Halaman Depan / Pertanian / Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil, Baca 7 Alasannya

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil, Baca 7 Alasannya

gambar 7 manfaat buah pisang untuk ibu hamil image
gambar 7 manfaat buah pisang untuk ibu hamil

Manfaat buah pisang untuk ibu hamil? Jika pisang banyak mengandung vitamin, mineral, dan kalsium? Maka buah pisang adalah salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi. Untuk lebih jelasnya kami akan mengupasnya lebih lengkap tentang kandungan buah pisang dan bagaimana manfaat buah pisang untuk ibu hamil. Selamat membaca..

Buah pisang adalah salah satu buah tropis yang banyak terdapat di seluruh wilayah kepulauan Indonesia serta memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Khasiat buah pisang telah diketahui sejak lama dan menjadi salah satu buah yang dianjurkan oleh para Ahli gizi di dunia.

Manfaat buah pisang untuk ibu hamil juga sangat penting dan sering dianjurkan oleh dokter spesialis kandungan agar ibu hamil sering mengkonsumsi buah pisang karena kandungan buah pisang memang baik bagi perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil.

Seiring bertambahnya usia kandungan, ibu hamil akan lebih banyak membutuhkan energi untuk dapat melakukan berbagai macam aktivitas sehari – harinya.menurut ahli gizi dan dokter spesialis kandungan, dengan mengkonsumsi 3 buah pisang dapat memenuhi kebutuhan energi ibu hamil setiap harinya yaitu sekitar 1.500 kilo joule.

gambar manfaat buah pisang untuk ibu hamil sangat penting image
gambar manfaat buah pisang untuk ibu hamil sangat penting

Inilah 7 manfaat buah pisang untuk ibu hamil, yang bisa Anda dapatnya dari  buah pisang :

  1. Sumber Energi

Manfaat buah pisang untuk ibu hamil seperti yang sudah disebutkan diatas adalah sebagai pemenuhan energi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Di dalam setiap buah pisang terkandung total energi sebanyak 500 kilo joule. Sedangkan energi yang dibutuhkan oleh ibu hamil setiap hari adalah 1.500 kilo joule, maka dengan mengkonsumsi 3 buah pisang saja Anda sudah dapat memenuhi kebutuhan energi yang diperlukan oleh ibu hamil beserta janin di dalamnya.

  1. Kandungan Vitamin B6

Buah pisang memiliki kandungan Vitamin B6 yang cukup tinggi dimana vitamin tersebut berguna untuk membantu membentuk sel dan jaringan pada janin Anda, mengoptimalkan pembentukan sel darah merah atau eritrosit, serta membantu perkembangan syaraf – syaraf pada janin Anda.

Manfaat buah pisang untuk ibu hamil dengan kandungan vitamin B6 yang dimilikinya dapat memenuhi kebutuhan asupan gizi vitamin B6 yang dibutuhkan oleh ibu hamil setiap harinya yaitu sekitar 2 mg / hari selama periode kehamilan tersebut.

  1. Kandungan Asam Folat

Manfaat buah pisang untuk ibu hamil juga dikarenakan pada buah pisang terdapat asam folat yang dibutuhkan bagi perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Ibu hamil dianjurkan untuk rajin mengkonsumsi pisang, sayuran hijau, serta ikan untuk mendapatkan manfaat dari asam folat tersebut.

gambar manfaat buah pisang untuk ibu hamil mengandung asam folat image
gambar manfaat buah pisang untuk ibu hamil mengandung asam folat

Asam folat pada ibu hamil dan janin berfungsi membantu pertumbuhan dan pembentukan sel baru, serta membantu pembentukan sel syaraf pada janin. Kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat berpotensi mengakibatkan kelainan pada organ tulang belakang janin Anda. Kurangnya asam folat dapat menyebabkan bayi terlahir kurang sempurna atau cacat lahir.

  1. Sumber Kalium

Mineral kalium sangat dibuttuhkan bagi kesehatan dan vitalitas tubuh ibu hamil serta janin di dalamnya. Setidaknya setiap ibu hamil membutuhkan asupan kalium 4.800 mg setiap harinya untuk menjaga keseatan ibu hamil dan juga membantu perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

Manfaat buah pisang untuk ibu hamil adalah memiliki kandungan kalium dimana mineral tersebut sangat penting untuk mencegah berbagai macam gangguan penyakit yang terjadi pada ibu hamil selama mas kehamilan diantaranya kram kaki, pembengkakan alami hingga gejala preeclamsia, serta meredakan rasa mual pada ibu hamil pada usia kehamilan yang masih muda.

  1. Mengatasi Masalah pencernaan

Pada wanita hamil sering terjadi masalah pada saluran percernaan sebagai akibat dari kekurangan asupan  dari makanan maupun minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Madnfaat buah pisang untuk ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan serat untuk mencegah gangguan pencernaan yang sering terjadi.

Di dalam setiap buah pisang terdapat kandungan serat serta pektin yang cukup kaya, sehingga mampu mencegah penyakit diare maupun sembelit yang sering menjumpai ibu hamil. Manfaat buah pisang untuk ibu hamil pat diperoleh dari serat, yang membantu mengatasi masalah susah buang air besar serta kram usus pada ibu hamil.

  1. Sumber Vitamin C

Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin C lebih banyak dari manusia normal setiap harinya. Selama periode kehamilan, peningkatan kebutuhan setiap ibu hamil bahkan dapat mencapai angka 45 hingga 60 mg /hari. Mengkonsumsi buah pisang sebanyak 2 buah setiap hari sudah mampu mencupuki separuh dari kebutuhan asupan harian viatmin C yang dibutuhkan ibu hamil.

gambar manfaat buah pisang untuk ibu hamil mengandung Vitamin C image
gambar manfaat buah pisang untuk ibu hamil mengandung Vitamin C

Manfaat buah pisang untuk ibu hamil yang kaya akan vitamin C dapat berfungsi sebagai anti oksidan untuk menangkal berbagai macam radikal bebas dan zat asing berbahaya lainnya yang dapat mempengaruhi proses perkembangan dan kesehatan janin Anda selama proses kehamilan berlangsung.

  1. Kandungan Zat Besi

Manfaat buah pisang untuk ibu hamil selanjutnya adalah kandungan zat besi yang dimiliki oleh buah pisang sangat dibutuhkan bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Mengkonsumsi buah pisang setiap hari pada ibu hamil dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi selama masa kehamilan berlangsung.

Zat besi sangat penting bagi ibu hamil dan janin diantaranya berfungsi sebagai mineral pengikat oksigen di dalam sel darah merah untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi pada ibu hamil dapat menyebabkan gejala anemia atau tekanan darah rendah, tentu saja hal tersebut sangat berbahaya bagi perkembangan dan kesehatan janin yang ada di dalam perut ibu hamil tersebut.

gambar manfaat buah pisang untuk ibu hamil sumber kalium dan zat besi image
gambar manfaat buah pisang untuk ibu hamil sumber kalium dan zat besi

Dengan banyaknya manfaat buah pisang untuk ibu hamil tersebut, maka tidak ada salahnya bagi Anda yang sedang hamil untuk rutin mengkonsumsi buah pisang tersebut.

Selain manfaat buah pisang untuk ibu hamil, baca Artikel lainnya di Infoagribisnis.com

Tentang admin-infoagribisnis

Cek Artikel Ini Juga :

fungisida organik

Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini

Fungisida organik – Bercocok tanam atau bertani saat ini telah menjadi lahan bisnis yang mempunyai …

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil, Baca 7 Alasannya


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil, Baca 7 Alasannya