Halaman Depan / Pertanian / Manfaat Buah Kolang Kaling : Kaya Serat dan Baik Untuk Pencernaan Anda

Manfaat Buah Kolang Kaling : Kaya Serat dan Baik Untuk Pencernaan Anda

Anda tentunya sudah tahu kan apa itu kolang kaling, itu lho cemilan lonjong kenyal yang berwarna putih transparan dan rasanya yang segar. Biasanya sih sering dijumpai sebagai campuran es buah, atau dalam bentuk manisan kolang kaling. Tetapi ternyata, manfaat buah kolang kaling tidak hanya sebatas sebagai campuran es buah maupun manisan saja lho, yuk simak artikel mengenai manfaat buah koang kaling bagi kesehatan sebagai berikut.

 Apa itu Kolang Kaling ?

Kolang kaling yang dalam bahasa Belanda disebut sebagai glibbertjes ini adalah jenis olahan yang berasal dari biji pohon aren atau Arenga pinnata. Pohon aren sendiri sebenarnya masih satu keluarga dengan pohon kelapa, hanya saja batang pohon aren terkesan lebih kotor jika dibandingkan dengan pohon kelapa.

gambar pohon aren ( manfaat buah kolang kaling ) image
gambar pohon aren ( manfaat buah kolang kaling )
gambar manfaat buah kolang kaling  - biji kolang kaling mentah image
gambar manfaat buah kolang kaling – biji kolang kaling mentah

Untuk mengambil manfaat buah kolang kaling, biasanya para pengusaha produksi kolang kaling bahkan membakar buah aren tersebut hingga hangus dan diambil bijinya. Biji tersebut lalu direbus selama beberapa jam hingga lunak, setelah itu biji kolang kaling akan difermentasikan dengan cara direndam dengan air kapur.

Biji buah pohon aren ini sejatinya adalah protein albumin yang diperlukan benih pohon untuk persediaan makanan. Biji buah pohon ini umumnya berbentuk lonjong agak pipih, serta mengandung getah yang dapat membuat gatal jika terkena kulit manusia. Oleh sebab itu, seorang petani kolang kaling pada saat memanen biji pohon aren sering terlihat memakai kaos lengan panjang lengakp dengan sarung tangan sebagai pengaman kuit dari terkena getah yang bikin gatal.

Layaknya pohon kelapa sebagai kerabat dekatnya, pohon aren juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan manusia disamping bijinya sebagai bahan baku pembuatan kolang kaling, air nira dari pohon aren juga sering dipakai untuk bahan baku gula merah, cuka, minuman keras khas daerah atau tuak, serta batangnya dapat diolah menjadi tepung sebagai sumber karbohidrat di beberapa wilayah timur Indonesia seperti Maluku dan Papua.

Manfaat Buah Kolang Kaling

Jika dilihat dari segi gizi yang terkandung di dalamnya, manfaat buah kolang kaling memang tidak memberikan asupan nutrisi berbagai macam vitamin penting yang dibutuhkan tubuh seperti layaknya buah – buahan lainnya. Namun demikian, itu tidak berarti jika kolang kaling tidak memiliki khasiat sama sekali bagi orang yang mengkonsumsinya.

1. Memperlancar Saluran Pencernaan

Justru kolang kaling memiliki kandungan serat dan air yang sangat tinggi dimana serat tersebut sangat dibutuhkan bagi kelancaran system pencernaan Anda. Manfaat buah kolang kaling dapat memenuhi kebutuhan harian akan serat, sehingga makanan yang masuk dapat dioah dengan baik, serta membantu melancarkan saluran pembuangan feses. Dengan mengkonsumsi kolang kaling, organ – organ saluran pembuangan seperti usus besar dan anus dapat bekerja dengan maksimal.

Manfaat buah kolang kaling yang tidak kalah pentingnya adalah dapat menghindarkan Anda dari gejala penyakit sembelit. Disamping kekurangan serat alami tubuh, sembelit pada dasarnya adalah gangguan umum yang terjadi pada organ saluran pembuangan akibat kekurangan asupan air. Nah, kolang kaling yang sebagian besar terdiri dari air hingga 90% tersebut dapat membantu mencukupi kebutuhan air oleh organ saluran pencernaan Anda.

2. Kolang Kaling Kaya Akan Serat

Kandungan serat di dalam buah kolang kaling berperan aktif untuk mengikat selulosa, pectin, dan air untuk mempercepat sisa-sisa makanan setelah diambil sarinya dan disalurkan melalui usus besar, hingga menuju anus dan dibuang keluar. Jika tanpa bantuan serat sebagai pengikat, feses akan mengendap lebih lama di dalam usus besar dan pada gilirannya justru akan merusak organ usus besar itu sendiri.

Asupan serat yang mencukupi juga mampu membantu kerja usus besar saat melakukan gerakan peristaltic untuk mengeluarkan feses dari tubuh melalui anus. Hal inilah yang menjadikan alasan hingan Badan Pengawas Obat dan Makanan asal Amerika Serikat atau FDA mengeluarkan rekomendasi untuk mengkonsumsi setidaknya 25 gram serat setiap harinya bagi orang dewasa.

3. Manfaat Buah Kolang Kaling Untuk Diet

Kandungan serat yang cukup banyak tersebut, selain sebagai pelancar saluran pencernaan, manfaat buah kolang kaling juga sering dikonsumsi oleh orang yang sedang diet dalam rangka menurunkan berat badan. Kandungan serat serta kadar gelatin yang terdapat dalam buah kolang kaling akan memberikan efek kenyang bagi siapa saja yang mengkonsumsinya. Sehingga dengan mengkonsumsi buah kolang kaling yang mengenyangkan, Anda akan lebih tahan terhadap godaan “ngemil” yang kerap menjadi penyebab utama kegemukan seseorang.

Namun demikian, Kami menyarankan Anda untuk mengolah sendiri buah kolang kaling tersebut sebelum dikonsumsi, untuk mendapatkan khasiat yang diinginkan. Mengkonsumsi kolang kaling secara praktis dalam bentuk manisan dikhawatirkan justru mengandung banyak pemanis dan pewarna buatan yang justru akan merugikan kesehatan Anda.

gambar manfaat buah kolang kaling - proses  image
gambar manfaat buah kolang kaling – proses
gambar manfaat buah kolang kaling - manisan image
gambar manfaat buah kolang kaling – manisan

Jadi, lebih baik agak repot sendiri demi mendapatkan manfaat buah kolang kaling untuk mengantisipasi adanya pemanis dan pewarna buatan dalam manisan kolang kaling yang dijual di pasaran, bukan?


Tentang Admin Web Info Agribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

cara menanam kemangi

Cara Menanam Kemangi Itu Mudah Loh – Baca Di sini

Cara menanam kemangi – Kemangi atau daun kemangi adalah salah satu jenis sayuran yang biasanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *