Halaman Depan / Pertanian / Perhatikan 7 Langkah Penting Cara Menanam Mawar Dengan Media Pot

Perhatikan 7 Langkah Penting Cara Menanam Mawar Dengan Media Pot

gambar cara menanam mawar cantik image
gambar cara menanam mawar cantik

Memiliki rumah yang cantik, baik dalam bentuk rumah minimalis maupun model klasik, rasanya kurang sempurna jika halaman rumah tampak gersang. Antisipasi keadaan tersebut dengan menanam beberapa tanaman hias seperti, bunga anggrek, bunga matahari, bunga mawar, maupun jenis lainnya.  Untuk menambah keindahan rumah idaman Anda, kami akan mengupas cara menanam bunga mawar.

Bercocok tanam bunga merupakan hal mudah, masalah sebenarnya hanyalah soal ada tidaknya waktu luang, untuk menyempatkan diri berkebun di halaman rumah. Cara menanam mawar cukup mudah, baik dari proses penanaman, hingga segi perawatan.

Cara menanam mawar, jika dilihat dari bibit bunga mawar yang ditanam terbagi menjadi dua jenis, yaitu cara menanam mawar dengan bibit stek, dan cara menanam mawar dengan bibit tanaman yang sudah cukup dewasa. Kedua jenis bibit tersebut bisa dengan mudah Anda dapatkan di berbagai toko tanaman hias yang ada di sekitar tempat tinggal Anda.

Dan jika dilihat dari media tanamnya, cara menanam mawar pun ada dua macam, yaitu cara menanam mawar dengan menggunakan media pot, dan cara menanam mawar dengan media lahan atau tanah. Keuntungan dari cara menanam mawar dengan media pot adalah Anda bisa memindah-mindah bunga mawar tersebut sesuai dengan kemauan Anda.

gambar cara menanam mawar bibit stek media pot image
gambar cara menanam mawar bibit stek media pot

Jika Anda menanam tanaman bunga mawar hanya untuk mempercantik halaman rumah, dan tidak ada niat untuk membudidayakannya, maka sebaiknya pilihlah cara menanam mawar dengan menggunakan media pot, cara ini jauh lebih praktis dan sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki waktu luang yang cukup banyak.

Sedangkan jika Anda berniat untuk menjual kembali tanaman bunga mawar Anda, sebagai peluang usaha yang menjanjikan dan dapat menambah penghasilan dari hobi bercocok tanam Anda. Maka pilihlah cara budidaya bunga mawar dengan media lahan agar dapat menanam puluhan atau bahkan ratusan bunga mawar dalam waktu yang bersamaan untuk kemudian dijual kembali.

Sama dengan jenis tanaman pada umumnya, cara menanam mawar juga penting untuk memperhatikan beberapa hal dasar sederhana dalam dunia bercocok tanam, namun sangat menentukan berhasil tidaknya cara menanam mawar Anda. Salah satunya adalah pemilihan lokasi penanaman, pilihlah lokasi yang mendapat akses sinar matahari langsung dimana sinar matahari pagi sangat dibutuhkan bagi tanaman bunga mawar untuk dapat tumbuh secara optimal.

Dan inilah keuntungan lainnya jika Anda memilih cara menanam mawar dengan media pot bunga, tanaman mawar dapat Anda pindahkan di lokasi yang terkena sinar matahari pagi hari, lalu dipindahkan ke tempat yang lebih teduh pada saat sinar matahari sudah mulai terik yaitu sekitar jam 11 siang lebih. Cara ini akan lebih memaksimalkan pertumbuhan tanaman mawar Anda.

Memperhatikan kelembaban tanaman juga penting dalam cara menanam mawar, siramilah secara teratur agar tanaman mawar Anda tidak kekurangan kebutuhan air yang dapat mengakibatkan tanaman menjadi kering dan mati. Namun perlu diperhatikan juga agar jangan terus menerus menyirami tanaman, kelebihan air justru akan membuat akar tanaman mawar Anda membusuk dan mengganggu proses pertumbuhan tanaman bunga mawar itu sendiri.

gambar cara menanam mawar media pot image
gambar cara menanam mawar media pot

Perhatikan  7 Langkah Penting Cara Menanam Mawar

  1. Untuk cara menanam mawar dengan media pot, pilihlah pot bunga yang terbuat dari tembikar, tanah liat, maupun semen cor. Jika pot bunga bahan plastik sebaiknya pilih yang memiliki lubang sebagai sirkulasi udara.
  2. Untuk media tanam di dalam pot, diisi dengan beberapa bahan yaitu campuran tanah, pasir, serta pupuk kandang yang sudah difermentasikan dengan perbandingan komposisi 1 : ¼ : 1.
  3. Tambahkan juga pecahan bata, atau bebatuan kecil yang ditempatkan di dasar pot, tujuannya agar pada saat Anda menyiram tanaman bunga mawar, kelebihan air di dalam pot dapat lebih mudah keluar melalui lubang yang ada di dasar pot. Dengan demikian akar tanaman terhindar dari pembusukan akibat pot bunga terlalu lembab.
  4. Bibit bunga mawar sebaiknya Anda menggunakan bibit yang sudah siap tanam, tetapi bisa juga mengunakan bibit hasil stek sendiri. Setelah itu tanam bibit pada media yang sudah disediakan, urug dengan campuran media tanam, kemudian tekan tanah bagian tepi batang secara kuat.
  5. Selanjutnya sirami tanaman, taruh pot tanaman di tempat yang mendapatkan penyinaran pagi secara penuh.
  6. Cara menanam mawar juga memerlukan pergantian media tanam serta memotong akar setiap 1 atau 2 tahun sekali agar bunga mawar Anda tetap terjaga pertumbuhan dan kesuburannya.
  7. Untuk mencegah pembusukan akar yang disebabkan oleh berbagai macam bakteri penyakit yang dapat menyerang tanaman mawar, penyiraman dalam cara menanam mawar dapat ditambahkan dengan larutan asam bensoat pada air tersebut.

Itulah beberapa saran jitu mengenai cara menanam mawar yang dapat Anda praktekkan sendiri, untuk mengisi liburan bersama keluarga tercinta pada akhir pekan. Liburan bersama keluarga tidak  harus keluar rumah, ke tempat rekreasi yang justru penuh sesak oleh pengunjung. Berlibur dengan cara menanam mawar di halaman rumah bersama pasangan dan putra puti tercinta patut Anda coba.

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

manfaat buah ciplukan

10 Manfaat Buah Ciplukan Yang Berguna Bagi Tubuh

Manfaat buah ciplukan – Ciplukan atau yang biasa juga disebut ceplukan adalah jenis tanaman liar …

5 komentar

  1. sangat membantuu

  2. teribisa dipraktekan nih

Perhatikan 7 Langkah Penting Cara Menanam Mawar


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perhatikan 7 Langkah Penting Cara Menanam Mawar