Halaman Depan / Pertanian / Cara Menanam Merica Cukup Mudah, Perhatikan Langkah Ini

Cara Menanam Merica Cukup Mudah, Perhatikan Langkah Ini

gambar panduan cara menanam merica image
gambar panduan cara menanam merica

Merica atau lada adalah salah satu jenis rempah-rempah berbentuk biji yang dipanen dari tanaman dengan nama yang sama. Manfaat merica sebagai rempah-rempah penghangat tubuh sangat dibutuhkan oleh masyarakat di seluruh dunia sejak zaman dahulu, itulah kenapa bangsa Eropa pada masa lalu berdatangan ke Indonesia hingga terjadilah kolonialisme yang diawali dengan mendaratnya bangsa Portugis pertama kali di Maluku.

Cara menanam merica tidaklah terlalu sulit, bahkan saking gampangnya tanaman merica hampir dapat tumbuh di seluruh wilayah tropis di Indonesia. Budidaya merica yang dilakukan oleh para petani sebagai komoditi ekspor Indonesia.

Merica atau lada dari Indonesia sudah dikenal di seluruh dunia sebagai komoditi dengan kualitas terbaik. Maka jika Anda ingin mencoba untuk budidaya merica, potensi pasarnya sangat terbuka lebar dari pasar lokal hingga mancanegara. Selengkapnya inilah cara menanam merica, rempah kecil andalan ekspor Indonesia yang mendunia :

Syarat Tumbuh Merica

  • Cara menanam merica yang baik berada di lahan dengan curah hujan antara 2.500 – 3.000 mm / tahun.
  • Mendapat sinar matahari kurang lebih 10 jam / hari dengan suhu udara 20 – 34 derajat celcius.
  • Tahan subur dengan PH 5 – 7 , serta berada di ketinggian antara 300 – 1.500 meter diatas permukaan laut merupakan lokasi yang tepat untuk cara menanam merica.
  • Contoh tanah yang baik untuk cara menanam merica antara lain jenis lateritic, utisol, podsolik, dan latosol.

Pembibitan Merica

Langah awal untuk cara menanam merica adalah menentukan bibit unggul agar tanaman merica yang dihasilkan dapat menghasilkan panen yang maksimal. Beberapa ciri bibit merica unggul antara lain :

  • Bibit merica bebas dari hama dan penyakit
  • Bibit berasal dari tanaman induk merica yang sehat
  • Kemurnian bibit merica terjamin
  • Untuk satu hektar lahan, dibutuhkan kurang lebih 2.000 bibit merica
gambar panduan cara menanam merica langkah pemilihan bibit image
gambar panduan cara menanam merica langkah pemilihan bibit

Mengolah Lahan Cara menanam Merica

  • Cangkul lahn sedalam 30 cm hingga menjadi gembur
  • Untuk tanah ber PH kurang dari 5, tambahkan kapur dolomite 500 kwintal pada lahan kemudian diamkan selama 4 minggu sebelum masa tanam dimulai
  • Berikan pupuk kandang yang telah difermentasikan untuk menambah kesuburan lahan, dan diamkan kembali selama 2 minggu agar nutrisi tercampur sempurna di dalam lahan.

Cara Menanam Merica

  • Cara menanam merica dapat dilakukan dengan sistim monokultur maupun tumpangsari dengan jarak antar tanaman 2 x 2 meter.
  • Buatlah lubang tanam berbentuk limas dengan kedalaman 50 cm, ukuran bawah 40 x 15 cm, serta ukuran atas 40 x 35 cm.
  • Diamkan lubang tanam selama 2 minggu sebelum mulai menanam
  • Waktu untuk memulai cara menanam merica yang baik adalah di awal musim penghujan pada pagi atau sore hari untuk menghindari terik matahari mengenai bibit yang baru ditanam.
  • Setelah bibit di tanam, taburkan pupuk kompos dengan dosis 100 gram / tanaman kemudian sirami dengan air secukupnya.

Tahap Pemeliharaan Tanaman Merica

Pembuatan Sulur
Buatkan atap di atas tanaman merica dengan bahan bamboo atau kayu, kemudian ikatkan tali dari atap dan julurkan ke bawah hingga mengenai tanaman sebagai media untuk merambat.

Penyiangan Tanaman
Cara menanam merica juga diperlukan pembersihan rumput atau gulma yang mengganggu di sekitar tanaman, lakukan penyiangan rutin setian 3 bulan sekali.

Perempelan Tanaman
Pangkaslah batang, ranting, maupun dahan tanaman yang layu atau terindikasi terserang hama penyakit untuk meremajakan tanaman merica.

Pemupukan Susulan
Seperti pada tanaman lainnya, cara menanam merica juga membutuhkan pemupukan susulan untuk menjaga nutrisi tanah agar tetap terjaga. Lakukan pemupukan susulan setiap 6 bulan sekali dengan pupuk kandang atau kompos.

Penyiraman Tanaman
Untuk menjaga tanaman merica agar tumbuh dengan baik, maka lakukan penyiraman secara rutin sehari sekali serta ciptakan drainase yang baik agar saat musim hujan tiba, air tidak menggenangi lahan budidaya merica.

gambar panduan cara menanam merica pemeliharaan tanaman merica image
gambar panduan cara menanam merica pemeliharaan tanaman merica
gambar panduan cara menanam merica dan mengetahui buah siap panen image
gambar panduan cara menanam merica dan mengetahui buah siap panen

Panen Merica

Dengan mempraktekkan cara menanam merica yang sesuai dengan pedoman budidaya, maka Anda sudah dapat memanen merica pada saat umur tanaman menginjak usia 3 tahun. Ciri-ciri tanaman merica siap panen adalah tangkai biji atau buah mulai terlihat menguning serta warna buah kuning kemerahan.

Cara memanen merica adalah dengan mematahkan tangkai buah pada ketiak dahan dengan menggunakan tangan. Dengan melakukan cara menanam merica yang benar, tanaman merica Anda dapat terus di panen hingga usia produktif tanaman kurang lebih 8 hingga 15 tahun tergantung dari varietas bibit merica yang Anda tanam.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara menanam merica, semoga bermanfaat. Baca juga artikel tentang panduan praktis budidaya tanaman lainya. Baca Selengkapnya..

Tentang Aditya Permadi

Cek Artikel Ini Juga :

cara menanam hidroponik tomat

Cara Menanam Hidroponik Tomat Dengan Mudah Di Rumah

Cara menanam hidroponik tomat – Bertanam dengan hidroponik saat ini sedang menjadi trend dimasyarakat, baik …

52 komentar

  1. yth, perkenalkan saya satya dan saya tertarik untuk belajar menanam merica. Sebelumnya saya mau bertanya beberapa hal:
    -untuk lahan 2000m persegi, kira-kira berapa bibit yang dapat saya tanam?
    -lokasi saya di jogja, kemudian daerah tanah yg saya miliki berada di ketinggian 300-400mdpl masih di bawah lereng gunung merapi, saya takutkan apabila musim hujan daerah saya paling sering mendung atau berawan tetapi msh ada sinar matahari tetapi tdk langsung, apakah masih layak?
    -untuk bibit sangat susah mencari di pulau Jawa, kira2 ada informasi dimana saya dapat memperoleh bibit unggul diluar Jawa?

    Sementara pertanyaan saya itu dulu, mohon pencerahannya , trims

    • merica tumbuhnya gampang mas, didaerah saya tanpa penaung pun masih bisa hidup. untuk penanaman sebaiknya awal musim hujan.
      perawatan mencakup pembersihan gulma dan pemupukan.
      untuk pupuk bisa menggunakan urea, phonska, kcl, sp. kalo perlu bisa di tambah dolomit.
      pemupukan minimal 2 kali 1 thun, pada awal musim hujan, dan sblum musim kmarau.
      klo saya biasanya pada awal musim hujan untuk , merangsang pembungaan, trus saat buah masih hijau dikasih pupuk juga supya buah lbih berbobot, dan pmupukan saat memasuki musim kemarau, spya tanaman bisa bertahan hidup saat kemarau. untuk musim kemarau, tnaman mesti disiram spya gak mati, dlakukan stiap sore hari.
      untuk tanaman yg sedg brbuah, pnyiraman pagi dan sore stiap hari saat kemarau.
      untuk kebu merica yg menggunakan tajar hidup sbagai penaung dan lcc (legum cover crop) blum sya aplikasikan.
      krna didaerah sya umumnya kebun merica menggunakan tajar mati, namun resiko kmatian tanaman sangat besar saat musim kmarau, karena kbanyakan ptani tidak menyiram tanamannya saat kmrau.
      tanaman yg selamat dari kemarau panjang akan sakit dan menguning, namun ini akan menghasilkan buah yg melimpah dibandingkan dengan tanaman yg slalu sehat, sbur dan hijau.
      untuk bibit didaerah saya berkisar antara 10rb hingga 20rb perbibit, trgantung varietas, mnrut saya smua varietas sama, ada kkurangan dan kelebihannya. kalo saya pakai merica jenis lampung, tangkai buah panjang. dan jenis merapin(nama untuk daerah saya) tangkai buah pendek namun padat.
      skedar share pemgalaman.

      • admin-infoagribisnis

        Terima Kasih Pak Jack atas masukanya

        Semoga dapat menambah pengetahuan yang bermanfaat
        dalam pengembangan sektor pertanian, khusunya cara menanam merica

        • saya mau tanya di daerah saya sidareja cilacap mrica jenis apa yang bagus dan di mana bisa saya peroleh bibitnya sebelumnya orang tua saya pernah menanam tapi sekarang sudah punah karna tidak di rawat saya pengen mengembangkan kembali trimakasih

      • ASS..bang jack klo boleh saya butuh bibit lampungnya, bli dimana? minta no hp bang jack ya…ya!!!tankz…

    • Di kalimantan ,balipapan mas ada banyak,, aku dapat bibit darisana.
      Aku dah tanam di jawa tepatnya jatim mas,mericanya hidup cuman belum tumbuh panjang e…
      Ada yang tau itu kurang apa ya.? Udah aku kasih pupuk organik juga e

  2. berapa harga bibit lada unggul per batang untuk luar pulau jawa trim kasiatas pencerahannya

    • admin-infoagribisnis

      Untuk saat ini kami tidak menjual bibit pak
      yang kami sediakan berupa panduan dan konsultasi
      cara menanam merica pak. terima kasih

      jika Anda kesulitan atau ada permaslahkan dalam
      proses cara menanam merica silahkan berikan komentar Anda.

  3. bagaimana cara merawat pohon yang sudah ada agar buah dan hasilnya jadi memuaskan?

  4. Cari bibit unggul

  5. Saya mau bertanya, apakah boleh tanaman merica atau lada di campur tanaman cengkeh dalam satu kebun. Mohon jawabannya.
    Trimakasih

    • admin-infoagribisnis

      Bisa saja pak. Sistem budidaya merica dengan menanamnya di sela-sela tanaman
      cengkeh pak. Namun usahakan tetap terkena sinar matahari. agar pertumbuhan
      tanaman merica dapat optimal.

  6. berapa haga per batang bibit merica dan bibit pala yang ada di perusahan anda mohon di krim via email okdan trima kasih

  7. Gmn gan cara ngatasi pangkal busuk?

    • admin-infoagribisnis

      Pakal tanaman merica busuk disebabkan oleh bakteri atau jamur pak. Faktor penyebabnya karena kondisi terlalu lembab sehingga menimbulkan efek asam pada menjadiakan pakal menejadi membusuk. Untuk mengatisnya bisa dengan menyemprotkan fungisida pak.

  8. Trims atas semua penjelasanya pak mudah bermanfaat Dan jadi amal sholeh

  9. thanks gan infonya sangat membantu.. keren

  10. Perkenalkan saya rio dari kalbar
    Lahan saya dipenuhi tanaman karet,rencana mau saya gusur dan diolah kembali dengan tanaman lada atau merica. Bagimana apa kah bisa tanaman merica atau lada ini tumbuh dengan sehat dan subur? Mohon dijawan…
    Atas perhatiannya terima kasih

  11. terima kasih banyak untuk infonya

  12. bagai mana cara penanaman merica melaui buah tolong jelaskan

    • admin-infoagribisnis

      Baik bu, untuk cara menanam merica dengan menggunakan buah itu memakan waktu yang cukup lama, karena ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Kami akan mengulasnya pada artikel berikutnya. Terima kasih

  13. Singkat saja ya..siapa yg butuh bibit merica,, tlpon no ini sj.. 081342677884: insaallah sy akan bantu

  14. mas…
    saya dari riau, pny cita2 jadikan riau tdk ketergantungan dgn sawit aja,
    tahap awal ingin mengembangkan merica di bawah pohon sawit dan agroforesty pd lahan hutan gundul.
    kira2 mana yg bs saya lakukan terlebih dahulu.?
    mengingat bibit yg saya buat Baru sedikit.
    mohon d bagi ilmunya….
    terimakasih..

    • admin-infoagribisnis

      Untuk pengembangan merica yang ditumpang sari dilahan sawit cukup baik pak.
      Anda bisa gunakan jenis tanaman merica varietas unggul, yang tumbuh pendek
      dan bisa lebih cepat panen.

      Untuk memperdayakan lahan gundul untuk menciptakan agroforestri, saran kami
      Anda indentifikasi dulu jenis tanah, keadaan cuaca, dan curah hujan yang ada
      dilahan tersebut. Setelah itu sesuaikan dengan jenis tanaman yang bisa ditanam.
      saran kami coba Anda mengembangkan jenis-jenis tanaman buah-buahan yang memiliki
      daya tahan lebih kuat, seperti (rambutan, mangga, durian, manggis, sawo, pisang, jambu, dan jenis
      buah lainya). Sebari itu Anda bisa mulai mengembangkan jenis tanaman perdu lain, seperti merica
      markisa, dan juga jenis-jenis tanaman biofarmaka.

      Jika ada hal lain yang ingin Anda diskusikan mengenahi pengembangan agroforestri, kami siap membantu Anda
      silahkan berikan komentar Anda kembali. Terima kasih

  15. Agar tanaman merica merambat dg baik pada tajarnya bgmn perlakuannya?
    apakah perlu diikat atau dibiarkan merambat sendiri ?
    Tajar menggunakan tajar hidup ( pohon reside )

    • admin-infoagribisnis

      Benar sekali pak, pengikatan pada batang pohon reside
      pada awal masa pertumbuhan tanaman merica, itu perlu dilakukan.
      Tujuanya adalah untuk menjaga agar batang tumbuh naik keatas,
      sehingga tidak menjalar kebawah. Karena jika menjalar kebawah
      pertumbuhan menjadi kurang optimal, akibat tanah yang lembab.

      Jika ada hal lainya yang ingin Anda diskusikan tentang cara menanam merica
      lebih lengkap, silahkan berikan komentar Anda kembali. Terima Kasih

  16. Saya menggarap ± 1 hektar dan saya tanami pinang, saya berencana menanam merica sebagai tumpang sari di lahan pinang tersebut, mohon pencerahan dan pendapat anda. Terima kasih..

  17. Pak, apakah bisa berkembang dengan baik menanam merica di polybag ? Daerah saya 500 m dpl di pematang siantar, sumut

  18. rahmat hidayat

    Mas. Saya tinggal di daerah sulawesi. Saya memiliki 1 hektar merica yg sdah berumur 7 tahun. Saya ingin tanyakan bagaimana merawat merica tersebut agar lebat. Dan buah nya padat. Tidak bolong”, dalam satu ruas tangkai buah. Trimakasih

  19. tak serumit yang dibayang kan.. saya tanam ala kadarnya aja udah keluar hasil. dengan cara menjalarkan ke tanaman sengon..memang untuk pemanenan agak sulit tapi lebih hemat biaya..

  20. All
    Salam kenal dari kab Berau Kalimantan timur
    Yang butuh bibit merica bisa inbox ke 081346257726

  21. Permisi para master,, klo bleh tau tnaman merica selama stahun bisa panen berapa kali?

  22. Permisi para master klo boleh tau tanaman merica bisa panen berapa kali dlm setahun? Trmakasih

  23. Klo di dataran rendah bisa bagus tanaman rmercanya harus g mna apa sama dgn dataran tinggi cra rawatx atw lbih

  24. mas kalau daerah malang dilereng ga kawi bisa apa nggak ya

    • admin-infoagribisnis

      Jika ketinggian lokasi kurang dari 1500 dpl, maka Kami rasa cara menanam merica tetap bisa dilakukan. Namun jika ketinggiannya lebih dari itu, sebenarnya tetap bisa juga pak, namun produktivitasnya tidak bisa optimal. Tanaman cenderung tumbuh lebat namun produksinya tidak maksimal. Jika ada hal lainya yang ingin ditanyakan sepca utar cara menanam merica silahkan berikan komentar kembali. terima kasih.

  25. Nanya ni min gimana cara ngatasi batang merica yg mati dari ujung

  26. saya pernah menanam lada tumbuh subur namun ketika berbuah lebat, lada mati seperti disiram air panas kemudian menjalar ke pohon lain. nah apa penyebabnya ?

    • admin-infoagribisnis

      Terima Kasih telah berkunjung di Infoagribisnis.com

      Kali ini Kami akan memberikan jawaban terkait serangan penyakit pada tanaman merica atau lada yang menyebabkan tanaman mati. Penyakit dengan ciri daun tiba2 menguning dan berguguran dan akhirnya tanaman mati serta menjalar pada tanaman merica lainnya itu disebabkan oleh serangan nematoda atau sejenis parasit yang menyerang pada bagian akar tanaman merica. Nematoda tersebut dinamakan Radopholus similis. Jenis nemoatoda ini menyerang bagian perakaran tanaman sehingga membuat tanaman merica tidak dapat menyerap air dan unsur hara. Jika tidak segera dilakukan penanganan maka akan mejalar ketanaman lainya, karena serangan penyakit tersebut melalui perakaran.

      Untuk melakukan pengendalian ada beberapa langkah yang bisa Bapak lakukan.
      1. Jika taman lada atau merica sudah terserang penyakit tersebut. Sebaiknya Anda segera melakukan tindakan pemusnahan tanaman. Dengan cara mencabut hingga perakaran kemudian dimusnakan. Hal ini dilakukan agar nematoda tidak menjalar pada tanaman lainya.

      2. Untuk menghambat serangan Anda bisa melakukan penyemprotan pada lahan dengan mengunakan sejenis pestisida (trichoderma dan nematisida) atau secara alami mengunakan buah jarak dan daun nimba yang telah ditumbuk. Penyemprotan dilakukan pada bagian pakal batang tanaman merica tersebut. Lakukan secara berkala.

      3. Langkah penaggulangan serangan penyakit. Pada tahapan ini maka Anda harus memperhatikan cara menanam merica secara tepat. Langkah-langkah yang harus Anda lakukan dalam cara menanam merica tersebut yaitu : Gunakan varietas unggul seperti (varietas LDL dan Khucing) Varietas yang toleran terhadap serangan jamur dan nematoda. Kamudian hal yang harus Anda perhatikan sekali sebelum cara penanaman merica dilakukan seperti dalam hal pengolahan tanah pastikan lahan benar2 bersih dari batang kayu (sebagai inang nematoda), tambahkan kapur untuk menetralisir Ph dan sebelum proser tanam dilakukan taburkan Nematisida dan Trichoderma untuk menghidari serangan penyakit. Hal yang lainya Anda bisa juga menggunakan mulsa agar kelembaban tanah bisa terjaga.

      Demikan penjelasan seputar cara menanam merica agar terhidar dari serangan penyakit. Jika ada hal lainya Anda bisa berikan komentar kembali. Terima Kasih

  27. Betul2 sekali2 tinggal bagaimana kita bekerja. Ilmu di balik meja menang jempol. Aplus…….Trims atas kontribusinya.

  28. Salam kenal,dimana saya bisa mendapatkan bibit merica unggul yg tahan hama dan juga fungi

  29. Untuk sahang/lada pada awal tanam lebih bagus kalau 3 minggu 1x di lakukan pemupukan,tidak perlu banyak yang penting rutin.dan .bersihkan dri rumput rumput.

    • admin-infoagribisnis

      Terima kasih atas atensi informasi tentang cara menanam merica, semoga bisa memberikan manfaat bagi semua kalangan pak Joy. Salam hangat Kami Untuk Pertanian Indonesia

  30. didataran tinggi lada bisa bertahan berapa tahun pak..dan umur lada 2 bulan bisa dikasi pupuk apa dan dosisnya pak.

  31. assalamuslaikum… saya maw tanya bagai mana cara paling tepat untuk membersikan rumpt” yg ada di lahan merica ini. apakan dengan menyemprot racun rumput juga baik di lakukn…ataw kah cara ini akan memberikan dampak yg buruk… mohon bantuan, sekian terimakasi…

    • admin-infoagribisnis

      Sebaiknya jangan disemprot dengan herbisida, karana dampaknya cukup berbahaya untuk tanaman merica, justru bisa membuat tanaman ikutan mati. Mengingat tanaman merica jenis tanaman perdu sehingga rawan sekali jika dilakukan penyemprotan gulma. Untuk pembersihan gulama sebaiknya cukup dilakukan penyiangan dan pembubuhan pada lahan budidaya merica tersebut. Lakukan secara berkala agar pekerjaan tidak terasa berat. Terima kasih

  32. Askum.. Klu merica .brpa tahun bru bisa berbuah ,mksh sblmx

    • admin-infoagribisnis

      Waalaikum salam, berapa tahun merica berbuah? merica mulai berbuah sekarang kurang dari 1 tahun, apalagi dengan bibit dari hasil okulasi yang memiliki pertumbuah lebih cepat, namun buah yang dihasilkan belum banyak. Jika ingin produksinya besar maka minimal 2-3 tahun merica akan mulai produksi dengan jumlah yang relatif tinggi..

Cara Menanam Merica Cukup Mudah, Perhatikan Langkah Ini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Menanam Merica Cukup Mudah, Perhatikan Langkah Ini