Halaman Depan / Pertanian / Cara Menanam Tomat Dalam Pot Secara Praktis, Ikuti 5 Langkah Ini

Cara Menanam Tomat Dalam Pot Secara Praktis, Ikuti 5 Langkah Ini

Pernahkah Anda berfikir bahwa halaman rumah Anda juga dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna? Salah satunya adalah menanam berbagai jenis tanaman maupun sayuran yang dapat Anda panen sewaktu-waktu di saat membutuhkan. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas beberapa poin penting cara menanam tomat dalam pot agar dapat berbuah dengan lebat.

gambar cara menanam tomat dalam pot image
gambar cara menanam tomat dalam pot

Seperti pada artikel kami sebelumnya mengenai manfaat buah tomat bagi kesehatan, banyak sekali khasiat yang dapat diperoleh dari buah tomat. Salah satunya adalah sebagi sumber vitamin A yang cukup tinggi. Cara menanam tomat dalam pot tidaklah terlalu sulit, seperti halnya budidaya tomat dilahan, yang dibutuhkan yaitu ketekunan dan sedikit pengetahuan tata cara menanam agar bibit tomat yang Anda tanam dapat tumbuh meskipun menggunakan media pot.

Jika Anda memiliki sedikit lahan di halaman rumah, sangat bisa untuk dimanfaatkan menanam tomat. Lagipula dengan memetik tomat sendiri kapanpun dibutuhkan setidaknya anggaran belanja yang tadinya untuk membeli buah tomat dapat disisihkan atau dibelikan kebutuhan pokok lainnya bukan?

gambar 5 langkah praktis cara menanam tomat dalam pot image
gambar cara menanam tomat dalam pot

5 Langkah Penting Cara Menanam Tomat Dalam Pot

Faktor utama yang menentukan berhasil atau tidaknya cara menanam tomat dalam pot adalah pemahaman Anda sendiri, tentang bagaimana melakukan penanaman dan pemeliharaan tanaman  tomat. Berikut 5 langkah yang harus Anda lakukan cara menanam tomat dalam pot yaitu;

1. Memilih Bibit Buah Tomat

Poin penting yang pertama cara menanam tomat dalam pot adalah memilih bibit buah tomat yang baik, agar tanaman yang dihasilkan dapat tumbuh dengan baik serta menghasilkan panen tomat yang melimpah. Pilihlah bibit buah tomat yang cacat fisik serta bebas dari segala penyakit maupun hama.

Kreteria buah tomat sebagai bibit:

  • Pilih buah tomat yang benar-benar matang (merah dan kulit tipis)
  • Memiliki ukuran besar dibanding lainya
  • Tidak teradapat luka cacat atau bekas terserang hama maupun penyakit
  • Memiliki kepadatan biji yang merata, jika dibelah
  • Biji tomat tampak besar dan jika direndam tidak terapung.

Jika Anda masih merasa kesulitan, untuk menentukan bibit tomat unggulan atau tidak, langkah terbaik adalah dengan mendatangi petani atau dengan membeli bibit pada kios-kios pertanian disekitar Anda. Bibit buah tomat yang didapat dari kios pertanian, memiliki kemungkinan besar bibit tomat lebih berkualitas, dibanding Anda memilih bibit tomat sendiri.

2. Menyemai Biji Buah Tomat

Setelah bibit tomat diperoleh, maka langkah selanjutnya cara menanam tomat dalam pot adalah melakukan tahap penyemaian bibit buah tomat. Anda dapat mengikuti langkah berikut yaitu merendam bibit buah tomat di dalam air yang sudah dicampur dengan fungisida.

Tujuan dari merendam benih tomat dengan cairan fungisida adalah agar penyakit maupun hama yang ada di dalam benih dapat mati dan tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.

Setelah bibit direndam dengan cairan tersebut, masukkan benih ke dalam media semai. Media semai dapat berupa campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan komposisi 1 : 1. Lubangi media semai dengan jari telunjuk, masukkan benih tomat, kemudian tutup kembali dengan tanah tersebut, dan letakan ditempat yang teduh (cukup sinar pagi hari)

gambar langkah ke 2 penyemaian cara menanam tomat dalam pot image
gambar langkah ke 2 penyemaian cara menanam tomat dalam pot

Selanjutnya cara menanam tomat dalam pot, adalah penyiraman yang rutin. Dengan menyiraminya secara rutin setiap pagi dan sore hari, benih tomat biasanya sudah mulai muncul kecambah, saat menginjak umur 7 hingga 10 hari sejak masa tanam. Biarkan benih tomat yang sudah muncul tunas tersebut di dalam media semai hingga berumur tua dan siap dipindahkan kedalam pot yaitu antara 15 hingga 20 hari sejak mulai ditanam.

3. Pemilihan Pot Sebagai Media Tanam

Memilih pot sebagai media tanam juga termasuk dalam poin penting cara menanam tomat dalam pot. Anda dapat memilih berbagai jenis pot bunga yang terbuat dari bahan-bahan yang berbeda seperti bahan keramik, semen, maupun tanah liat. Namun ada baiknya untuk memilih pot dari bahan tanah liat karena pori-pori dari pot tanah liat lebih mudah di tembus oleh air maupun sirkulasi udara yang dibutuhkan oleh akar tanaman tomat.

Selain pot bunga, Anda juga dapat menggunakan media kaleng bekas maupun polybag berukuran sedang sebagai media cara menanam tomat dalam pot. Adapun media tanam yang digunakan adalah campuran dari tanah , pasir, dan pupuk kompos yang sudah matang dengan komposisi 1 : 1 : 1. Jangan lupa pula untuk melubangi bagian bawah pot agar air siraman tidak menggenangi akar yang justru akan menyebabkan penyakit busuk akar pada tanaman tomat Anda.

4. Memindahkan Benih Tomat dari Lahan Semai ke dalam Pot

Setelah benih berumur 20 hari di dalam media semai, media tanam telah dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah memindahkan benih hasil penyemaian tersebut kedalam media pot bunga. Cara menanam tomat dalam pot pada saat memindahkan tanaman harus dilakukan dengan sangat hati-hati agar akar tanaman tidak rusak. Lepaskan polybag perlahan, kemudian tanamlah benih kedalam pot bersama dengan media tanah yang masih menempel pada akar tanaman.

gambar tahap ke 4 cara menanam tomat dalam pot image
gambar tahap ke 4 cara menanam tomat dalam pot
gambar langkah ke 4 cara menanam tomat dalam pot image
gambar langkah ke 4 cara menanam tomat dalam pot

5. Pemeliharaan Tanaman Tomat dalam Pot

Setelah dipindahkan kedalam pot, letakkan pot tersebut di halaman rumah yang terkena sinar matahari pagi, namun mendapat sedikit peneduh saat terik siang tiba. Lakukan juga penyiraman rutin setiap pagi dan sore agar tanaman tomat Anda mendapatkan pasokan air yang cukup.

Jangan lupa juga untuk menancapkan bambu di samping tanaman sebagai media tomat untuk merambat. Pemberian pupuk kandang setiap dua bulan sekali akan menambah tingkat kesuburan tanaman tomat dalam pot Anda. Setelah 60 hari hingga 90 hari sejak masa tanam, tanaman tomat biasanya sudah mulai dapat dipanen sesuai dengan kebutuhan Anda.

gambar cara menanam tomat dalam pot mudah dan praktis image
gambar cara menanam tomat dalam pot mudah dan praktis

Demikianlah cara menanam tomat dalam pot, untuk memanfaatkan halaman rumah Anda agar lebih produktif.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

fungisida organik

Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini

Fungisida organik – Bercocok tanam atau bertani saat ini telah menjadi lahan bisnis yang mempunyai …

17 komentar

  1. Peni Srirejeki

    Siip p Adit artikelnya,makasih sy tambah ilmu krn saat ini sy jg lg nanam tomat di polybag.

  2. Seluruh sistem penanaman sampai panen sangat bermanfaat terutama bagi kbanyakn orang /femula tdk mengerti bagaimana cara pembibitan,penanaman,pupuk,pemeliharaan,hama sampai paska panen. Trimks semoga menjadikan amalan yg baik

  3. Mohon jg dapat dijelaskan pak ukuran pot/polybag yg baik utk digunakan, terima kasih

  4. Saya tertarik dengan artikel anda.
    Ada sesuatu yang ingin saya tanyakan. bisa ngga menanam bawanng daun yang ga usah pakai benih? kemmudian gimana cara ngasih pupuk kandangnya? terimakasih sebelumnya.

  5. Tks informasinya sangat membantu kami yg akan mempraktekan menanam tomat bersama murid PAUD kami di sekolah

  6. Terimakasih…akhirnya dpt artikel menanam tomat yg lengkap…sbgai pemula sya sgt terbantu dgn artikel ini…sisa actionnya aja lgi tuk mnanam

  7. terima kasih tipsnya, sangat bermanfaat. saya lagi belajar bertanam menggunakan pot dan sudah bisa memanen tomat dan cabai, tapi sayang buahnya kurang lebat dan setelah panen pertama buah berikutnya kurang berkualitas

    • admin-infoagribisnis

      Untuk mengatasinya mungkin media pot yang digunakan kurang besar.
      Atau solusi lainya penambahan pupuk juga harus dilakukan secara
      berkala dalam pemeliharaan tanaman pada media pot. Apalagi untuk
      tanaman buah. Kebutuhan nutrisi harus benar-benar optimal
      karena keterbatasan media tanam tersebut. Jadi usahakan Anda untuk
      mmalakukan penambahan secara rutin. dan Untuk tanaman sebaiknya
      buahnya juga dilakukan pemangkasan agar hasil lebih optimal.

  8. indra deni satriyadi

    saya ada tanaman tomat..sudah 60hari tapi tidak berbuah.malah semakin tinggi.apa saya melakukan kesalahan dlm menanam?masih baru dlm hal tanam menanam.saya tanpa pupuk.hanya dusiram air saja.
    mohon penjelasannya…no whatsapp saya 089694728326
    jenis tomat yg kecil…

  9. jika penyemaian langsung di pot bagaimana hasilnya ? terima kasih infonya

    • admin-infoagribisnis

      Untuk penyemaian sebaiknya dilakukan pada media media yang berbeda, sehingga benih bisa tumbuh maksimal.

  10. halo, saya pemula dan ingin mencoba menanam tomat. Pasir yang dimaksud dalam media tanam itu pasir bagaimana ya? Apakah sama dengan pasir media tanam pada aquascape? trims.

    • admin-infoagribisnis

      Pasir yang digunakan pasir bangunan atau pasir kali. Penggunakan pasir itu sebagai media resapan selain itu pasir juga mengandung unsur-unsur mikro yang bersifat logam sehingga kebutuhan mikro pada tanaman tomat dapat terpenuhi. Akan tetapi idealnya cara menanam tomat tidak serta merta harus menambahkan pasir, itu digunakan jika bapak menggunakan media pot untuk menanam tomat. Terima kasih

Cara Menanam Tomat Dalam Pot Secara Praktis dan Mudah


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Menanam Tomat Dalam Pot Secara Praktis dan Mudah