi kognitif yang kerap diderita oleh para penderita Alzeimer.Dengan rutin mengkonsumsi buah pala, selain masakan Anda semakin sedap dan menggugah selera, juga aktif mencegah terjadinya penyakit Alzeimer yang berbahaya.

4. Manfaat buah pala sebagai detoksifikasi alami tubuh

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa zaman sekarang semakin banyak saja orang yang menderita penyakit berbahaya seperti ganggguan ginjal, gangguan fungsi hati, kanker, hingga tumor yang pada umumnya disebabkan oleh terakumulasinya racun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh seperti pengawet makanan, pemanis buatan, alkohol, obat-obatan kimia, polusi udara, hingga pestisida yang masih menempel pada sayuran maupun buah yang Anda konsumsi.

Manfaat buah pala sebagai detoksifikasi alami bagi tubuh mampu meluruhkan berbagai macam racun tersebut yang menumpuk di dalam organ hati maupun organ ginjal Anda, untuk selanjutnya dibuang keluar tubuh melalui air kencing, buang air besar, maupun keringat. Sehingga dengan mengkonsumsi buah pala secara rutin akan menjaga dan memaksimalkan kerja organ hati dan organ ginjal Anda.

5. Manfaat buah pala sebagai obat penderita leukimia

Manfaat buah paa yang tidak kalah penting adalah mampu menginduksi matinya sel apoptosis pada penderita leukemia atau kelainan sel darah putih. Dengan memberikan bubuk pala di setiap masakan Anda, akan membuat anak Anda terhindar dari resiko mengidap penyakit leukemia yang sangat berbahaya bagi keselamatan jiwa putra putri Anda.

gambar buah pala siap panen pada manfaat buah pala image
gambar buah pala siap panen pada manfaat buah pala

Itulah tadi beberapa manfaat buah pala yang tidak hanya berfungsi sebagai penyedap masakan. Memang negeri Indonesia sangatlah kaya, berbagai obat herbal alami yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan semuanya ada disini, tak terkecuali buah pala yang berkhasiat.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara menanam melon di polybag

7 Langkah Cara Menanam Melon Di Polybag Baca Di Sini

Cara menanam melon di polybag – Melon adalah tanaman yang sangat mudah untuk dibudidayakan. Bahkan …

Manfaat Buah Pala : Ampuh Obati Penyakit Leukimia !!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Manfaat Buah Pala : Ampuh Obati Penyakit Leukimia !!